Yuk Belajar Bahasa dengan Aplikasi Belajar Bahasa Korea Ini!

Artikel terakhir diperbaharui 19-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Hal-hal yang berbau Korea saat ini memang sudah begitu marak dan bahkan menjadi tren di semua kalangan masyarakat.

Tidak hanya sekadar musik dan dramanya yang begitu digemari, namun berbagai aplikasi belajar bahasa Korea juga menjadi salah satu tren yang banyak digandrungi.

Pengaruh Korean wave nyatanya menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi semacam ini begitu banyak digemari.

Tidak melulu karena seseorang ingin pergi ke Korea, namun bisa dengan tujuan untuk memahami percakapan orang Korea dan bahkan bercakap-cakap dengan orang Korea asli.

Cara Mudah Belajar Bahasa Korea

Banyak orang ingin belajar bahasa Korea namun tidak tahu harus mulai dari mana.

Padahal kini sudah banyak media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan, sehingga kamu bisa mendapatkan banyak wawasan mengenai salah satu bahasa Asia yang banyak dipelajari tersebut.

Ada berbagai lagu dari sejumlah artis Korea yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengenai kosakata dan pengucapannya.

Tidak hanya dari boyband atau girlband saja, banyak juga solois bahkan grup band asal Korea yang lagu-lagunya sangat menarik untuk jadi media belajar.

orang korea

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai drama yang sangat menyentuh dan bahkan kerap menjadi trending.

Banyak juga film-film Korea yang bisa kamu tonton secara streaming ataupun download terlebih dahulu di internet.

Mempelajari bahasa Korea tentu ada banyak manfaatnya. Selain dapat mempelajari bahasa dan budaya baru, kamu juga bisa bekerja di berbagai perusahaan.

Entah sebagai penerjemah, atau mungkin sebagai orang-orang agensi atau promotor. Jadi kamu bisa bertemu  dengan artis secara langsung. Seru bukan?

Belajar Bahasa dengan Mudah Melalui Aplikasi

Di zaman yang serba maju seperti saat ini, belajar suatu bahasa juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui sebuah aplikasi.

Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut melalui berbagai platform yang sudah disediakan di internet sehingga bisa belajar dengan mudah.

Saat ini terdapat beberapa aplikasi belajar bahasa Korea menarik yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa orang-orang dari negeri ginseng ini.

Semuanya menawarkan tampilan yang menarik dan terkesan simpel namun benar-benar dapat dipahami secara baik.

Berikut ini beberapa aplikasi belajar bahasa Korea yang bisa kamu coba:

memrise

Memrise: Cara Populer Belajar Bahasa Korea

Salah satu aplikasi terbaik yang cukup populer dan banyak digunakan para pembelajar bahasa adalah Memrise.

Di aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan pembelajaran gramatikal, kosakata, hingga sejumlah kuis. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan video pembicara dengan bahasa pilihan.

Keunggulan lain yang dapat kamu peroleh apabila mengakses platform ini adalah banyaknya bahasa negara lain yang bisa kamu coba.

Selain itu fitur kombinasi dan filosofi di dalam aplikasi ini juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga tidak mengherankan menjadi favorit banyak orang.

Dijamin, fitur yang disediakan akan memberikan banyak pengalaman interaksi dengan orang asli suatu negara.

Beragam fitur dan fasilitas yang bisa diakses secara gratis ini juga memungkinkan kamu untuk belajar langsung dengan para native speaker yang tersedia.

Hangul Punch: Belajar Hangul Sambil Bermain

Ingin belajar bahasa sekaligus memainkan game online, Hangul Punch bisa menjadi salah satu solusinya.

Di aplikasi ini kamu bisa menambah berbagai kosakata dalam bahasa Korea melalui permainan mencocokkan kalimat pada soal-soal yang sudah disediakan.

Buat kamu yang sedang belajar membaca tulisan Hangeul, aplikasi ini pasti sangat cocok.

Sebab dalam permainan ini, kamu wajib memilih dan mencocokkan suku kata sesuai gramatikal Korea seperti pada klip audio. Suku kata tersebut merupakan pecahan sebuah kalimat dalam bahasa Korea.

Keunikan aplikasi belajar bahasa Korea ini terletak pada sistemnya, di mana kamu harus menekan suku kata yang sesuai dengan audio secara cepat dan tepat.

Jika berhasil koin yang didapatkan akan semakin banyak, sedangkan jika salah maka akan dikurangi.

HelloTalk

HelloTalk: Bertukar Belajar Bahasa

Aplikasi lain yang bisa kamu download untuk belajar bahasa Korea adalah HelloTalk.

Dibandingkan dengan aplikasi lain, di sini kamu bisa belajar dengan memilih teman belajar yang berminat mempelajari bahasa yang kamu kuasai.

Setelah menemukan teman yang cocok, kalian bisa saling mengajarkan bahasa melalui fitur chat dan voice note yang sudah disediakan. Dengan demikian, kamu bisa mengoreksi pengucapan atau susunan kata secara bersama-sama.

Dengan konsep pembelajaran seperti ini, memungkinkan kamu menemukan teman dari Korea secara langsung. Teman kamu bisa diajarkan bahasa Indonesia dan kamu bisa belajar bahasa Korea darinya.

Selain mendapat pembelajaran bahasa, kamu juga akan mendapatkan teman baru. Seru, bukan?

LingoDeer: Sarana Belajar Bahasa Asia

Pada dasarnya, aplikasi LingoDeer yang satu ini memang dikhususkan buat kamu yang ingin fokus belajar bahasa Asia seperti Korea, Jepang, Mandarin, hingga Vietnam.

Pembelajaran yang disediakan sangat menarik, mulai dari basic hingga ahli. Semuanya dapat diakses dalam satu aplikasi.

Yang menarik dari salah satu aplikasi belajar bahasa Korea yang satu ini adalah fitur pembelajaran dengan dukungan offline sehingga kamu tidak memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Ada lebih dari 2000 kata dan frase yang tersedia dan dapat diakses secara gratis oleh siapa pun. Kendati gratis, bukan berarti kamu hanya mendapatkan pembelajaran yang membosankan.

Apalagi jika konteksnya adalah belajar bahasa-bahasa Asia yang saat ini sangat populer karena banyak digunakan dalam berbagai bidang.

Rosetta Stone

Rosetta Stone: Aplikasi Belajar Bahasa Terpopuler

Buat kamu yang suka belajar bahasa asing tentu sudah sangat akrab dengan aplikasi Rosetta Stone yang satu ini.

Ya, meskipun namanya sedikit melenceng, Rosetta Stone nyatanya merupakan salah satu jenis aplikasi belajar bahasa asing dengan metode belajar unik yang sudah dipatenkan.

Pembelajaran akan dimulai dari bagaimana cara berbicara yang baik dan benar dalam suatu bahasa asing, kemudian dilanjutkan dengan tata bahasa hingga aksen-aksennya.

Secara resmi aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 20 bahasa termasuk bahasa Korea. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Untuk yang gratis, memang tidak semua fitur bisa kamu gunakan. Apabila ingin berlangganan, kamu bisa memilih sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Meskipun terbilang mahal, namun cukup sesuai kok dengan manfaat yang diperoleh.

Simply Learn Korean: Cara Simple Belajar Hangul

Sesuai namanya, aplikasi Simply Learn Korean ini merupakan yang paling sederhana untuk dapat belajar bahasa Korea.

Baik dari segi tampilan maupun konten-konten yang disediakan aplikasi belajar bahasa Korea ini, tentunya lebih mudah dipahami dan tidak perlu repot melakukan pembayaran langganan yang mahal.

Aplikasi ini menyediakan ratusan hingga ribuan kosa kata dan frase yang dapat kamu gunakan untuk belajar berkomunikasi dalam bahasa Korea.

Tidak jarang, para traveler menggunakan aplikasi ini pada saat mereka berlibur atau yang memang ingin belajar bahasa Korea secara cepat.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi belajar bahasa kebanyakan, kamu bisa mendapatkan pembelajaran berupa kuis dan latihan singkat yang sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman.

Kosakata yang sederhana pun sangat cocok untuk dipelajari oleh para pemula.

aplikasi bahasa korea

Tips Mudah Belajar Bahasa Korea

Kalau kamu ingin lebih sukses dalam mempelajari bahasa negeri ginseng ini, hal yang paling penting adalah disiplin.

Bahasa asing tidak akan bisa sukses dipelajari apabila kamu tidak membiasakan diri berbahasa secara disiplin dan teratur.

Cara mengatur kedisiplinan pun cukup mudah. Luangkan waktu 1-2 jam secara konsisten setiap hari untuk belajar.

Catat kosakata yang baru kamu temukan dan coba cari bagaimana penggunaannya. Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai media yang banyak tersedia.

Carilah teman yang kamu anggap mampu dan menguasai bahasa asing tersebut. Kamu juga bisa mencari banyak komunitas bahasa yang tersedia di berbagai kota maupun komunitas online.

Sering bertemu dengan banyak orang yang memiliki kemampuan berbahasa tentu sangat menyenangkan. Tidak perlu takut ketika ternyata kamu salah melafalkan suatu kata atau menuliskan huruf hangul-nya.

Dari kesalahan tersebut, kamu bisa belajar dan merefleksikan hal-hal apa saja yang harus diperbaiki. Dengan demikian, kamu bisa lebih sukses belajar bahasa Korea seperti yang diinginkan.

Selain itu, pastikan kamu memilih referensi belajar dari mana saja, apalagi saat ini begitu banyak aplikasi dan media massa yang tersedia dalam berbagai bahasa Korea.

Pilihlah referensi seperti platform aplikasi belajar bahasa Korea yang tidak hanya menarik, namun membuatmu lebih enjoy.

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *