11 Aplikasi Backup Data Terbaik Yang Recommended

Aplikasi Backup Data  – Jika data penting pada perangkat Anda hilang atau rusak, aplikasi backup data dapat membantu proses pemulihan data dengan cepat.

Anda bisa mencadangkan data penting sewaktu-waktu agar keamanan data bisa terjaga. Berikut adalah daftar nama aplikasi untuk membackup data yang bisa dicoba.

11 Aplikasi Backup Data Terbaik

  • Google Backup

Aplikasi keluaran dari google ini mampu membackup foto dan berbagai dokumen, data dan pengaturan aplikasi, bahkan password wifi. Untuk menerapkannya tinggal membuka menu Settings pada aplikasi, kemudian pilih menu Backup & Reset.

Untuk dapat menggunakan aplikasi, maka perlu login akun google terlebih dahulu. Oleh karena akun gmail sangat perlu dimiliki karena seluruh data backup akan tersimpan di akun gmail. Jika telah mengaktifkan fitur backup pada Google Backup ini, maka semua data akan terbackup otomatis. 

  • My Backup

My Backup menjadi rekomendasi selanjutnya. Aplikasi ini menyediakan fitur backup dan penyimpanan backup. Menariknya lagi Anda bisa mengatur jadwal backup secara berkala melalui fitur Schedule. Selain itu terdapat pilihan jenis backup, local atau online.

Cara pertama untuk mengoperasikannya yaitu pilih menu New Backup. Setelah itu, pilih menu Apps & Media atau menu Data, dan akan ditampilkan daftar aplikasi dan data yang bisa dipilih. Selanjutnya, pilih juga jenis backup online atau local. Jika sudah mencentang semua yang dipilih, klik saja OK.
aplikasi backup data terbaik

  • My Cloud – Backup App Data Android

Tampilan aplikasi ini mirip seperti Battery Saver. Format penyimpanan hasil backup pada My Cloud ini adalah format RAW. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membackup berbagai macam file data dan aplikasi dengan cepat dan mudah.

Setelah menyimpan hasil data backup tersebut, sistem aplikasi akan otomatis menggolongkannya berdasarkan tipe file. Dengan hanya mengklik fitur tipe file, data penting yang dicari akan lebih cepat dan mudah ditemukan.

Keunggulan terbaru dari aplikasi My Cloud ini adalah adanya My Cloud Home. My Cloud Home ini dijadikan sebagai media penyimpanan Cloud pribadi yang mudah diakses. Anda bisa mengumpulkan berbagai data ponsel bahkan akun sosial media dalam satu sistem dan dapat membagikannya.

  • G Cloud Backup

G Cloud dapat membantu Anda dalam membackup berbagai file di dalam smartphone, baik itu foto, video, musik, dokumen, dan aplikasi. 

Setelah mengaktifkan fitur backup, maka data akan di backup otomatis oleh sistem G Cloud. Aplikasi ini ada yang berbayar per bulan jika ingin menambah kapasitas unlimited. 

  • Swift  Backup 

Swift Backup merupakan aplikasi backup data yang bisa digunakan untuk membackup berbagai macam aplikasi dan data secara cepat. Anda bisa membackup aplikasi lokal maupun dari memori eksternal sekalipun. Anda bisa melakukan device backup dan clouds backup.

Dengan menggunakan aplikasi ini, ruang internal ponsel akan dapat longgar karena data yang terbackup. Menariknya lagi adalah, Anda bisa mengatur jadwal backup otomatis melalui fitur aplikasi ini. Selain itu, tersedia juga berbagai wallpaper backup yang bisa dipilih. 

  • Backup Your Mobile

Aplikasi dari developer Artur Zaszczyk ini memberikan kemudahan dalam melakukan backup. Terdapat banyak pilihan untuk melakukan backup data, mulai dari kontak, SMS, markah, pengaturan sistem, kata sandi wifi, aplikasi user, foto, dan berbagai jenis dokumen.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Anda tinggaL mengklik satu atau lebih data yang ditampilkan oleh aplikasi. Setelah mencentang data yang akan di backup, klik tombol Mulai atau Start pada bagian bawah. Proses backup data akan dimulai. File backup akan otomatis tersimpan di dalam perangkat.
aplikasi backup data android

Aplikasi android ini menawarkan banyak layanan backup, mulai dari mencadangkan kontak, SMS, aplikasi, riwayat panggilan, kata sandi, dan google drive. Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal download pada Playstore dan pasang aplikasi pada perangkat.

Setelah membuka aplikasi, akan ditampilkan beberapa menu untuk memilih pilihan jenis backup data yang akan dilakukan. Pilih salah satu menu tersebut, lalu pilih “Backup All”, lalu tekan OK. Proses backup data akan dimulai dan tunggu proses backup tersebut selesai. 

  • Titanium Backup

Hampir semua hal yang ada di dalam android bisa di backup dengan aplikasi ini. Namun, dibalik kelebihannya tersebut, penggunaan Titanium Backup ini membutuhkan root untuk bekerja maksimal. Uniknya, proses backup yang dilakukan bisa diatur otomatis sesuai setingan waktu Anda.

Gunakan bantuan Root king dan Towelroot. Setelah itu, gunakan Titanium Backup Root tersebut untuk mengelola aplikasi di perangkat. Titanium Backup Root adalah alat yang digunakan untuk pengguna perangkat yang sudah di-root. 

  • Helium

Helium menyajikan layanan backup data yang beragam. Anda bisa memilih satu atau lebih jenis data apapun (aplikasi, foto, dokumen) untuk di backup. Data yang berasal dari aplikasi game pun bisa di backup. Keunggulan aplikasi ini adalah tidak ada iklan yang bermunculan.

  • App Backup Restore Transfer

Aplikasi ini bisa membackup aplikasi dan data android hingga SDcard. Setelah membuka aplikasi, halaman akan menampilkan daftar aplikasi yang terpasang. Pilih saja aplikasi atau file yang ingin di backup. Jika sudah, tekan tombol Backup, maka aplikasi akan melakukannya secara otomatis.

  • Contacts Backup

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi Contacts Backup ini dikhususkan untuk membackup kontak telepon saja. Data kontak yang di backup bisa disimpan atau diekspor langsung ke akun email dan cloud atau drive.

Beberapa nama aplikasi backup data di atas memiliki keunggulan masing-masing. SilaHkan pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. 

Meskipun data-data penting pada perangkat anda tidak sampai rusak atau hilang, Anda bisa melakukan backup data untuk mencadangkan data-data tersebut sehingga tetap aman.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *