aplikasi baca novel gratis
Android/iOS

Lengkap! Ini Dia 13 Aplikasi Baca Novel di Ponsel Android

Hobi adalah kegemaran yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran dan membahagiakan diri.

Hobi tiap individu pun pasti berbeda, mulai dari gemar membuat barang kerajinan, memasak, memainkan alat musik, hingga membaca buku.

Membaca buku seperti novel menggunakan aplikasi baca buku novel menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang kerap dilakukan banyak orang.

Guna mendukung kegemaran para kutu buku, pengembang aplikasi Android menghadirkan aplikasi yang khusus digunakan untuk membaca buku dan novel.

Rekomendasi 13 Aplikasi Baca Novel di Ponsel Android

Sehingga Anda pun tak perlu repot membawa novel kemanapun, karena membaca novel kini dapat dilakukan menggunakan ponsel pintar Anda.

Dengan 13 aplikasi novel di Android berikut ini, Anda bisa membaca ribuan buku menarik tanpa repot. Apa saja aplikasinya? Yuk cari tahu di bawah ini!

1. Wattpad

Wattpad menjadi aplikasi keren untuk membaca novel sekaligus tempat berkumpulnya komunitas penulis dan pembaca novel.

Memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan Blogger, sehingga Anda juga dapat menulis karya buatan Anda baik karya puisi, novel one-shot ataupun novel bersambung lalu mengunggahnya di Wattpad.

Genre yang tersedia pun sangat lengkap, mulai dari romance, action, teen fiction, fan fiction, dan masih banyak lagi. Pengguna juga dapat memberikan vote hingga komentar pada tiap bacaan yang dipublikasikan.

Tak hanya di smartphone saja, Anda pun dapat membuka dan menikmati bacaan Wattpad kapan saja dimana saja dengan menggunakan tablet maupun laptop.

2. Innovel

Aplikasi baca novel selanjutnya adalah Innovel, yang juga menghadirkan banyak genre novel bagi para pecinta bacaan ini.

Bagi Anda yang menyukai genre romance dengan cerita percintaan yang romantis, aplikasi yang satu ini wajib diunduh di ponsel pintar Anda. Pasalnya terdapat banyak cerita bertema romantis tersedia di Innovel.

Selain romance, terdapat genre lain yang juga tak kalah seru mulai dari chicklit, fiksi remaja, vampir, hingga horor. Ceritanya pun akan selalu update setiap harinya.

Namun aplikasi yang satu ini terbilang cukup berbeda, karena Anda perlu mengumpulkan koin agar dapat membaca novel secara gratis.

Untuk mendapatkan poin caranya sangat mudah, cukup dengan melakukan daily check-in, menunggu episode terbuka, memberi peringkat, membaca novel, mengunduh episode, hingga login serta mengisi data email.

NovelPlus

3. NovelPlus

Tak jauh berbeda dengan Wattpad, aplikasi bagus yang satu ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat menulis serta menerbitkan karya secara mudah dan cuma-cuma.

Anda juga dapat meninggalkan komentar dan berdiskusi dengan penulis maupun pembaca lain mengenai plot cerita dari novel yang Anda baca tersebut.

Genre yang ditawarkan para penulis NovelPlus pun beragam dengan jalan cerita yang mendebarkan, mulai dari fan fiction, romance, fantasy, crime, mystery hingga sci-fi.

Anda juga dapat mencari novel favorit dengan mudah menggunakan kategori genre, judul, ataupun author.

4. Novel Nusantara

Seperti namanya, aplikasi Novel Nusantara yang satu ini besutan developer Indonesia yang dibuat khusus bagi para penikmat novel.

Tampilan aplikasinya sederhana dan mudah digunakan, terlebih lagi Anda bisa bebas membaca novel favorit Anda tanpa gangguan iklan.

Genre novelnya sangat lengkap, mulai dari teenlit, fantasi, romantis, humor, misteri, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, aplikasi baca novel gratis yang satu ini menawarkan beragam fitur menarik bagi para penggunanya mulai dari pemilihan font dan ukuran huruf hingga layout yang mirip dengan buku cetak.

Selain itu juga ada mode siang atau malam, sinkronisasi otomatis, mengatur tata letak buku di rak virtual, hingga memberikan komentar kepada penulis.

Yang unik dari aplikasi ini adalah pengguna dapat mengumpulkan EXP agar bisa naik level. Nantinya setelah pengguna mencapai level tertentu, bisa mendapatkan “martabak” yang dapat digunakan untuk voting penulis favorit Anda.

Storial.co

5. Storial.co

Bagi Anda yang hobi menulis cerita namun kesulitan mencari penerbit ataupun bagi Anda yang gemar membaca cerita, Storial.co merupakan aplikasi yang wajib ada di ponsel pintar Anda.

Platform storytelling yang satu ini mempertemukan pembaca dan penulis, dan dibuat khusus untuk meningkatkan literasi di Indonesia.

Terdapat ribuan cerita yang bisa dinikmati di Storial.co dengan beragam genre menarik. Menghadirkan konsep per bab, sehingga pembaca akan dibuat penasaran dengan kelanjutan jalan ceritanya dan tertarik untuk membaca bab-bab selanjutnya.

Hingga kini terdapat lebih dari 20 ribu judul dengan 85 ribu bab yang telah dipublikasi, dengan dominasi cerita bertema fiksi.

6. Aldiko Book Reader

Aldiko Book Reader adalah aplikasi baca novel selanjutnya yang patut Anda coba. Pasalnya tak hanya menyediakan genre beragam, aplikasi yang satu ini juga menawarkan fitur cukup lengkap.

Mulai dari mengatur ukuran font, mengubah font dan warna background, mengatur kecerahan, fitur night-time reading, mengatur e-book berdasarkan koleksi dan tag, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Aldiko Book Reader juga memiliki interface yang user-friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Aplikasi ini juga dapat dibuka melalui tablet, sehingga Anda pun dapat membaca dengan lebih leluasa.

aldiko

7. English Novel Book

Anda jago berbahasa Inggris dan ingin mencari aplikasi untuk membaca novel khusus Bahasa Inggris? English Novel Book merupakan aplikasi yang menyediakan bacaan mulai dari novel hingga buku-buku lainnya.

Genre yang tersedia seperti memoirs, fiction, children’s books, hingga treatises, dari penulis terkenal seperti Jane Austen, Arthur Conan Doyle, Charles Dickens, Mark Twain, dan masih banyak lagi.

Kelebihan lain dari aplikasi baca yang satu ini adalah dapat digunakan dalam mode offline.

8. Webnovel

Aplikasi yang tak hanya menyediakan bacaan novel namun juga komik keren adalah Webnovel. Terdapat banyak genre yang disediakan mulai dari fantasy, sci-fi, romance, dan masih banyak lagi.

Ada banyak pilihan cerita dari novel dan komik adaptasi, seperti Nanomance Reborn, Young Master Damien’s Pet, The Supreme Magus, dan lain-lain.

Pembaharuan ceritanya pun dilakukan setiap hari, dengan bab-bab baru yang menanti untuk dibaca. Tak hanya sebagai pembaca, bagi Anda yang gemar menulis juga dapat mencoba menjadi penulis di Webnovel.

NovelToon

9. NovelToon

Platform webnovel gratis yang dapat Anda unduh selanjutnya adalah NovelToon.

NovelToon juga merupakan aplikasi novel Indonesia yang menawarkan ratusan ribu karya untuk dibaca, dengan beragam genre menarik seperti romantis, kampus, modern, perjalanan waktu, komedi, fantasi, dan masih banyak lagi.

Menariknya, Anda juga dapat menulis dan menerbitkan karya disini. Penulis yang berhasil memenangkan hati banyak pembaca berkesempatan untuk mengantongi pendapatan dari NovelToon, dan e-book Anda juga akan diadaptasi menjadi komik.

10. Dreame

Penggemar cerita romansa wajib untuk mengunduh aplikasi Dreame. Aplikasi baca yang satu ini menghadirkan genre romansa dengan cerita-cerita menarik mulai dari cinta segitiga, pernikahan, manusia serigala, vampir, dan masih banyak lagi.

Cerita akan selalu update setiap harinya, dan dapat dibaca secara gratis kapan saja di mana saja. Lebih dari 200 ribu cerita dapat Anda baca, dengan kategori novel teratas dan novel baru.

Tersedia juga grup pengguna yang diikuti lebih dari 5 juta orang, sehingga Anda dapat membagikan ide maupun mengomentari cerita di komunitas tersebut.

Dreame

11. The Ancient Book

Apakah Anda salah satu penggemar karya sastra kuno? Tak perlu bingung untuk memenuhi kebutuhan Anda, karena kini terdapat aplikasi baca novel gratis bermanfaat seperti The Ancient Book yang menyediakan banyak bacaan karya sastra kuno, salah satunya Anglo Saxon.

12. iPusnas

Menjadi surga para pecinta buku, iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital buatan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Terdapat berbagai macam e-book seperti novel beragam genre yang bisa Anda baca secara gratis di aplikasi ini. iPusnas juga dapat dijalankan secara online maupun offline.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup menarik, mulai dari fitur eReader yang membuat penggunanya tak perlu mengunduh aplikasi eReader lain.

Sampai fitur media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk dapat saling menjalin pertemanan, inbox untuk mengirimkan pesan, koleksi buku, feed untuk melihat aktivitas pengguna, hingga rak buku virtual.

13. Joylada

Bagi Anda yang sedang mencari pengalaman baru dalam membaca novel, Joylada hadir sebagai aplikasi membaca novel pertama dengan konsep novel chat sehingga penggunanya akan membaca beragam cerita dalam bentuk chat.

Terlebih bagi Anda pecinta Korea, Joylada memiliki banyak cerita menarik terkait dengan dunia K-Pop. Meskipun menghadirkan bacaan dalam konsep chat, namun cerita akan tetap menghadirkan narasi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengirimkan karya, Joylada juga menawarkan kesempatan bagi penulis yang ingin bergabung untuk mendapatkan pengalaman baru.

Ragam Genre Novel yang Wajib Diketahui Pecinta Novel!

Novel adalah karya sastra berwujud prosa serta memiliki unsur pembentuk. Kata novel sendiri berasal dari “novella“, bahasa Italia yang memiliki arti sebuah cerita atau kisah.

Sedangkan genre novel adalah kata serapan yang merujuk pada kaidah yang digunakan dalam sebuah karya. Sebelum membaca novel, Anda wajib mengetahui ragam genre novel berikut ini:

Genre Novel Berdasarkan Kenyataan Cerita

  • Novel Fiksi

Novel yang dibuat berdasarkan kejadian tidak nyata atau tidak pernah ada, sehingga hanya khayalan dari si penulis.

  • Novel Non Fiksi

Novel yang dibuat berdasarkan kejadian nyata yang pernah terjadi.

 Genre Novel Berdasarkan Jenis Cerita

  • Novel Horor

Novel yang mengusung cerita bertema teror dan mampu membuat pembacanya merinding.

  • Novel Romantis

Novel yang mengusung tema kisah cinta dan banyak mengedepankan diksi indah dan puitis.

  • Novel Humor

Novel yang mengusung tema kekonyolan dan mampu mengundang tawa para pembacanya.

  • Novel Misteri

Novel yang mengusung tema kasus ataupun sesuatu yang janggal dan terselubung beserta penyelesaian kasusnya.

  • Novel Sci-Fi

Novel fiksi sains yang mengusung tema dunia dengan segala teknologi canggih.

  • Novel Petualangan

Novel yang mengedepankan cerita dan alur berkesinambungan, umumnya menceritakan misi dengan penyelesaian yang menggantung.

aplikasi baca novel

  • Novel Fan-Fic

Novel fiksi penggemar yang mengusung cerita fantasi idola.

  • Novel Sejarah

Novel yang mengusung tema mitos, sejarah, hingga legenda yang ada di masyarakat.

 Genre Novel Berdasarkan Tokoh dan Isi

  • Novel Chicklit

Novel yang mengusung tema kehidupan wanita muda dengan permasalahan yang kerap menghadangnya.

  • Novel Teenlit

Novel yang mengusung tema remaja dan mengangkat kisah percintaan, persahabatan, cita-cita, dan lain sebagainya.

  • Novel Dewasa

Novel yang mengusung tema kehidupan orang dewasa, dengan isu yang hanya dapat dipahami orang dewasa.

  • Novel Songlit

Novel yang mengusung tema lagu atau kisah dari lirik lagu.

  • Novel Metropop

Novel yang mengusung tema wanita kosmopolitan dan berkecimpung dengan dunia perkantoran.

Nah itulah 13 aplikasi novel yang bisa diunduh di smartphone Android Anda.

Setelah membaca informasi dari maisng-masing aplikasi di atas, tertarik untuk meng-install aplikasi apa?

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *