Ini Dia Rekomendasi Aplikasi Baca Buku

Kegiatan membaca merupakan suatu hal penting, terutama ketika mengajarkan anak supaya bisa mengerti banyak kosakata Bahasa Indonesia.

Namun seiring berkembangnya jaman kebiasaan membaca buku tersebut berubah menjadi jauh lebih praktis, yaitu dengan cukup mengunduh aplikasi baca buku.

Banyak aplikasi baca buku yang saat ini bisa diinstal secara bebas atau dapat dikatakan gratis untuk para penggemar kegiatan membaca itu sendiri.

Khususnya bagi para remaja dan orang dewasa yang suka membaca, aplikasi membaca novel, buku, atau yang lainnya bisa mendapatkan akses semakin mudah.

Biasanya orang melakukan kegiatan membaca ini untuk mengisi waktu luang, maupun untuk menghilangkan stress setelah seharian bekerja.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang yang bekerja dari rumah dan memiliki waktu luang lebih banyak untuk melakukan hobinya membaca buku.

Ragam Aplikasi Untuk Membaca Novel Online 

Saat ini makin banyak aplikasi baca buku yang bisa diunduh oleh para penggemar kegiatan membaca, baik yang gratis maupun berbayar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tentu saja kita tidak perlu repot lagi ke toko buku untuk mencari buku yang kita inginkan.

Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja, kita sudah bisa memilih dan membaca beragam buku yang kita inginkan dengan cepat.

Kapanpun dan di manapun kita ingin membaca buku, tinggal membuka handphone dan aplikasi baca buku ini. Sangat praktis dan mudah bukan?

Berikut di bawah ini beberapa rekomendasi aplikasi baca buku yang bisa dicoba oleh para penggemar kegiatan membaca:

1. Inkitt

Aplikasi pertama yang bisa dicoba adalah Inkitt yang bisa diunduh kapan saja dari tempat resmi berdasar sistem operasi ponsel pengguna tentunya.

Ragam novel dari aplikasi ini memang cukup menarik, dan pengguna bisa mengunduh terlebih dahulu supaya tidak perlu kehilangan paket data.

Genre atau jenis novel sendiri ada cukup banyak sehingga pengguna tidak akan merasa bosan membaca di sini. Dari segi tampilan, aplikasi ini cukup sederhana dan bisa dioperasikan dengan mudah.

Bagian latar belakang aplikasi sendiri juga mudah atau familiar sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan ketika membaca dalam waktu lama.

Inilah bagian terpenting supaya kenyamanan saat mengakses aplikasi juga tetap terjaga.

2. GoodReads

Mengutamakan fitur pengingat untuk membantu para pembaca selalu ingat buku yang sudah dibaca, aplikasi Goodreads memang cukup menarik.

Seluruh basis data dari aplikasi ini cukup mumpuni dan kita bisa menemukan buku sedang dicari dengan mudah.

Bagian menarik dari aplikasi ini adalah keberadaan dari fitur untuk menandai bagian yang sudah dibaca atau telah selesai.

Keunggulan lain dan sedikit kurang disadari yaitu aplikasi ini cukup responsif dengan memberikan rekomendasi sesuai pilihan bacaan.

Adanya keunggulan ini tentu saja sangat menolong, sehingga para pembaca bisa memilih judul terbaru sesuai dengan genre yang disukai.

Jadi para pengguna dari aplikasi ini tidak harus repot dalam mencari ulang berbagai bacaan dengan kemiripan tersebut.

nook

3. NOOK

Para penggemar bacaan eBook dengan berbagai jenis tema paling populer pasti sudah familiar dengan nama aplikasi NOOK yang sudah cukup banyak dikenal oleh pengguna.

eBook atau buku digital memang menjadi salah satu hal paling disukai oleh para pembaca, karena bisa dibaca kapan saja. Tampilan dari aplikasi ini cukup sederhana dan mudah dipahami, sekalipun untuk pengguna baru aplikasi.

Bahkan bisa dikatakan juga bahwa aplikasi ini sangat mumpuni dan bisa dijadikan sebagai perpustakaan dari ponsel.

Tujuan dari aplikasi ini yaitu memudahkan para pencari bacaan berkualitas untuk mengaksesnya kapan dan di mana saja dengan mudah.

Free Books

4. Free Books

Rekomendasi aplikasi baca buku lainnya yang bisa dicoba yaitu aplikasi Free Books yang juga banyak digemari para pembaca.

Ciri khas utama dari aplikasi ini adalah menyediakan fitur agar para pembaca bisa mendengarkan audio atau suara langsung dari tulisan.

Tentu saja fitur ini sangat praktis karena penggunanya bisa menikmati buku sambil melakukan hal yang lain. Atau bisa juga menikmati fitur audio ini saat penggunanya sedang merasa letih atau terlalu malas untuk membaca.

Mulai dari novel, buku pengetahuan, hingga ragam jenis lainnya sudah tersedia secara penuh dan bisa kita pilih dengan mudah.

Pengguna dari aplikasi ini juga tidak perlu ragu, karena semua bacaan tersebut bisa diakses secara bebas atau gratis.

Jumlah katalog buku tersedia yang bisa dibaca adalah sekitar 50 ribu buah, jadi jangan sampai melewatkan aplikasi ini untuk dicoba.

NovelPlus

5. NovelPlus

Aplikasi selanjutnya adalah NovelPlus yang diperuntukkan bagi para penggemar novel agar bisa memuaskan hobinya membaca berbagai macam jenis novel.

Memiliki ukuran aplikasi yang kecil dan menyediakan novel beragam jenis genre, tentu akan sangat menyenangkan para penggunanya. Selain itu, para pengguna bisa mengakses semua jenis novel di sini secara gratis alias tidak berbayar.

Pembaharuan atau update dari novel-novel ini juga sangat cepat, sehingga bisa memuaskan para penggunanya dengan berbagi novel yang baru.

Melalui aplikasi ini, para novelis juga bisa secara mudah membagikan hasil karyanya agar bisa dinikmati pengguna yang lain. Menarik bukan?

iPusnas

6. iPusnas

Seluruh buku koleksi di Perpustakaan Nasional bisa diakses oleh para pengguna secara langsung di aplikasi iPusnas ini.

Kemudahan lain adalah membantu para pengguna sehingga dapat meminjam dan mengoleksi setiap buku dari koleksi tersebut.

Tentu hal ini sangatlah praktis dan sangat membantu para pengguna untuk memudahkan mencari setiap jenis buku dari jaman dahulu.

Membahas aplikasinya sendiri, bisa dikatakan bahwa tampilan aplikasi ini terasa familiar dan sangat sederhana.

Fitur utama sebenarnya pada kemudahan akses yang bisa dilakukan secara online maupun offline tanpa perlu takut tidak bisa akses.

Untuk jenis bukunya juga beraneka ragam dari novel, buku pelajaran, bacaan kuliah, dan lain sebagainya yang tentunya akan membantu para pengguna menemukan buku yang dicari.

Kobo Books

7. Kobo Books

Khusus bagi penggemar bacaan novel, jangan sampai melewatkan aplikasi bernama Kobo Books ini. Ratusan bahkan ribuan novel tersedia lengkap dan bisa dipilih sesuai dengan genre yang diinginkan oleh penggunanya.

Memiliki jumlah pengguna aktif sangat besar, aplikasi satu ini memang termasuk cukup sederhana dan mudah untuk diakses.

Tampilan dari aplikasi ini juga bisa dirubah, sehingga bisa menyesuaikan keinginan dari pembaca atau pengguna.

Salah satunya yaitu bisa memilih versi gelap atau terang untuk menyesuaikan dari segi kenyamanan penggunaan dalam jangka panjang.

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah mendukung pengguna supaya bisa menuliskan catatan serta membagikan novel di sosial media masing-masing.

Google Play Books

8. Google Play Books

Aplikasi Google Play Books ini sudah tidak perlu diragukan lagi oleh para pengguna aktif internet dalam mencari sumber referensi buku bacaan.

Mulai dari novel, bacaan harian, dan buku pengetahuan tersedia sangat banyak dan pastinya akan memuaskan para pemilik hobi membaca.

Perlu diketahui juga, ada jenis buku bacaan berbayar dan ada pula yang gratis, sehingga sebagai pengguna harus cermat ketika ingin membacanya.

Mengenai buku baik jenis berbayar atau gratis, sebenarnya hal tersebut kembali lagi dari selera pengguna aplikasi. Harga dari buku tersebut beragam, namun bila tidak tertarik, kita tetap bisa membaca dan memilih mode gratis.

Namun secara keseluruhan kualitas dan jenis buku terutama yang berbayar memang dirasa sangat layak untuk dibaca.

Innovel

9. Innovel

Bagi para wanita khususnya penggemar bacaan romansa atau berbau percintaan antar remaja atau dewasa, bisa mengunduh aplikasi bernama Innovel ini.

Apalagi genre mengenai percintaan dari buku di aplikasi satu ini terasa sangat menguras perasaan dan layak untuk dibaca.

Bagian menarik lainnya adalah perkembangan aplikasi tetap memberikan berbagai jenis tambahan cerita terbaru secara bertahap.

Bila menyukai kegiatan menulis khususnya cerita romansa, aplikasi Innovel sebenarnya cukup mendukung dengan adanya fitur di dalamnya.

Pengguna akan dibuat tidak bosan menggunakan aplikasi ini, sekalipun dalam jangka waktu lama. Bagi para wanita, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi yang satu ini.

Wattpad

10. Wattpad

Aplikasi yang bisa dibilang salah satu yang terbaik untuk para pembaca buku novel secara online saat ini adalah Wattpad.

Bukan tanpa alasan, karena baik penulis maupun pembaca sebagian besar akan mencoba aplikasi baca buku yang satu ini.

Genre yang beragam dan bisa dikatakan banyak akan mendukung para pembaca agar tidak bosan. Pengunduh aktif aplikasi ini juga sudah mencapai angka dua juta orang.

Berbasis online, tentu saja sebelum membaca pastikan koneksi internet stabil dan bisa memproses setiap bacaan pada aplikasi.

Antar pengguna aplikasi sendiri memang dibantu agar mudah untuk saling berinteraksi dengan adanya fitur komunitas di dalamnya.

Sisi penting lainnya yaitu pengguna juga bisa menulis langsung serta mempublikasi tanpa perlu repot lagi.

Manfaat Memakai Aplikasi Baca Buku

Menilik lebih jauh, sebenarnya ada cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pengguna aplikasi. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa akses akan bacaan buku sudah berubah menuju digital

Untuk itu di bawah ini akan dibahas mengenai segala keuntungan menggunakan aplikasi baca buku ini agar menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk menginstalnya.

Inilah beberapa keuntungan utama bagi para pengguna ketika membaca buku melalui aplikasi :

1. Bisa diakses kapanpun

Sudah bukan rahasia lagi bahwa siapa saja bisa mengakses aplikasi ini dengan mudahnya. Selain itu cukup dengan internet yang stabil dalam ponsel, bisa membuat pengguna membaca berbagai jenis buku yang diinginkan.

Karena tak bisa dipungkiri, bahwa menggunakan aplikasi ini sangatlah praktis dan tidak berat dibanding dengan membawa buku.

2. Tidak merepotkan

Kendala dari memiliki buku secara fisik adalah dari segi perawatan dan penyimpanan. Lembaran yang rusak atau sobek tentulah sudah menjadi hal yang biasa.

Berbeda dengan menggunakan aplikasi baca buku, yang tentu saja tanpa perawatan serta lebih mudah didapatkan.

Hanya dengan mengandalkan smartphone dan koneksi internet saja, kita bisa menikmati berbagai jenis buku yang kita inginkan.

Hal itu tentu saja menjadi pertimbangan beberapa orang untuk beralih dari membeli buku fisik ke penggunaan aplikasi baca buku yang beraneka macam.

Nah itulah beberapa informasi terkait aplikasi baca buku gratis, dari manfaat sampai dengan rekomendasi aplikasi baca buku yang bisa dicoba.

Dengan melihat rekomendasi di atas, mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum kita memilih dan menginstal aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Aplikasi-aplikasi di atas bisa digunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar, jadi pastikan untuk mengecek sebelum menginstalnya. Selamat mencoba!

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *