aplikasi animasi 2d
Android/iOS

Rekomendasi 10 Aplikasi Animasi 2D Terbaik dan Fiturnya

Artikel terakhir diperbaharui 26-07-2021 oleh Aldy Amrillah

Jika Anda ingin belajar animasi atau ingin menjadi animator 2D, maka Anda perlu membutuhkan aplikasi animasi 2D yang membantu Anda dalam membuat animasi.

Aplikasi untuk membuat animasi saat ini cukup banyak dan berbagai macam fitur yang disediakan untuk Anda.

Animasi yang dulunya hanya digunakan dengan menggambar secara manual sekarang menjadi lebih ke modern dengan menggunakan aplikasi komputer. 

Hal ini membuat animasi yang dibuat pada zaman ini sangat baik dibandingkan sebelumnya.

Walaupun sudah ada animasi 3D, namun tetap saja animasi 2D tetap dibutuhkan untuk memberikan efek tersendiri dalam sebuah animasi.

Jika Anda tidak sabar, berikut ini aplikasi yang bisa Anda gunakan.

10 Daftar Aplikasi untuk Membuat Animasi 2D yang Terbaik

Pada dasarnya aplikasi untuk membuat animasi 2D bisa membuat apa saja.

Anda bisa membuat latar belakang sebuah cerita, bisa membuat karakter, atau bisa membuat storyboard yang menjadi semua dasar dan acuan dalam perusahaan saat membuat animasi. 

Pada dasarnya aplikasi pembuat animasi 2D bisa dipelajari jika Anda serius mempelajarinya dan berikut dibawah ini adalah rekomendasi aplikasi animasi 2d terbaik:

  • Aplikasi CrazyTalk Animator

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi rekomendasi untuk membuat animasi 2D. 

Aplikasi ini mengapa menjadi rekomendasi karena mudah dipelajari oleh para pemula yang menjadi animator dan digunakan juga oleh para profesional untuk membuat animasi 2D. 

Kemudian yang membuatnya banyak digunakan adalah fiturnya yang bermacam-macam.

Adapun fitur yang bisa Anda manfaatkan adalah menambahkan suara seperti lagu atau dubbing untuk memberikan suasana atau suara pada tokoh animasi.

Kemudian ada pula fitur seperti mengubah teks menjadi sebuah ucapan. 

Masih banyak lagi fitur yang Anda bisa nikmati dan salah satu fitur andalan yang biasanya digunakan adalah dengan memindahkan animasi ke dalam beberapa sudut pandang yang bisa Anda ubah disesuaikan dengan storyboard yang sudah dibuat oleh tim Anda.

  • Toon Boom Harmony

Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi animasi 2D yang direkomendasikan untuk orang-orang yang jago membuat animasi dan jago melukis. Karena pada penggunaan 

Toon Boom Harmony ini, nantinya kemampuan menulis sangat dimanfaatkan.

Kemudian Anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk membuat animasi yang bertemakan boneka. Berbicara tentang fitur, berikut penjelasannya.

Fitur ini memberikan kemudahan untuk Anda membuat latar belakan dengan berbagai macam warna pilihan Anda.

Jika Anda bisa menguasai fitur aplikasi Toon Boom Harmony pun, Anda bisa menggunakan aplikasi animasi yang lainnya.

Kemudian fitur yang dibanggakan salah satunya adalah dapat membuat berbagai macam efek animasi yang sesuai dengan animasi Anda.

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan untuk menjadi aplikasi untuk membuat animasi 2D adalah OpenToonz.

Aplikasi ini termasuk aplikasi untuk animasi 2D yang terbaik yang dikembangkan oleh salah satu developer aplikasi di Italia.

Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai macam fitur yang membuatnya bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan.

Pertama, fitur yang dihadirkan adalah dapat digunakan pada sistem operasi apapun dan benar-benar gratis untuk digunakan.

Jadi buat Anda yang sedang belajar, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda. Lalu Anda bisa mendapatkan gaya aplikasi yang sesuai dengan Anda karena bersifat open source.

Lalu fitur yang memudahkan lainnya adalah dapat mengubah gambar tangan menjadi animasi digital. Benar-benar aplikasi yang praktis.

  • MOHO

Aplikasi yang ini merupakan jenis aplikasi untuk pembuatan animasi 2D yang berbayar dan terbaik.

Pastinya dengan aplikasi yang berbayar, maka Anda mendapatkan berbagai macam fitur yang bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin.

Adapun aplikasi ini memiliki fitur yang lebih dari aplikasi seperti Toon Boom. Jika Anda ingin mengetahui fitur-fitur berikut ini adalah penjelasannya untuk Anda.

Aplikasi ini tersedia hanya untuk sistem operasi Mac dan Windows saja.

Kemudian yang jelas aplikasi ini sangat user friendly sehingga bisa digunakan untuk pemula

Lalu Anda bisa mendapatkan fitur dengan merekam dan mengubah sesuka hati Anda audio yang Anda miliki.

Kemudian yang paling unik lagi jika Anda sebagai konten kreator yang ingin pamer dengan hasil animasi Anda, aplikasi ini terhubung dengan Facebook dan YouTube.

  • Adobe Animate CC

Aplikasi animasi 2D yang satu ini merupakan salah satu aplikasi dari Adobe. Seperti yang Anda ketahui bahwa Adobe mengeluarkan berbagai macam aplikasi olah gambar dan video. 

Kemudian aplikasi ini hadir untuk membuat animasi. Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda manfaatkan jika menggunakan Adobe Animate CC.

Kelebihannya adalah, Anda dapat membuat vektor lebih nyaman karena berbagai macam alat untuk vektorisasi banyak tersedia di Adobe Animate CC.

Kemudian aplikasi ini memberikan kualitas yang profesional dari segi grafis dan memberikan Anda berbagai macam template yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik animasi milik Anda.

  • Tupi

Aplikasi ini secara khusus banyak digunakan oleh pemula dalam membuat animasi.

Bagi Anda pemula yang ingin belajar membuat animasi, maka Anda bisa memanfaatkan Tupi. 

Aplikasi ini cocok untuk pemula karena para penggunanya biasa menggunakan untuk membuat kartun anak-anak dengan durasi yang tidak terlalu panjang.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang Tupi? Berikut kelebihannya.

Aplikasi ini benar-benar mudah untuk digunakan, tidak hanya pemula namun anak-anak yang ingin dikenalkan dengan pembuatan animasi bisa menggunakan

Tupi. Lalu Anda bisa mendapatkan fitur seperti Motion Tweening dan menghadirkan grafis SVG.

Selain itu aplikasi yang satu ini juga tersedia untuk semua sistem operasi sehingga membuat Anda tidak perlu pusing.

Keuntungan yang paling Anda incar adalah aplikasi ini gratis.

  • Synfig Studio

Aplikasi ini adalah aplikasi open source yang memungkinkan untuk Anda mengubah pengaturan-pengaturan pada Synfig dan membuatnya sesuai dengan Anda.

Aplikasi ini memiliki keunikan dengan memetakan sebuah sketsa dan tentu saja dapat membuat karakter yang mudah.

Aplikasi ini juga digadang-gadang setara dengan adobe animate.

Adapun beberapa kelebihan yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan Synfig seperti yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini open source dan sifatnya adalah gratis. 

Kemudian manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah adanya tutorial dan panduan yang bisa Anda pelajari bagi Anda yang pemula.

Kemudian pastinya aplikasi ini cukup baik dibandingkan dengan aplikasi animasi yang lainnya.

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi untuk membuat animasi 2D yang dikhususkan untuk perangkat smartphone seperti Android atau IOS.

Aplikasi ini memudahkan untuk Anda yang tidak menggunakan PC untuk membuat animasi.

Kemudian ada beberapa hal yang bisa membuat Anda dengan mudah menggunakan aplikasi yang satu ini.

Kelebihan utamanya, Anda tidak perlu bawa PC atau laptop untuk menggunakan aplikasi ini. 

Hanya modal hp saja Anda bisa membuat animasi. Kemudian Anda bisa menggambar langsung dengan menggunakan tangan tanpa perlu peralatan tambahan lainnya.

Walaupun tersedia pada hp, Anda juga bisa juga menggunakannya di PC dan laptop. Lalu Anda juga bisa tambah audio dengan mudah.

Aplikasi ini juga bisa langsung share ke YouTube ataupun Facebook.

  • Pencil 2D

Kemudian aplikasi animasi 2D lainnya yang bisa Anda pakai adalah Pencil 2D. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pemula karena penggunaannya yang cukup mudah.

Selain itu aplikasi ini juga diwarnai dengan berbagai fitur yang canggih. Jika Anda ingin mencobanya, maka beberapa fitur bisa Anda gunakan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat membuat animasi yang canggih dan sehebat aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat animasi.

Kemudian dapat dengan mudah untuk menghilangkan border yang ada pada animasi. Selain itu juga tersedia untuk semua sistem operasi.

  • Pivot Animator

Aplikasi rekomendasi terakhir untuk membuat animasi 2D adalah dengan menggunakan Pivot Animator.

Aplikasi ini juga direkomendasikan untuk pemula yang ingin belajar membuat animasi.

Selain itu ada beberapa kelebihan yang bisa Anda gunakan jika memakai Pivot Animator.

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah aplikasi ini sepenuhnya gratis dan dapat dengan mudah mengatur, menghilangkan, dan membuat bingkai.

Lalu kelebihan lainnya adalah alatnya yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Demikian informasi tentang aplikasi animasi 2D yang bisa Anda gunakan. Semoga Informasi ini bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Comments are closed.