Rekomendasi 12 Aplikasi Akuntansi Gratis Terbaik

Aplikasi akuntansi atau software akuntansi dapat mempermudah anda dalam pembukuan akun, akun pembelian, mengawasi pemasukan dan pengeluaran, mencatat transaksi keuangan, membuat neraca, akun laba rugi, dan masih banyak lagi.

Setiap perusahaan pasti memiliki jadwal yang padat di setiap harinya. Banyak dari mereka yang menggunakan aplikasi microsoft excel untuk mencatat keuangan perusahaan.

Padahal, anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi yang sudah banyak ditawarkan secara gratis. Aplikasi akuntansi gratis akan lebih mendukung kinerja anda.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Gratis Windows dan iOS

Banyak tim perusahaan yang tidak mengetahui adanya aplikasi akuntansi yang bisa melakukan semua hal dalam pembukuan akun, mengawasi keuangan, dan lain-lain.

Jika harga yang mahal menjadi kendala untuk anda sehingga lebih memilih menggunakan aplikasi microsoft excel, maka artikel kali ini akan memberikan anda rekomendasi aplikasi akuntansi gratis.

Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Anda bisa mengelola transaksi keuangan tahunan atau bulanan dengan lebih mudah.

Berikut dibawah ini adalah beberapa aplikasi akuntansi yang dapat anda gunakan dan cocok untuk berbisnis. Berikut ini adalah aplikasi akuntansi terbaik dan gratis yang bisa anda gunakan melalui windows.

kledo

1. Kledo

Rekomendasi aplikasi akuntansi gratis pertama adalah Kledo. Kledo merupakan software aplikasi akuntansi terbaik yang dapat diakses secara gratis dan dapat membantu anda mengelola bisnis anda.

Aplikasi akuntansi satu ini menyediakan berbagai fitur accounting yang dibutuhkan untuk pengelolaan keuangan, mulai dari invoice, purchasing, biaya, aset tetap, inventory, hingga laporan keuangan perusahaan. Dengan semua fitur-fitur di atas pastinya mengelola keuangan jadi super mudah dan menyenangkan.

Kledo memiliki 3 (tiga) paket yang dapat dipilih, yaitu Paket Gratis Selamanya, Paket Pro, dan Paket Elit. Dengan Paket Gratis Selamanya, anda akan memperoleh akses Kledo secara gratis namun dengan beberapa fitur yang dibatasi. Nah, untuk mendapatkan fitur lebih beragam, anda dapat memilih Paket Pro atau Paket Elit.

Berikut beberapa kelebihan Kledo:

1. Berbasis cloud

Data-data yang ada di cloud tersimpan di server cloud dan akan dipastikan keamanannya. Meskipun komputer anda mengalami kerusakan, data-data anda akan tetap aman.

2. Memiliki fitur gratis selamanya

Buat yang baru pertama kali memakai software akuntansi dan ingin mencobanya terlebih dahulu, Kledo menyediakan paket gratis selamanya. Dengan paket ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan Kledo. Dimana lagi bisa menggunakan software akuntansi secara gratis?

3. Dapat Diakses Dimana Saja dan Kapan Saja

Selagi ada jaringan internet, anda dapat mengakses Kledo dimana saja dan kapan saja. Bahkan ketika anda sedang liburan atau perjalanan ke luar kota.

4. Fitur yang Lengkap dan Mudah Dimengerti

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Kledo memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap dan mudah dimengerti. Jadi, bisa digunakan oleh siapa saja termasuk anda yang baru pertama kali menggunakan software akuntansi.

5. Customer Support 24 Jam

Butuh bantuan dalam menggunakan Kledo? Customer support Kledo siap membantu selama 24 jam. Tidak hanya itu, buat anda yang masih baru dan belum memahami software akuntansi, anda juga akan mendapatkan fasilitas demo dari customer support Kledo.

Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga.

2. BS1 Accounting

BS1 Accounting merupakan software aplikasi akuntansi yang bisa digunakan secara gratis. Aplikasi ini akan membantu para pedagang kecil dan menengah untuk mengatasi data keuangan dan akun.

Dengan aplikasi akuntansi BS1 Accounting, anda bisa melakukan analisis penjualan, buku besar, hutang piutang, inventaris, dan masih banyak lagi.

Aplikasi akuntansi satu ini dapat bekerja dengan semua jenis mata uang untuk tujuan impor maupun ekspor.

Sehingga anda dapat dengan mudah mengawasi hutang piutang akun untuk fluktuasi nilai tukar, laba, kerugian, dan mata uang.

3. GNUCash

GNUCash merupakan aplikasi akuntansi selanjutnya yang bisa anda gunakan secara gratis. Anda dapat mengawasi pengeluaran, pemasukan, saham, hingga rekening bank anda.

Aplikasi akuntansi GNUCash didasarkan pada sistem akuntansi entri ganda. Aplikasi ini dapat membuat laporan keuangan dan neraca dari perusahaan bisnis anda.

Aplikasi akuntansi ini akan membantu anda yang memiliki bisnis kecil. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk penggunaan pribadi anda.

aplikasi akuntansi gratis
Image: sourceforge.net

4. Lazy8Ledger 

Aplikasi Lazy8ledger adalah aplikasi akuntansi yang bisa digunakan secara gratis. Dengan aplikasi akuntansi ini anda bisa mengawasi akun berbagai perusahaan.

Fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah pembukuan untuk beberapa usaha yang dapat menganalisis struktur bisnis anda.

Aplikasi akuntansi Lazy8Ledger menampilkan data bisnis dengan bentuk grafis dan juga menyediakan laporan terkait aktivitas bisnis anda.

5. TurboCash

Aplikasi akuntansi gratis selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah aplikasi akuntansi TurboCash. Aplikasi ini merupakan aplikasi akuntansi yang bisa digunakan oleh pemilik bisnis kecil, menengah, dan besar untuk mengelola seluruh buku akun perusahaan.

Anda bisa mengelola laporan laba rugi, neraca, laporan rekonsiliasi bank, akuntansi PPN, pengendalian stok, buku besar, kreditur, debitur, faktur, dan lain-lainnya.

6. PostBooks

Postbooks merupakan software CRM, ERP, dan aplikasi akuntansi yang bisa digunakan secara gratis sehingga sangat berguna bagi anda pemilik usaha kecil.

Anda bisa membuat neraca, pesanan pembelian, laporan, dan melacak investasi dengan menggunakan aplikasi akuntansi PostBooks ini.

7. HomeBank

Aplikasi akuntansi gratis satu ini dapat menganalisis buku-buku akun anda dan membuat berbagai macam laporan keuangan.

Homebank merupakan aplikasi akuntansi yang bisa mempermudah anda dalam memodifikasi keuangan dan menyaring keuangan.

Aplikasi akuntansi ini memberikan representasi dalam bentuk grafis dan memberikan informasi lengkap mengenai investasi, pinjaman, dan uang muka anda.

aplikasi akuntansi terbaik

8. osFinancials

osFinancials merupakan aplikasi akuntansi yang bisa menjadi pilihan anda untuk mempermudah mengelola keuangan dan akun perusahaan.

Aplikasi akuntansi ini dapat anda gunakan secara gratis. Anda bisa membuat berbagai jenis laporan keuangan melalui aplikasi osFinancials ini.

Jika anda mencari aplikasi akuntansi yang mudah digunakan dan gratis, anda bisa menggunakan aplikasi osFinancials ini. Aplikasi ini memberikan status yang tepat dari posisi keuangan perusahaan anda.

9. Zipbooks

Zipbooks merupakan aplikasi akuntansi terbaik yang diakses secara gratis. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para freelancer atau pekerja lepas.

Walaupun gratis, aplikasi akuntansi satu ini menyediakan fitur yang cukup lengkap. Tetapi, apabila anda membutuhkan fitur lebih dalam seperti payroll atau pembayaran online, anda harus membayar paket berbayar.

Untuk menggunakan sejumlah paket berbayar, anda bisa gunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, anda bisa bertanya melalui fitur live chat yang aktif saat jam kerja.

Namun, Zipbooks belum ada di Indonesia. Jadi, anda harus menyesuaikan jam kerja dengan yang ada di luar. Jika anda tertarik, anda bisa langsung mengunjungi website https://zipbooks.com/.

10. Wave

Wave Accounting adalah aplikasi akuntansi terbaik yang bisa membantu anda dalam melakukan pengiriman invoice, mencatat laporan accounting, hingga membuat kwitansi online.

Aplikasi akuntansi ini juga menyediakan fitur untuk melakukan scanning kwitansi dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di iOS maupun Android.

Aplikasi akuntansi Wave sudah banyak digunakan karena dapat digunakan secara gratis. Namun, aplikasi akuntansi ini juga menyediakan beberapa fitur yang harus berbayar seperti pembayaran dan payroll.

11. SlickPie

SlickPie merupakan aplikasi akuntansi yang cocok bagi anda yang tidak memiliki banyak pengalaman tetapi mencari software aplikasi akuntansi terbaik.

Karena aplikasi akuntansi satu ini sangat mudah dimengerti dan digunakan oleh para pemula. Aplikasi akuntansi ini memiliki tampilan yang sederhana.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tidak ada layanan atau fitur yang ditawarkan dengan berbayar karena aplikasi ini menyediakan fitur-fitur dengan full gratis.

Namun, yang menjadi kendala dari aplikasi akuntansi SlickPie ini adalah bahasa. Karena aplikasi ini tidak menyediakan pilihan bahasa indonesia.

12. Paper.id

Paper.id merpakan aplikasi akuntansi yang bisa anda gunakan untuk mengirimkan invoice secara digital. Aplikasi akuntansi ini sudah digunakan oleh 25 ribu UMKM Indonesia.

Aplikasi akuntansi ini merupakan aplikasi yang berbasis di Indonesia yang dapat anda gunakan secara gratis. Selain itu anda bisa mendapatkan pelatihan khusus secara langsung.

Itu dia beberapa aplikasi akuntansi yang bisa menjadi pilihan untuk anda para pejuang bisnis. Kini anda bisa mencatat terkait keuangan perusahaan dan akun perusahaan dengan lebih mendukung kinerja accounting.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa share pengalaman Sahabat Tedas.id apabila telah menggunakan aplikasi akuntansi yang sudah kita bahas di atas. Selamat mencoba!

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.