Android/iOS

Aplikasi Absensi Online yang Mempermudah Pekerjaan HRD

Masalah absensi kerap menjadi kendala HRD untuk menentukan kinerja setiap karyawan. Untung sekarang ada aplikasi absensi online yang mudah digunakan. 

Bukan cuma itu saja, aplikasi ini beberapa juga tersedia gratis jadi memudahkan operasional bisnis, khususnya untuk skala kecil menengah. 

Jika kamu adalah salah satu HRD yang sedang butuh aplikasi absensi bisa cari tahu daftar rekomendasinya ini. 

7 Aplikasi Absensi Online Gratis Wajib Dimiliki HRD

Ada sederet keuntungan perusahaan menggunakan absensi online yang akan langsung dirasakan HRD jika menggunakan aplikasi absensi online. 

[the_ad id=”9152″]

Pertama adalah untuk mengamankan manipulasi absensi yang masih kerap terjadi di berbagai perusahaan.

Jadi jika karyawan terlambat mereka tidak didenda atau mendapat peringatan. 

Kedua, aplikasi jenis ini juga memudahkan HRD untuk menyesuaikan dengan sistem gaji, karena biasanya sudah terintegrasi dengan aplikasi lain secara langsung. 

Ketiga, karyawan jadi bisa lebih disiplin dan tidak datang terlambat karena akan dipantau terus menerus jika mereka sering melanggar jam kerja. 

Aplikasi absensi online saat ini ada begitu banyak jenis dan rata-rata menerapkan sistem pembayaran. Jadi kamu harus beli dulu baru bisa menggunakannya. 

Supaya bisa tahu seperti apa kinerja aplikasi tentu mereka juga menyediakan fitur gratis untuk penggunaan awal. Tapi ada juga lho aplikasi yang gratis sepenuhnya. 

Apa saja aplikasi yang ditawarkan, yuk langsung aja cek daftarnya. 

[the_ad id=”25901″]

1.Kerjoo 

aplikasi Kerjoo 

Sumber: kerjoo.com

Termasuk aplikasi yang baru, tapi layanan yang dihadirkan di sini gratis. Kamu bisa langsung menggunakan aplikasi ini setelah mendaftar membuat akun. 

Memanfaatkan sistem cloud dari Saas, di sini kamu bisa langsung mendapatkan data real absensi yang sudah diisi oleh karyawan. Jadi tidak ada yang bisa berbohong jika mereka terlambat. 

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi Kerjoo untuk kamu para HRD yaitu:

[the_ad id=”26309″]

  • Tampilannya yang sederhana membuat siapa saja bisa menggunakan aplikasi tanpa kesulitan. 
  • Selain itu aplikasinya juga mempermudah aktivitas kerja dari rumah atau karyawan yang kerja di lapangan. 
  • Ada informasi GPS yang memudahkan HRD tahu bahwa karyawan telah tiba di lokasi kerja. 
  • Selain itu juga fitur scan wajah dan identitas untuk memastikan karyawan tidak berbohong. 

Jika kamu ingin menghubungkan aplikasi dengan fitur payroll maka harus berlangganan terlebih dahulu setiap bulannya. 

Kamu bisa membayar menyesuaikan dengan jumlah karyawan yang didaftarkan. Jadi nggak perlu lagi kesulitan untuk mendata gaji berdasarkan absensi secara manual. 

2.Kantor Kita 

Kantor Kita 

Sumber: kantorkita.co.id

Aplikasi presensi online yang selanjutnya ini cukup terkenal dan sudah memiliki rating sampai 4.9 bintang di Google Play. 

[the_ad id=”18094″]

Kamu tinggal langsung aja untuk menginstal aplikasinya dan mendapatkan fitur gratis yang sudah disediakan. 

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi Kantor Kita yaitu:

  • Mencatat kehadiran karyawan dengan fitur GPS, scan wajah jadi bisa ketahuan apakah mereka sudah sampai di tempat kerja.
  • Absensi ini juga akan mencatat langsung jika ada karyawan yang sedang lembur sehingga memudahkan sistem penggajian. 
  • Ada juga fitur untuk pengambilan cuti sehingga organisir kehadiran karyawan jadi lebih mudah.
  • Track record karyawan akan tersimpan sehingga kamu juga mudah jika ingin memberikan bonus kepada mereka. 

Semuanya sudah tersistem dengan baik, tapi kamu hanya bisa menggunakan fitur gratis ini di awal saja. 

Jika tertarik untuk menggunakan seterusnya kamu bisa cek dulu berapa rate pembayaran perbulannya.

Lumayan murah kok jadi nggak akan menghabiskan biaya operasional tinggi. 

3.Hadirr 

Hadirr 

Sumber: hadirr.com

Juga memiliki rating sampai 4.6 di Play Store serta telah diunduh 100 ribu lebih. Memiliki tampilan sederhana yang memudahkan para HRD pemula.

Sangat cocok digunakan untuk bisnis seperti kesehatan, farmasi, sales atau sejenisnya yang membutuhkan sistem kerja remote atau di kantor. 

Termasuk juga jika perusahaan kamu memiliki banyak cabang. Maka Hadirr akan mempermudah sistem absensinya. 

Sebagai aplikasi absensi online, Hadirr memberikan beberapa kelebihan kepada HRD selain gratis yaitu:

[the_ad id=”9152″]

  • Sama dengan yang lain, di sini karyawan juga harus foto selfie untuk membuktikan kehadiran. 
  • Mengecek langsung keberadaan karyawan dengan fitur GPS jadi ketahuan apakah mereka bekerja atau tidak. 
  • Aplikasinya cukup ringan sehingga tidak menyulitkan karyawan untuk menginstalnya. 
  • Sering diperbarui jadi jika ada masalah kamu bisa langsung lapor, misal salah fiturnya tidak berfungsi. 

Sejauh ini Hadirr sudah digunakan di beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia. Di Indonesia beberapa perusahaan startup juga sudah menggunakannya. 

Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi ini ada baiknya untuk menginstal sekarang dan mempelajari sistemnya. 

4.Attendance by Talenta 

Talenta 

Sumber: talenta.co

Punya rating 4.3 di Play Store, absensi karyawan online yang satu ini memberikan banyak kemudahan bagi HRD. 

Semua akses dari kontak, kamera dan lokasinya akurat sehingga HRD mudah untuk melacak di mana keberadaan karyawan pada saat jam kerja. 

Tidak ada karyawan yang bisa mangkir lagi atau mempermainkan perusahaan dengan sistem absensi. Data karyawan juga aman dengan aplikasi Mekari ini. 

Berikut ini sederet kelebihan yang ditawarkannya. 

[the_ad id=”25901″]

  • Punya sistem manajerial kinerja karyawan shift, jadi kamu mudah untuk mengatur jadwalnya.
  • Menyediakan sistem peraturan atau hukuman apabila terdapat keterlambatan atau penyalahgunaan absensi karyawan. 
  • Memiliki fitur GPS dan check in yang terbaru dan efektif untuk mengontrol keberadaan karyawan. 
  • Notifikasi otomatis jika ada karyawan yang belum masuk melewati batas jam kerja atau karyawan yang baru saja absen. 

Attendance juga memiliki tampilan yang sederhana, memungkinkan kamu untuk bisa langsung menggunakan tanpa harus kesulitan mencari menu yang sudah disediakan. 

5.Asikk 

Daya tarik aplikasi Asikk adalah layanannya yang gratis. Kamu bisa langsung menggunakan dan mendaftar semua karyawan. 

Hanya butuh beberapa menit saja akun akan langsung aktif. Selain itu Asikk juga terdaftar ke fitur aplikasi lain seperti BPJS dan sistem gaji. 

Beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi Asikk adalah:

[the_ad id=”26309″]

  • Memiliki fitur informasi, jadi apabila manajemen memiliki informasi yang ingin disampaikan bisa menuliskannya di aplikasi Asikk. 
  • Punya fitur juga untuk mengatur jam kerja karyawan shift sehingga sudah sesuai dengan porsinya. 
  • Terhubung juga dengan sistem penggajian sehingga karyawan akan mendapatkan gaji sesuai sistem absensinya.
  • Lebih mudah mengecek pengajuan cuti atau libur karyawan dari smartphone. 

Aplikasi untuk absen karyawan ini sangat memudahkan HRD menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan karyawan yang ingin cuti mendadak bisa langsung submit permohonan lewat aplikasi. 

6.Appsensi 

Selanjutnya ada juga aplikasi yang direkomendasikan tapi termasuk jenis baru. Appsensi ini bisa diakses melalui smartphone dan komputer. 

Khusus untuk aplikasi di smartphone tampilannya sangat sederhana dan mudah digunakan.

[the_ad id=”18094″]

Fitur-fitur yang digunakan sangat lengkap dan memudahkan pekerjaan HRD. 

Apa saja kelebihan yang ditawarkan bisa kamu cek dulu sebagai berikut:

  • Ada sistem check in, check out dan riwayat jam kerja dari karyawan. Jadi tidak ada karyawan yang bisa curang lagi. 
  • Sistem penggajian juga sudah terintegrasi di satu aplikasi jadi tidak perlu menggunakan sistem lainnya. 
  • Memiliki fitur GPS, face recognition, identification yang semua bisa diakses secara real time. 
  • Mau melacak di mana karyawan juga bisa. Kamu bisa tahu langsung melalui peta berdasarkan GPS karyawan. 

Aplikasi absensi online ini juga sudah terus diperbarui sehingga terbebas dari bug serta masalah gangguan data yang lainnya. 

7.Presensi 

Aplikasi karya PT Belanja Pasti Indonesia ini dikhususkan untuk HRD yang selama ini kesulitan mengatur absensi secara manual. 

Dengan fitur-fitur canggihnya, Presensi memberikan kemudahan dalam pekerjaan manajerial sebagai berikut:

[the_ad id=”9152″]

  • Melihat kapan karyawan meminta cuti atau libur tanpa harus bertemu. 
  • Mengecek kapan waktu karyawan masuk dan pulang. 
  • Mengecek lokasi karyawan secara realtime dengan fitur GPS yang sudah terpasang. 
  • Memudahkan sistem penggajian khususnya untuk pekerjaan seperti sales, jadi bisa memberikan bonus juga jika kinerja baik dan banyak lembur. 

Semua karyawan bisa langsung menginstal Presensi agar mereka dapat absen ketika berangkat dan pulang kerja. 

Informasi yang berkaitan dengan manajemen perusahaan juga dapat dimasukkan ke dalam aplikasi sehingga semua karyawan di berbagai daerah dapat membacanya. 

[the_ad id=”26309″]

Hanya saja aplikasi ini juga menyediakan semua fitur gratisnya dalam 30 hari pertama. Selanjutnya jika cocok kamu bisa langsung berlangganan. 

Selama kamu menggunakan aplikasi absensi online pekerjaan manajerial karyawan tidak akan terasa sulit lagi. 

Kapan saja ingin membuat laporan atau mengecek kinerja karyawan tinggal sekali login.

Yuk pilih langsung mana aplikasi yang cocok. 

 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button