Sikat Virus, Dengan 7 Anti Virus Terbaik Untuk Android Ini

Anti Virus Terbaik Untuk Android – Setiap hari penguna smartphone entah itu yang berbasis android maupun iOs makin hari semakin bertambah jumlahnya dan tak dipungkiri lagi dengan bertambahnya jumlah penguna maka semakin sering pula seseorang berselancar di dunia maya.

Entah itu sekedar untuk mencari berbagai macam informasi di website, bermain media sosial sampai menonton chanel Youtube, namun yang perlu Anda perhatikan adalah dengan keamanan di dunia internet.

Karena bukan menjadi sebuah rahasia lagi banyak akun yang telah diretas oleh tangan-tangan jahil karena kurangnya pengetahuan Kita dalam berselancar di dunia maya dan terdapat celah-celah atau kelemahan dalam sebuah sistem di internet yang bisa dimanfaatkan oleh hacker, atau penyadap.

Dan mungkin saja data-data Kamu yang sangat berharga tersebut bisa saja hilang bahkan foto-foto pribadi Kamu disebarkan. Pastinya jika Kamu mengalami hal tersebut akan sangat kesal dan sangat dirugikan bukan? Apalagi para pelakunya sangat sulit untuk diketahui,

Ada seribu cara di luar sana yang bisa dilakukan oleh hacker untuk meretas akun-akun penting dan salah satunya adalah dengan menyisipkan virus tertentu kedalam program-program di android, sehingga hal ini bisa diantisipasi dengan menggunakan anti virus.

Rekomendasi, 7 Anti Virus Terbaik Untuk Android dan Spesifikasinya

anti virus terbaik untuk hp androidPerlu Kamu ketahui bahwa program antivirus dirancang untuk melindungi berbagai macam perangkat seperti smartphone sampai komputer Kamu dari ancaman berbagai macam virus berbahaya seperti malware, trojan, keylogger yang bisa saja disisipkan di software.

Dan tentunya berbagai macam virus tersebut dapat memperlambat aktifitas Kamu dan tentu saja mengancam data-data penting Kamu, sehingga dengan menginstal anti virus terbaik untuk android bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk Kamu.

Baca Juga  6 Cara Mengetahui WA Disadap dan Ciri Cirinya

Ada berbagai macam anti vitus terbaik untuk android yang bisa Kamu pilih untuk menyikat habis virus-virus dan bandingkan sendiri kekurangan dan kelebihannya, berikut di bawah ini adalah ulasannya yang saya kutip dari laman Jalantikus dan Msdpn.id, diantaranya:

1. Avast Mobile Security

avast antivirus

Anti virus terbaik untuk android yang pertama adalah avast mobile security, dimana aplikasi anti virus ini dengan sekali sentuhan pada layar smartphone Kamu maka aplikasi ini dapat sekaligus memindai berbagai macam aplikasi smartphone pengguna.

Seperti Trojan yang sangat berbahaya dan tak hanya melindungi dari Trojan saja akan tetapi bisa memberikan perlindungan terhadap serangan virus maupun serangan dari spyware.

Jika Kamu membeli anti virus avast premium maka ada berbagai macam fitur premium menarik yang bisa Kamu dapatkan seperti: menghapus iklan, penguncian aplikasi, perangkap kamera, kemanan SIM dll.

Selain itu fitur gratis avast juga sangat menarik untuk Kamu coba karena terdapat fitur-fitur yang tak kalah dengan versi premiumnya seperti memberikan perlindungan yang menyeluruh terhadap ancaman virus dan ancaman lainnya yang sangat membahakan pengguna smartphone.

Fitur-Fitur Avast Mobile Security Lainnya:

– Dapat membersihkan sampah untuk menghapus cache dari aplikasi yang tidak tidak terpakai.

– Pegamanan website untuk memberikan perlindungan ketika Kamu sedang berlancar di dunia maya.

– Bisa melihat waktu yang Kamu habiskan di setiap menggunakan aplikasi.

Spesifikasi Dan Rating Avast Mobile Security

Developer: Avast Software
OS Minimal: Android 4.1+
Ukuran: 26.7 MB
Rating: 4.5/5 (Google Play) | 9.6/10 (APKPure)

2. McAfee Mobile Security & Lock


Anti virus terbaik untuk android selanjutnya adalah Mcafee mobile security & lock dimana antivirus kawakan ini sudah terkenal sejak dulu, dan aplikasi anti virus ini memiliki dua versi yaitu versi gratisan dan versi pro.

Fitur-fitur versi gratisan diantaranya: fitur anti pencurian, kunci keamanan pada smartphone, kemanan wi-fi, pembersihan memori dari cache, pengoptimalan baterai dan fitur lainnya bisa Kamu dapatkan di versi pro yang berbayar.

Fitur-Fitur McAfee Mobile Security & Lock yang Terpenting

– Fitur untuk mengapus data dari jarak jauh hal ini dilakukan data smartphone kesayanganmu hilang atau dicuri orang.

– Fitur thief cam yang berfungsi untuk menangkap foto dari pengguna jahil yang ingin mengakses smartphone Kita.

– Fitur perlindungan penghapusan anti pencurian yang berfungsi mengehntikan pencuri untuk mencopot pemasangan aplikasi ini.

– Fitur dukungan untuk perangkat android wear.

Spesifikasi Dan Rating McAfee Mobile Security & Lock

– Developer: McAfee LLC
– OS Minimal: Android 4.1+
– Ukuran: 20.6 MB
– Rating: 4.4/5 (Google Play) | 9.8/10 (APKPure)

3. Bitdefender Antivirus Free

bittfinder antivirus
Anti virus terbaik untuk android selanjutnya adalah Bitdefender Antivirus Free, dimana anti virus ini menawarkan perlindungan secara meyeluruh dari semua ancaman di smartphone Kamu dan anti virus ini adalah salah satu anti virus yang paling ringan karena menggiunakan teknologi cloud yang berfungsi untuk melakukan pemindahan dengan hasil terbaik dan cepat.

Kelebihan anti virus ini juga adalah anti virus terbaik ini tidak akan menguras daya baterai pengguna dan untuk fitur kemanannya menawarkan berbagai perlindungan real time yang dapat memindai aplikasi pada saat aplikasi baru sedang dipasang keren bukan?

Perlu Kamu ketahui bahwa BItdefender memiliki dua versi yaitu versi gratisan dan versi berbayar, dimana versi gratisan hanya dapat diakses secara gratis dengan masa uji coba selama 2 minggu.

Dan apabila Kamu menggunakan versi berbayarnya maka Kamu dapat menggunakan berbagai macam fitur-fitur canggih lainnya seperti: menjaga privasi akun, pemindai malware, anti pencurian, kemanan web, sampai penguncian aplikasi.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Pada Aplikasi

Fitur-Fitur Bitdefender Antivirus Free yang Penting

– Dukungan untuk perangkat android wear.

– Fitur smart unclock yang berfungsi membuka kunci aplikasi saat kamu terkoneksi dengan wi-fi yang sudah dipercaya.

– Mendapatkan VPN yang sudah terintergrasi yang berfungsi untuk membuat situs-situs yang telah diblokir oleh pihak tertentu.

– Fitur pemindahan adware dan malm ware selama Kamu berselancar di dunia maya.

Spesifikasi Dan Rating Bitdefender Antivirus:

– Developer: Bitdefender.
– OS Minimal: Android 4.0.3+.
– Ukuran: 20.3 MB.
– Rating: 4.5/5 (Google Play) | 9.0/10 (APKPure).

4. Avira Antivirus Security


Anti virus terbaik untuk android selanjutnya adalah avira antivirus security dimana aplikasi ini dapat diandalkan karena memilki fitur-fitur yang lengkap dan sebagian besar fitur-fitur keren dapat kamu coba di versi gratis, keren bukan?

Tak hanya disitu saja karena aplikasi antivirus ini juga menawarkan perlindungan terhadap virus dan kemanan privasi sehingga antivirus ini dapat memindai penyimpanan eksternal juga pada smartphone Kamu.

Selain itu terdapat fitur keren lainnya seperti tracker dimana Kamu dapat melacak lokasi smartphonemu jika misalkan hilang atau dicuri orang lain dan fitur ini Kamu dapat meminta siapapun yang menemukan smartphone Kamu untuk menelepon.

Dan pada versi berbayar maka kamu akan mendapatkan perlindungan yang lebih seperti perlindungan untuk kemanana sata berselancar di dunia maya, perlindungan kamera maupun perlindungan lainnya.

Fitur-Fitur Avira Antivirus Security yang Penting

– Fitur perlindungan dari malware pada website.

– Fitur anti anti serangan dari ransomware.

– Fitur privacy advisior yang berfungsi menunjukan bagaimana aplikasi ini dapat mengumpilam data pengguna.

Spesifikasi Dan Rating Avira Antivirus Security

– Developer: AVIRA.
– OS Minimal: Android 4.4+.
– Ukuran: 14.6 MB.
– Rating: 4.5/5 (Google Play) | 8.8/10 (APKPure).

5. Kaspersky Mobile Antivirus

karpersky antivirus
Anti virus selanjutnya adalah Kaspersky mobole antivirus yang memiliki berbagai macam fitur-fitur kemanan yang keren, dan tak hanya saja digunakan pada system berbasis android karena antivirus ini juga terdapat di berbagai macam system operrasi seperti pada windows.

Kaspersky mobile antivirus terdapat dua versi yaitu versi berbayar dan versi gratisan, dimana versi gratis terdapat fitur: pemidahan aplikasi secara manual untuk malware dan virus sedangkan versi berbayar terdapat fitur anti pencurian, anti phising perlindungan real time, sampai penguncian aplikasi yang dapat melindungi aplikasi penting Kamu.

Dan jika Kamu ingin mencoba versi gratis maka Kamu dapat mengakses semua versi berbayar atau premium untuk dicoba secara Cuma-Cuma selama 1 bulan.

Fitur-Fitur Kesperskty Mobile Antivirus Lainnya

– Fitur perlindungan yang kuat terhadap serangan Trojan,virus maupun malware.

– Fitur temukan ponsel saya, untuk mencari ponsel pengguna yang hilang maupun di curi.

– Fitur blokir panggilan spam atau nomer yang tidak diinginkan.

– Fitur aplikasi latar belakang dari kespersky untuk memeriksa malware pada aplikasi yang diunduh pengguna.

Spesifikasi Dan Rating Kesperskty Mobile Antivirus

– Developer: Kaspersky Lab.

– OS Minimal: Android 4.2+.

– Ukuran: 47.6 MB.

– Rating: 4.8/5 (Google Play) | 9.7/10 (APKPure).

6. Norton Security & Antivirus

Anti virus terbaik untuk android selanjutnya adalah Norton Security & Antivirus, dimana aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi antivirus yang diklaim terbaik karena dilengkapi dengan berbagai macma fitur yang keren.

Norton Security & Antivirus menawarkan deteksi tingkat tinggi terhadap berbafai macam ancaman virus, selain itu aplikasi ini juga mampu untuk membersihkan malware, spyware hingga virus-virus lainnya.

Tak hanya disini saja Norton Security & Antivirus juga menyediakan fitur kemanan bagi pengguna yang berfungsi untuk memblokir sms dan panggilan telepon yang tidak diinginkan pengguna.

Dan juga dilengkapi dengan fitur kontrol jarak jauh yang berfungsi ketika smartphone penggunahilang dan pengguna dapat membunyikan smartphonenya dari jarak jauh dan menguncinya untuk mencegah
terjadinya perncurian data pribadi.

Baca Juga  Sangat Mudah, Ini 3 Cara Install XAPK Step by Step

Fitur-Fitur Norton Security & Antivirus Lainnya

– Fitur pemblokitan panggilan telpon untuk penggilan spam yang tidak diinginkan penguna.

– Fitur safe search yang berfungsi untuk menandai situs website yang tidak aman dan berisiko bagi pengguna selama mengunjungi situs-situs tertentu.

– Fitur pemindai wi-fi dimana fitur ini akan sangat membantu karena akan memberitahu pengguna bahwa koneksi wi-fi ini tidak aman.

– Jika ponsel Kamu hilang diambil ataupun dipinjam tanpa izin maka Kamu bisa memanfaatkan fitur sneak peek untuk mengambil foto pengguna lain.

Spesifikasi Dan Rating Norton Security & Antivirus

– Developer: NortonMobile.
– OS Minimal: Android 4.1+.
– Ukuran: 25.6 MB.
– Rating: 4.6/5 (Google Play) | 9.5/10 (APKPure).

7. AVG AntiVirus

Aplikasi anti virus terbaik untuk android selanjutnya adalah AVG AntiVirus, dimana aplikasi ini dikembangkan oleh AVG Technologies yang ternyata merupakan anak perusahaan dari Avast yang masih merupakan aplikasi antivirus.

AVG AntiVirus memiliki berbagai macam fitur standar yang sangat diperlukan oleh pengguna, seperti fitur pemindai berkala, pembersihan sampah, kemanana wi-fi, pemblokiran panggilan, RAM booster, penghemat daya baterai dll.

Sebenarnya masih ada banyak fitur-fitur menarik lainnya yang bisa Kamu coba di versi berbayar atau versi premium atau Kamu dapat mencoba versi trialnya selama 14 hari.

Fitur-Fitur AVG AntiVirus Lainnya

– Fitur mengunci galeri foto.

– Fitur peningkatan kinerja smartphone yang berfungsi untuk memperpanjang masa pengunaan baterai smartphone.

– Fitur Antivirus dengan double-engine yang berfungsi untuk menghapus virus-virus dan konten berbahaya.

Spesifikasi Dan Rating AVG AntiVirus

– Developer: AVG Mobile.
– OS Minimal: Android 4.1+.
– Ukuran: 26.9 MB.
– Rating: 4.5/5 (Google Play) | 9.5/10 (APKPure).

8. 360 Security

360 antivirus
Aplikasi anti virus terbaik untuk android selanjutnya adalah 360 Security, dimana aplikasi ini merupakan salah satu anvirus terpopuler di kalangan penguna system berbasis android, bahkan saat Kamu membeli smartphone antivirus 360 Security sudah terpasang dibeberapa merk smartphone dna berfungsi juga sebagai pembersih atau cleaner.

Selain itu terdapat fitur utama 360 Security yaitu untuk perlindungan antivirus terbaik android, penambah kecepatan smartphone, pembersih sampah, pendingin CPU, sampai perlindungan anti pencurian bisa Kamu dapatkan di 360 Security, namun sayangnya 360 Security menampilkan iklan yang mengganggu bagi pengguna.

Fitur-Fitur 360 Security Lainnya

– Fitur panggilan telpon dan SMS.

– Fitur intruder selfie, dimana pada fitur ini berfungsi untuk menangkap foto penguna lain yang ingin mencoba menggunakan smartphone Kamu tanpa izin.

– Fitur speed booster yang berfungsi untuk membersihkan RAM smartphone.
Spesifikasi Dan Rating 360 Security

– Developer: 360 Mobile Security Limited.

– OS Minimal: Android 4.1+.

– Ukuran: 20.9 MB.

– Rating: 4.6/5 (Google Play) | 9.4/10 (APKPure).

Tips Memilih Antivirus

tips memiih anti virus
Seperti yang sudah Kamu ketahui bahwa program antivirus awalnya dirancang untuk melindungi komputer dari malware, istilah yang digunakan untuk menjelaskan perangkat lunak berbahaya.

Selain itu terdapat perangkat lunak berbahaya, termasuk virus, trojan dan keylogger yang tentu saja dapat menghapus file-file penting Kamu dan memperlambat kinerja smartphone sampai komputer dan yang lebih berbahaya adalah bisa mencuri data-data pribadi Kamu seperti foto, video hingga data-data lainnya.

Sehingga dengan memilih program antivirus terbaik untuk smartphone maupun untuk komputer Kamu adalah sangat penting saat pertamakali Kamu membelinya.

Dengan begitu banyak program antivirus yang tersedia di pasar yang telah Saja jelaskan diatas mungkin akan sangat membantu untuk memahami beberapa fungsi yang dilakukan oleh antivirus sehingga Kamu dapat membandingkannya sendiri.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa hal penting yang perlu Kamu perhatikan saat memilih antivirus terbaik untuk android, diantaranya:

1. Perlindungan Waktu Nyata

Sebagian besar program antivirus menawarkan perlindungan waktu nyata atau real time dan hal ini berarti program antivirus melindungi smartphone Kamu dari ancaman virus yang masuk.

Bahkan jika virus tidak menginfeksi smartphone Kamu, maka Kamu harus mempertimbangkan untuk mendapatkan program antivirus untuk tujuan mencegah infeksi di lain harinya.

2. Deteksi Ancaman

Sebagian besar program antivirus menawarkan deteksi ancaman dan hal ini berarti program antivirus dapat memindai seluruh smartphone Kamu untuk mencari virus di dalamnya.

Namun, tidak semua program antivirus dibuat sama dan beberapa program antivirus memiliki tingkat deteksi yang lebih tinggi daripada yang lain dan Kamu dapat memilih antivirus dengan deteksi ancaman
yang terbaik.

Baca Juga  Mau Ganti HP? Ini Review Iphone 11 Harga dan Spesifikasinya

3. Pembaruan Otomatis

Sebagian besar program antivirus menawarkan pembaruan otomatis dan pembaruan otomatis sangat penting karena program antivirus yang kedaluwarsa tidak akan dapat mendeteksi virus terbaru.

Selain itu, jika program antivirus hanya menawarkan pembaruan manual, Kamu mungkin lupa untuk memperbarui program antivirus dan akhirnya smartphone Kamu mungkin bisa terinfeksi virus baru.

4. Mencegah Akses Otomatis

Sebagian besar program antivirus memiliki kemampuan untuk mengingatkan Kamu ketika suatu program mencoba mengakses smartphone Kamu dan contohnya adalah aplikasi online.

Banyak program yang mencoba mengakses smartphone Kamu yang berbahaya dengan diunduh secara otomatis dan karenanya program antivirus akan memberi Kamu opsi untuk mengizinkan atau mencegah akses tersebut.

5. Memiliki Fitur Tambahan

Hal penting sata memilih antivirus terbaik adalah dengan memiiki fitur tambahan, hal mungkin termasuk fitur perlindungan email keluar, perlindungan pesan instan, perlindungan pencurian identitas dan pemblokiran pop-up.

Sekianlah pembahasan mengenai anti virus terbaik untuk android dan perlu Kamu catat bahwa fitur-fitur yang Saya jelaskan diatas merupakan sebagian besar fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi yang dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikaannya bagi penguna.

Dan apabila Kamu masih merasa kebingungan dengan fitur-fitur antivirus terbaik android yang ditawarkan diatas maka Kamu dapat mengunjungi Google Play Store untuk melihat fitur-fitur lengkapnya.

Selain itu ada baiknya jangan menggunakan semua aplikasi antivirus terbaik android yang ditawarkan diatas karena Kamu hanya perlu menginstal salah satu antivirus sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *