android
Android/iOS

Android 10: Muncul 10 Fitur Keren Kekinian

Artikel terakhir diperbaharui 20-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Sistem operasi Android kembali memunculkan sistem operasi baru yaitu Android 10. Sistem ini digunakan untuk menggantikan pendahulunya yaitu Andorid 9 Pie.

Android 10 adalah sistem yang terbaru dan memiliki berbagai fitur berbeda. Seperti apa fitur canggih nan kekinian yang ditawarkan?

Peran Google dalam Android 10

android 10 adalah

Sistem Android 10 ini awalnya dikenal dengan Android Q dan bisa digunakan oleh semua pengguna Google Pixel. Penggunaan Android 10 yang harus segera meluas juga disebabkan peran serta dari Google.

Google sebagai perusahaan terbesar dalam hal teknologi mewajibkan smartphone semuanya menggunakan Android 10 sejak 31 Januari 2019. Kebijakan ini telah sebagai syarat GSM Google.

Apabila produsen smartphone tidak mengikuti aturan yang telah dibuat oleh Google maka tidak akan diterbitkan lisensi layanan mitra Original Equipment Manufacturer atau OEM.

Lalu apakah dukungan dari Google untuk Android terdahulu benar-benar dihentikan? Google tetap memberikan dukungan pada sistem Android 9 Pie hanya saja dukungan ini sebatas pembaharuan fitur saja hingga meluncurnya Android 11 pada Agustus 2020.

Soal pembaharuan fitur pada sistem Android 9 Pie ke bawah akan dihentikan dan tidak ada pembaharuan fitur sama sekali. Pembaharuan baru dilakukan apabila muncul masalah keamanan yang mengganggu pengguna ponsel.

Contohnya saja risiko hacker serta masalah kejahatan yang lainnya. Tujuan dari persyaratan yang diberikan Google ini adalah supaya kinerja penggunaan OS Android meningkat.

Yang dulunya terkesan sangat lambat diterapkan pabrik smartphone kini akan berubah. Selain itu Google juga menawarkan keamanan dalam OS baru Android ini yang lebih baik.

Telah diluncurkan pada September 2020, OS anyar dari android ini baru ada pada smartphone Pixel keluaran dari Google. Apabila smartphone tidak memiliki lisensi GSM maka tidak ada aplikasi bawaan dari Google seperti Youtube, Gmail hingga Playstore.

Fitur Kekinian dan Keren dari Android 10

fitur android 10

Image: Wikipedia

Bukan pembaharuan namanya jika tidak ada fitur tambahan yang membuatnya semakin canggih. Ada begitu banyak fitur Android 10 yang akan dirasakan oleh pengguna. Jika kamu tertarik untuk beralih pada OS ini, cari tahu dulu apa fitur canggihnya.

1. Informasi kapasitas baterai

Baterai menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh smartphone. Dilihat indikator baterai pada tampilan muka saja tidak cukup mengingatkan pengguna sisa kapasitas yang dimiliki. Apalagi ketika masih digunakan bermain game dan aplikasi lainnya.

Seringkali pengguna kelupaan masalah kapasitas baterai dan tanpa sadar sedang asyiknya bermain hp tiba-tiba mati. Mengatasi masalah yang sering terjadi tersebut, Android 10 memberikan fitur pengingat.

Pengguna akan mendapat peringatan akan sisa kapasitas baterai sehingga bisa langsung nge-charge jika baterai tinggal beberapa persen sebelum hp mati.

2. Smart Replies

Fitur ini yang paling membedakan dengan OS sebelumnya. Smart replies bukan hanya sekedar pembaharuan pesan atau aplikasi yang terdapat pada ponsel otomatis. Munculnya informasi ini bukan sekedar untuk notifikasi saja tetapi juga mengandung banyak tautan.

Misalnya saja layanan Google seperti Google Maps yang muncul, update video Youtube hingga URL lain. Kamu bisa langsung membuka pesan pop up yang muncul. Sama halnya ketika yang muncul adalah aplikasi WhatsApp, kamu bisa langsung membalas tanpa masuk ke aplikasi.

3. Notifikasi menjadi hening

Dengan adanya smartp replies, maka notifikasi yang muncul akan lebih sering sesuai dengan aplikasi apa saja yang kamu gunakan. Informasi yang bermunculan terus menerus kadangkala mengganggu apalagi ketika lupa untuk mengubah pengaturan menjadi silent.

Android 10 menghadirkan fitur untuk mengheningkan notifikasi, bisa juga mengubahnya menjadi mode getar. Jadi kalau muncul notifikasi tidak akan langsung berbunyi dan mengganggu.

Ditambah lagi layar smartphone juga tidak akan langsung menyala. Apabila notifikasi muncul di malam garu tentunya tak akan ada gangguan cahaya yang muncul.

4. Dark Mode

Tren dark mode sangat terkenal dan banyak dicari. Bukan hanya dark mode dari segi tema saja tetapi bawaan dari Android. Apa untungnya menggunakan mode gelap? Ada banyak.

Pertama mode gelap akan meringankan daya baterai, sehingga ketahanannya bisa jadi lebih lama. Kedua dengan tampilan dark mode mata tidak akan terlalu cepat lelah karena sinar yang terlalu terang muncul.

Jadi dark mode bukan sekedar gaya-gayaan aja tapi juga memiliki fungsi tersendiri. Untuk bisa mengatur mode gelap ini kamu bisa menggantinya di pengaturan ponsel.

5. Berbagi jaringan wifi lebih mudah

Internet menjadi kebutuhan penting para pengguna smartphone. Kebutuhannya terus meningkat dengan semakin banyaknya pengguna. Karena hal inilah banyak orang yang mencari jaringan internet melalui wifi.

Seringkali ejaan password untuk menyambung ke wifi sulit dan harus dicoba hingga beberapa kali. Kini tak perlu repot lagi untuk menulis password, dengan Android 10 kamu hanya perlu membagikan QR code yang telah tersedia di hp.

6. Fitur audio

OS Android 10 juga memiliki banyak ragam dari segi fitur yang dihadirkan khususnya dalam hal audio. Google menambahkan Sound Amplifier di salah satu fiturnya.

Pada OS sebelum-sebelumnya fitur ini ada di aplikasi terpisah yang harus diunduh. Namun kini tidak lagi karena telah menjadi fitur bawaan yang bisa digunakan untuk meminimalisir suara yang mengganggu.

7. Fitur live caption video

Android 10 adalah OS yang paling maju dalam hal live caption video. Fitur ini memudahkan kamu untuk tahu apa yang dijelaskan dalam sebuah video. Jadi jika terdapat video tanpa suara kamu bisa tetap tahu apa maksudnya.

Munculnya keterangan sama seperti subtitle pada sebuah film. Jadi apapun video yang kamu tonton akan dengan mudah memahami maksudnya. Baik itu dengan suara atau tanpanya.

8. Pengelolaan privasi

Privasi menjadi sangat penting bagi semua pengguna smartphone. Android 10 menjamin keamanan lebih tinggi ditambah dengan adanya pembaharuan terus menerus dari segi keamanan.

Adanya pengaturan privasi membuat kamu bisa mengatur akses dari laman web. Cukup dengan masuk ke pengaturan dan pilih privasi di tingkat lanjut. Akses web bisa disesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan.

Ditambah lagi dalam pengaturan kamu juga bisa mengatur supaya Google bisa melacak penggunanya.

9. Warna aksen hp mudah diganti

Bosan dengan tampilan hitam putih pada hp? Dengan Android 10 kamu bisa mengganti warna jadi lebih menarik. Android 10 menyediakan range warna yang yang lengkap jadi kamu tak akan bosan jika menggantinya.

Cukup dengan masuk ke pengaturan kemudian ketuk menu about phone. Kami tinggal pilih build number beberapa kali. Setelah itu masuk ke sistem dan advance. Pilih developer option dan kamu tinggal pilih aksen warna saja.

10. Pembaharuan panel share

Fitur Android 10 selanjutnya adalah memiliki panel share yang lebih canggih untuk membagikan aplikasi serta mempromosikan orang. Percakapan pada bagian atas juga bisa dilihat.

Pada Android 10, akan muncul thumbnail kecil di samping menu berbagi. Fitur yang satu ini sangat menarik karena memudahkan untuk berbagi.

Inilah fitur-fitur yang terdapat pada android 10, apakah kamu berencana untuk membeli smartphone dengan OS ini?

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.