Struktur Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri dan Kaidahnya

Struktur Teks Eksposisi – Teks eksposisi adalah jenis teks yang menyajikan informasi dan fakta. Karena menyajikan fakta, teks eksposisi termasuk dalam jenis karangan yang bersifat non fiksi. Dengan kata lain, informasi yang diberikan atau disediakan oleh penulis dalam sebuat teks eksposisi merupakan informasi yang benar, tidak dibuat-buat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pengertian Teks Eksposisi

jenis jenis teks eksposisi

Karena teks eksposisi menyajikan suatu informasi yang berdasarkan fakta, pengertian teks eksposisi merujuk pada teks-teks yang berisi informasi yang bersifat fakta yang memang benar-benar ada atau terjadi. Sebagai jenis teks yang ditulis berdasarkan fakta, informasi yang disediakan dalam teks eksposisi umumnya tentang apa, mengapa, bagaimana, kapan, di mana, atau siapa.

Teks eksposisi memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan jenis teks tersebut dengan jenis teks yang lain. Selain memiliki ciri khusus, teks eksposisi juga memiliki pola, struktur serta unsur tersendiri yang akan dijelaskan dalam pembahasan berikut.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

eksposisi adalah

Ciri ciri teks eksposisi yang membedakan jenis teks eksposisi dengan jenis teks lain ada empat yaitu berisi pengetahuan dan informasi, menggunakan bahasa baku, bersifat objektif, serta bentuk penulisannya yang lugas, padat, singkat dan jelas.

1. Berisi pengetahuan dan informasi

Segala informasi yang tersaji dalam teks eksposisi merupakan informasi yang berdasarkan fakta dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karena itulah untuk menulis teks eksposisi dibutuhkan data yang akurat serta fakta-fakta yang terjadi di lingkungan sekitar.

2. Menggunakan bahasa baku

Bahasa yang digunakan untuk menyusun suatu teks eksposisi merupakan bahasa yang bersifat santai dan mudah dipahami. Meski menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam penulisannya, namun penulisan teks eksposisi tidak menggunakan bahasa gaul tetapi menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami.

Baca Juga  Pengertian, Ciri-Ciri dan 3 Contoh Konjungsi Temporal

3. Bersifat objektif

Bersifat objektif artinya tidak memihak. Dengan kata lain, penulis teks eksposisi dalam menyajikan informasi dan pengetahuan tidak condong ke manapun. Penulis harus menempatkan diri di posisi netral. Dengan begitu, pembaca hanya akan menemukan informasi atau pengetahuan dalam teks eksposisi dan tidak akan mendapati opini pribadi.

4. Bentuk penulisan yang lugas, padat, singkat dan jelas

Ciri ciri teks eksposisiyang lain adalah informasi atau pengetahuan yang disampaikan dalam teks eksposisi sifatnya jelas, singkat dan padat. Dengan kata lain, informasi yang disampaikan tidak keluar dari topik pembahasan dan disampaikan secara lugas karena informasi yang diberikan hanya hal-hal yang diperlukan saja.

Struktur Teks Eksposisi

ciri ciri teks eksposisiSebagai jenis teks yang menyediakan informasi atau pengetahuan, teks eksposisi memiliki struktur yang jelas. Struktur tersebut harus dijelaskan secara urut dan tidak boleh dibalik-balik.

Struktur teks eksposisi tersebut adalah pendahuluan atau gagasan awal, penjelasan atau argumen yang didasarkan pada fakta, dan pembahasan atau penengasan ulang yang didukung dengan data.

1. Pendahuluan atau gagasan awal

Bagian pendahuluan atau gagasan awal merupakan bagian penting dari teks eksposisi yang akan memandu dan mengarahkan alur dari sebuah teks ekposisi. Gagasan awal dapat juga diartikan sebagai suatu topik yang ingin dibahas. Sebaiknya pilih gagasan awal yang sifatnya lebih khusus pada suatu topik sehingga Anda akan lebih mudah menentukan alur pembahasan.

2. Argumen berdasarkan fakta

Teks eksposisi merupakan teks yang menyampaikan fakta. Karena itulah argumen yang diungkapkan dalam teks eksposisi tidak boleh didasarkan pada opini pribadi. Argumen yang dibahas pada teks eksposisi harus didasarkan pada fakta yang ada dengan bahasa yang baku namun lugas dan santai sehingga mudah dipahami.

Baca Juga  Mengenal Macam Macam Majas dan Contohnya Untuk Dipelajari

3. Penegasan ulang dan kesimpulan

Setelah menyampaikan argumen yang didasarkan pada fakta, perlu diberikan penegasan ulang pada teks oposisi terkait topik atau gagasan utama yang dibahas dalam teks oposisi tersebut. Selanjutnya, kesimpulan dapat diambil dari pembahasan yang disebutkan pada teks eksposisi. Kesimpulan harus sesuai dengan apa yang sedang dibahas dan tidak keluar dari topik.

Tujuan Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang memberikan pengetahuan serta informasi. Dari karakteristik teks eksposisi tersebut pembaca akan dapat memahami bahwa tujuan teks eksposisi adalah untuk menambah pengetahuan bagi pembacanya dari suatu hal atau kejadian yang dijelaskan atau diungkapkan penulis secara rinci dalam teks eksposisi.

Jenis jenis Teks Eksposisi

kaidah kebahasaan teks eksposisiTeks eksposisi memiliki banyak jenis yang jumlahnya ada 6 yaitu eksposisi defini, eksposisi ilustrasi, eksposisi proses, eksposisi laporan, eksposisi pertentangan dan eksposisi perbandingan. Ragam teks eksposisi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca.

Namun, cara penyampaian dan topik yang dibahas menjadi pembeda dari berbagai jenis teks eksposisi. Berikut penjelasan singkat tentang ragam teks eksposisi tersebut:

1. Eksposisi defini

Seperti namanya, eksposisi defini merupakan teks atau paragraf eksposisi yang memaparkan definisi atau pengertian dari suatu topik.

2. Eksposisi ilustrasi

Eksposisi ilustrasi merupakan teks yang memaparkan informasi atau penjelasan tertentu terhadap suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kemiripan atau kesamaan sifat. Teks eksposisi jenis ini memberikan gambaran sederhana kepada pembaca tentang topik-topik yang dibahas.

3. Eksposisi proses

Eksposisi proses merupakan jenis teks eksposisi yang memberikan informasi kepada pembaca terkait proses, langkah-langkah atau cara-cara dalam melakukan sesuatu dari tahap awal hingga tahap akhir.

Baca Juga  4 Jenis dan Contoh Majas Metafora Berikut Artinya

4. Eksposisi laporan

Eksposisi laporan merupakan jenis teks eksposisi yang berisi laporan dari sebuah penelitian atau berita tertentu.

5. Eksposisi pertentangan

Eksposisi pertentangan berisi pertentangan antara satu hal dengan hal lainnya.

6. Eksposisi perbandingan

Eksposisi perbandingan berisi perbandingan suatu hal yang disajikan sebagai gagasan utama dengan hal lain yang menjadi perbandingan.

Kaidah Kebahasaan Dalam Teks Eksposisi

tujuan teks eksposisi

Teks eksposisi memiliki kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan teks eksposisi memiliki beberapa unsur seperti pronomina, nomina dan verba, serta konjungsi. Unsur-unsur kebahasaan tersebutlah yang menyusun suatu teks eksposisi sehingga mampu memberikan informasi serta pengetahuan kepada pembacanya.

1. Pronomina

Pronomina merupakan kata ganti yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina dikelompokkan menjadi dua macam yaitu pronomina persona dan nonpersona. Pronomina persona atau yang disebut juga kata ganti orang merupakan kata ganti untuk persona tunggal maupun jamak.

Sedangkan pronomina non persona merupakan kata ganti bukan orang yang dapat berupa kata ganti penunjuk seperti sana, sini, situ, itu, ini. Selain itu, pronomina non persona juga dapat berupa kata ganti penanya seperti mana, siapa, apa.

2. Nomina dan verba

Nomina merupakan kata yang mengacu pada benda baik yang nyata maupun abstrak. Dalam kalimat, nomina berkedudukan sebagai subjek. Nomina terdiri dari nomina dasar dan nomina turunan.

Verba atau kata kerja merupakan kata yang mengandung arti dasar perbuatan, proses maupun keadaan yang bukan sifat. Verba dalamkalimat umumnya berfungsi sebagai predikat.

3. Konjungsi

Konjungsi atau kata hubung memiliki peran penting dalam teks eksposisi. Ini karena kata penghubung dapat digunakan untuk memperkuat argumen dengan cara menghubungkannya dengan fakta yang ada.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *