Mengenal Metagenesis Tumbuhan Lumut dan Ciri-Cirinya

Metagenesis Tumbuhan Lumut – Lumut atau yang dikenal dengan nama latin bryophyta adalah jenis tumbuhan yang sering kita temui di alam sekitar kita. Tumbuhan yang sangat suka dengan tempat lembab ini merupakan kelompok terbesar dari tanaman darat yang jumlahnya sekitar 25.000 spesies. Tumbuhan bryophyta ini mampu bertahan hidup di tempat yang suhunnya dingin.

Lumut juga merupakan jenis tanaman yang memilki akar serabut dan memiliki klorofil. Karena tanaman ini suka hidup ditempat lembab, tekstur tanaman ini menjadi berledir atau bisa dikatakan licin. Lumut juga memiliki daun yang kecil yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Pada musim hujan anda akan mudah menjumpai tanaman ini. Tanaman ini sering dijumpaidi tempat-tempat yang lembab seperti kamar mandi, selokan dan bebatuan.

Mengenal Metagenesis Tumbuhan Lumut

mengenal metagenesis tumbuhan lumut
Lumut juga memiliki proses perkembangbiakan atau juga disebut sebagai metagenesis. Berikut ini adalah skema perkembangbiakan tumbuhan lumut atau metagenesis tumbuhan lumut:

Metagenesis tumbuhan lumut hidup diantara dua fase yaitu fase haploid dan (gemetofit) dan fase diploid (sporofit). Fase gametofit tumbuhan lumut biasanya memiliki masa hidup yang lebih panjang dan sangat mendominasi dibandingkan dengan fase sporofit lumut.

gambar metagenesis tumbuhan lumut
Gemotofit tumbuhan lumut berupa protonema sedangkan sporofina berupa sporogonium. Siklus hidup lumut diawali dengan spora kemudian jika daerahnya cocok bagilumut untuk berkembang maka lumut akan tumbuh menjadi protalium (protonema).

Protonema yang telah terbentuk ada yang berhasil namun ada juga yang mati hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Bisa karena tempat hidupnya yang tidak sesuai dengan tempat hidup lumut yang seharusnya.

Baca Juga  Mengenal Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya Bagi Tumbuhan

Protonema yangberhasil tumbuh akan berkembang akan berkuncup dan berkembang menjadi tumbuhan gametofit (lumut dewasa). Pada tubuhan lumut dewasa (gametofit) akan terbentuk alat kelamin jantan (anteridium) dan alat kelamin betina (arkegonium). Alat kelamin jantan akan menghasilkan spermatozoid dan alat kelamin betina akan menghasilkan ovum.

Kemudian akan terjadi proses pembuahan. Proses pembuahan ovum oleh spermatozoid akan menghasilkan zigot lalu zigot akan berkembang menjadi embrio dan embrio akan tumbuh menjadi sporogum dan sporofit. Dari proses inilah spora kemudian akan terbentuk. Proses metagenesis tumbuhan lumut akan berulang dan menghasilkan tanaman lumut yang baru.

Ciri Ciri Tumbuhan Lumut

ciri ciri tumbuhan lumut

Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan lumut antara lain:

1. Memiliki habitat yang dominannya di tempat lembab seperti bebatuan, batu bata, tembok, sumur dan juga di pohon.

2. Merupakan peralihan antara Thallopphyta dan Cormophyta

3. Memiliki akar serabut
Rhizoid (akar semu) sebagai pelakat koloni lumut seoerti beledu dan lembaran

4. Tidak memiliki sistem pembuluh pengangkut. Oleh karenanya tumbuhan lumut tidak memiliki daun, batang ataupun akar sejati.

5. Vegetatif pembentukan gemma, penyebaran spora dan fragmentasi.

6. Generatif peleburan dua gamet

7. Multisekuler

Baca Juga  Cantik, Ini Jenis dan Ciri Ciri Bunga Mawar yang Mempesona

8. Dinding sel terdiri dari selulosa

9. Memiliki klorofil karena lumut merupakan tumbuhan hijau dan jug dapat melakukan proses fotosintesis

10. Hidup secara berkelompok

11. Biasa hidup menempel

12. Berukuran kecil dengan ukuran 1-2 cm

13. Berkembang dengan dua cara yaitu seksual dan aseksual oleh karena dalam metagenesis tumbuhan lumutterjadi dua jenis pembiakan yang berlangsung secara bergantian atau disebut juga pergiliran keturunan (metagenesis).

14. Memiliki lapisan pelindung berupa kurtikula dan gametangia. Dua lapisan tersebut memiliki tekstur berlilin sehingga dapat membuat lumut menahan air dan juga memillki fungsi untuk mengurangi penguapan.

Klasifikasi Tumbuhan Lumut

klasifikasi tumbuhan lumut
Tumbuhan lumut juga memiliki jenis-jenis yang dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok yaitu:

1. Hepaticopsida (Lumut Hati)

Lumut ini memiliki dua jenis yaitu ada yang berdaun dan ada yang tidak berdaun Lumut hati yang tidak berdaun contohnya ialah Marchantia dan Lunularia sedangkan yang berdaun contohnya ialah Jungermannia. Hepaticopsida sendiri memiliki arti yaitu hati sehingga dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai lumut hati.

Lumut jenis ini banyak tumbuh di tempat yang lembab atau basah oleh karenanya lumut jenis ini memilki struktur tubuh yang higromorf. Kebanyakan lumut hati memiliki tubuh yang tipis seperti kulit.

2. Anthocerotopsida (Lumut Tanduk)

Lumut tanduk atau Anthocerotopsida ini memiliki bentuk seperti lumut hati namun sporofitnya berbentuk kapsul memanjang seperti tanduk dan mengandung kurtikula. Pada kapsulnya terdapat stomata.

Jenis ini memiliki beberapa marga yang digabung dalam satu golongan yaitu Anthocerotaceae. Habitat lumut ini berada pada daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi.

Baca Juga  10 Gurun Terluas di Dunia, Salah Satunya di Kutub Selatan

3. Bryopsida ( Lumut Daun)

Bryopsida merupakan lumut sejati yang memiliki jumlah yang paling banyak dibandingkan dengan jenis lumut hati dan lumut tanduk. Lumut ini mendominasi sekita 3% bagian yang ada di bumi.

Ukuran tubuhnya sekitar kurang dari 10 cm namun ada pua yang lebih tinggi yakni sekitar 40 cm contohnya Polytrichumcommune. Lumut daun ada yang memiliki satu rumah dan ada juga yang memilki dua rumah.Tumbuhan jenis Bryopsida memiliki spesies sekitar 10.000 spesies.

Lumut ini hidup secara berkelompok dan membentuk hamparan seperti buludru dan memiliki sifat seperti busa yang mudah menyerap air.

Inilah metagenesis, ciri-ciri dan kalsifikasi tumbuhan lumut yang dapat anda teukan di dalam kehidupan sehari-hari. Lumut sangat mudah untuk ditemui karena memang tumbuhan jenis ini memiliki banyak spesies dan mudah untuk tumbuh. Di rumah biasanya kita dapat menjumpai tanaman ini di dinding kamar mandi ataupun di batu-bata rumah yang lembab dan juga basah.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *