Leadership: Intip Perbedaan Leadership dengan Leader

Apa yang pertama kali ada di benak Sahabat Tedas.id jika mendengar kata “Leader” pastinya hal pertama yang ada dipikiran Kita adalah seorang pemimpin yang bertanggung jawab dan memotivasi dalam sebuah tim yang memiliki sebuah tujuan yang sama.

Perlu Kamu ketahui bahwa leadership jika diartikan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti kepemimpinan yaitu suatu tahapan-tahapan yang nantinya akan memberikan efek pengaruh atau bisa memberikan contoh dari pemimpin kepada pengikutnya yang pada intinya untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati sebelumnya.

Jadi bisa dikatakan juga seseorang yang memiliki karakteristik “pemimpin” dapat memberikan efek besar terhadap kelompoknya termasuk kepada lingkungan sekitar dan seorang pemimpin akan membawa kelompoknya kearah yang lebih baik.

Leadership Adalah Pemimpin yang Dapat Memotivasi, Mengarahkan, dan Mempengaruhi Orang Lain

pengertian leadership

Jadi bisa dikatakan bahwa leadership adalah seorang pemimpin yang dapat memotivasi, mengarahkan dan mempengaruhi orang lain agar dapat melakukan berbagai macam tugas-tugas yang telah direncanakan sehingga nantinya akan mencapai sebuah sasaran dan tujuan bersama ataupun tujuan organisasi atau perusahaan.

Selain itu kemampuan leadership adalah sangat mempengaruhi kinerja organisasi terutama dalam hal pencapaian tujuan dalam sebuah organisasi atau dalam perusahaan.

Pengertian Leadership Menurut 7 Ahli

pengertian kepemimpinan

Berikut di bawah ini adalah pengertian leadership menurut 4 ahli seperti yang Saya rangkum dari laman ilmumanajemenindustri.com, diantaranya:

1. Moejiono

Pengertian leadership menurut Moejiono (2002), leadership adalah akibat dari pengaruh yang berlangsung dari satu arah, hal tersebut dikarenakan pemimpin yang mungkin memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya.

Dan juga cenderung merupakan sebuah hal yang berbetuk pemaksaan atau pendesakan pengaruh yang Ia lakukan secara tidak langsung, hal tersebut vertujuan sebagai sebuah sarana untuk membentuk sebuah kelompok atau organisasi yang sesuai dengan keinginan pemimpinnya.

2. Georger R. Terry

Pengertian leadership adalah menurut Georger R. Terry adalah merupakan aktivitas yang dapat mempergaruhi terhadap orang-orang agar bersedia untuk berusaha untuk mencapai tujuan mereka bersama.

Baca Juga  Energi Kinetik: Jenis, Contoh dan Cara Menghitungnya

3. G. L. Feman dan E. K Aylor

Pengertian leadership adalah menurut G. L. Feman dan E. K Aylor (1950) merupakan sebuah kemampuan dalam membuat sebuah aktifitas kelompok dengan tujua untuk meraih visi organisasi dengan lebih efektifitas maksimal dan kerjsama di setiap individu.

4. Ordway Tead

Pengertian leadership menurut Ordway Tead adalah perpaduan perangai yang memunkinkan individu memiliki kemampuan khusus untuk mendorong pihak lain agar dapat menyelesaikan tugas-tugasnya.

5. Garet Jones dan Jeniffer Georger

Menurut Garet Jones dan Jeniffer Georger (2003:440), leadership adalah proses dimana seseorang individu memiliki pengaruh terhadap orang lain dan mengilhami, memotivasi, memberikan semangat dan mengarahkan kegiatan-kegiatan mereka yang berguna untuk membantu terdapainya tujuan kelompok atau organisasi.

6. Stephen P. Robbins

Menurut Stephen P. Robbins, leadership adalah kemampuan untuk mempergaruhi suatu kelompok kearah tercapatnya tujuan.

7. Richard L. Daft

Menurut Richard L. Daft (2003:50), leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang yang mengarah kepada pencapaian tujuan.

Pada kesimpulan dari berbagai macam penjelasan atau defisini leadership oleh para ahli diatas, sangat jeas dikatakan bahwa kepemimpinnan adalah sebuah fungsi manajemen yang sangat erat kaitaknnya dengan pencapaian tujuan organisasi.

Apa Bedanya Leadership Dengan Leader?

Apa Bedanya Leadership Dengan Leader

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa leadership (kepemimpinan) dengan leader (pemimpin) itu sama, akan tetapi ternyata hal ini berbeda dan berikut di bawah ini adalah ulasannya.

Sebenarnya sangat mudah untuk Sahabat Tedas.id untuk membedakan antara leadership dengan leader, karena pada intinya leadership atau kepemimpinan yang telah dijelaskan diatas sebuah aktifitas untuk mempengaruhi orang lain agar mereka mau diarahkan untuk mencapai sebuah tujuan bersama.

Baca Juga  Otonomi Daerah: Pengertian, Prinsip dan Tujuan

Sedangkan leader atau dalam bahasa Indonesia pemipin adalah suatu orang atau suatu peran dalam sebuah organisasi atau perusahaan tertentu atau sebuah peran dalam system tertentu.

Oleh karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki keterampilan dalam leadership atau kepemimpinan dan belum tentu juga ia mampu untuk memimpin.

A. Leadership (Kepemimpinan)

Leadership atau pengertian kepemimpinan secara umum adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi orang-orang untuk berkerja sama untuk mencapai tujuan dengan sasaran atau target yang telah ditentukan di awal.

B. Leader (Pemimpin)

Leader atau pemimpin secara umum adalah suatu peran atau bisa juga diartikan sebagai pemimpin atau ketua dalam system di suatu organisasi, perusahaan atau kelompok.

Dan perbedaan leadership dan leader yang lebih sederhana adalah jika leader adalah orang yang melakukan tugas-tugasnya sedangkan leadership adalah sikapnya atau tindakan-tindakan yang dilakukan dalam memimpin sebuah kelompok.

Perbedaan Leadership dan Leader Menurut Para Ahli

Perbedaan Leadership dan Leader Menurut Para Ahli

1. Winardi (1990:32)

Perbedaan leadership dan leader menurut Winardi adalah suatu kemampuan yang melekat pada diri seseorang yang memimpin yang tergantung dari berbagai macam faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal.

Masih menurut Winardi, Ia mengatakan bahwa leader atau pemimpin terdiri dari dua yaitu: pemimpin formal (formal leader) dan pemimpin informal (informal leader).

Pemimpin formal merupakan seorang pria maupun wanita yang ditunjuk oleh sebuah organisasi atau pemerintah berdasarkan adanya surat-surat keputusan pengakatan dari organisasi yang bersangkutan, seperti yang dikutip dari laman Pemimpinkepemimpinan.

Untuk memangku sebuah jabatan dalam struktur organiasis yang ada dengan segala hak dan kewajiban yang sangat erat dengannnya yang berfungsi untuk mencapat sasaran-sasaran organisasi tersebut yang ditetapkan sejak semula.

2. Suradinata (1997:11)

Menurut Suradinata leader adalah orang yang mempimpin satu kelompok atau lebih, baik didalam organiasi maupun keluarga, sedangkan pengertian leadership adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan, mempengaruhi, mempimpin orang lain untuk mencapaisebuah tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Ciri-Ciri Leadership yang Baik

ciri ciri leader

– Dipimpin oleh seseorang yang berpengalaman dan cerdas.

– Dipimpin oleh seseorang yang bertanggung jawab.

– Dipimpin oleh seseorang yang penuh inisiatif.

– Dipimpin oleh seseorang yang memiliki sifat jujur.

– Dipimpin oleh seseorang yang dicintai dan mencintai kebersamaan kelompoknya.

– Dipimpin oleh seseorang yang rela berkorban untuk kelompoknya.

– Seseorang yang bisa dipercaya.

Sekianlah pembahasan mengenai leadership adalah hingga perbedaan leadership dengan leader dan ciri-ciri leadership yang baik dan pada intinya jika Sahabat Tedas.id ingin menjadi leadership yang baik maka pointnya pertama yang harus dimiliki adalah sikap jujur dan bisa dipercaya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *