3 Daur Hidup Jangkrik, Metamorfosis, dan Makanannya

Daur Hidup Jangkrik – Makhluk hidup memilki daur hidup dalam masa perkembangannya. Perkembangan ini dibagi dalam fase-fase yang berbeda-beda dan membentuk daur hidup yang utuh. Daur hidup inilah yang kemudian akan menjelaskan fase-fase yang akan dilalui oleh seluruh makhluk hidup. Manusia memiliki daur hidup dari mulai ia lahir hingga ia mati. Tak terkecuali hewan.

Jangkrik adalah hewan yang aktif pada malam hari. Banyak orang yang mencari jangrik untuk pakan burung ataupun untuk pakan ikan ketika ingin memancing. Jangkrik adalah hewan adalah hawan yang mirip dengan belalang. Hewan ini memiliki kemampuan untuk terbang. Banyak orang yang memburu jangkrik dengan tujuan untuk dijual.

Daur Hidup Jangkrik

metamorfosis jangkrik

Permintaan akan jangkrik yang banyak menjadikan hewan ini menjadi hewan yang dibudidayakan. Peternak jangkrik adalah sebutan bagi orang yang membudidayakan jangkrik. Sama seperti makhluk hidup lainnya jangkrik juga memiliki siklus atau daur hidup. Daur hidup jangkrik adalah sebagai berikut.

1. Fase Bertelur

Daur hidup jangkrik pada awalnya jangkrik jantan akan mengeluarkan suara dengan ritme yang naik turun untuk memikat perhatian si betina. Kemudian apabila betina telah tertarik maka jangkrik betina akan naik ke punggung jangkrik jantan dan disinilah terjadi proses perkawinan antara jangrik jantan dan jangkrik betina.

Jangkrik betina kemudian akan bertelur. Ketika jangkrik betina bertelur mereka akan meletakkan telur-telur mereka ke dalam pasir dengan kedalaman 1 sampai 2 cm.

Proses pengeraman telur terjadi selama 12 hari terhitung dari telur tersebut diletakkan. Proses ini juga membutuhkan suhu yang pas agar telur dapat bertahan dan kemudian menetas.

Baca Juga  Mengenal Metagenesis Tumbuhan Lumut dan Ciri-Cirinya

2. Fase Nimfa

Daun hidup jangkrik selanjutnya setelah telur menetas maka akan dihasilkan anak jangkrik yang disebut dengan nimfa. Nimfa merupakan bagian kedua dari metamorfosis jangkrik. Nimfa akan keluar dari telur lalu kemudian berjalan ke sana kemari untuk mencari makanan.

Di Fase nimfa, jangkrik muda akan mengalami pergantian kulit sebanyak 6 sampai 8 kali. Kulit jangkrik juga akan berubah-ubah warna selama masa pergantian kulit terjadi.

3. Jangkrik Dewasa

Setelah fase nimfa dan pergantian kulit selesai maka jangkrik akan menjadi jangkrik dewasa dan siap untuk bereproduksi kembali. Waktu yang dibutuhkan bagi jangkrik dari bertelur hingga dewasa adalah tergantung pada lamanya pergantian kulit jangkrik.

Bagi anda yang berniat untuk membudidayakan jangkrik maka anda harus mengetahui proses metamorfosis jangkrik dan pakan yang akan anda gunakan untuk membudidayakan jangkrik agar memperoleh hasil panen yang maksimal dengan kualitas jangkrik yang juga maksimal dalam waktu yang relatif singkat yakni sekitar 22 sampai 25 hari.

3 Makanan Jangkrik

makanan jangkrikLalu apa saja pakan yang bisa digunakan untuk makanan jangkrik? Berikut ini adalah penjelasan mengenai makanan yang harus anda siapkan jika anda ingin memulai usaha dengan menjadi peternak jangkrik.

1. Makanan Utama

Voor atau konsentrat ayam adalah makanan utama bagi jangkrik yang harus anda sediakan jika anda ingin menernaki jangkrik. Dengan kandungan gizi yang terdapat ada voer maka jangkrik akan tumbuh dengan maksimal.

Voer biasanya dijual dengan harga yang murah. Hal ini juga tentunya akan menguntungkan bagi anda karena dengan modal yang murah anda bisa memanen jangkrik dengan kualitas yang bagus dan dekangan waktu yang singkat.

Jika anda ingin memberi jangkrik dengan pakan lain juga bisa seperti makan ikan misalnya. Namun jika anda menggunakan pakan ikan usahakan untuk tetap mencampurkannya dengan voor karena kandungan gizi yang ada di dalam voor sangat berguna baik tumbuh kembang jangkrik yang akan anda pelihara.

Baca Juga  Cantik, Ini Jenis dan Ciri Ciri Bunga Mawar yang Mempesona

2. Makanan Pendamping

Jenis makanan jangkrik yang kedua disebut sebagai makanan pendamping. Makanan ini berupa sayuran hijau. Sayuran yang dipilih haruslah sayur yang memiliki kadar air yang tinggi hal ini berfungsi sebagai pengganti minum bagi jangkrik.

Habibat jangkrik aslinya adalah dialam bebas oleh karenanya sayuran hijau atau daun yang segar menajdi makanan yang cocok dikonsumsi oleh jangkrik. Contohnya adalah sawi, daun pisang, daun ketela, daun pepaya dan lain sebagainya.

3. Ramuan Herbal

Untuk membuat jangkrik yang anda budidayakan menjadi kuat maka anda harus menambahkan ramuan herbal di dalam makanan jangkrik. Caranya adalah dengan menyiapkan kunyit, temulawak dan kencur masing-masing 1 kg kemudian hancurkan kasar lalu campurkan atau aduk campuran tanaman herbal tersebut ke voer.

Perbandingan untuk mencampurkan ramuan herbalnya adalah dengan mencampurkan 300 gram ramuan herbal ke dalam 100 kg voer.

Tips bagi anda yang ingin membudidayakan jangkrik maka anda harus menyiapkan makanan yang sehat bagi jangkrik yang akan anda budidayakan. Semakin baik makanannya maka semakin cepat dan bagus hasil panen jangkrik yang akan anda dapatkan.

Usaha jangkrik memang terlihat sepele namun tahukan anda bahwa dengan beternak jangkrik anda dapat memperoleh pendapatan yang lumayan karena sekarang permintaan akan jangkrik semaki bertambah karena mungkin orang malas untuk mencari jangkrik di hutan atau persawahan karena hal itu akan merepotkan.

Baca Juga  Mengenal Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya Bagi Tumbuhan

Bahkan sekarang ada juga orang-orang yang mengadakan adu jangkrik. Jangan sepelekan jangkrik hanya karena bentuknya yang kecil. Hewan juga juga sering dikonsumsi oleh masyarakat luas karena mengandungprotein yang tinggi. Jangkrik sering dibuat sebagai salah satu olahan makanan yang biasa diolah di rumah dan ada juga restoran yang menjual jangkrik sebagai menu makanannya.

Mulailah penernakan jangkrik dengan menggunakan metode yang tepat dan memilih makanan jangkrik yang dapat menunjang perkembangan jangkrik agar usaha jangkrik yang anda jalankan tidak sia-sia dan mampu menciptakan keuntungan yang besar dan semoga saja  pembahasa mengenai daur hidup jangkrik hingga makananya ini dapat menambah wawasan Sahabat Tedas.id.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *