4 Jenis dan Contoh Majas Metafora Berikut Artinya

Contoh Majas Metafora – Pastinya Kamu sudah tidak asing lagi bukan jika mendengar kata “Majas”? Ya majas atau gaya bahasa adalah sebuah pemanfaatan kekayaan dalam pengunaan bahasa yang berfungsi untuk memperoleh efek yang berbeda saat membuat karya sasra agar karya sastra tersebut tidak monoton dan bisa semakin hidup.

Pada umumnya majas digunakan dalam penulisan karya-karya sasta bahasa contohnya saja di dalam puisi maupun prosa dan majas-majas tersebut tentunya sudah Kita pelajari sejak dahulu ketika Kita masih duduk dibangku Sekolah dasar bukan?

Namun, tak ada salahnya bagi Kita untuk mengulang kembali pelajaran sekolah yang sudah ada sejak dahulu, kerena ibarat pepatah “Pisau akan tumpul jika tidak diasah” nah maka dari itu ilmu apapun jika tidak digunakan maka Kita akan lupa dan akhirnya tidak bermanfaat.

jenis jenis majas

Jenis-Jenis Majas

Sebelum membahas berbagai macam contoh majas metafora ada baiknya Kamu mengetahui bahwa majas itu terbagi dari beberapa jenis-jenis dan masing-masing jenis memiliki manfaatnya masing-masing dan berikut ulasannya:

1. Majas Perbandingan

Jenis majas yang pertama adalah majas perbandingan, dimana sama seperti namanya majas ini gaya bahasanya adalah menggunakan kata-kata perbandingan, sehingga jenis majas ini sangat berbeda dari jenis majas lainnya.

Dan jenis majas perbandingan ternyata ada banyak jenisnya dan salah satunya adalah majas metafora, majas personifikasi, majas sinekdoke, majas persamaan, majas metonimia, majas eufimisme, majas asosiasi, majas alegori, majas sinestesia, majas disfemisme, majas fabel, majas parabel, majas eponim, majas perifrasa, majas Simbolik,

2. Majas Sindiran

Jenis majas yang selanjutnya adalah majas sindiran dimana dalam majas sindiran kata-katanya akan menggunakan kalimat yang berdifat menyindir seseorang yang berfungsi untuk memperkuat kesan pada kalimat-kalimat tersebut.

Contoh majas sindiran: “Tulisan Kamu sangat bagus, bagikan cacing kepanasan”

Perlu Kamu ketahui bahwa majas sindiran terbagi menjadi beberapa majas seperti: majas ironi, majas sarkasme, majas sinisme, majas satire, majas innuendo

Baca Juga  11 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang Masih Ada

3. Majas Penegasan

Jenis majas selanjutnya adalah majas penegasan dimana majas ini menggunakan makna kiasan untuk membuat kalimat majas penegasan terhadap suatu hal.

Contoh majas penegasan: “Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, hafal lirik lagu Apa yang merasukimu yang sekarang sedang naik daun.”

4. Majas Pertentangan

Jenis majas selanjutnya adalah majas pertentangan dimana majas ini berisi kalimat-kalimat yang bertentangan dengan makna asli atau makna sesungguhnya.

Contoh majas pertentangan: “Silahkan menginap digubuk Kami”

Perlu Kamu ketahui bahwa majas pertentangan terbagi menjadi 8 jenis diantaranya: Majas Anakronisme, Majas Kontradiksi Interminus, Majas Oksimoron, Majas Antitesis, Majas Paradoks, Majas Ironi, Majas Litotes, Majas Hiperbola.

contoh majasContoh Majas Metafora dan Artinya Untuk Dipejari

Perlu Kamu ketahui bahwa majas metafora adalah majas yang membandingkan secara langsung 2 hal yang memiliki sifat yang sama, akan tetapi dalam bentuk yang singkat contohnya saja bunga bangsa.

Makna dari sebuah majas metafora dibatasi oleh adanya sebuah konteks. Selain itu, perlu Kamu ketahui bahwa bahwa majas metafora ini tidak menggunakan kata pembanding, dengan kata lain perbandingannya disampaikan dalam hal yang samar-samar atau diterangkan tidak begitu jelas.
Contoh Majas Metafora dan Artinya

– Perahu besar itu menggergaji ombak

Arti maksudnya adalah ujung perahu besar yang lancip dapat membelah gelombang laut baik itu ke sisi kanan maupun ke kiri perahu

– Kita semua adalah tiang di negeri ini

Arti maksudnya adalah berdirinya, kemajuannya maupun kemunduran sebuah negara ditentukan oleh rakyatnya sendiri.

– Bahkan bunga mawar pun akan gugur daunnya pada waktunya

Arti maksudnya adalah kehidupan didunia ini tidak ada yang abadi dan suatu waktu akan mengalami kematian.

– Sayangilah buah hatimu

Arti maksudnya adalah sayangilah anak-anakmu.

– Wanita itu adalah bunga desa di kampungku

Arti maksudnya adalah wanita tersebut adalah wanita yang paling cantik di kampungku.

– Dasar kau keong racun

Arti maksudnya adalah baru kenalan tapi sudah ngajak tidur.

– Dasar Buaya Darat

Arti maksudnya adalah seorang pria yang suka selingkuh.

contoh majas dan artinya– Dewi malam barusan pulang dari peraduan

Arti maksudnya adalah rembulan mulai kelihatan terangnya ketika malam hari.

– Raja cahaya telah muncul di pagi hari

Arti maksudnya adalah matahari sudah muncil di pagi hari.

Baca Juga  Urutan Pangkat TNI Lengkap, Darat, Laut Maupun Udara

– Risma begitu senang ketika melihat dewi malam datang

Arti maksudnya adalah risma nama seseorang sangat sennag ketika malam telah datang.

– Si jago merah sangat napsu melalap pasar dalam waktu sekejap

Arti maksudnya adalah sang api sangat cepat membakar pasar dalam waktu sekejap saja.

– Randi adalah tulang punggung keluarga

Arti maksudnya adalah Randi nama orang adalah satu satunya pencari nafkah dalam keluarganya.

– Saiful selalu mencari kambing hitam ketika masalah menghampirinya

Arti maksudnya adalah Saiful selalu mencari kesalahan-kesalahan orang lain padahal ia yang salah.

– Anak kutu buku itu menjadi juara lomba matematika

Arti maksudnya adalah anak yang sering membaca buku itu telah berhasil menjadi juarai perlombaan matematika.

Sekianlah pembahasan singkat mengenai jenis-jenis majas sampai contoh majas metafora dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat, selamat belajar.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *