Jangan Pusing, Ini Cara Menghitung Passing Grade

Cara Menghitung Passing Grade – Saat kamu dihadapkan dengan suatu ujian tertulis, kamu akan menjumpai istilah yang disebut passing grade. Lalu Apa itu passing grade?.

Apa Itu Passing Grade?

apa itu passing grade

Passing grade adalah suatu persentase skor atau nilai yang digunakan sebagai acuan dalam meluluskan seseorang. Passing grade umumnya digunakan dalam lingkungan universitas atau perguruan tinggi.

Passing grade di universitas umumnya digunakan untuk menentukan kelulusan seseorang dalam proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. Meskipun umumnya digunakan di lingkungan perguruan tinggi, namun passing grade juga digunakan untuk menentukan kelulusan seseorang pada berbagai seleksi misalnya Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Baca Juga  Mudah dan Simpel, Ini Cara Memperpanjang SKCK Sendiri

Dengan kata lain, passing grade adalah batas nilai minimal yang harus dipenuhi oleh seseorang untuk lulus dalam suatu proses seleksi. Passing grade nilainya tidak dapat diketahui dengan pasti karena biasanya angka presentasi passing grade selalu berubah setiap tahunnya. Selain itu, perguruan tinggi atau instansi pemerintah juga tidak mempublikasikan passing grade secara resmi.

Meskipun tidak dapat diketahui dengan pasti dan tidak publikasikan secara resmi, namun passing grade dapat digunakan untuk memprediksi nilai terendah yang bisa mengantarmu untuk lulus dalam suatu seleksi baik seleksi masuk perguruan tinggi maupun Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Untuk mengetahuinya, kamu perlu melakukan beberapa perhitungan terhadap passing grade.

Cara Menghitung Passing Grade Dengan Rumus

passing grade adalah
Cara menghitung passing grade mungkin bisa juga membingungkan jika Kita belum mengetahui rumusnya dan malah bisa membuat Kita pusing, akan tetapi hal ini bisa dilakukan dengan mudah

Meskipun untuk melakukannya kamu akan butuh rumus atau formula tertentu. Untuk menghitung nilai passing grade kamu pada seleksi masuk perguruan tinggi misalnya, kamu harus tahu terlebih dahulu berapa jumlah soal yang diberikan saat proses seleksi, berapa soal yang kamu jawab dengan benar, dan berapa yang salah.

Rumus untuk menghitung passing grade adalah jumlah jawaban benar dikali 4, dikurangi jumlah jawaban salah dikali 1, kemudian hasil pengurangan tersebut dikalikan dengan 100 persen dibagi jumlah soal dikali 4. Rumus menghitung passing grade memang terdengar rumit, namun jika diaplikasikan secara langsung akan terasa lebih mudah karena hanya melibatkan perhitungan dasar.

Baca Juga  3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online dan Syaratnya

Misalnya suatu waktu kamu ikut seleksi ujian masuk perguruan tinggi dan kamu harus mengerjakan 120 soal yang terdiri dari soal kemampuan dasar dan soal kemampuan IPA. Kamu dapat mengerjakan soal kemampuan dasar dengan benar 30 soal, salah 15 soal dan tidak diisi 15 soal. Pada soal kemampuan IPA, jawaban benar 40 soal, salah 15 soal dan tidak diisi 5 soal.

Cara menghitung passing grade untuk kasus di atas adalah jumlahkan terlebih dahulu dua jawaban benar dari soal kemampuan dasar dan kemampuan IPA yaitu 30 ditambah 40 hasilnya 70. Kemudian jumlahkan jawaban salah yaitu 15 ditambah 15 yang berarti hasilnya 30. Perlu diingat bahwa soal yang tidak diisi tidak masuk dalam perhitungan.

Setelah menghitung jumlah jawaban benar, kalikan jumlah tersebut dengan poin yang diberikan untuk jawaban benar yaitu 4, berarti 70 dikali 4 hasilnya 280. Kemudian kalikan jumlah jawaban salah dengan 1, berarti hasilnya tetap 30. Kurangi poin yang didapatkan dari jawaban benar yaitu 280 dikurangi 30 sama dengan 250. Kalikan hasil pengurangan poin yaitu 250 dengan 100%.

Hasil perkalian 250 dengan 100% adalah 25.000%, kemudian hasil ini dibagi dengan hasil perkalian jumlah soal keseluruhan yaitu 120 dikali 4 yaitu 480. Cara menghitung passing grade adalah 25.000% dibagi 480 yaitu 52.083%. Apabila passing grade pada tahun sebelumnya dibawah 52%, maka kamu memiliki peluang yang relatif besar untuk dinyatakan lulus dalam seleksi tersebut.

Perhitungan Passing Grade Bisa Saja Tidak Valid

perhitungan passing grade
Meskipun dapat diperhitungkan dengan rumus tertentu, namun pada kenyataannya angka passing grade tidak valid karena perguruan tinggi maupun lembaga pemerintahan tidak memberikan pengumuman resmi terkait angka passing grade. Passing grade hanyalah angka yang digunakan untuk memprediksi dan memperhitungkan peluang kamu untuk lulus dalam suatu seleksi.

Dengan adanya passing grade kamu dapat menyusun strategi agar bisa lulus dalam suatu seleksi baik seleksi masuk perguruan tinggi maupun seleksi calon pegawai negeri sipil. Caranya dengan mengerjakan dengan benar target soal minimal untuk melampaui apa itu passing grade.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *