Cara Hitung Passing Grade yang Benar Dengan Rumus

Cara Hitung Passing Grade – Bagi Anda semua yang baru saja lulus dan akan mendaftarkan diri ke jenjang perkuliahan pastinya ingin mengathui tentang bagaimana pengukuran yang dinamakan dengan passing grade. Bahkan dalam beberapa tes perkuliahan dan yang lainnya, nilai passing grade ini dijadikan sebagai tolak ukur dalam penerimaan di beberapa Instansi maupun di dunia perkuliahan.

Mengenal Arti Passing Grade

arti passing grade
Passing grade adalah salah satu persentase nilai yang seringkali digunakan sebagai acuan untuk masuk dalam sebuah program studi yang ada di dunia perkuliahan. Bahkan passing grade ini juga merupakan acuan paling utama yang akan meloloskan seseorang dalam dunia perkuliahan atau di perguruan tinggi tertentu.

Apa itu passing grade sendiri ini juga bisa diartikan sebagai sebuah batas minimal nilai yang harus dipenuhi oleh seseorang apabila mereka telah menentukan salah satu program studi yang ada di perguruan tinggi tertenty. Bahkan pada umumnya, passing grade ini akan digunakan di dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi atau yang dikenal dengan SNMPTN.

Baca Juga  Sejarah Paskibra: Lambang, Seragam Sampai Yel-Yelnya

Nantinya, untuk system persentase dari passing grade ini akan terus menerus berubah di setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena jumlah peminat yang akan mendaftarkan diri pada salah satu kampus yang akan mereka pilih. Bahkan untuk nilai passing grade ini sendiri juga nantinya tidak akan pernah dipublikasikan secara resmi oleh perguruan tinggi di mana pun.

Sehingga nantinya persentase dari passing grade ini sendiri hanya akan digunakan sebagai sebuah prediksi tentang beberapa nilai terendah untuk dapat diterima di dalam perguruan tinggi. Ada beberapa contoh kasus tentang passing grade yang menyatakan bahwa Anda akan diterima maupun tidak diterima dalam salah satu Universitas yang ada di Indonesia.

Contoh Kasus Perhitungan Passing Grade


Sebagai sebuah contohnya apabila Anda akan mendaftarkan diri di program studi Akuntansi yang ada di Universitas Gajah Mada dan Anda mengetahui bahwa nilai passing gradenya adalah 59,3%. Sedangkan di setiap tryout yang Anda ikuti berhasil mendapatkan nilai sebesar 59,4%. Anda harus memikirkan bahwa apakah nilai tersebut sudah aman dan bisa membuat Anda diterima di program studi sesuai dengan keinginan?

Meskipun telah melebihi nilai dari passing grade yang ditargetkan dalam program studi di Universitas yang akan Anda pilih, namun belum tentu Anda akan lolos dan diterima. Sebab, passing grade ini memiliki sifat yang cair. Dan pada akhirnya, untuk nilai tertinggi yang akan memenuhi daya tampunglah yang akan diterima.

Jadi, agar nantinya peluang diterima Anda semakin besar, Anda harus memiliki passing grade yang jauh lebih tinggi dibandingkan dari nilai passing grade yang sudah tersebar luas pada umumnya. Namun, untuk lebih jelasnya lagi bahwa Anda wajib untuk mengetahui bagaimana cara hitung passing grade yang biasanya digunakan sebagai tolak ukur dalam penerimaan di perguruan tinggi.

Inilah Cara Hitung Passing Grade Dengan Rumus

passing grade

Bagi Anda semua yang penasaran dan ingin mengetahui tentang bagaimana cara hitung passing grade, maka cara yang bisa Anda lakukan diantaranya sebagai berikut ini:

Rumus Mengitung Passing Grade = (B*4-S*1)*100%/JS*4

Keterangan:

• B adalah jumlah jawaban benar.
• S adalah jumlah jawaban salah.
• JS adalah jumlah soal.

Sebagai contohnya adalah:

Misalnya dalam sebuah soal SBMPTN tersedia 120 soal. Sedangkan untuk soal kemampuan dasar, Anda menjawab jawaban benar 25 soal, yang tidak diisi 20 soal dan soal yang salah 15 soal. Sedangkan untuk soal kemampuan IPA, Anda menjawab 40 soal, tidak diisi 10 soal dan salah 10 soal. Lalu, berapakah nilai passing grade yang akan Anda dapatkan?

Jawaban dan perhitungannya adalah:

B = 25 + 40 = 65
S = 15 + 10 = 25

(Tidak diisi = tidak memiliki bobot nilai).

Maka PG = (65*4 – 25*1)*100%/120*4
PG = (260 – 25)*100%/480
PG = 23.500%/480
PG = 48.955%

Baca Juga  Mengenal Isi Perjanjian Roem Royen dan Perundingannya

Sebagai contohnya apabila Anda menentukan jurusan A yang ada di kampus Universitas Gajah Mada, di mana passing grade yang ada di tahun sebelumnya di bawah 48%, maka peluang Anda untuk lolos dan
diterima tentunya jauh lebih besar.

Sedangkan apabila jurusan A yang ada di Universitas yang Anda pilih memiliki passing grade di tahun sebelumnya diatas 48,9%, maka Anda tentunya memiliki peluang lolos sangat rendah atau kecil.

Angka Passing Grade Tidak Ada yang Valid

angka passing grade

Seluruh kampus tidak akan pernah mengeluarkan nilai passing grade mereka secara resmi. Bahkan dengan kata lain, passing grade yang selama ini Anda dapatkan hanya berasal dari sejumlah tempat seperti bimbingan belajar serta beberapa aplikasi media online. Bahkan angka ini juga bukan merupakan angka yang valid melainkan hanya angka prediksi saja.

Jadi, itulah penjelasan singkat tentang apa itu passing grade sampai dengan cara hitung passing grade yang mudah dengan menggunakan rumus dan semoga saja dapat bermanfaat bagi Sahabat Tedas.id.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *