belajar online
Sekolah

Suka Duka Belajar Online, Bagai Dua Sisi Mata Uang 

Di zaman teknologi canggih, dunia digital menyentuh hampir semua segi kehidupan.

Informasi, marketing, perbankan hingga pendidikan tak ketinggalan memanfaatkan keunggulan teknologi digital.

Manusia tak hanya butuh bertransaksi, namun juga memperkaya wawasan diri.

Salah satu cara memperkaya wawasan adalah dengan belajar. Dua tahun pandemi, kita dipaksa untuk belajar online.

Belajar online sangat membantu ketika pengajar dan siswa tak bisa bertatap muka secara langsung, namun transfer ilmu dan pengetahuan tetap berjalan.

Bagaimanapun setiap aktivitas memiliki keunggulan dan kelemahan, suka dan duka, layaknya dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan.

Begitu pula belajar online, di satu sisi memiliki keunggulan, namun sisi lain juga menyandang kelemahan.

Keunggulan Belajar Online

Keunggulan Belajar Online

Tak dapat dipungkiri berbagai bidang kehidupan terbantu dengan keberadaan teknologi, tak terkecuali dunia pendidikan dengan adanya belajar online.

Keunggulan belajar dalam kelas online antara lain:

  1. Tak perlu keluar rumah, lebih santai

Konsekuensi ketika harus belajar di sekolah dengan segala peraturannya adalah terikat dengan jam berangkat dan pulang sekolah.

Bagi siswa yang lokasi rumah berada jauh dari sekolah atau kelas kursus tentu butuh waktu lama untuk bisa tepat waktu menerima transfer ilmu.

Terjebak kemacetan, masalah dengan kendaraan semakin memperparah perjalanan menuju kelas belajar.

Berbeda dengan online class yang tak diburu waktu ketika siswa harus bergabung.

Hidup lebih santai dan tidak merasa tertekan karena tak perlu berjibaku dengan perjalanan.

Tinggal memastikan jaringan internet lancar lalu menyalakan handphone atau laptop dan bisa langsung bergabung dengan kelas online. 

  1. Materi bisa diputar ulang

Salah satu metode belajar dalam kelas online adalah memungkinkan pengajar memberikan materi dalam bentuk video, voice note, naskah pdf, infografis dan lainnya.

Metode seperti ini membantu siswa untuk bisa mempelajari kembali naskah dengan memutar dan membacanya berulang kali.

Dengan demikian proses pemahaman diharapkan lebih efektif dibandingkan mencatat materi dalam satu sesi pelajaran di kelas namun kesulitan untuk mengulang pelajaran berkali-kali

  1. Sifat mobile

Keunggulan utama kelas online yang sangat membantu siswa adalah sifatnya yang mobile. Siswa tidak terpaku duduk di depan laptop untuk mengakses materi selama jam belajar mengajar.

Ketika karena suatu hal siswa harus berada dalam perjalanan, misalnya keluar kota, ia tetap bisa mengakses pelajaran menggunakan handphone atau notebook yang bisa dibawa travelling

  1. Jangkauan luas

Sebuah kelas online berpotensi membuka jaringan luas. Siswa dari segala penjuru dunia bisa turut serta bergabung dalam online class dan pembelajaran baik yang dilakukan secara live ataupun dalam bentuk kelas pasif.

Kelemahan Kelas Online

 

Meskipun memiliki keunggulan, belajar dalam kelas online juga memiliki beberapa kelemahan yaitu:

  1. Kendala jaringan dan koneksi internet

Tidak semua orang beruntung memiliki jaringan internet bagus dan gawai yang memadai.

Permasalahan utama ketika pembelajaran secara online diberlakukan selama masa pandemi adalah masyarakat di pedesaan yang tak tersentuh jaringan internet kesulitan mengakses kelas online.

Kondisi makin sulit ketika masyarakat berpenghasilan rendah tak mampu memiliki gawai yang memadai untuk pembelajaran secara online

  1. Jenuh jika monoton

Bagi sebagian orang, kelas tatap muka lebih dinamis dan menarik. Sedangkan kelas online terkesan monoton dan membosankan. Begitu jenuhnya berada dalam kelas online tak jarang siswa malah ketiduran

  1. Keterbatasan komunikasi saat pendalaman materi

Berada dalam kelas tatap muka memudahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan pada pemateri dengan mengacungkan jari.

Sedangkan dalam kelas online siswa yang belum paham mungkin tidak bisa bebas mengemukakan pertanyaan, baik karena kendala jaringan internet sehingga pertanyaan tidak terdengar jelas, maupun metode pembelajaran yang tidak memungkinkan bagi siswa untuk bisa langsung bertanya.

  1. Berdampak pada kesehatan

Keluhan utama siswa yang terpaku pada layar gawai selama belajar adalah mata yang terasa pedih dan pandangan menjadi kabur serta pundak dan pinggang lelah.

Namun hal ini bisa diminimalisir dengan rutin berolahraga dan mengurangi interaksi dengan gawai di luar jam kelas online.

Dari pertimbangan keunggulan dan kelemahan kelas online, tentu tidak menyurutkan semangat belajar Sahabat Tedas.id yah.

Layaknya petuah orang bijak, bahwa hendaknya seseorang rajin belajar hingga ke liang lahat maka seperti itulah jiwa pembelajar yang tak lelah menuntut ilmu untuk meraih manfaat.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita & semoga saja artikel yang saya tulis untuk Sahabat Tedas.id dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *