Warna Pelangi: Pengertian, dan Arti Pelangi dalam Kehidupan

Warna Pelangi – Tentu sudah tidak asing lagi dengan fenomena alam yang satu ini yakni pelangi. Mulai dari anak kecil sampai dengan orang dewasa sangat menyukai fenomena ini dan menganggap bahwa hadirnya pelanggi disertai dengan munculnya pada bidadari.

Padahal secara ilmiah tidaklah demikian. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian pelangi, warna dan juga arti dari pelangi tersebut.

Pengertian Pelangi Menurut Para Ahli

warna warna pelangi

Pelangi oleh sebagian orang menganggap itu adalah tumpukan warna-warna indah yang melingkar di langit. Namun secara umum pelangi merupakan fenomena alam yang terjadi akibat pembiasan cahaya yang berasal dari percikan air yang mengenai matahari dengan membentuk busur cahaya hingga menjadikannya berwarna dengan 7 warnan dan pengertian pelangi menurut beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

– Lord Rayleigh

Pembentukan pelangi dan juga efek cahaya disebabkan karena pembiasan cahaya dan adanya distorsi oleh partikel-partikel uap air.

– Newton

Sedangkan menurut Newton pelangi adalah spektrum yang dihasilkan dari pembelokan sinar yang masuk melalui prisma. Dimana membentuk tujuh warna dasar diantaramya merah, kuning, orange, hijau, biru, nila dan ungu.

4 Proses Pembentukan Pelangi

pengertian pelangi

Demikian pengertia para ahli mengenai pelangi. Adapun proses pembentukan dari pelangi itu sendiri secara ilmiah adalah sebagai berikut:

1. Adanya Pembiasan Oleh Sinar Matahari

Pelangi muncul akibat adanya pembiasan atau pembelokan sinar matahari yang terjadi di lapisan atmosfer bumi. Sebelum masuk ke permukaan bumi, cahaya akan ditahan terlebih dahulu di atmosfer. Pada lapisan inilah cahaya ditahan mulai dari medium satu ke medium yang lainnya hingga masuk ke titik air hujan.

2. Sinar Matahari Masuk Melalui Presipitasi Air Hujan

Agar sinar matahari yang tertahan di atmosfer bumi dapat menuju permukaan, maka salah satu caranya melalui presipitasi air hujan. Presipitasi air hujan sendiri merupakan jumah titik-titik air hujan yang sampai ke permukaan bumi. Namun jatuhnya air hujan tersebut tidaklah lurus oleh karenanya sinar matahari terbawa dan mengalami pembelokan.

3. Pembelokan Cahaya

Proses pembelokan cahaya inilah yang mengakibatkan warna matahari yang terkumpul, awalnya berwarna putih terpecah dan membentuk beberapa warna. Dari sinilah terbentuknya pembiasan cahaya hingga membentuk warna-warna pelangi. Selain itu juga pembelokan sudut ini membuat pelangi membentuk busur yang indah di langit.

4. Terbentuknya Warna Pelangi

Proses yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah pembentukan warna pelangi. Dalam proses pembelokan cahaya matahari tersebut warna pertama yang muncuk di pembelokan pertama adalah warna ungu. Dan warna terakhir yang dihasilkan adalah warna merah. Namun ketika penyebuatan oleh banyak orang berbanding terbalik merah dulu hingga ungu.

Mengenal Warna Warna Pelangi

warna pelangi ada berap
Seperti itulah proses pembentukan dari pelangi yang harus Anda ketahui. Untuk selanjutmya adalah mengenal tentang warna dan juga arti dari pelangi tersebut.

Warna pelangi ada berapa? Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa pelangi memiliki 7 warna dasar. Adapun urutan warna pelangi dari awal sampai dengan akhir adalah sebagai berikut:

Merah

– Jingga

– Kuning

– Hijau

– Biru

– Nila

– Ungu

Untuk metode menghafal urutan dari warna pelangi yang paling familiar adalah dengan menyebutkan dua huruf disetiap warna yakni “MeJiKuHiBiNiU”. Namun berdasarkan penelitian, bahwa sebenarnya warna pelangi tidak hanya terdiri dari 7 warna melainkan berjuta-juta warna.

Namun, karena keterbatasan penglihatan manusia yang tidak bisa menangkap semua komponen yang dihasilkan oleh pelangi. Maka dari itu hanya bisa menangkap tujuh warna saja.

Untuk bentuknya sendiri oleh sebagian orang berbeda-beda dan tergantung pada jarak dan juga posisi seseorang dalam melihatnya. Selain itu sudut atau posisi dari matahari juga akan sangat berpengaruh.

Jenis-Jenis Pelangi

urutan warna pelangi

Selain mengetahui warna-warna pelangi, sebenarnya pelangi tidak hanya memiliki sau jenis saja. Melainkan memiliki beberapa jenis, diantanya adalah sebagai berikut ini:

A. Pelangi Kabut

Dinamakan demikian karena pelangi dimana pembiasan cahaya dari kumpulan kabut. Namun kabut yang menjadikan pembiasan ini merupakan kabut yang kuat. Pada pelangi ini warna merah dan biru mendominasi dimana pada bagian luar terlihat warna merah dan di sisi dalam warna biru.

Pelangi jenis ini biasanya nampak di tempat-tempat yang mengandung sintesis air. Seperti di sekitar sungai, air terjun dan juga tempat perairan yang lainnya.

B. Pelangi Sirkular

Jenis pelangi ini akan berbentuk lingkaran tidak busur sangkar yang seperti pada umumnya dilihat. Padahal, perlu Anda ketahui jika bentuk asli pelangi adalah lingkaran penuh, namun keterbatasan pandang membuat setengah lingkaran yang bisa dilihat. Pelangi jenis ini akan nampak jika dilihat di ketinggian seperti pegunungan atau dataran tinggi.

C. Pelangi Ganda

Sesuai dengan penamaannya, pelangi ini muncul dua sekaligus dalam waktu yang sama. Kemunculannya disebabkan karena hujan yang lebat sehingga jumlah aor yang banyak membuat munculnya pelangi lebih dari satu.

Urutan warnanya akan terlihat berbalik. Contohnya pada pelangi satu urutan warnanya seperti pada biasanya dari merah sampai ungu dan yang satunya dari ungu sampai merah.

Baca Juga  10 Palung Terdalam di Dunia Salah Satunya Ada Di Indonesia

D. Pelangi 1 Warna

Pelangi ini hanya memunculkan warna dominan merah saja. Biasanya muncul pada sore hari menjelang senja. Pembentukannya terjadi akibat presipitasi air hujan berada pada titi matahari terbit dan tenggelam. Pelangi ini biaasa disebut dengan Red Rainbow atau pelangi senja.

E. Circular Rainbow

Jenis pelangi yang satu ini termasuk unik dan terjadi ketika malam hari akibat pantulan dari cahaya bulan. Pelangi jenis ini memiliki 4 warna saja jika diamati.

F. Pelangi Biasa

Pelangi ini nampak seperti pada umumnya yang dapat muncul pagi, siang ataupun sore hari dengan warna yang lengkap. Biasanya terjadi setelah hujan reda.

Arti Pelangi

Dalam kehidupan ini, arti pelangi manjadi hal yang sangat unik untuk diperbincangkan. Oleh sebagian orang mengaitkannya denan sebuah legenda Nawang Wulan yang slendangnya di ambil oleh Jaka Tarub. Atau pada waktu ada pelangi menandakan bahwa bidadari turun dan mandi di salah satu sungai yang ada di bumi.

Namun pada kenyatannya proses pembentukan pelangi bukanlah demikian. Arti pelangi yang bisa diambil dalam kehidupan diantaranya yaitu:

– Pelangi datang hanya sekejap namun keindahannya mempesonakan setiap yang melihat. Hal tersebut mengingatkan manusia untuk senantiasa menggunakan waktunya dengan baik, karena hidup di dunia hanyalah sementara.

– Kesatuan Warna yang berbeda. Itu artinya simbol keberagaman yang tetap harus disatukan.

– Pelangi Muncul setelah Hujan. Itu artinya jika mempunyai impian, maka wujudkanlah dengan kerja keras.

– Setiap warna pelangi memiliki arti yang berbeda. Seperti merah melambangkan keberanian, kuning sebagai kasih sayang dan lain sebagainnya. Makna yang diambil adalah setiap orang memiliki cerita kehidupan yang berbeda.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pelangi mulai dari pengertian pelangi, warna-warna pelangi dan juga artinya dalam kehidupan itu sendiri. Hal yang dapat diambil adalah pelangi bukan hanya sekedar fenomena alam dengan keindahan warnanya, namun juga memberikan gambaran kehidupan yang menentramkan.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *