Kenali Hak dan Kewajiban Warga Negara, Siapkan Dirimu

Hak dan Kewajiban Warga Negara – Sebagai warga negara yang baik tentu saja kita tidak bisa hanya menuntut hak tanpa menjalankan kewajiban. Namun sebenarnya apakah kita sudah benar-benar tahu dan paham dengan hak dan kewajiban warga negara?

Agar kita lebih maksimal dalam berperan sebagai warga negara, yuk cari tahu dulu tentang hak dan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia!

Namun sebelum kita mencari tahu mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara, kita harus memahami terlebih dahulu mengenai arti dari warga negara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), warga memiliki arti; anggota (keluarga, perkumpulan, atau tingkatan dalam masyarakat/ kasta/

Sementara negara memiliki arti; organisasi dalam suatu wilayah, mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat, atau kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu dan diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya.

Sementara itu warga negara adalah penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara itu.

Dari pengertian warga negara di atas saja sudah disebutkan bahwa warga negara pasti memiliki kewajiban dan hak. Kini saatnya kita belajar mengenai hak dan kewajiban tersebut.

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

warga negara

Untuk memahami perbedaan antara hak dan kewajiban sebagai warga negara, kita coba menjabarkan satu per satu dulu, dan berikut di bawah ini adalah pengertian hak warga Negara.

Untuk memahami pengertian hak, ada baiknya kita buka terlebih dahulu KBBI. Ternyata di KBBI, hak memiliki beberapa arti, antara lain:

1. Benar

2. Milik, kepunyaan

3. Kewenangan

4. Kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dan sebagainya

5. Kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu

6. Derajat atau martabat

Baca Juga  5 Fakta Terkait Teknologi Informasi yang Wajib Kamu Tahu

Dari ulasan di atas, maka bisa kita simpulkan jika yang disebut dengan hak warga negara yaitu kekuasaan yang dimiliki oleh penduduk sebuah negara untuk berbuat sesuatu. Berbuat apa saja? Kita akan mengetahuinya lebih lanjut. Namun sebelumnya kita cari tahu dulu yuk tentang kewajiban warga negara.

Pengertian Kewajiban Warga Negara

kewajiban warga negara

Di dalam KBBI, kita bisa menemukan bahwa arti dari kata kewajiban yaitu:

1. Sesuatu yang diwajibkan/ sesuatu yang harus dilaksanakan/ keharusan

2. Pekerjaan/ tugas

3. Tugas menurut hukum

Dari hasil pengertian yang kita dapatkan setelah mengulik KBBI di atas, maka bisa kita pahami bahwa kewajiban warga negara adalah tugas menurut hukum yang dimiliki oleh penduduk sebuah negara.

Perbedaan antara Hak dan Kewajiban Warga Negara

hak warga negaraSetelah memahami pengertian hak dan kewajiban warga negara, saatnya kita mempelajari lebih lanjut mengenai perbedaannya. Ada 4 perbedaan utama, yaitu:

1. Fungsi

Hak memiliki fungsi yang berkaitan dengan kewenangan dari warga negara, sementara kewajiban adalah tugas atau pekerjaan yang harus ditunaikan oleh warga negara. Warga negara yang baik seharusnya tidak menuntut hak-haknya sebelum mereka menuntaskan kewajiban yang dimilikinya.

2. Tujuan

Berdasar tujuannya, hak lebih berkutat pada diri sendiri. Sementara kewajiban memiliki tujuan untuk memberikan manfaat kepada negara atau masyarakat luas.

Baca Juga  7 Pengertian Hak Asasi Manusia, Apa Kamu Tahu Salah Satunya?

3. Hubungan ke Masyarakat

Perbedaan yang ketiga yaitu terkait hubungannya dengan masyarakat. Kalau hak adalah segala sesuatu yang bisa kita dapatkan dari masyarakat, sementara kewajiban adalah hal-hal yang bisa kita berikan kepada masyarakat.

4. Hukum

Jika dilihat dari kacamata hukum, hak bisa dipertahankan dan diperjuangkan di pengadilan, serta bisa juga ditantang lewat pengadilan. Sedangkan kewajiban kita sebagai warga negara tidak dapat ditantang oleh pengadilan.

Jenis-jenis Hak dan Kewajiban Warga Negara

warga negara adalah

Dengan memahami lebih lanjut tentang pengertian dan perbedaan antara hak dan kewajiban warga negara, kita semakin siap untuk belajar lebih lanjut dan dalam terkait keduanya. Dimulai dengan mengenal jenis-jenis hak dan kewajiban yang kita miliki sebagai warga negara.

Menurut para ahli, hak warga negara dibagi menjadi 8 kelompok utama, yaitu:

1. Hak Legal

Yang dimaksud dengan hak legal adalah kewenangan yang dimiliki oleh warga negara berlandaskan hukum. Baik itu berdasarkan undang-undang, hukum-hukum, peraturan atau arsip-arsip legal.

2. Hak Moral

Hak moral berjalan di ranah struktur etika, asas dan moralitas. .

3. Hak Khusus

Hak khusus memiliki arti sebuah kewenangan yang muncul dikarenakan hubungan khusus antara beberapa orang. Bisa juga diartikan sebagai hak yang didapat karena seseorang mendapat tugas khusus dari orang lain. Hak ini hanya antara orang per orang saja.

4. Hak Umum

Sering disebut juga dengan hak asasi manusia. Maksudnya yaitu hak yang dipunyai oleh semua manusia di dunia, tanpa ada perkecualian dan perbedaan suku, agama, ras dan budaya. Hak yang didapat karena kita dilahirkan sebagai manusia.

Baca Juga  Macam Macam Hak Asasi Manusia dan Contohnya

5. Hak Positif

Hak disebut memiliki karakter yang positif, jika orang lain melakukan sesuatu untuk orang lain.

6. Hak Negatif

Sementara itu hak memiliki karakter negatif jika seseorang bebas menjalankan atau memiliki suatu hal. Orang lain tidak bisa membatasi dan menghalang-halangi keinginan ini dan hak negatif dibagi menjadi 2 hal, sebagai berikut:

Hak Aktif (Hak Independensi)

Yaitu sebuah kewenangan yang dimiliki oleh warga negara untuk melakukan sesuatu hal atau tidak melakukannya sesuai kehendak orang lain. Dan orang lain tidak bisa menjauhi atas kewenangan tersebut.

Hak Pasif (Hak Keamanan).

Sebuah kewenangan yang dimiliki oleh warga negara agar tidak diperlakukan orang lain atas peraturan-peraturan khusus.

7. Hak individual

Hak yang dimiliki oleh setiap orang di sebuah negara. Contoh hak warga negara jenis individual yaitu hak untuk menikah. Hak ini diatur dalam UUD 1945 pasal 28B ayat 1. Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk menikah dan mempunyai keturunan.

8. Hak Sosial

Memiliki arti sebagai kewenangan yang dimiliki oleh organisasi bersama dengan anggota-anggota lain.

Jenis-jenis Kewajiban Warga Negara

pengertian warga negara

Sama halnya dengan hak, kewajiban juga bisa dikelompokkan dalam beberapa jenis. Sesuai pendapat dari George Nathaniel Curzon, ada 5 jenis kewajiban warga negara yang harus kita ketahui, sebagai berikut:

1. Kewajiban Mutlak

Merupakan jenis kewajiban seseorang kepada dirinya sendiri, dan tidak memiliki hubungan dengan hak yang dimilikinya.

2. Kewajiban Publik

Kewajiban publik yaitu sebuah tugas warga negara terkait dengan hak-hak publiknya. Contoh kewajiban warga negara jenis publik yaitu kewajiban seorang warga negara untuk patuh kepada peraturan dan hukum pidana.

3. Kewajiban Positif dan Negatif

Jenis kewajiban ini terkait dengan keharusan terhadap seseorang untuk melakukan sesuatu hal atau tidak. Kewajiban positif yaitu sebuah keadaan yang menghendaki seseorang melakukan sesuatu, sedangkan kewajiban negatif adalah kondisi di mana seseorang diharapkan untuk tidak melakukan sesuatu.

Baca Juga  Ajudikasi: 5 Tahapan Sidang dan Contohnya

4. Kewajiban Umum dan Khusus

Kewajiban umum atau yang biasa disebut dengan kewajiban universal yaitu tugas-tugas yang dimaksudkan untuk dilakukan oleh selluruh warga negara. Sementara kewajiban khusus yaitu tugas-tugas yang hanya dimaksudkan pada beberapa golongan tertentu, misal bidang hukum tertentu atau terkait sebuah kontrak.

5. Kewajiban Primer

Jenis kewajiban ini bisa hadir dalam rangka untuk tidak menentang hukum atau peraturan tertentu. Contoh kewajiban warga negara pada jenis ini yaitu kewajiban untuk menjaga nama baik orang lain atau kewajiban yang memiliki sifat untuk pemberian sanksi.

Di satu sisi, kewajiban primer juga bisa timbul saat ada perbuatan seseorang yang melawan hukum. Misalnya, kewajiban membayar sejumlah nominal uang di dalam perkara hukum perdata.

 

Hak dan Kewajiban Warga Negara di Berbagai Bidang

Setelah kita memahami dengan benar jenis-jenis hak dan kewajiban warga negara, saatnya melihat contoh-contoh nyata dari hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara:

1. Hak dan Kewajiban di Bidang Sosial dan Budaya

Dalam kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, aspek pertama yang disebut adalah bidang sosial dan budaya. Hak dan kewajiban di bidang ini meliputi kewajiban dan hak memeluk agama, mendapatkan pendidikan serta menjalankan kebudayaan.

a. Peraturan Perundangan yang Mengatur

Aturan terkait hak dan kewajiban di bidang sosial budaya dijabarkan dengan jelas pada Undang-undang dasar pasal 31 ayat 1 dan 2, serta pasal 32. UUD Pasal 31 ayat 1 menjelaskan tentang hak dan kewajiban warga negara terkait masalah pengajaran.

UUD Pasal 31 ayat 2 memberikan penjelasan tentang sistem pengajaran menurut undang-undang. Sedangkan pasal 32 menjabarkan bahasan tentang bagaimana memajukan kebudayaan.

b. Penjabaran Hak Setiap Warga Negara

Berdasarkan aturan-aturan yang tersebut di atas, hak-hak terkait sosial dan budaya yang harus harus diberikan pemerintahan kepada setiap warga negara yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan harus dapat dijangkau oleh segala lapisan masyarakat.

Sehingga seharusnya tidak ada masyarakat yang merasa kesusahan untuk melanjutkan sekolah karena kekurangan biaya. Pemerintah seharusnya mampu mengatasi segala permasalahan terkait hal ini agar setiap warga negara memperoleh hak pendidikannya.

Baca Juga  Evaporasi: Pengertian, Faktor, dan Prosesnya
c. Kewajiban yang Harus Dilakukan

Jika pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan yang layak pada setiap warga negaranya, maka warga negara memiliki kewajiban untuk mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

Salah satunya dengan mengembangkan kebudayaan khas tanah air. Pelaksanaan kewajiban ini dimaksudkan untuk menciptakan keseimbangan terkait dengan hak yang didapatkan.

2. Hak dan Kewajiban di Bidang Ekonomi

Hak dan Kewajiban di Bidang Ekonomi

Aspek berikutnya yang melekatkan hak dan kewajiban pada warga negara yaitu bidang ekonomi. Di bidang ini, warga negara memiliki aturan-aturan terkait hak dan kewajiban di sektor ekonomi agar tidak adanya penimbunan, dan ekonomi bisa merata.

a. Peraturan Perundangan yang Mengatur

Perundangan negara terkait hak dan kewajiban di bidang ekonomi yaitu UUD pasal 33 ayat 1, 2 dan 3. Selain itu juga UUD pasal 34.

b. Hak Setiap Warga

Disebutkan dalam peraturan perundangan, negara harus mengatur segala aktivitas ekonomi dalam rangka menyejahterakan masyarakatnya. Setiap warga negara memiliki hak untuk dijamin perekonomiannya oleh negara.

Bahkan disebutkan dalam undang-undang tersebut, bagi warga negara yang fakir dan miskin, maka negara wajib menanggungnya.

c. Kewajiban yang Harus Dilakukan

Ada hak yang bisa diperoleh, maka pasti ada kewajiban yang harus dilakukan. Kewajiban warga negara terkait dengan perekonomian yaitu turut serta dalam membantu kesuksesan program-program pemerintah di bidang ekonomi, contoh membayar pajak tepat waktu.

3. Hak dan Kewajiban di Bidang Pertahanan dan Keamanan

contoh kewajiban warga negara

Aspek dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berikutnya yang memuat hak dan kewajiban warga negara yaitu di bidang pertahanan dan keamanan.

a. Peraturan Perundangan yang Mengatur

Pembahasan pengertian hak dan kewajiban di bidang pertahanan dan keamanan tercantum dengan jelas pada landasan dasar hukum NKRI atau yang biasa kita sebut dengan Undang-undang Dasar.

Dalam pasal 30 UUD dijabarkan bahwa warga negara Indonesia memiliki kewajiban dan hak dalam proses mempertahankan negara.

Baca Juga  Apa Itu Apatis: Pengertian, Penyebab, Ciri dan Dampaknya
b. Hak Setiap Warga Negara

Hak yang diberikan negara kepada warganya yaitu perlindungan terkait keamanan dan keadilan di bidang hukum tanpa melihat status sosial dan SARA.

c. Kewajiban yang Harus Dilakukan

Dengan hak yang diberikan, tentu saja warga negara memiliki kewajiban untuk menjaga dan membela pertahanan dan keamanan NKRI secara utuh. Kesatuan dan persatuan negara akan selalu menjadi tanggung jawab pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

4. Hak dan Kewajiban di Bidang Politik

contoh hak dan kewajiban warga negara

Hak dan kewajiban warga negara lainnya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara lainnya yaitu bisa ditemukan dalam bidang politik.

a. Peraturan Perundangan yang Mengatur

Hak dan kewajiban warga negara dalam bidang politik diatur secara detail dan jelas dalam UUD pasal 27 ayat 1 dan pasal 28.

b. Hak Setiap Warga Negara

Pada pasal 27 ayat 1 dijelaskan bahwa hak warga negara di dalam hukum dan pemerintahan adalah mendapatkan perlakukan yang sama. Sedangkan di pasal 28, warga negara memiliki hak untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat baik lewat lisan ataupun tulisan.

c. Kewajiban yang Harus Dilakukan

Di samping memperoleh hak, setiap warga negara Indonesia juga memiliki kewajiban di bidang politik untuk menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. Terkait pasal 28, warga negara wajib untuk ikut serta dalam menyukseskan jalannya pemilihan umum dan pemerintahan yang baik.

Kini sudahkah cukup memahami hak dan kewajiban warga negara? Semoga dengan mengetahui hal-hal terkait hak dan kewajiban ini, kita jadi bisa bertumbuh menjadi warga negara yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *