10 Urutan Universitas Terbaik di Indonesia, Siapa No 1?

Urutan Universitas Terbaik di Indonesia – Setelah kelulusan wajib belajar tingkat akhir, yaitu jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajatnya, banyak siswa yang memutuskan masing-masing jalan hidupnya. Pilihan yang paling sering diambil adalah melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi. Nah, tahap memilih perguruan tinggi dan jurusannya perlu dipertimbangan secara matang.

Para calon mahasiswa bisa mempertimbangkannya melalui jurusan yang akan dipilih, alumni, atau bahkan melihat peringkat kampus, seperti akreditasinya, fasilitas, suasana belajar, dan sebagainya. Sebagai acuan, pada 2019 (data terbaru), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengeluarkan data berupa daftar universitas terbaik di Indonesia.

Perlu diketahui, bahwa ranking atau peringkat universitas di Indonesia ini terukur secara berkala. Ada yang berskala nasional, juga internasional. Para calon mahasiswa bisa menerapkan peringkat nasional atau internasional untuk memilih atau melihat peringkat perguruan tinggi impiannya. Namun, sebelum melihat daftarnya, ketahui terlebih dahulu indikator yang menentukan kualitas perguruan tinggi.

Apa Kriteria Untuk Menentukan Universitas Terbaik di Indonesia?

Images By: Madura.Tribunnews

Ada beberapa hal yang dijadikan kriteria untuk menentukan peringkat universitas di Indonesia. Kemenristekdikti-lah yang memiliki kewenangan untuk penyelenggaraan penentuan tersebut. Di mana, ada lima komponen penilaian yang mencakup kulaitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan mahasiswa, kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat, serta kualitas inovasi.

1. Kualitas SDM

Pertama, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mencakup rasio mahasiswa dan dosen, presentase guru besar, serta jumlah dosen dengan pendidikan Strata 3.

2. Kualitas Akreditasi

Kedua, kualitas kelembagaan yang mencakup akreditasi jurusan dan program studi, kelembagaan kampus, jumlah jurusan dan program studi yang terakreditasi internasional, jumlah kerjasama dengan perguruan tinggi, dan jumlah mahasiswa asing.

3. Kualitas UKM

Ketiga, kegiatan kemahasiswaan yang menilai seberapa baik kinerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), baik di tingkat fakultas maupun universitas.

Baca Juga  Perbedaan Variabel Bebas dan Terikat Berikut Contohnya

4. Kualitas Peelitian

Keempat, kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat yang mencakup jumlah artikel ilmiah terindeks scopus per jumlah dosen yang mengajar, kinerja pengabdian kepada masyarakat umum, serta kinerja pelatihan.

5. Kualitas Inovasi

Kelima, kualitas inovasi, yang mengacu pada kinerja inovasi perguruan tinggi yang bersangkutan. Selain itu, penilaian terhadap aktivitas dan produktivitas alumni juga menjadi salah satu indikatornya.

Kelima-lima indikator ini kemudian menjadi penilaian, sehingga ada kampus yang masuk dan tidak masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Indonesia. Lantas, universitas mana yang terbaik di Indonesia?

10 Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

 

universitas terbaik di indonesia

Images By: Borneo News

Setelah melihat lima kriteria di atas, selanjutnya baru bisa ditentukan universitas mana yang terbaik di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2019, ada 100 universitas yang masuk dalam kategori universitas terbaik di Indonesia. Berikut ini adalah daftar peringkat 10 besar universitas terbaik yang ada di Indonesia versi Kemenristekdikti.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Urutan universitas terbaik di indonesia yang no 1 jatuh pada Institut Teknologi Bandung atau lebih dikenal dengan singkatan ITB adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang cukup tua usianya.

Universitas ini telah menghasilkan sejumlah alumni yang banyak berkontribusi bagi bangsa dan tanah air. Bahkan, presiden ketiga RI, Almarhum B. J. Habibie, juga pernah mengenyam pendidikan di ITB pada tahun 1954.

Para calon mahasiswa yang akan melanjutkan studinya di bidang pengembangan teknik dan sains, sebaiknya kejarlah kampus ITB ini sampai dapat. Sebab, sejak didirikannya pada 1959, kampus ini selalu mampu mempertahankan kualitasnya sebagai salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia dan banyak melahirkan tokoh-tokoh besar yang turut membangun bangsa dan negara.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Masih di klaster 1 dalam ranking penilaian Kemenristekdikti, UGM merupakan salah satu dari 10 universitas terbaik di Indonesia. Terletak di Jogja yang dilabeli sebagai ‘Kota Pelajar’, atmosfer kampusnya memang mendukung setiap mahasiswanya untuk senantiasa belajar dan menyatu dengan kearifan lokal budaya Indonesia. Sebab, kita tahu Jogja kental sekali budayanya hingga kini.

Sejak didirikan pada tahun 1949, UGM selalu konsisten menempati 5 besar daftar universitas terbaik di Indonesia dengan statusnya sebagai Pegawai Tinggi Negeri (PTN). Lingkungan di sekitar kampus juga sangat mendukung mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar, karena ada banyak sekali toko buku, serta ruang-ruang diskusi yang mampu membuka cakrawala pengetahuan lebih luas lagi.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB didirikan pada tahun 1963 dan hingga kini masih konsisten masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia. Sama seperti ITB, IPB adalah perguruan tinggi berbentuk institut yang terletak di Bogor. Jika ITB fokus pada bidang teknologi dan sains, fokusan IPB pada bidang pertanian. Meski begitu, kini sudah banyak juga jurusan non-agraris yang dibuka di kampus IPB.

Bidang keilmuan lainnya yang ada di IPB, seperti bisnis dan ekonomi, juga merupakan bidang yang diunggulkan. Dari semua bidang ini, IPB memiliki banyak sekali prestasi yang membanggakan civitas akademika dan tentu saja bangsa, baik itu secara lembaga, individu dosen, maupun dari mahasiswanya.

Salah satu prestasi yang populer yaitu pada tahun 2015, Prof. Dr. Latifah K. Darusman berhasil menghantarkan IPB menjadi lembaga perguruan tinggi dengan komersialisasi paten terbanyak. Penghargaan ini disampaikan dalam Anugerah Nasional Hak Kekayaan Intelektual. Kemudian, Prof. Dr. Erliza Hambali sebagai dosen dengan penghargaan 20 karya unggulan teknologi anak bangsa.

Baca Juga  Energi Kinetik: Jenis, Contoh dan Cara Menghitungnya

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Urutan universitas terbaik di Indonesia ITS yang sleanjutnya jatih pada ITS yang didirikan pada 10 November 1957 di Surabaya. Sesuai dengan namanya, ITS fokus pada bidang teknologi dan maritim Indonesia yang kemudian hingga kini masih menjadi andalan dan tujuan para calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya. Sebab, ITS juga telah memiliki banyak prestasi, serta menghasilkan alumni-alumni yang menjadi tokoh bangsa.

Kampus ini pernah mencatatkan berbagai prestasi, seperti Juara Umum Indonesian Energy Marathn Challenge tahun 2014, Best Research Award dalam acara Ristek-Kalbe Science Award tahun 2014, serta masih banyak lagi prestasi lainnya setaraf nasional, pun internasional. Tidak heran, jika ingin berkuliah di sini membutuhkan effort yang lebih untuk menembus seleksi ketatnya.

5. Universitas Indonesia (UI)

peringkat universitas di indonesia

Images By: Detik

Tak lengkap rasanya jika membahas urutan universitas terbaik di Indonesia tanpa membahas kampus populer yang satu ini. Kampus yang familiar dengan jaket kuningnya ini merupakan universitas dambaan banyak pelajar Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Kampus yang berdiri sejak 1950 ini merupakan kampus tua di Indonesia yang masih menorehkan sejumlah prestasi.

Bukan hanya segudang prestasinya saja yang menjadi unggulan, kampus ini juga memiliki fasilitas dan suasana belajar yang sangat nyaman. Mulai dari akses menuju kampus ini yang sangat mudah, yaitu bisa menggunakan kereta yang salah satunya terletak di dalam kawasan UI. Selain itu, kampus ini juga menyediakan bus khusus bernama ‘bus kuning’, sebagai sarana transportasi mahasiswanya.

Tak heran, jika banyak sekali pelajar yang mendambakan kampus dengan ikon serba kuning ini. Bahkan, dari kampus ini pula melahirkan sejumlah tokoh-tokoh nasional dan dijuluki dengan Kampus Perjuangan. Para tokoh-tokoh terkenal ini, mulai dari kalangan menteri, politisi, pengusaha, hingga seniman.

Beberapa tokoh nasional yang merupakan alumni UI dan harum namanya hingga kini, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Jurnalis Cerdas Najwa Shihab, Ketua DPR RI Puan Maharani, Penulis Andrea Hirata, Tokoh lainnya yang juga merupakan alumni UI, seperti Dian Sastro Wardhoyo, Nicholas Saputra, Tasya Shafa Kamila, Anisa Pohan, hingga Rachel Amanda.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Urutan universitas terbaik di Indonesia yang selanjutnya jatuh pada UNDIP merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya Semarang. Didirikan pada tahun 1957, hingga kini UNDIP selalu berhasil menempati posiis 10 besar universitas terbaik yang ada di Indonesia.

Letaknya yang cukup strategis, serta pilihan fakultas dan jurusan yang variatif membuat UNDIP menjadi salah satu rekomendasi universitas terbaik di Indonesia. Ada 11 fakultas dan 2 sekolah di UNDIP yang masing-masing fakultasnya memiliki jurusan yang sangat beragam, bahkan ada jurusan oceanographyuntuk Strata 1.

7. Universitas Airlangga (UNAIR)

Satu kampus lagi di Surabaya yang juga masuk dalam 10 urutan universitas terbaik di Indonesia yang selanjutnya UNAIR. Universitas Airlangga atau UNAIR nampaknya memang pantas memiliki julukan kampus terbaik di Indonesia. Pasalnya, kampus yang satu ini terkenal memiliki kredibilitas dan mralitas yang tinggi. Prestasinya pun segudang.

Para alumni UNAIR pun kini tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki reputasi yang baik. Banyak di antara alumni UNAIR yang kini sukses dan menjadi tokoh besar ataupun orang yang berpengaruh. Sehingga, para calon mahasiswa yang terinspirasi dan ingin meneruskan jejak tokoh-tokoh ini yang juga merupakan alumni, bisa segera mempersiapkan diri pada penerimaan universitas selanjutnya.

Beberapa tokoh penting yang juga menjadi alumni UNAIR, seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawangsa, politikus Anas Urbaningrum, dan finalis Putri Indonesia 2014 Elvira Devinamira. Jika ingin mengikuti jejak para tokoh, para calon mahasiswa bisa mengikuti tes masuk, mulai dari jalus SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur Mandiri.

8. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Universitas Hasanuddin atau UNHAS adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia yang cukup banyak peminatnya. UNHAS didirikan pada tahun 1956 di Kota Makassar. Untuk kuliah di UNHAS, para calon mahasiswa bisa melalui beberapa jalus masuk, seperti prestasi olahraga atau POSK, Jalus Non-Subsidi, SNMPTN, dan SNMPTN.

UNHAS memiliki 14 fakultas mencakup Strata 1 hingga Strata 3. Bukan hanya unggul dalam akademik saja, UNHAS juga memiliki lingkungan belajar yang sangat diimpikan banyak mahasiswa. Di kampus UNHAS terdapat banyak ruang terbuka hijau, petugas keamanan yang sigap, sering mengadakan kegiatan edukatif, ada beasiswa, hingga UKM-nya yang lengkap dan berprestasi.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Ombudsman, Tujuan dan Tugas-Tugasnya

9. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya atau UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia. Kampus ini bahkan pernah menempati posisi 5 besar sebagai universitas terbaik di tanah air. Hingga kini, UB masih konsisten dalam menjaga nama kampusnya sebagai yang terbaik.

UB memiliki lokasi yang strategis, yaitu berada di pusat kota Malang. UB juga sudah bekerja sama dengan berbagai kampus luar negeri. Terlebih, ada banyak tokoh yang lahir dari kampus kebanggaan Kota Malang ini. Munir, seorang aktivis HAM dan pejuang kemanusiaan yang sudah menangani berbagai macam kasus pelanggaran HAM di Indonesia, juga merupakan alumni UB.

10. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Urutan universitas terbaik di Indonesia yang terakhir, ada kampus UNPAD yang merupakan universitas negeri terbaik di Indonesia. Siapa yang tak kenal perguruan tinggi negeri di Bandung ini? Kampus yang unggul dalam bidang akademik dan non-akademik ini selalu menjadi tujuan banyak pelajar di Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya paska sekolah menengah.

Masuk ke UNPAD sudah pasti menjadi kebanggaan setiap calon mahasiswa. Sebab, bisa ikatakan, alumni UNPAD banyak yang menjadi tokoh penting pada perkembangan tanah air dari berbagai bidang. Beberapa di antaranya, ada KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany, sutradara sekaligus pelawak tunggal Ernest Prakasa, dan masih banyak lagi.

Itulah 10 universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Data ini masih merupakan data terbaru, sehingga bisa dijadikan acuan atau referensi bagi para calon mahasiswa yang ingin mencoba SNMPTN masuk ke kampus-kampus bergengsi impian banyak orang tersebut. Namun, tidak perlu berkecil hati karena banyaknya saingan. Dengan doa, usaha, dna harapan, semua impian pasti bisa jadi nyata.

Jangan khawatir pula soal biaya kuliah yang semakin menjerat, karena kini sudah ada banyak fasilitas beasiswa yang disediakan, baik dari pemerintah maupun dari pihak kampus masing-masing. Sehingga, fokuskan diri hanya pada belajar, mencari teman dan kenalan baru, berdiskusi, dan bergabung dengan organisasi mahasiswa sebanyak-banyaknya.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *