Urutan Pangkat TNI Lengkap, Darat, Laut Maupun Udara

Urutan Pangkat TNI – Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Negara Indonesia memiliki Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sudah diakui oleh dunia kekuatannya, Bahkan menurut sumber yang saya kutip dari website Globalpower.com TNI memiliki peringkat ke 16 dunia dari total 137 Negara pada tahun 2019 ini.

Bahkan Negara Indonesia berada diatas negera Israel yang berada di posisi 17 dunia, sehingga Kita patut untuk bangga kepada TNI dan di posisi no wahid masih di pegang oleh Negara Amerika Serikat dan diposisi kedua ada Negara Rusia dan diikuti oleh China, India dan Perancis.

Tentunya Kita sebagai warga Negara Indonesia turut berbagga karena Negara tercinta Kita bisa masuk ke jajaran atas dan dapat mengungguli jauh diatas Negara-negara tetangga Kita, karena itu tak ada salahnya kita mengetahui ututan pangkat TNI secara lengkap.

Urutan Pangkat TNI Lengkap, Mulai Dari Darat, Laut Maupun Udara

urutan pangkat tni angkatan darat

Images By Google

1. Urutan Pangkat TNI Angkatan Darat (TNI AD)

Perlu Kamu ketahui bahwa TNI Angkatan darat (TNI AD) dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dan terdapat 2 komando utama untuk pertempuran di Angkatan Darat, yaitu Komando
Pasukan Khusus (Kopassus) dan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dan masing-masing pasuskan tersebut memiliki jumlah yang berbeda-beda.

TNI Angkatan Darat dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 bersamaan dengan dibentuknya TNI yang pada awal berdirinya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Dan berikut di bawah ini Saya akan memberikan table mengenai urutan pangkat TNI Angkatan darat yang saya kutip dari website Salamadian, diantaranya:

NoJENJANGPANGKAT TNI
1
Pangkat Kehormatan

Jenderal Besar
2Perwira Tinggi
Jenderal (jend)
Letnan Jenderal (letjen)
Mayor Jenderal (mayjen)
Brigadir Jenderal (brigjen)
3Perwira Menengah
Kolonel (kol)
Letnan Kolonel (letkol)
Mayor (may)
4Perwira Pertama
Kapten (kapt)
Letnan Satu (lettu)
Letnan Dua (letda)
5Bintara Tinggi
Pembantu Letnan Satu (peltu)
Pembantu Letnan Dua (pelda)
6Bintara
Sersan Mayor (serma)
Sersan Kepala (serka)
Sersan Satu (sertu)
Sersan Dua (serda)
7Tamtama Kepala
Kopral Kepala (kopka)
Kopral Satu (koptu)
Kopral Dua (kopda)
8Tamtama
Prajurit Kepala (praka)
Prajurit Satu (pratu)
Prajurit Dua (prada)

Perlu Kamu ketahui juga bahwa Pangkat Tertinggi di TNI adalah Jenderal Besar, dan pangkat ini dalam sejarah Negara Indonesia baru dimiliki oleh 3 orang, yaitu Jenderal Besar Sudirman, Jenderal Besar AH. Nasution dan Jenderal Besar Suharto dan tanda kepangkatan Jenderal Besar ini adalah Bintang 5.

urutan pangkat tni angkatan laut

2. Urutan Pangkat TNI Angkatan Laut (TNI AL)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) merupakan salah satu cabang angkatan perang khususnya yang bertanggung jawab di wilayah laut yang berada di Negara Republik Indonesia.

Menurut Wikipedia TNI AL ini dibentuk pada tanggal 10 September 1945 yang pada saat dibentuknya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR Laut) dan adalah salah satu bagian dari Badan Keamanan Rakyat.

TNI Angkatan Laut dipimpin oleh seorang KASAL (Kepala Staf Angkatan Laut) yang menjadi pemimpin tertinggi di (MABESAL) Markas Besar Angkatan Laut Sejak 23 Mei 2018 KASAL dijabat oleh Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang menggantikan Laksamana TNI Ade Supandi yang memasuki masa pensiun.

Baca Juga  Baju Adat Sumatera Barat dan Jenis-Jenis Aksesorisnya

Perlu Kamu ketahui bahwa saat ini kekuatan TNI-AL terbagi dalam 3 armada, Armada I yang berpusat di Tanjung Priok, Jakarta, Armada II yang berpusat di Tanjung Perak, Surabaya, dan Armada III yang berpusat di Tanjung Kasuari, Sorong serta satu Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Dan berikut di bawah ini Saya akan memberikan table mengenai urutan pangkat TNI Angkatan Laut, diantaranya:

NoJENJANGPANGKAT TNI AL
1Pangkat KehormatanLaksamana Besar
2Perwira TinggiLaksamana
Laksamana Madya
Laksamana Muda
Laksamana Pertama
3Perwira MenengahKolonel
Letnan Kolonel
Mayor
4Perwira PertamaKapten
Letnan Satu
Letnan Dua
5Bintara TinggiPembantu Letnan Satu
Pembantu Letnan Dua
6BintaraSersan Mayor
Sersan Kepala
Sersan Satu
Sersan Dua
7Tamtama KepalaKopral Kepala
Kopral Satu
Kopral Dua
8TamtamaKelasi Kepala
Kelasi Satu
Kelasi Dua

urutan pangkat tni

3. Urutan Pangkat TNI Angkatan Udara (TNI AU)

Selanjutnya adalah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara TNI AU merupakan salah satu cabang angkatan perang bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia khususnya di wilayah udara.

Menurut sejarah, TNI Angkatan Udara pada awalnya merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat( TNI AD) yang dulunya bernama (TKR Jawatan Penerbangan) atau Tentara Keamanan Rakyat.

TNI Angkatan Udara dibentuk dan mulai berdiri sendiri pada tanggal 9 April tahun 1946 bersamaan dengan dibentuknya (TRI Angkatan Udara) Tentara Republik Indonesia sesuai dengan Penetapan Pemerintah Nomor 6/SD Tahun 1946.

TNI Angkatan Udara dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Udara (MABESAU) dan KASAU saat ini dijabat oleh Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Perlu Kamu ketahui bahwa kekuatan TNI Angkatan Udara saat ini memiliki tiga komando operasi:

1. Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) yang saat ini bermarkas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Komando

2. Komando Operasi Angkatan Udara II (Koops AU II) yang saat ini bermarkas di Makassar.

3. Dan yang terakhir Komando Operasi Angkatan Udara III (Koops AU III) yang saat ini bermarkas di Biak.

Dan berikut di bawah ini Saya akan memberikan table mengenai urutan pangkat TNI Angkatan Udara, diantaranya:

NoJENJANGPANGKAT TNI AU
1Pangkat KehormatanMarsekal Besar
2Perwira TinggiMarsekal
Marsekal Madya
Marsekal Muda
Marsekal Pertama
3Perwira MenengahKolonel
Letnan Kolonel
Mayor
4Perwira PertamaKapten
Letnan Satu
Letnan Dua
5Bintara TinggiPembantu Letnan Satu
Pembantu Letnan Dua
6BintaraSersan Mayor
Sersan Kepala
Sersan Satu
Sersan Dua
7Tamtama KepalaKopral Kepala
Kopral Satu
Kopral Dua
8TamtamaPrajurit Kepala
Prajurit Satu
Prajurit Dua

urutan pangkat tni ad

4 Daftar Pasukan Khusus Indonesia yang Terbaik

Selain membahas mengenai urutan pangkat TNI, Kami juga akan membahas mengenai beberapa daftar pasukan khusus Indonesia yang terbaik lalu apa sajakah itu? Berikut ulasannya

1. KOPASUS

Pasukan terbaik yang pertama adalah KOPASUS, atau komando pasukan khusus, dan saat ini KOPASUS merupakan salah satu pasukan elit yang telah desegani oleh dunia.

Untuk bisa masuk ke KOPASUS maka Kamu ditutut memiliki stamina dan skill diatas rata-rata orang normal pada umumnya, karena KOPASSUS memiliki tugas dan tanggung jawab yang begitu berat, sehingga
pasukan KOPASUS dituntut harus memiliki skill khusus.

Tugas Kopasus Operasi Militer Perang diantaranya adalah Direct Action yaitu serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence atau operasi Inteligen Khusus.

Selain itu, Tugas KOPASUS Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

2. KOPASKA

Pasukan terbaik yang selanjutnya adalah KOPASKA atau singkatan dari Komando Pasukan Katak yang merupakan pasukan khusus TNI Angkatan Laut yang dulunya dibentuk untuk menyelesaikan masalah Irian Jaya (Papua).

Pasukan KOPASKA dibentuk tanggal 31 Maret tahun 1962 oleh Presiden Soekarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya.

Baca Juga  Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

Kopaska terbagi menjadi 3 Komando, Satuan Komando Pasukan Katak Armada I yang berada di Pondok Dayung, Jakarta Utara Satuan Komando Pasukan Katak Armada II di Surabaya, dan Satuan Komando Pasukan Katak Armada III di Sorong.

Tugas utama dari satuan Komando Pasukan Katak adalah operasi perebutan pantai, operasi pendaratan amfibi, penghancuran instalasi bawah air, penyerbuan kapal, menghancurkan instalasi bawah air, menghancurkan pangkalan musuh.

3. DENJAKA

Pasukan terbaik yang selanjutnya adalah DENJAKA atau singkatan dari Detasemen Jalamangkara yang merupakan detasemen penanggulangan teror aspek laut yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut.

Denjaka dibentuk berdasarkan instruksi Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir No Isn.01/P/IV/1984 tanggal 13 November 1984.

Perlu Kamu ketahui bahwa Denjaka adalah satuan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI AL dan Denjaka dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan di mana saja terutama anti teror di wilayah laut.

Denjaka mempunyai tugas pokok dalam membina kekuatan dan kemampuan satuan Detasemen Jalamangkara. Sedangkan sebagai pelaksana utama Panglima TNI, dalam hal ini Kabais TNI selaku penyelenggaraan pembinaan kemampuan khusus, meliputi: operasi anti teror, anti sabotase dan operasi klandestin yang beraspek laut maupun operasi-operasi khusus lainnya.

4. PASKHAS

Pasukan terbaik yang selanjutnya adalah PASKHAS atau Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara atau sebutan lainnya pasukan Baret Jingga yang merupakan pasukan khusus yang dimiliki TNI AU.

PASKHAS adalah salah satu satuan tempur darat berkemampuan udara, laut, darat.

Setiap prajurit PASKHAS diharuskan memiliki minimal kualifikasi para komando untuk dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara profesional, kemudian ditambahkan dengan kemampuan khusus sesuai dengan spesialisasinya masing-masing.

Tugas dan tanggung jawab PASKHAS sama dengan pasukan tempur lainnya yaitu sebagai satuan tempur negara, yang membedakan yaitu dari semua fungsi PASKHAS sebagai pasukan NKRI yang siap diterjunkan disegala medan perang.

PASKHAS mempunyai tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh pasukan khusus yang lain yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) untuk merebut dan mempertahankan pangkalan dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.

Nah, itulah tadi keempat pasukan khas terbaik yang ada di Indonesia sebenarnya masih ada pasukan-pasukan lain yang belum Kami masukan di dalam daftar dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat.

 

 

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *