7 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta, Mana Pilihanmu?

Universitas Swasta Terbaik di Jakarta – Sebagai ibukota negara Indonesia, wajar saja jika Jakarta menjadi kota dengan penduduk terpadat di Indonesia. Sektor ekonomi dan industri yang berkembang pesat di Jakarta menjadi salah satu alasan mengapa kota yang satu ini menjadi kota yang padat penduduk.

Meskipun kebanyakan penduduk yang memadati Kota Jakarta berasal dari daerah lain atau merupakan pendatang, namun tetap saja ibukota menyediakan berbagai fasilitas untuk penduduknya. Salah satunya adalah fasilitas pendidikan. Fasilitas pendidikan yang tersedia di Jakarta sangat lengkap mulai dari pendidikan anak usia dini atau PAUD hingga perguruan tinggi.

Meskipun luasannya tidak seberapa, namun provinsi DKI Jakarta memiliki banyak perguruan tinggi atau universitas baik negeri maupun swasta. Universitas negeri memang banyak digemari, namununiversitas swasta di Jakarta juga tidak kalah dari segi kualitas.

7 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

universitas swasta di jakarta

Images By: Rencanamu.id

Beberapa universitas swasta di Jakarta di antaranya Universitas Gunadarma, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Mercu Buana, Universitas Pancasila, Universitas Tarumanagara, Unika Atma Jaya dan masih banyak lagi.Berikut ini beberapa universitas swasta terbaik di Jakarta:

1. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma atau yang biasa disebut UG adalah salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta. Universitas yang kampus utamanya terletak di Kota Depok, Jawa Barat ini termasuk salah satu perguruan tinggi swasta yang dibekali dengan standar internasional dan jejaring global sehingga universitas ini dapat menghasilkan lulusan terbaik.

Karena itulah wajar saja jika universitas swasta yang satu ini termasuk dalam kelompok universitas swasta terbaik di Indonesia. Meskipun kini telah dikenal sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta, namun status Universitas Gunadarma saat ini tak terlepas dari perjalanan panjangnya sebagai lembaga pendiidikan.

Selain kampusnya berstandar internasional, dari segi sistem pengelolaan serta kepemimpinannya universitas ini juga sangat baik. Alhasil, hampir setiap program studi di Universitas Gunadarma telah terakreditasi A.

Jenjang pendidikan tinggi yang tersedia di Universitas Gunadarma adalah program sarjana, pascasarjana dan vokasi. Karena adanya program studi untuk berbagai jenjang pendidikan tinggi tersebut, Universitas Gunadarma memililki banyak kampus lebih tepatnya 15 kampus yang tersebar di Jakarta meskipun kampus utamanya ada di Kota Depok.

Jurusan yang tersedia di Universitas Gunadarma sebagian besar berkaitan dengan ilmu sosial seperti Accounting & Finance, Business, Management, Humanities & Social Sciences, dan English Language. Namun, ada juga beberapa jurusan yang berkaitan dengan ilmu alam seperti Architecture, Building, Engineering serta Ilmu Komputer atau Computer Science atau IT.

Baca Juga  10 Urutan Universitas Terbaik di Indonesia, Siapa No 1?

2. Universitas Trisakti

Selain Universitas Gunadarma, Universitas Trisakti juga termasuk dalam jajaran universitas swasta terbaik di Jakarta. Universitas swasta yang kampus utamanya terrletak di Grogol, Jakarta Barat ini juga memiliki beberapa kampus lain yang terletak di Jakarta dan Bogor.

Universitas swasta yang didirikan pada tahun 1965 ini memiliki peranan yang penting dalam proses pembentukan bangsa serta kekuatan moral masyarakat yang demokratis. Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas Trisakti dibekali dengan berbagai fasilitas lengkap seperti ruang kelas, studio, ruang praktikum dan laboratorium, perpustakaan, galeri dan klinik.

Universitas Trisakti pada awalnya memiliki lima fakultas yaitu fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi dan fakultas teknik. Fakultas teknik mencakup empat departemen yaitu teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, dan arsitektur. Namun kini, Universitas Trisakti telah semakin berkembang hingga memiliki 9 fakultas.

Selain kelima fakultas tersebut, Universitas Trisakti telah memiliki 4 fakultas tambahan yaitu fakultas arsitektur lansekap dan teknik ingkungan, fakultas seni rupa dan desain, fakultas teknologi industri dan fakultas teknologi kebumian dan energi.

Dari kesembilan fakultas tersebut, Universitas Trisakti menyediakan berbagai program yang berupa 5 program diploma III, 23 program sarjana, 8 program magister dan 2 program doktor.

3. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau yang akrab disapa Universitas Binus ini adalah salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta. Kampus Universitas Binus yang ada di Jakarta tidak hanya terdapat di satu tempat saja, tetapi tersedia di banyak tempat.

Misalnya Kampus Binus Kijang, Kampus Binus Anggrek, Kampus Binus Syahdan, Kampus Binus JWC, dan Kampus Binus Alam Sutera. Masing-masing kampus tersebut memiliki kelebihannya masing-masing misalnya dari segi fasililtas.

Contohnya Kampus Binus Anggrek yang didesain dengan megah dan modern. Fasilitas yang akan ditemukan mahasiswa di Kampus Binus Anggrek di antaranya The Binus Library and Knowlege Center yaitu sebuah perpustakaan yang menjadi pusat informasi, penelitian, dokumentasi serta publikasi yang biasa disebut sebagai LKC.

Selain fasilitas perpustakaan unggulan, Kampus Binus Anggrek juga dilengkapi dengan auditorum yang mampu menampung 600 kursi dengan fasilitas pelengkap seperti panggung, backstage dan ruang ganti, sound system yang sangat bagus dan LCD projector serta kursi duduk yang didesain dengan formasi teater.

Ada juga laboratorium bahasa yang dilengkapi dengan berbagai faslitas yang mumpuni sehingga mahasiswa dapat berlatih serta belajar bahasa asing dengan baik. Misalnya adalah fasilitas komputer yang dibekali software untuk membantu mahasiswa belajar Bahasa Jepang, Bahasa Inggris dan Bahasa Tiongkok.

Ditambah dengan adanya fasilitas voice recognition technology yang dapat membantu mahasiswa untuk berlatih pronunciation serta speaking skills tanpa bantuan pengajar. Kampus Binus Anggrek juga memiliki cara yang istimewa dalam menyajikan informasi kepada mahasiswanya yaitu melalui Binus TV yang berupa layar TV dengan ukuran 4 x 2 meter.

4. Universitas Mercu Buana

Universitas lain yang menjadi universitas swasta terbaik di Jakarta adalah Universitas Mercu Buana atau UMB. Universitas swasta yang satu ini termasuk dalam salah satu kampus unggulan nasional berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT sehingga kualitas universitas ini tak perlu diragukan lagi.

Universitas Mercu Buana memiliki 6 fakultas yaitu fakultas teknik, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas desain dan seni kreatif, fakultas psikologi, fakultas ilmu komputer, dan fakultas ilmu komunikasi. Dari keenam fakultas tersebut, mahasiswa dapat memilih salah satu dari 13 jurusan.

Ketiga belas jurusan tersebut adalah manajemen, akuntansi, desain, arsitektur, ilmu komunikasi, psikologi, sistem informasi, teknik informatika, teknik industri, teknik sipil, teknik mesin, arsitektur dan teknik elektro. Meskipun biaya kuliah di universitas swasta ini lumayan mahal, namun masih ada keringanan yang bisa didapatkan mahasiswa karena adanya beasiswa.

5. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara atau yang biasa disebut Untar adalah salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta yang diminati oleh banyak orang. Universitas swasta yang satu ini terletak di Jakarta Barat dengan lokasi yang strategis dan memiliki 3 kampus. Universitas Tarumanagara yang didirikan pada tangagal 1 oktober 1959 ini memiliki 8 fakultas.

Fakultas yang ada di Universitas Tarumanagara adalah fakultas ekonomi, fakultas teknik, fakultas hukum, fakultas psikologi, fakultas ilmu komunikasi, fakultas kedokteran, fakultas teknologi informasi dan fakultas seni rupa dan desain. Dari kedelapan fakultas tersebut, Universitas Tarumanagara menyediakan 40 program studi atau jurusan yang dapat dipilih.

Universitas swasta yang satu ini tak hanya menyediakan program studi untuk jenjang strata 1 tetapi juga untuk jenjang diploma III, magister atau S2, doktor tau S3 dan jenjang profesi. Semua program studi yang ada di Universitas Tarumanagara telah terakreditasi A atau B sehingga dapat dipastikan bahwa universitas ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta.

Baca Juga  7 Pengertian Hak Asasi Manusia, Apa Kamu Tahu Salah Satunya?

6. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

universitas swasta terbaik

Images By: Edukasi Kompas.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau Unika Atma Jaya adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang bergengsi di Indonesia karena universitas yang satu ini telah meraih segudang prestasi. Alhasil, universitas yang terletak di ibukota ini menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta.

Pelajar yang ingin mengenyam pendidikan di universitas ini dapat memilih salah satu dari kedelapan fakultas yang ada yaitu fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas teknik, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas ilmu administrasi dan ilmu komunikasi, fakultas teknobiologi, fakultas hukum serta fakultas pendidikan dan bahasa.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik, Unika Atma Jaya mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. Kelebihan universitas swasta yang satu ini selain dari segi kualitas pengajaran dan fasilitasnya adalah adanya kerjasama yang dijalin universitas ini dengan 100 perguruan tinggi di luar negeri.

Adanya jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri tersebut membuat mahasiswa yang mengeyam pendidikan di universitas swasta yang satu ini memiliki kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri.

Bagi pelajar yang ingin mengeyam pendidikan di Unika Atma Jaya, ada beberapa hal yang harus diketahui terkait biaya kuliah di universitas ini. Unika Atma Jaya adalah universitas yang masih menerapkan sistem uang pangkal dan biaya semester. Selain itu, mahasiswa juga masih harus membayar uang pengenalan kampus serta biaya seragam pada beberapa jurusan.

7. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila merupakan salah satu universitas tertua di Jakarta. Universitas yang merupakan gabungan dari Universitas Bung Karno dan Universitas Pancasila lama ini didirikan pada tahun 1966. Universitas swasta yang satu ini dalam perkembangannya menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta.

Jenjang pendikan yang dapat diambil di Universitas Pancasila termasuk lengkap mulai dari diploma III, profesi, strata 1 atau sarjana, magister dan doktor. Program profesi di universitas ini hanya ada satu yaitu profesi apoteker, sedangkan diploma III tersedia pada empat fakultas yaitu fakultas farmasi, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas pariwisata dan fakultas teknik.

Ada 7 fakultas yang menyediakan program sarjana di Universitas Pancasila yaitu fakultas farmasi, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas komunikasi, fakultas pariwisata, fakultas hukum, dan fakultas teknik.

Tidak seperti program doktor yang hanya ada satu yaitu doktor ekonomi, program magister yang tersedia di Universitas Pancasila adalah magister farmasi, magister akuntansi, magister hukum, magister teknik mesin, magister manajemen dan magister manajemen eksekutif.

Sebagai universitas swasta yang bergengsi, biaya kuliah yang harus dibayar di Universitas Pancasila terbilang lumayan mahal. Biaya kuliah per semesternya berkisar antara 6 hingga belasan juta tergantung dari program studi yang dipilih. Meski begitu, dengan sejarah panjang Universitas Pancasila telah mampu menghasilkan lulusan yang kompeten.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *