Selain BINUS, Ini 14 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia – Pasca kelulusan dari wajib belajar 9 tahun, banyak pelajar yang memilih untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Masing-masing berlomba-lomba memperebutkan perguruan tinggi negeri bergengsi dan kadang sampai stress sendiri bila tidak lolos seleksi. Ini tentu tidak baik. Memperjuangkan PTN impian sah-sah saja, tapi jika sampai stress sendiri hingga depresi tentu bukan sesuatu yang baik.

Padahal, menempuh pendidikan tinggi tidak harus di universitas negeri saja lho. Di Indonesia, ada banyak sekali universitas swasta terbaik yang bisa dijadikan pilihan selepas sekolah menengah. Sistem pendidikannya pun tidak jauh berbeda. Bahkan, uang kuliahnya pun kini tidak terlalu memiliki perbedaan. Terlebih, ada sejumlah beasiswa yang bisa didaftarkan.

Tidak bedanya dengan PTN, beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) unggulan di Indonesia juga memiliki program unggulan dan prestasi yang tak kalah unggul dari PTN. Bahkan, banyak PTS yang masuk dalam daftar peringkat universitas terbaik nasional dan internasional. Hal ini tentunya berdasarkan data yang secara berkala di keluarkan oleh Kemenristekdikti.

Kemenristekdikti secara berkala selalu melakukan penilaian dan klaasterisasi terhadap perguruan tinggi yang berkualitas tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Meski masih didominasi oleh PTN, tidak sedikit pula PTS yang masuk dalam daftarnya. Nah, yang berikut ini kami akan memberikan daftar universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi calon mahasiswa.

15 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti

universitas swasta terbaik

Images By: Sukabumiupdate.com

Sebagai bahan pertimbangan para calon mahasiswa yang akan melanjutkan studinya di Perguruan Tinggi Swasta, berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi universitas swasta terbaik Indonesia.

Daftar peringkat yang kami sajikan ini berdasarkan peringkat yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang merupakan rilis terbaru di tahun 2019 akhir.

1. Universitas Telkom

Ingin merasakan asik dan sejuknya kuliah di Bandung? Masih ada pilihan lain lho selain UNPAD dan ITB, yaitu Universitas Telkom Bandung yang menduduki peringkat universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas yang terletak di Jalan Terusan Buahbatu ini berdiri di bawah PT Telekomunikasi Indonesia yang para lulusannya tentu saja sudah terjamin.

Universitas Telkom Bandung merupakan gabungan dari 4 lembaga pendidikan, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, serta Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Program studi Teknologi Telekomunikasi di Universitas ini adalah yang menjadi favorit banyak pelajar di Indonesia.

Baca Juga  10 Urutan Universitas Terbaik di Indonesia, Siapa No 1?

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Peringkat kedua universitas swasta terbaik di Indonesia diisi oleh Universitas Islam Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan UII. Berlokasi di Yogyakarta, UII merupakan tempat yang ideal untuk mengenyam pendidikan tinggi. Apalagi, kampus ini merupakan perguruan tinggi swasta yang tertua di Indonesia, yaitu dibuka sejak 1945. Tentu merupakan kebanggaan bisa kuliah di sini.

Kampus UII tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta, namun gedung utamanya berada di Jalan Kaliurang KM 14,5. Total ada 9 fakultas dengan puluhan program studi yang bisa dipilih. Membanggakannya lagi, UII memiliki persembahan khusus pada masyarakat Yogyakarta dalam pelayanan medis, yaitu membangun rumah sakit Jogja Internasional Hospital.

3. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Sempat berada pada posisi 9 dalma peringkat universitas swasta terbaik Indonesia, Universitas Bina Nusantara kini berhasil meraih posisi 3 dalam kategori yang sama. Kampus BINUS – demikian tempat ini dikenal – memiliki lima gedung yang tersebar di wilayah yang berbeda. Keunggulan kampus ini adalah tersedianya program kuliah satu kelar dan gelar ganda pada setiap jenjang pendidikan.

Selain memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam bidang pendidikan, BINUS juga telah menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas dan dikenal pandai mencipta karya. Banyak sekali seniman, tokoh-tokoh besar bangsa, hingga pengusaha sukses berasal dari kampus berbasis IT ini. Apalagi, fasilitas yang disediakan BINUS untuk para mahasiswanya pun tidak main-main.

4. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Mari sejenak kembali lagi ke Bandung, UNIKA Parahyangan masih masuk dalam posisi 5 besar universitas swasta terbaik Indonesia versi Kemenristekdikti. Posisi ini didapat bukan hanya karena fasilitas dan gedungnya yang menjamin kegiatan mahasiswa, melainkan juga segudang prestasi yang dimilikinya. Di kampus megah ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah yang menjadi favoritnya.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Atma Jaya Yogyakarta merupakan salah satu univ swasta terbaik yang kini masuk dalam 10 besar, bahkan 5 besar kampus swasta terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Awalnya, Atma Jaya Yogyakarta yang berada di Jalan Barbarsari ini merupakan bagian atau cabang dari kampus Atma Jaya Jakarta. Namun pada 1973, Atma Jaya Yogyakarta akhirnya memisahkan diri.

Kini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan universitas yang berdiri secara independen di bawah Yayasan Slemat Rijadi. Kampus Atma Jaya Yogyakarta bukan hanya memiliki keunggulan pada sisi akademik saja, melainkan pada program dan kegiatannya yang produktif serta bertaraf internasional. UKM Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga sangat beragam dan berprestasi.

6. Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya dulunya bernaa Universitas Trisakti Surabaya. Namun, seiring dengan perkembangan, namanya diubah menjadi Universitas Surabaya atau biasa dikenal dengan sebutan UBAYA. UBAYA merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia dan terfavorit di Kota Surabaya. Hal ini dibuktikan dari penghargaan yang didapat dari majalah TEMPO pada tahun 2013.

Selain fasilitasnya yang lengkap, UBAYA memiliki segudang prestasi yang bukan hanya dari sektor akademik. Di mana, UBAYA pernah meraih penghargaan Indonesia Green Campus pada tahun 2012. UBAYA juga telah meraih SNI Award pada tahun 2014, serta mendapatkan 2 bintang dalam QS World University Rankings. Lulusannya yang menjadi pejabat tanah air adalah M. Adi Toegarisman.

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Menduduki posisi ke 7, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya merupakan salah satu universitas swasta favorit di Jakarta. Atma Jaya Jakarta juga merupakan salah satu yang masuk dalam 10 besar universitas swasta terbaik di Indonesia. Tak heran, ini tentu saja karena kampus ini dikenal sebagai kampus yang memiliki toleransi yang sangat tinggi anta ras, umat beragama, dan sesama manusia.

Terbukti, setiap kali adanya demonstrasi di Jakarta, kampus Atma Jaya Jakarta selalu menyediakan ruang-ruang di kampusnya untuk penanganan medis dan keperluan lainnya. Atma Jaya juga berkontribusi terhadap lingkungan dengan program Pengurangan Limbahnya. Selain itu, dari sisi akademik, Atma Jaya Jakarta sangat banyak bekerjasama dengan berbagai lembaga internasional.

8. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

univ swasta terbaik

Images By: Kinibisa.

Siapa yang tidak kenal kampus bergengsi yang satu ini? Universitas Tarumanegara atau UNTAR merupakan salah satu universitas swasta terbaik Indonesia yang banyak sekali dijadikan pilihan oleh para pelajar. UNTAR bisa menduduki posisi ke 8 pada peringkat ini tentu saja karena sejumlah jurusannya sudah memiliki akreditasi A. Tidak heran, jika kampus ini banyak peminatnya.

Selain itu, ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa dipilih para calon mahasiswa. Jurusan ini terbagi dalam beberapa fakultas di beberapa lokasi kampus. UNTAR sendiri memiliki 3 gedung kampus yang kesemuanya memiliki fasilitas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan jurusan. Namun, satu yang pasti, fasilitas di setiap gedung kampus UNTAR adalah fasilitas unggulan.

Baca Juga  Ajudikasi: 5 Tahapan Sidang dan Contohnya

9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Banyak pelajar yang memilih kampus bukan hanya dari akreditasinya tapi juga lokasinya. Salah satu lokasi yang banyak dipilih pelajar untuk melanjutkan studi adalah Yogyakarta.

Daerah yang dikenal sebagai ‘kota pelajar’ ini memang memiliki suasana belajar yang sangat nyaman. Jika berkuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, tentu akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

Selain lokasinya yang berada di ‘kota pelajar’, UM Yogyakarta memiliki akreditasi terbaik pada setiap jurusannya, bahkan telah mendapatkan penghargaan dari QS Star 2015 dengan rata-rata penilaian bintang 5. Ragam jurusan bisa dipilih di kampus bergengsi ini yang semuanya ditunjang oleh kelengkapan fasilitas akademik dan non-akademik yang mumpuni.

10. Universitas Ahmad Dahlan

Univ swasta terbaik Indonesia selanjutnya adalah Universitas Ahmad Dahlan atau dienal dengan singkatan UAD yang terletak di Yogyakarta. Para calon mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan secara luas juga diseimbangkan dengan ilmu pengetahuan agama, sebaiknya memilih kampus terbaik yang satu ini. Kampus ini unggul pula dalam bidang teknologi dan sosial humaniora.

Salah satu jurusan yang diunggulkan pada Universitas Ahmad Dahlan adalah dalam bidang broadcasting. Bahkan, untuk menunjang kemampuan dan kualitas para lulusannya, Universitas Ahmad Dahlan memiliki saluran televisi sendiri, yaitu TV UAD. Jadi, para calon mahasiswa yang tertarik dengan dunia broadcasting dan seimbang dengan ilmu agama, cocok sekali memilih UAD.

11. Universitas Muhammadiyah Malang

Di posisi keenam ada Universitas Muhammadiyah Malang atau UM Malang yang dikenal dengan nama bekennya, Kampus Putih. Julukan ini senantiasa melekat pada kampus UM Malang karena gedung UM Malang yang didominasi oleh warna putih. UM Malang memiliki tiga gedung kampus dan program perkualiahan lengkap, di antaranya ada program sarjana, magister, doctoral, dan profesi.

Selain karena prestasinya yang selalu meningkat setiap tahunnya, UM Malang juga unggul karena dikenal sebagai kampus multicultural yang memiliki toleransi tinggi terhadap suku, ras, agama, dan berbagai macam budaya. Apalagi, suasana belajarnya begitu nyaman dengan usasna sejuk dan panorama indah khas Malang. Hal ini tentunya juga menjadikan suasana diskusi begitu kondusif.

12. Universitas Sanata Dharma (USD)

Universitas Sanata Dharma adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Memang sejak lama, Universitas Sanat Dharma dikenal debagai kampus keguruan terbaik. Kerennya, seolah mencerminkan universitas keguruan yang layak dijadikan panutan, OSPEK kampus di kampus ini jauh dari kesan perpeloncoan. Justru mahasiswanya dibiasakan berdiskusi.

13. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti yang didirikan pada tahun 1965 merupakan salah satu kampus bergengsi, karena masuk dalam peringkat 15 besar universitas swasta terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Letaknya yang begitu strategis menjadi alasan beberapa mahasiswa untuk kuliah di sini. Universitas ini pula kerap dinilai sebagai barometer perubahan serta penggerak pembangunan daerah.

Keunggulan Trisakti tentu sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Banyak perusahaan yang menilai sangat baik reputasi kampus ini, sehingga lulusannya yang ingin bekerja di korporasi dapat dengan mudah terwadahi. Banyak fakultas di Trisakti juga yang terakreditasi A, di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga  Evaporasi: Pengertian, Faktor, dan Prosesnya

14. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra yang terletak di Surabaya merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Kampus ini dikenal sebagai kampus yang begitu produktif. Sebab, seringkali ditemukan diskusi antara mahasiswa dan dosen yang seolah tiada batasan. Selain itu, koleksi buku di perpustakan Universitas Kristen Petra merupakan yang terlengkap di Surabaya.

15. Universitas Islam Bandung

Universitas swasta terbaik Indonesia peringkat selanjutnya adalah Universitas Islam Bandung atau UNISBA. Visi kampus yang agamis dan terus dipegang tegung hingga kini menjadi salah satu alasan mengapa kampus ini juga menjadi kampus favorit umat muslim, khususnya yang berdomisili di Bandung. Apalagi, UNISBA banyak membuka beasiswa bagi calon mahasiswanya yang berprestasi.

Itulah tadi daftar 15 besar universitas swasta terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti yang terbaru. Di manapun universitas yang dituju oleh para calon mahasiswa kelak, perlu adanya pertimbangan yang matang. Sebab, tentunya kuliah di mana saja pasti bisa mendorong kesuksesan jika bersungguh-sungguh. Namun, jika ingin kuliah di universitas swasta bergengsi, tentu dibutuhkan usaha dan doa yang lebih keras.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *