Mau Kuliah? Ini 6 Universitas Swasta di Bandung

Universitas Swasta di Bandung – Pendidikan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam kehidupan. Agar penduduk Indonesia dapat menerima pendidikan secara merata, pemerintah Indonesia bahkan membuat program wajib belajar serta memberikan berbagai bantuan seperti keringanan biaya sekolah untuk meringankan beban para orang tua dalam menyekolahkan anak-anaknya.

Meskipun masih banyak rakyat Indonesia yang belum mengenyam pendidikan hingga jenjang universitas, namun jenjang universitas sangatlah penting. Terlebih di era sekarang di mana syarat pendidikan yang diberikan pada saat melamar pekerjaan cukup tinggi. Selain itu, penduduk Indonesia juga harus bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain di era global seperti sekarang.

Universitas yang bagus tidak terbatas pada universitas negeri. Universitas swasta yang banyak menorehkan prestasi serta menghasilkan lulusan yang berkualitas juga banyak. Meskipun umumnya biaya yang harus dikeluarkan untuk belajar di universitas swasta lebih banyak. Bandung adalah salah satu kota yang memiliki banyak universitas swasta yang telah diakui kualitasnya.

6 Universitas Swasta di Bandung

universitas swasta terbaik di bandung

Images By: International Maranatha

Universitas swasta yang ada di Bandung di antaranya adalah Universitas Kristen Maranatha, Universitas Widyatama, Universitas Pasundan, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Islam Bandung, Universitas Bandung Raya, Telkom University dan Institut Teknologi Nasional. Berikut ini ulasan singkat tentang beberapa universitas swasta di Bandung.

1. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha adalah salah satu universitas yang terletak di Jawa Barat dengan lokasi kampus yang strategis di Kota Bandung. Universitas swasta di Bandung yang usianya telah melewati setengah abad ini telah menghasilkan lebih dari 30 alumni yang telah berkiprah di dalam berbagai sektor pembangunan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Universitas Kristen Maranatha didirikan pada tahun 1965 ini memiliki tiga nilai utama yaitu integritas atau integrity, kepedulian atau care dan keprimaan atau excellence. Saat ini, Universitas Kristen Maranatha memiliki 9 fakultas yang menaungi 3 program diploma, 2 program profesi, 18 program sarjana, dan 4 program pascasarjana.

Fakultas yang ada di universitas ini di antaranya fakultas teknik, fakultas psikologi, fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas seni rupa dan desain, fakultas sastra, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran dan fakultas kedokteran gigi. Program pascasarjana yang ada di universitas ini hanya sampai pada magister dan belum ada program doktor.

Baca Juga  7 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta, Mana Pilihanmu?

2. Universitas Widyatama

Salah satu universitas swasta terkemuka yang ada di Bandung adalah Universitas Widyatama. Universitas Widyatama merupakan gabungan dari 4 sekolah tinggi swasta yaitu Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual (STDKV), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTW), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB).

Meskipun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung atau STIEB telah berdiri sejak tahun 1979, namun Universitas Widyatama yang merupakan gabungan dari keempat sekolah tinggi berdiri pada tahun 2001. Upaya penggabungan keempat sekolah tinggi tersebut adalah agar lulusan yang dihasilkan memiliki daya saing.

Universitas Widyatama dalam perkembangannya telah menghasilkan 9 ribu alumni dan telah memiliki relasi baik di dalam kancah nasional maupun internasional. Universitas Widyatama bahkan ditetapkan sebagai pusat penyebaran informasi untuk Asia Pasifik dengan sebutan Regional Observatory of Information Society in Asia Pacific (ROISAP).

Prestasi tersebut adalah hasil dari kerjasama Universitas Widyatama dengan Kementrian Riset dan Teknologi serta UNESCO. Universitas Widyatama juga berperan aktif dalam organisasi South East Asia Association for Institutional Research dan ditetapkan sebagai penyelenggara konferensi SEAAIR yang kelima di Bali pada tahun 2005.

Fakultas yang ada di Universitas Widyatama berjumlah 5 fakultas yaitu fakultas teknik, fakultas bahasa, fakultas bisnis dan manajemen,fakultas ekonomi dan fakultas desain komunikasi visual. Selain program sarjana, salah satu universitas swasta terbaik di Bandung ini juga menyediakan program pascasarjana berupa magister manajemen dan program pendidikan profesi akuntansi.

Universitas Widyatama berdiri kokoh di atas lahan seluas 50 ribu meter persegi yang terdiri dari 7 bangunan bertingkat. Fasilitas yang tersedia di universitas ini sangat lengkap mulai dari perpustakaan, laboratorium dan studio, poliklinik, sarana ibadah, food court, sarana olahraga, pojok bursa widyatama, hingga career center dan business community development.

3. Universitas Pasundan

Unpas atau Universitas Pasundan adalah salah satu universitas swasta terbaik di Bandung. Universitas ini didirikan pada tahun 1960 dan telah menjadi salah satu universitas swasta di Bandung yang terkemuka di Indonesia dan menjadi kebanggaan masyarakat di sekitarnya.

Sebagai salah satu unversitas terkemuka, mahasiswa yang belajar di Universitas Pasundan tidak hanya berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, tetapi juga dari negara-negara sahabat seperti Singapura, Turki, Thailand, Malaysia, Timor Leste, Korea Selatan, Republik Somalia, Afrika Selatan, Polandia dan Hongaria.

Universitas Pasundan memiliki 6 fakultas yang terdiri dari 26 program sarjana, 5 program magister dan 2 program doktor. Kegiatan akademik yang dilakukan di Unpar tak terlepas dari kiprah 32 orang guru besar, 85 orang dosen tetap yang berkualifikasi doktor, 254 orang dosen berkualifikasi magister dan 8 orang dosen asing yang berasal dari China dan Korea Selatan.

4. Universitas Katolik Parahyangan

daftar universitas swasta terbaik di bandung

Images By: UNPAR.

Universitas Katolik Parahyangan atau yang biasa disingkat Unpar adalah salah satu universitas swasta terbaik di Bandung yang didirikan sejak tahun 1955. Universitas yang disebut sebagai kampus jingga ini tingkat kesulitan penerimaannya cukup tinggi. Misalnya pada tahun 2018, Unpar hanya menerima sekitar 2 orang dari 13 ribu lebih pendaftar.

Universitas Katolik Parahyangan terdiri dari 7 fakultas yang menaungi program diploma, sarjana, magister dan doktor. Ketujuh fakultas yang ada di universitas tersebut adalah fakultas hukum, fakultas ekonomi, fakultas teknik, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas teknologi informasi dan sains, fakultas teknologi industri dan fakultas filsafat.

Dari ketujuh fakultas tersebut, fakultas yang paling tua dan ada terlebih dahulu adalah fakultas ekonomi yang didirikan pada tahun 1955. Sedangkan fakultas yang paling baru adalah fakultas teknologi informasi dan sains yang mulai didirikan pada tahun 1993.

Meskipun fakultas ekonomi ada terlebih dahulu, namun berdasarkan survey yang dilakukan pada tahun 2018 fakultas hukum Unpar menempati peringkat ketiga favorit setelah fakultas hukum Universitas Indonesia dan fakultas hukum Universitas Padjajaran.

Prestasi Unpar yang hingga kini belum dapat disamai oleh universitas lain di Indonesia adalah gelar Outstanding Delegationyang diperoleh Unpar di acara Harvard National Model United Nations pada 2009.

Universitas Katolik Parahyangan memiliki 4 lokasi kampus di Bandung yaitu Kampus Aceh, Kampus Merdeka, Kampus Nias dan Kampus Ciumbuleuit. Kampus Merdeka adalah kampus Unpar yang digunakan untuk proses belajar mengajar program pascasarjana. Sebaliknya, semua proses perkuliahan untuk program sarjana dilakukan di Kampus Aceh.

Kampus Nias adalah tempat untuk perkuliahan fakultas filasafat Unpar yang dilengkapi dengan perpusatakaan khusus filsafat yang memiliki koleksi hingga 19 ribu lebih buku. Kampus Ciumbuleuit adalah kampus yang menjadi pusat administrasi Unpar karena di dekat kampus ini terdapat gedung rektorat, pusat kegiatan mahasiswa dan lain-lain.

Baca Juga  10 Urutan Universitas Terbaik di Indonesia, Siapa No 1?

5. Universitas Bandung Raya

Universitas Bandung Raya atau yang biasa disebut Unbar adalah salah satu universitas swasta di Bandung yang terbentuk setelah penyatuan 4 perguruan tinggi swasta mandiri yang ada di Bandung. Penyatuan keempat perguruan tinggi tersebut dilakukan pada tahun 1984.

Perguruan tinggi swasta yang menjadi pilar Universitas Bandung Raya adalah Akademi Pimpinan Perusahaan Bandung (APPB), Akademi Tekstil Berdikari (ATB), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), dan Akademi Pertanian Nasional (AKPERNAS).

Setelah Universitas Bandung Raya terbentuk, masing-masing perguruan tinggi tersebut dikembangkan menjadi 4 fakultas yaitu fakultas teknik, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas ekonomi dan fakultas pertanian.

Selain ruang kelas, Universitas Bandung raya sebagai salah satu universitas swasta di Bandung menyediakan beberapa fasilitas lain yang digunakan untuk memfasilitasi mahasiswanya seperti aula gedung, perpustakaan, sistem informasi, pusat pelatihan bahasa, sarana ibadah, aula gedung dan laboratorium teknik.

6. Institut Teknologi Nasional

Institut Teknologi Nasional atau ITENAS adalah sebuah universitas swasta terbaik di Bandung. Universitas yang didirikan pada tahun 1972 ini terdiri dari 3 fakultas yang menaungi 14 jurusan. Fakultas yang ada di Institut Teknologi Nasional adalah fakultas teknik sipil dan perencanaan, fakultas seni rupa dan desain serta fakultas teknologi industri.

Institut Teknologi Nasional berdiri di atas lahan seluas 52 ribu meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran. Institut Teknologi Nasional menaungi program sarjana dan magister. Ada tiga program magister yang dapat diambil di Itenas yaitu magister teknik mesin, magister teknik industri dan magister teknik sipil.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Bandung yang berfokus pada bidang teknologi, Institut Teknologi Nasional dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, klinik, cafeteria, toko buku, anjungan informasi mandiri, studio perancangan komunikasi visual, studio pendidikan dasar, galeri desain komunikasi visual, dan bengkel desain produk.

Selain beberapa fasilitas tersebut, Institut Teknologi Nasional juga dilengkapi dengan berbagai laboratorium dan studio untuk menunjang proses belajar mahasiswa yang jumlahnya tidak kurang dari 50 laboratorium dan 15 studio. Faslitas laboratorium dan studio di Itenas tersebut tersebar di 14 jurusan yang ada di Institut Teknologi Nasional.

InstitutNeknologi nasional juga menyediakan beberapa fasilitas tambahan seperti sarana ibadah, koperasi mahasiswa, student center atau gedung serba guna (GSG), sarana kesenian yang berupa kesenian Sunda, band, teater, paduan suara dan kesenian Minang, serta sarana olahraga seperti basket, tenis, voli, dan ekstreme sport yang dilengkapi dengan klinik.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *