Ukuran Kertas A3 dan A3+ Berbeda, Ini Perbedaannya

Artikel terakhir diperbaharui 12-12-2020 oleh Aldy Amrillah

Ukuran Kertas A3 – Ukuran kertas menjadi hal yang penting dalam dunia percetakan. Karena penggunaan kertas yang benar menentukan hasil cetak yang pas. Bukan hanya usaha percetakan saja yang mempermasalahkan ukuran tetapi juga kantor besar.

Ada dua jenis kertas yang banyak digunakan yaitu ukuran kertas A3 dan A3 plus. Keduanya memiliki fungsi serta ukuran berbeda. tapi banyak yang kurang tahu tentang ukuran detail keduanya sehingga salah dalam penggunaanya.

Supaya tidak salah dalam penggunaannya, berikut ini perbedaan ukuran kertas antara kertas A3 dan A3 plus.

Perbedaan Ukuran Kertas A3 dan A3+ dari Fungsinya

Perbedaan Ukuran Kertas A3 dan A3+

Perbedaan yang bisa dicermati pertama kali adalah soal fungsinya. Penggunaan dari kedua jenis kertas ini paling sering dilakukan untuk dunia percetakan karena ukuran kertas A3 yang besar tidak cocok untuk kantor kecil.

Kebanyakan kertas yang digunakan untuk kantor adalah jenis A4 atau sejenisnya yang ukurannya kecil. Kertas A3 kebanyakan digunakan untuk mencetak desain apapun. Dengan ukuran kertas ini maka detail dari sebuah desain akan terlihat jelas.

Kertas A3 plus juga sama yaitu digunakan untuk mencetak sebuah desain, hanya saja fungsinya bertambah karena bisa dimanfaatkan sebagai koreksi. Karena ukuran A3 plus yang lebih besar maka desain bisa mencapai bagian tepi kertas.

Baca Juga: Pengertian debit dan kredit

Koreksi yang dilakukan pada ukuran kertas A3 plus akan membuat desain tidak berantakan dan terpotong. Pastinya kamu tak ingin bukan desain yang sudah susah payah dibuat gagal karena salah mempresentasikannya dengan ukuran kertas yang kecil.

Selain itu kualitas printing dengan adanya kertas A3 juga lebih baik. Sama-sama digunakan untuk mencetak sebuah desain. Beberapa desain yang membutuhkan kertas A3 dan A3 plus adalah rancangan bangunan, profil sebuah perusahaan, poster hingga booklet.

Dilihat dari perbedaan fungsi ini kamu jadi tahu kapan harus menggunakan kertas A3 dan kapan memanfaatkan kertas A3 plus. Jadi jangan sampai salah memilih kertas, lebih baik koreksi di komputer terlebih dahulu kertas mana yang cocok untuk dipilih.

Perbedaan Kertas A3 dan A3+ dari Ukurannya

Perbedaan Kertas A3 dan A3+ dari Ukurannya

Sesuai dengan hasil desain yang dicetak, orang yang sering menggunakan kertas A3 atau A3 plus biasanya adalah desainer, notaris hingga arsitek. Beberapa yang lain juga membutuhkannya adalah untuk keperluan sekolah.

Seperti apakah ukuran kertas A3? Jika ingin memperkirakannya, kamu bisa mensejajarkan kertas A4 secara vertikal. Itulah gambaran umum ukuran dari kertas A3. Jika dilihat dari ukurannya tentu sangat besar bukan?

Ketika hendak mencetak desain dengan ukuran kertas ini, istilah yang biasa digunakan adalah print on demand. Karena ukurannya yang cukup besar, biasanya jumlah yang dicetak tidak sebanyak ketika menggunakan kertas A4.

Beberapa orang biasanya mencetak 1 atau dua lembar saja. Berapa lama waktu mencetak ukuran sebesar ini adalah 10 hingga 30 menit. Memang lebih lama jika dibandingkan mencetak di kertas A4, yah mengingat ukurannya lebih besar tentu wajar saja.

Baik itu ukuran A3 dan A3 plus sudah memiliki standar sendiri oleh ISO. Jadi jika kamu membeli dengan merk berbeda, ukurannya tetap sama. Bahkan jika membeli di negara lain, tidak ada ukuran yang berbeda.

Ukuran A3 plus adalah 32 X 48 cm sedangkan ukuran kertas A3 adalah 29,7 cm X 42 cm. Yang membedakan adalah jenis bahannya yaitu kertas art paper, kertas karton, kertas hvs, kertas stiker cromo, kertas art carton dan lain sebagainya.

Jika dalam desain ukuran yang digunakan adalah milimeter, maka sebelum dicetak kamu harus mengkonversinya terlebih dahulu. Konversi ini dibutuhkan supaya penghitungan yang dilakukan tidak salah.

Untuk konversinya adalah cukup dengan dikalikan dengan angka 10. Jadi ukuran A3 adalah 29,7 cm X 42 cm akan berubah menjadi 297 mm X 420 mm. Sedangkan kertas A3 plus akan berubah menjadi ukuran 320 mm X 480 mm. Selain konversi, kamu juga perlu tahu ukuran pixel karena bisa mempengaruhi hasil cetakan.

Perbedaan dalam hal pixel dalam kertas A3 lebih ke arah ukuran, sedangkan kertas A3 plus mempengaruhi resolusi gambar. Dengan adanya detail yang diketahui maka akan lebih mudah memilih kertas mana yang tepat.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.