5 Fakta Terkait Teknologi Informasi yang Wajib Kamu Tahu

Teknologi Informasi – Istilah teknologi informasi semakin tahun semakin meningkat kepopulerannya. Bahkan jurusan ini merupakan salah satu pilihan favorit bagi anak-anak muda saat duduk di bangku kuliah. Tak disangkal dengan berkembangnya internet dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi informasi pun semakin melesat.

Namun seberapa paham ya kita terhadap hal-hal terkait istilah ini? Untuk menambah wawasan, yuk kita cari tahu 5 fakta tentang teknologi informasi di Tedas.id.

5 Fakta Menarik Teknologi Informasi

pengertian teknologi informasi

1. Pengertian Teknologi Informasi

Menurut web KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), teknologi memiliki dua arti yaitu;

– Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan.

– Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sementara jika kita mencari arti “informasi” di dalam KBBI, kita akan menemukan artinya sebagai berikut:

– Penerangan

– Pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu.

– Keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu.

Maka dari dua gabungan kata tersebut, bisa disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah ilmu pengetahuan terapan yang digunakan dalam rangka menyampaikan kabar atau berita tentang sesuatu agar pesannya tersampaikan.

Beberapa ahli di bidang ini juga membagikan pendapatnya terkait apa arti teknologi informasi:

● Haag dan Keen

Istilah teknologi informasi dijabarkan oleh Haag dan Keen sebagai sekumpulan alat yang bisa membantu pekerjaan terkait pemrosesan dan penyampaian informasi.

● Williams dan Sawyer

Teknologi yang memadukan antara komputer dengan koneksi internet sehingga mampu mengirim suara, gambar, video dan data dengan lebih cepat adalah penjabaran mengenai arti teknologi informasi menurut Williams dan Sayer.

Baca Juga  Mau Koneksi Gratis? Coba 3 Cara Menggunakan Psiphon Pro Ini

● Mc Kewon

Mc. Kewon memiliki pendapat bahwa teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang bertujuan untuk menciptakan, menyimpan, menyampaikan, menggunakan dan mengubah informasi (data, kabar, berita, suara, video, dsb.).

● Martin

Martin berpendapat bahwa TI (istilah yang digunakan untuk menyingkat teknologi informasi) adalah bidang yang luas. TI tak sekedar tetang hardware ataupun software pembuat dan penyimpan informasi. TI juga meliputi teknologi di bidang komunikasi, khususnya dalam proses pengiriman informasi.

● Lucas

Tak jauh berbeda dengan ahli-ahli lainnya, Lucas juga menyampaikan bahwa TI yaitu teknologi pemroses, pengubah, penyampai dan pengirim informasi yang kinerjanya membutuhkan sistem elektronis.

Information Technology Association of America (ITAA)

ITAA menjabarkan bahwa teknologi informasi memiliki definisi sebagai proses dari penciptaan, penyimpanan dan penyebaran informasi dalam beragam bentuk. Proses ini membutuhkan komponen-komponen mikro elektronika yang memadukan antara komputasi dan telekomunikasi.

Dari pernyataan para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa telah terjadi sedikit pergeseran arti teknologi informasi. Dalam perkembangannya pengertian teknologi informasi lebih mengkerucut pada sebuah sistem atau metode yang dalam perancangan, pengembangan, serta penerapan kerjanya membutuhkan dukungan berbasis komputer, baik itu berupa hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

2. Fungsi Teknologi Informasi

teknologi informasi adalahSebagaimana pada umumnya sebuah bidang, teknologi informasi diciptakan tentu saja memiliki fungsi dan kegunaan. Setidaknya menurut fakta teknologi informasi ada 6 fungsi yang bisa kita dapatkan dari teknologi di bidang informasi; capturing, processing, generating, storage, retrieval, dan transmission. Apa penjabaran dari 6 fungsi tersebut? Cari tahu yuk!

● Capturing

Arti dari capturing yaitu menangkap. Maksudnya, TI berfungsi untuk mengumpulkan beragam detail catatan dari berbagai aktivitas. Contoh dari fungsi ini yaitu TI menerima masukan data dari berbagai sumber, misal scanner, keyboard, dan sebagainya.

● Processing

Fungsi ini fokus pada proses pengolahan data yang telah diterima dari berbagai sumber untuk diubah menjadi data baru. Pengolahan ini meliputi beragam cara; analisis, konversi, penghitungan, ataupun penggabungan data.

● Generating

Dari proses pengolahan data, TI akan menghasilkan informasi yang lebih sistematis dan rapi, misal dalam bentuk tabel, grafik, gambar, dsb.

● Storage

Data-data yang telah dihasilkan bisa disimpan dalam beragam metode penyimpanan sehingga bisa digunakan untuk kepentingan lain. Itulah penjabaran dari fungsi storage dari TI. Metode penyimpanan yang biasa digunakan yaitu CD, flashdisk dan harddisk.

Baca Juga  Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Diketahui

● Retrieval

Tidak hanya bisa menerima masukan, mengolah dan menyimpan data, TI pun bisa digunakan sebagai alat penelusuran informasi. Misal kita butuh mencari informasi terkait sesuatu hal di aplikasi pesan, cukup gunakan saja fungsi search pada aplikasi tersebut. Itulah contoh nyata dari fungsi retrieval.

● Transmission

Dengan fungsi ini, TI bisa melakukan pengiriman informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk melakukan fungsi ini, TI dibantu dengan jaringan komputer lokal ataupun jaringan internet.

Jaringan komputer lokal digunakan misalnya di sebuah rumah sakit, departemen rekam medis mengirimkan data pasien kepada departemen radiologi. Sedangkan jaringan internet digunakan ketika pengiriman sebuah informasi dilakukan antar wilayah atau cakupan wilayahnya lebih luas.

3. Tujuan Teknologi Informasi

tujuan teknologi informasi

Selain memiliki fungsi, teknologi juga memiliki 3 tujuan mulia. Pertama, sebagai sarana membantu manusia dalam menyelesaikan masalah. Kedua, untuk mendukung dan memicu kreativitas. Ktiga, sebagai sarana meningkatkan kecepatan dan kepraktisan dalam pekerjaan.

4. Bagian dalam Teknologi Informasi

Untuk mendukung kinerja TI, maka tiga bagian utama ini harus selalu ada, yaitu hardware, software dan brainware. Hardware atau kalau di Indonesia disebut dengan perangkat keras, maksudnya adalah piranti komputer yang dioperasikan oleh brainware (operator). Hardware meliputi:

● Hardisk

● Prosesor

● VGA card

● RAM/ memory card

● Peripheral (perangkat untuk input dan output)

● Kabel data

Sedangkan software atau perangkat lunak, yaitu sebuah media yang merupakan penghubung antara hardware dan operator. Software berfungsi untuk mengoptimalkan hardware. Caranya yaitu dengan menjalankan instruksi dari operator. Software terdiri dari dua hal, yaitu software sistem dan software aplikasi.

● Software sistem lebih populer disebut dengan istilah operating system (OS), adanya OS ini yang membantu brainware (operator) mengoperasikan software aplikasi yang telah dipasang di dalam hardware. Contoh-contoh OS antara lain Windows, Linux dan Unix.

Baca Juga  Stop Jengkel, Ini 10 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Xiaomi

● Software aplikasi adalah pendukung-pendukung yang ada di dalam OS untuk mengoptimalkan proses kerja dari brainware dalam mengolah data. Yang termasuk dalam software aplikasi antara lain:

Microsoft Office, Photoshop, Autocad, CorelDraw, Adobe Pro, dsb. Dalam proses pengolahan data, nantinya teknologi informasi lewat seorang programmer juga bisa menciptakan software-software aplikasi lainnya yang dibutuhkan bagi kemaslahatan umat manusia.

Brainware adalah hal penting dalam berjalannya teknologi informasi. Brainware adalah operator alias sang manusia sendiri. Tanpa adanya manusia, tidak akan hadir hardware, software dan proses pengolahan data.

5. Peranan Teknologi Informasi dalam Kehidupan

fungsi adanya eknologi informasi

Setiap tahun perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Terlihat dari semakin banyaknya muncul aplikasi-aplikasi yang mempermudah kehidupan kita di berbagai bidang. Yuk, kita lihat apa saja sih peranan TI dalam kehidupan manusia.

A. Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan

Dengan berkembangnya world wide web, kini semakin banyak situs pendidikan yang bisa dituju. Dari situs-situs tersebut, kita bisa mendapat informasi dan wawasan terkait ilmu pengetahuan.

Tak hanya itu dalam perkembangannya mulai muncul situs-situs dan aplikasi-aplikasi yang memudahkan untuk belajar secara online, misal Kelase.id, Electa Live, Ruang Guru, Google Classroom, Zoom, dsb.

B. Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Transportasi

Perkembangan teknologi informasi telah memudahkan setiap orang yang ingin berpergian. Kini kita tidak perlu selalu memiliki kendaraan pribadi. Dengan hadirnya ojek online, kita bisa dengan mudah memesan ojek untuk mengantarkan hingga tujuan. Bahkan urusan kirim barang dan beli makanan pun jadi lebih mudah dengan adanya aplikasi ojek online.

Selain aplikasi ojek online, kemudahan dalam pemesanan tiket bus, kereta, pesawat dan kapal juga bisa kita dapatkan di era sekarang. Beragam aplikasi dan situs travel agent menjamur. Tinggal pilih mana yang paling disuka.

C. Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan pun, peran TI sangat terasa manfaatnya. Sistem Informasi Manajemen (SIM) di setiap rumah sakit menyediakan aplikasi untuk memudahkan pelayanan tenaga kesehatan kepada masyarakat. Kita jadi bisa tahu secara real time berapa jumlah kamar yang tersedia, jadwal dokter yang praktek dan informasi-informasi penting lainnya.

Baca Juga  3 Cara Melihat Spek Laptop Untuk Windows 7, 8 dan 10

D. Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis

Dalam bidang ekonomi dan bisnis, peran TI semakin meningkatkan daya beli dan jual. Diharapkan dengan semakin banyaknya situs dan aplikasi e-commerce, ekonomi Indonesia bisa semakin meningkat. E commerce bisa mempermudah jual beli antar wilayah sehingga bisa menekan biaya.

E. Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Agama

Hadirnya aplikasi-aplikasi berbasis agama juga sangat membantu masyarakat dalam menjalankan ritual ibadah. Misal aplikasi Al Quran, hadits, pengarah kiblat, dan aplikasi lainnya sangat membantu setiap orang untuk lebih mudah dalam beribadah.

Demikian 5 fakta terkait teknologi informasi, semoga memberikan tambahan wawasan untuk kita agar semakin memahami bidang ini dan bisa memanfaatkannya dengan lebih baik. Semoga bermanfaat yah Sahabat Tedas.id.

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *