Mengenal Pengertian Storyboard dalam Iklan Serta Fungsinya

Storyboard merupakan salah satu komponen dalam pembuatan iklan yang akan ditayangkan luas untuk masyarakat. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui pengertian storyboard dalam iklan tersebut.

Pembuatan iklan pada umumnya diawali dengan menggagas storyboard terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara kerja storyboard dan manfaatnya dalam pembuatan iklan?

Simak ulasan mengenai storyboard dalam iklan secara lengkap sebagai berikut.

makna istilah storyboard dalam iklan adalah

Pengertian Storyboard

Makna istilah storyboard dalam iklan adalah sekumpulan gambar yang masih berbentuk sketsa dan dibuat berdasarkan naskah.

Kumpulan sketsa ini selanjutnya disusun secara berurutan agar lebih mudah untuk dipahami ketika nantinya akan divisualisasikan dalam bentuk iklan.

Storyboard akan membantu pembuat iklan lebih mudah dalam melakukan proses pengambilan gambar. Di samping itu, storyboard juga membantu cerita yang akan disampaikan dalam iklan lebih terarah dengan jelas.

Penggunaan storyboard saat ini sangat lumrah dijumpai di berbagai iklan karena banyak yang merasakan kemudahannya. Bahkan, saat ini sudah banyak orang yang ahli dalam desain menawarkan jasa dalam pembuatan storyboard.

arti storyboard

Manfaat Storyboard Dalam Bisnis

Salah satu sektor yang saat ini banyak memanfaatkan storyboard untuk memudahkan pekerjaannya adalah bisnis. Pemanfaatan storyboard dalam bisnis tidak hanya untuk keperluan pengiklanan produk agar diminati masyarakat saja, melainkan juga bertujuan mendapatkan investor

Banyak manfaat yang didapatkan pebisnis dalam penggunaan storyboard sebagai komponen penyusunan iklan.

Berikut ini merupakan manfaat yang akan diterima pebisnis dalam penggunaannya berdasarkan pada pengertian storyboard yang merupakan sketsa untuk menyusun alur.

apa itu storyboard

  • Membuat Instruksi Lebih Jelas

Manfaat pertama yang akan diterima saat menggunakan storyboard adalah membuat instruksi dapat diterima dengan lebih jelas. Salah satu jenis instruksi yang dapat ditampilkan dalam bentuk storyboard agar mudah dipahami adalah tutorial untuk melakukan sesuatu.

Instruksi yang pembuatannya diawali dengan penyusunan storyboard dapat digunakan oleh pihak internal maupun eksternal bisnis.

Storyboard ini bisa digunakan untuk menyusun instruksi kinerja karyawan maupun pada saat penayangan iklan yang berbentuk tutorial.

storyboard adalah

  • Membantu Mempresentasikan Ide Dengan Baik

Storyboard pada umumnya berisi beberapa kumpulan gambar dengan alur yang jelas penyusunannya. Pembuatan storyboard dalam dunia bisnis akan membantu para pengusaha bisa mempresentasikan ide dengan lebih baik.

Presentasi ide dalam bisnis yang diawali dengan pembuatan storyboard akan menjadi lebih mudah dan terarah. Hal ini karena presenter sudah mengetahui gambaran mengenai hal yang akan disampaikan melalui susunan storyboard tersebut.

  • Mempromosikan Suatu Produk

Setiap pebisnis tentu saja menginginkan produk yang dihasilkan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu cara yang dilakukan untuk membuat produk dikenal oleh masyarakat adalah mempromosikannya dalam iklan.

Dalam pembuatan iklan untuk mempromosikan produk, akan lebih baik jika diawali terlebih dahulu dengan penyusunan storystorad.

Penyusunan storyboard ini akan menjadikan proses pembuatan iklan lebih mudah dan promosi menjadi efisien sesuai dengan sasaran.

  • Mendapatkan Gambaran Hasil Yang Potensial

Penciptaan sketsa pada saat pembuatan storyboard membuat potensi kemunculan gambaran yang layak untuk ditampilkan. Gambaran ini selanjutnya bisa disusun lebih baik dan disesuaikan dengan naskah iklan yang sudah dibuat.

Gambaran potensial yang muncul pada proses pembuatan storyboard harus dipertimbangkan agar bisa mencapai hasil terbaik.

Visualisasi gambaran potensial dalam bentuk iklan membuat media promosi ini bisa menarik perhatian dari masyarakat luas.pengertian storyboard adalah

Fungsi Storyboard

Hal yang perlu diperhatikan dari salah satu komponen pembuatan iklan tersebut tidak hanya pengertian dari storyboard saja, melainkan juga fungsinya. Berbagai fungsi dari storyboard ini tergantung pada kebutuhan dalam pembuatannya.

Secara umum, ada 3 fungsi dari storyboard yang perlu dipahami agar bisa memanfaatkan komponen ini dengan baik. Fungsi dari masing-masing storyboard sendiri sebenarnya saling berhubungan satu sama lain.

Berikut adalah beberapa fungsi dari storyboard yang perlu untuk diketahui.

apa arti storyboard

  • Media Perencanaan

Fungsi dari pembuatan storyboard yang pertama adalah sebagai media untuk perencanaan. Storyboard dibuat berupa perencanaan gambar mengenai apa saja yang akan ditayangkan pada iklan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar penayangan iklan bisa efektif. Storyboard akan membantu pembuat iklan bisa menyusun media promosi ini sesuai dengan tujuan utamanya dan mencapai target.

  • Memudahkan Pembuatan Alur Cerita

Alur cerita dalam suatu iklan akan lebih mudah disusun jika diawali dengan pembuatan storyboard terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan storyboard akan membuat alur yang akan dibuat dalam iklan lebih tersusun, sehingga bisa mengalir dengan baik saat ditayangkan.

Pembuatan alur iklan menggunakan storyboard tentu saja tidak bisa untuk langsung jadi. Pada tahap pembuatan storyboard ini pembuat iklan bisa membuat beberapa opsi gambar.

Selanjutnya, gambar yang sudah dibuat ini bisa diseleksi agar bisa menghasilkan alur iklan terbaik.

arti storyboard adalah

  • Memberikan Penjelasan Tentang Alur Cerita

Fungsi terakhir dari pembuatan storyboard untuk iklan adalah memberikan penjelasan terkait susunan alur cerita. Storyboard yang berisi sketsa gambar akan membantu menjelaskan maksud dari alur cerita dalam iklan sesuai dengan visualisasi tersebut.

Alur iklan akan lebih mudah dipahami dengan bantuan penjelasan dari storyboard. Di samping itu, pembuatan storyboard ini akan membuat proses visualisasi iklan lebih mudah.

Pembuatan storyboard ini bisa dilakukan dengan memilih beberapa konsep untuk selanjutnya difilter kembali.

fungsi storyboard

Tujuan Pembuatan Storyboard

Pembuatan suatu konsep berupa storyboard untuk kepentingan proses pembuatan iklan tentu mempunyai fungsi tersendiri. Storyboard saat ini menjadi salah satu komponen yang tidak bisa dilewatkan dalam proses pembuatan iklan.

Tujuan pemanfaatan storyboard dalam proses penyusunan iklan sangat beragam, bergantung pada sasaran dan alurnya. Lalu, apa saja tujuan pembuatan storyboard dalam proses penayangan iklan?

Simak ulasan mengenai tujuan pembuatan storyboard untuk iklan berikut ini.

fungsi storyboard dalam iklan

  • Membuat Iklan Lebih Mudah Dipahami

Hal yang paling utama dalam penanyangan sebuah iklan adalah mudah dipahami oleh masyarakat. Iklan yang ditayangkan sebisa mungkin harus menampilkan alur sederhana, namun tetap bisa menarik perhatian dari orang yang melihatnya.

Berdasarkan pada pengertian storyboard, salah satu tujuan pembuatannya adalah membuat iklan agar lebih mudah dipahami.

Pada saat pembuatan storyboard, pihak design bisa memilih apa saja yang akan ditampilkan pada iklan dan menentukan alur ceritanya.

manfaat storyboard

  • Memudahkan Visualisasi Ide

Ide yang dimunculkan dalam iklan tentu saja akan lebih menarik jika divisualisasikan dengan gambar dan cara unik. Dalam hal ini, storyboard berfungsi untuk membantu proses visualisasi ide dalam iklan tersebut agar bisa lebih mudah.

Proses visualisasi dalam iklan dapat dibuat berdasarkan pada gambar yang ada pada storyboard. Gambar ini juga bisa dikembangkan lagi sesuai dengan potensi yang muncul seiring dengan proses pembuatan iklan tersebut.

  • Mempercepat Proses Pembuatan Iklan

Tujuan pembuatan storyboard yang berikutnya adalah untuk membantu mempercepat proses pembuatan iklan.

Storyboard bisa dijadikan sebagai patokan gambar yang akan ditampilkan oleh para pembuat iklan, sehingga proses visualisasinya lebih cepat.

Storyboard yang akan dijadikan patokan agar proses pembuatan iklan lebih mudah sebaiknya dirancang dengan semaksimal mungkin.

Hal ini bertujuan agar proses pembuatan iklan yang didasarkan pada storyboard tersebut tidak menimbulkan kebingungan dan revisi berulang.

manfaat storyboard dalam bisnis

  • Memudahkan Penjelasan Tujuan Iklan

Penjelasan tujuan dari penayangan iklan merupakan salah satu hal yang perlu dipahami oleh para target iklan tersebut.

Kemudahan penjelasan tujuan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan storyboard untuk membantu pembuatan konsep menarik.

Tujuan iklan yang akan ditayangkan untuk masyarakat harus dirumuskan sejak awal agar mempercepat proses pembuatannya.

Di samping itu, pemantapan konsep melalui storyboard juga perlu ditetapkan agar tujuan iklan dapat tersampaikan dengan efisien.

fungsi storyboard dalam iklan

Penerapan Storyboard dalam Berbagai Bidang

Banyak bidang yang saat ini memanfaatkan storyboard guna membantu memvisualisasikan proyeknya. Lalu apa saja contoh penerapan storyboard dalam berbagai bidang tersebut?

Simak ulasan mengenai contoh penerapan storyboard tersebut di bawah ini.

  • Storyboard Dalam Animasi

Bentuk penerapan storyboard yang pertama adalah digunakan untuk film animasi. Banyak animator yang memilih menggunakan storyboard untuk membantunya.

Storyboard ini dijadikan sarana untuk mencoba menggambarkan alur cerita sebelum diolah.

fungsi storyboard dalam bisnis

  • Storyboard Dalam Periklanan

Penerapan storyboard dalam bidang periklanan merupakan salah satu hal yang paling banyak untuk ditemui.

Hal ini karena adanya batasan waktu dalam pembuatan iklan, sehingga pada saat pembuatannya harus mempertimbangkan alurnya dengan baik melalui storyboard.

  • Storyboard Dalam Bisnis

Storyboard dalam bisnis berguna untuk menggambarkan konsep ide yang akan dipresentasikan. Ide ini harus digambarkan terlebih dahulu melalui story agar pada saat presentasi semua poin utamanya dapat disampaikan dengan baik.

tujuan pembuatan storyboard

  • Storyboard Dalam Film

Film pada umumnya mempunyai alur cerita yang cukup kompleks dan berbagai adegan untuk menggambarkannya.

Proses pembuatan film ini harus dibantu dengan storyboard agar gambaran mengenai alur dan adegan yang akan diambil lebih terarah.

Storyboard pada umumnya diterapkan pada film yang akan ditayangkan di bioskop. Hal ini karena film bioskop akan menampilkan tayangan berkualitas, sehingga pembuatannya harus maksimal.

Pembuatan storyboard untuk membuat film yang menarik juga memerlukan perhitungan yang baik.

contoh storyboard

  • Storyboard Dalam Dunia Pendidikan

Penerapan storyboard yang terakhir adalah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Guru biasa memanfaatkan storyboard ini untuk menyusun konten edukasi.

Konten edukasi yang disusun menggunakan storyboard dianggap lebih terarah dan dapat disampaikan dengan jelas pada siswa.

Storyboard yang dimanfaatkan dalam dunia pendidikan biasanya tergolong begitu kompleks. Dalam hal ini, storyboard akan membantu guru menyiapkan alur penyampaian materi yang menarik, tanpa melupakan isi dan point penting dalam pembelajaran.

Sudah paham kan mengenai pengertian storyboard dan semua fungsinya? Pemanfaatan storyboard ini patut dicoba untuk pemantapan konsep dan alur iklan.

Pembuatan storyboard ini bisa dimulai dengan konsep sederhana yang selanjutnya bisa dikembangkan.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *