Sistem Informasi Manajemen: Manfaat, Jenis dan Fungsinya

Sistem Informasi Manajemen – Dalam melakukan pekerjaan, tentunya kita harus pAndai-pAndai dalam mengatur waktu. Tidak hanya dalam pekerjaan saja, namun juga per individu, organisasi, perusahaan membutuhkan manajemen supaya dapat mengontrol kegiatan agar teratur.

Apalagi jika Anda adalah seorang pengusaha atau manajer di sebuah perusahaan. Anda harus bisa mengelola data-data dan mengatur kegiatan supaya teratur. Untuk itu diperlukan sistem informasi manajemen dalam pengelolaannya.

Anda tidak perlu lagi susah-susah untuk mengelola data-data Anda. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin memudahkan manusia untuk membantu pekerjaan. Kini dengan menggunakan suatu sistem, Anda sudah bisa dengan mudah untuk mengelola data di perusahaan Anda. Sistem tersebut adalah sistem informasi manajemen.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan dan menyebarluaskan data untuk mengambil keputusan strategis, operasional dan taktis.

Pengertian sistem informasi manajemen yang lainnya adalah sistem yang dirancang untuk menyimpan, mengumpulkan dan juga menyebarluaskan data yang berupa informasi yang diperlukan untuk melakukan berbagai fungsi dari manajemen itu sendiri.

Baca Juga  Data Primer: Pengertian, Perbedaan dan 5 Cara Mendapatkannya

Sedangkan jika menurut business dictionary, sistem informasi manajemen adalah pendekatan terorganisir yang digunakan untuk mempelajari kebutuhan informasi manajemen dalam sebuah organisasi pada setiap tingkat untuk mengambil keputusan yang taktis dan lebih strategis.

Jenis Jenis Sistem Informasi Manajemen Pada Perusahaan

Jenis Jenis Sistem Informasi ManajemenSistem informasi manajemen bekerja dengan cara mengumpulkan data yang kemudian di simpan di suatu database yang bisa di update dan juga dilihat oleh orang yang berwenang saja. Sistem informasi manajemen memiliki beberapa jenis yang bisa diterapkan dalam bisnis. Berikut merupakan jenis sistem informasi manajemen.

1. Enterprise Resource Planning (ERP)

Jenis sistem informasi manajemen yang pertama adalah enterprise Resource Planning atau ERP. Sistem ini biasa digunakan oleh perusahaan besar untuk mengelola data-data mereka. Sebenarnya, perusahaan dengan skala kecil juga bisa menggunakan sistem ini. Sistem informasi manajemen ini akan mengelola data-data dan juga melakukan pengawasan di setiap unit dalam perusahaan.

Dengan menggunakan ERP, maka manajemen perusahaan bisa dengan mudah melakukan kontrol dan juga mengelola seluruh unit yang ada pada ruang lingkup perusahaan. Dengan begitu tentu saja proses pengawasan yang dilakukan oleh perusahaan akan bisa lebih maksimal lagi dan juga lebih efisien.

2. Supply Chain Management (SCM)

Jenis sistem informasi manajemen berikutnya dan yang paling banyak digunakan oleh perusahaan adalah SCM atau Supply Chain Management. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen jenis ini, maka perusahaan bisa memiliki data yang saling terhubung satu sama lain. Data yang saling terhubung meliputi pemasok sampai pada konsumen akhir.

Jika perusahaan menerapkan sistem informasi manajemen seperti ini, maka semua catatan detail yang berhubungan pada penyediaan bahan baku oleh perusahaan bisa ditemukan dengan mudah. Dengan begitu manajemen dari suatu perusahaan akan lebih mudah untuk dikontrol.

3. Office Automation System

Sistem informasi manajemen berikutnya adalah Office Automation System. Sistem informasi manajemen ini berguna untuk mengintegrasi server komputer dari perusahaan, oleh sebab itu sistem informasi manajemen yang satu ini diberi nama Office Automation System.

Fungsi dari sistem informasi manajemen yang satu ini adalah untuk aplikasi yang bisa menyatukan perangkat komputer dalam satu perusahaan dan dalam satu wadah yang bisa berhubungan antara satu sama lain.

Tujuan dari penggunaan sistem ini juga untuk memperlancar komunikasi yang dilakukan pada antar departemen dalam suatu perusahaan. Misalnya saja Anda ingin mengirim email atau pesan dengan tujuan ke departemen lain, nah karyawan bisa dengan mudah melakukannya melalui aplikasi Office Automation System ini.

Penggunaan sistem ini juga bisa memperkecil kebutuhan pelayanan publik seperti pemakaian Gmail, Yahoo dan lainnya. Selain itu dengan menggunakan sistem informasi manajemen jenis ini, komunikasi antar perusahaan akan lebih terjaga rahasiannya dan lebih ekslusif lagi.

Baca Juga  Perubahan Sosial: Pengertian, Teori, dan Bentuknya

4. Knowledge Work System

Berikutnya ada jenis sistem informasi manajemen Knowledge Work System atau lebih dikenal dengan nama KWS. Perusahaan yang menggunakan sistem ini akan bisa dengan mudah memberikan informasi atau pengetahuan baru yang akan langsung terintegrasi ke seluruh departemen pada sebuah perusahaan.

Dengan begitu semua karyawan atau pekerja bisa dengan mudah mengakses informasi tersebut sehingga bisa membantu bidang pekerjaan yang sedang mereka lakukan.

Kinerja dari perusahaan juga bisa berjalan menjadi lebih efisien dan efektif lagi dengan menggunakan jenis sistem informasi manajemen ini. Karyawan atau pekerja tidak perlu lagi repot-repot mencari informasi yang diperlukan guna menyelesaikan tanggung jawab yang mereka miliki.

5. Executive Support System

Untuk membantu manajer dalam berkomunikasi kepada anak buah agar lebih mudah maka dibutuhkan Executive Support System. Sistem informasi manajemen ini bisa dengan mudah membuat manajer mengkomunikasikan grafik atau juga informasi pendukung lainnya kepada semua anggota perusahaan yang berada pada tanggung jawabnya.

Apabila komunikasi antara manajer dan juga bawahannya berjalan baik, maka perusahaan akan memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar lagi. Jadi bagi perusahaan yang ingin membuat interaksi antara atasan dengan bawahan bisa terjalin cukup intens, maka bisa mengaplikasikan sistem informasi manajemen EES ini.

6. Expert System dan Artificial Intelligence

Jenis sistem informasi manajemen berikutnya adalah Expert System dan Artificial Intelligence. Sistem informasi manajemen jenis ini dianggap sebagai sistem informasi manajemen yang paling modern dan juga paling memiliki potensi yang tinggi untuk meningkatkan kinerja dari suatu perusahaan.

Dengan menggunakan Expert System dan Artificial Intelligence maka perusahaan bisa menjalankan aktivitas yang dulu hanya dapat dilakukan oleh manusia, kini bisa dilakukan oleh sistem kecerdasan buatan tersebut.

Sampai saat ini, teknologi pada sistem ini bisa melakukan analisa pada suatu masalah dan mencoba untuk memecahkan permasalahan tersebut. Bahkan kinerja dari sistem ini bisa menyelesaikan suatu permasalahan dengan lebih baik dan cepat.

7. Information Management System

Jenis sistem informasi manajemen berikutnya adalah Informatic Management System atau biasa dikenal dengan sebutan IMS. Dalam pengaplikasian Informatic Management System, sistem dibuat agar bisa membantu memudahkan pekerjaan yang dilakukan oleh penggunannya. Dengan begitu, sistem informasi manajemen ini juga bisa mempermudah semua tugas yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Bukan hanya itu saja, tapi dalam kondisi tertentu Informatic Management System juga bisa menganalisa dan juga menentukan keputusan yang harus diambil oleh suatu perusahaan.

Cara pengambilan keputusan yang dilakukan Informatic Management System ini dengan cara menggabungkan program ini dengan sekumpulan data atau informasi yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan begitu keputusan yang diambil akan lebih tepat.

8. Decision Support System

Decision Support System adalah sistem informasi manajemen yang berguna untuk membantu suatu perusahaan dalam mengambil keputusan. Jadi bagi perusahaan yang seringkali mengalami kesusahan dalam mengambil keputusan, maka Anda wajib menggunakan sistem informasi manajemen Decision Support System ini.

Saat menggunakan sistem informasi ini maka manajer akan lebih terbantu dalam tindakan mengambil keputusan.

Sistem informasi manajemen Decision Support System ini melakukan perhitungan lingkungan perusahaan supaya manajer bisa mengambil keputusan dengan lebih efektif dan juga lebih akurat lagi.

Jadi melalui aplikasi ini, manajer akan bisa menyodorkan suatu keputusan yang paling tepat dengan cara mempertimbangkan beberapa kondisi perusahaan agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

9. Transaction Processing System

Berikutnya ada Transaction Processing System yang berguna sebagai sistem transaksi perusahaan. Kegiatan transaksi bagi seluruh perusahaan tentu saja menjadi suatu hal yang sangat krusial, hal ini karena berkaitan langsung dengan kondisi finansial dari suatu perusahaan tersebut.

Jika mengalami kesalahan sedikit saja dalam perhitungan atau melakukan transaksi, maka bukan tidak mungkin suatu perusahaan tersebut akan mengalami kerugian.

Untuk itu dibutuhkan sistem informasi manajemen Transaction Processing System. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen ini maka perusahaan akan memiliki sistem transaksi yang sudah terintegrasi dan juga lebih efektif lagi. Bahkan Transaction Processing System bisa melakukan transaksi dengan jumlah yang besar sekalipun pada suatu perusahaan.

Kebanyakan sistem informasi manajemen ini dipakai oleh pihak manajer untuk melakukan pendataan pada inventaris perusahaan dan juga menyusun gaji setiap karyawannya. Dengan menggunakan Transaction Processing System maka terjadinya kesalahan ketika melakukan transaksi rutin ini akan sedikit terkurangi dan perusahaan tidak akan mengalami kerugian.

10. Group Decision Support System dan Computer-Support Colaborative Work System

Sebenarnya Materi sistem informasi manajemen dari Group Decision Support System dan Computer-Support Collaborative Work System ini hampir sama dengan DSS.

Yang membedakan dari kedua nya adalah sistem informasi manajemen ini lebih menjurus pada solusi untuk kegiatan yang berbasis kelompok. Jadi skala yang dilakukan oleh Group Decision Support System dan Computer-Supported Collaborative Work System ini lebih besar.

Cara kerja dari sistem informasi ini adalah dengan cara mengumpulkan dulu informasi yang diperlukan dalam suatu kelompok atau group dalam sebuah perusahaan.

Proses pengumpulan informasi ini bisa dilakukan dengan cara menyebar skenario, kuesioner atau layanan konsultasi. Dengan memiliki data tersebut tentu saja perusahaan bisa mengambil keputusan dalam skala yang besar dengan lebih akurat dan cepat.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Setelah mengetahui beberapa jenis sistem informasi manajemen, berikutnya kita akan membedah manfaat sistem informasi manajemen. Tentu saja sistem informasi manajemen mempunyai beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh penggunannya, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat adanya sistem informasi manajemen.

1. Meningkatkan Aksesibilitas Data

Dengan adanya sistem informasi manajemen maka bisa meningkatkan aksesibilitas data yang telah disajikan dengan lebih akurat dan juga tepat waktu bagi para pengguna sistem informasi manajemen ini.

2. Menjamin Kualitas Pengambilan Keputusan

Jika Anda membaca beberapa jenis sistem informasi manajemen di atas tentu saja Anda akan mengetahui jika kebanyakan dari sistem informasi manajemen ini bertujuan untuk membantu pengguna dalam mengambil keputusan.

Karena memang secara garis besar tujuan adanya sistem informasi manajemen untuk menjamin kualitas pengambilan suatu keputusan.

Baca Juga  Passing Grade IPB: Mulai Dari Tertinggi Hingga Terendah

3. Memudahkan Akses Data

Manfaat sistem informasi manajemen berikutnya adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengakses data. Pengguna bisa mengakses data dengan cepat dan akurat secara real time tanpa perlu lewat perantara sistem informasi secara langsung.

4. Meningkatkan Kualitas Perusahaan

Salah satu hal yang paling mempengaruhi kualitas suatu perusahaan adalah pada manajemen atau pengelolaan datanya. Oleh sebab itu, untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola data maka dibutuhkanlah sistem informasi manajemen yang memang dibutuhkan untuk mengelola suatu data di perusahaan.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen Pada Bisnis

Fungsi Sistem Informasi ManajemenSistem informasi manajemen saat ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan karena adanya kompleksitas yang tinggi dalam sebuah usaha atau organisasi bisnis.

Tanpa memiliki informasi yang tepat maka organisasi tersebut tidak akan bisa mengambil keputusan dengan tepat. Berdasarkan hal ini, berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi sistem informasi manajemen dalam dunia bisnis atau usaha.

1. Membantu Mengambil Keputusan

Sistem informasi manajemen memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan di perusahaan atau bisnis.

Hal ini karena dalam organisasi atau perusahaan keputusan yang diambil dibuat berdasarkan informasi yang relevan terhadap perusahaan itu sendiri. Nah informasi yang relevan ini hanya bisa diambil melalui sistem informasi manajemen.

2. Membantu Koordinasi Antar Departemen

fungsi sistem informasi manajemen berikutnya adalah untuk membantu koordinasi antar departemen perusahaan. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen maka antar departemen dalam perusahaan bisa terjalin hubungan atau komunikasi yang sehat melalui pertukaran informasi yang tepat dan akurat.

3. Membantu Menemukan Masalah

Seperti yang sudah kita ketahui jika sistem informasi manajemen akan memberikan informasi yang relevan terhadap suatu aspek kegiatan. Nah oleh sebab itu jika terdapat kesalahan yang dibuat oleh manajemen maka sistem informasi manajemen akan membantu dalam mencari solusi yang tepat dari permasalahan tersebut.

4. Membantu Membandingkan Kinerja Bisnis

Karena sistem informasi manajemen ini mengelola data maka sistem informasi manajemen juga menyimpan semua history data dan juga informasi dalam basis datanya. Nah oleh sebab itu sistem informasi manajemen ini bisa membantu kita dalam membandingkan kinerja dalam perusahaan.

Sistem Informasi Manajemen Dalam Akademis

manfaat sistem informasi manajemenMenurut Maeve Cummings, sistem informasi manajemen adalah sebuah studi tentang komputer dan juga komputasi pada lingkungan bisnis. Ilmu komputer akan berfokus pada mesin sedangkan sistem informasi akan berfokus tentang bagaimana TI bisa mendukung strategi dan juga operasi organisasi.

Selain Ilmu Komputer, ada juga beberapa bidang studi lainnya yang masih berhubungan dengan sistem informasi manajemen. Berikut beberapa jurusan yang masih terkait dengan sistem informasi manajemen dalam kampus.

1. Sistem Informasi

Sistem Informasi atau SI lebih ditekankan dalam pembuatan alat, sementara sistem informasi manajemen lebih ditekankan tentang bagaimana proses bisnis dan juga operasi. Jadi sebenarnya keduannya ini hampir sama, yang membedakan adalah SI lebih pada pembuatan alatnya.

2. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi hampir sama dengan SI, namun yang membedakan adalah TI lebih fokus pada komputer.

3. Teknik Informatika

Teknik Informatika ini menggabungkan rekayasa perangkat luang dengan pengembangan sistem informasi dan juga jaringan komputer.

Nah itulah pembahasan mengenai sistem informasi manajemen. Barangkali Anda disini sedang mencari materi sistem informasi manajemen, dimana diatas sudah saya tuliskan penjelasan lengkap mengenai sistem informasi manajemen mulai dari pengertian, jenis, manfaat hingga tujuan sistem informasi manajemen. Semoga bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *