13 Sejarah Televisi, Penemu dan Perkembangan Di Indonesia

Sejarah Televisi – Televisi adalah perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi bagi orang-orang. Bahkan, hampir di semua rumah kini mempunyai televisi.

Banyak orang yang memilih untuk menonton televisi karena televisi berfungsi sebagai media penghibur dan juga sebagai media informasi. Namun sebelum sampai saat ini, apakah Anda tahu sejarah televisi?
Tentunya, televisi tidak akan menjadi seperti yang sekarang jika tidak melewati proses yang berliku-liku dan sejarah di dalam proses perkembangan televisi.

Dari televisi yang berbentuk tabung hingga LCD seperti sekarang dan dari warna gambar yang masih hitam putih sampai sudah berwarna yang enak dilihat oleh mata. Nah, kali ini saya akan membahas siapa penemu televisi dan sejarah televisi.

Sejarah Televisi Dan Penemu Televisi

penemu televisi
John Logie Baird, Image: Wikipedia

Mungkin sekarang kita tidak akan bisa menonton televisi jika John Logie Baird tidak menemukan televisi. John Logie Baird lahir pada tanggal 13 Agustus 1888 di Skotlandia. Dulu,

Baird pernah mengenyam pendidikan di Technical College Royal. Baird memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik, sehingga dia tidak dapat ikut dalam Perang Dunia I dan memilih untuk menjadi insinyur listrik. Karena profesinya sebagai insinyur listrik inilah yang membuat dirinya menjadi penemu televisi yang kita nikmati hingga saat ini.

Setelah penemuan radio oleh Guglielmo Marconi, Baird mulai fokus untuk membuat penelitian lainnya yaitu menggunakan proses yang sama di radio agar bisa mengirimkan sinyal berupa gambar.

Kemudian Baird mulai memiliki rencana, ia telah membuat perangkat elektronik pertama nya yang bernama Nipkow Disk. Nipkow Disk merupakan disk scanning yang dikembangkan oleh Paul Nipkow pada tahun 1884.

Dengan kecerdasan yang Baird punya, ia kemudian mengolah kembali ide Nipkow untuk mengembangkan sebuah sistem yang dikirim melalui sinyal gelombang elektromagnetik nirkabel.

Baca Juga  10 Rasi Bintang Bintang Terkenal: Mitologi dan Lokasinya

Baird mengalami hambatan dalam pembiayaan penelitian nya karena para investor menganggap ide Baird tidak menarik untuk para investor.

Baird yang terhalang untuk melanjutkan penelitiannya, selama 35 tahun ia hidup dalam kemiskinan. Barang prototipe yang Baird ciptakan, banyak digunakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga.

Kemudian, pada tahun 1923 Baird memulai kembali untuk melanjutkan penelitiannya. Ia mempelajari bagaimana mesin dapat mentransmisikan gambar dan suara lewat sinyal radio.

Baird akhirnya berhasil untuk mengirimkan gambar yang masih berupa citra kasar tanpa melalui kabel receiver dengan jarak beberapa meter.

Kemudian, Baird semakin optimis akan penelitiannya. Baird kemudian membuat eksperimen dengan menyuruh seorang anak untuk membantu eksperimen nya. Dengan begitu, anak itu menjadi orang pertama yang tertangkap gambar oleh televisi.

Baird yang berhasil untuk mentransmisikan gambar melalui sinyal radio, akhirnya para investor pun mendanai penelitian Baird untuk mengembangkan lebih lanjut penelitian Baird.

Lalu pada tahun 1927, Baird berhasil mengirimkan sinyal televisi dari London ke Glasgow. Setelah itu, dari London ke New York. Pada akhirnya nya, John Logie Baird tercatat sebagai orang pertama sebagai penemu televisi.

Televisi semakin berkembang dari pertama kali Baird temukan. Dari bentuk nya yang dulu masih tabung hingga sekarang yang berupa LCD, gambar yang dulu masih hitam putih dan sekarang sudah kita nikmati dengan gambar yang berwarna.

13 Sejarah Perkembangan Televisi

sejarah perkembangan televisi

Perkembangan dan sejarah televisi sendiri tentu saja tidak bisa dipisahkan dari hukum gelombang elektromagnetik yang pertama kali ditemukan oleh Joseph Henry dan juga Michael Faraday.

Mereka berdualah yang pertama kali menemukan hukum gelombang elektromagnetik pada tahun 1831. Selain menjadi cikal bakal penemuan televisi, adanya gelombang elektromagnetik ini juga menjadi awal dari era komunikasi elektronik hingga sekarang. Nah berikut adalah beberapa perkembangan televisi dari masa ke masa.

1. Perkembangan Televisi Tahun 1876

George Carey menemukan Selenium Camera yang berfungsi untuk membuat seseorang dapat melihat gelombang listrik yang ada di sekitarnya. Banyak ilmuwan yang menyebut tembakan gelombang sinar pada tabung hampa ini dengan nama sinar katoda.

2. Perkembangan Televisi Tahun 1884

Paul Nipkow yang merupakan ilmuwan asal Jerman berhasil mengirimkan gambar elektronik memakai kepingan logam yang diberi nama teleskop elektrik yang memiliki resolusi gambar 18 garis.

3. Perkembangan Televisi Tahun 1888

Seorang ahli botani asal Austria, Freidrich Reinitzeer berhasil menemukan cairan kristal yang saat ini menjadi cikal bakal dan bahan baku dari pembuatan LCD.

4. Perkembangan Televisi Tahun 1997

Karl Ferdinand Braun, Ilmuwan asal Jerman yang berhasil menemukan Tabung Sinar Katoda. Braun berhasil membuat tabung sinar katoda ini dengan menggunakan layar berpendar jika ditembakan dengan elektron.

5. Perkembangan Televisi Tahun 1900

Constatin Perskyl pertama kali mengemukakan Televisi di acara International Congress of Electricity. Acara ini merupakan pameran teknologi pertama yang diselenggarakan di Prancis.

6. Perkembangan Televisi Tahun 1907

Perkembangan Televisi Tahun 1907

Campbell Swinton berhasil mengirimkan gambar menggunakan sinar katoda.

Baca Juga  Tata Surya: Pengertian, Teori dan 6 Susunannya

7. Perkembangan Televisi Tahun 1927

Seorang ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat. Philo T Farnsworth berhasil mengembangkan sebuah televisi modern pertama ketika ia masih berusia 21 tahun. Hal ini menjadi sejarah televisi terbesar dan menjadi perkembangan yang paling signifikan dalam sejarah televisi.

8. Perkembangan Televisi Tahun 1929

Vladimir Zworykin, Ilmuwan asal rusia berhasil menyempurnakan tabung katoda yang diberi nama Kinescope. Penemuan ini kemudian berkembang menjadi teknologi cathode ray tube.

9. Perkembangan Televisi Tahun 1940

Untuk pertama kalinya televisi warna ditemukan oleh ilmuwan Peter Goldmark. Saat itu televisi warna hanya memiliki resolusi 343 garis saja. Meskipun begitu hal ini juga menjadi peristiwa besar dalam sejarah televisi dunia.

10. Perkembangan Televisi Tahun 1979

Ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil membuat tampilan jenis baru yang diberi nama OLED atau Organic Light Emitting Diode.

Sejak peristiwa itu mereka terus melakukan penelitian dalam mengembangkan jenis televisi OLED. Sedangkan disisi lain, Walter Spear dan juga Peter Le Comber berhasil membuat display warna LCD menggunakan bahan dari thin film transfer yang lebih ringan.

11. Perkembangan Televisi Tahun 1981

Stasiun Televisi asal Jepang, NHK berhasil mendemonstrasikan teknologi HDTV yang memiliki resolusi hingga 1.125 garis.

12. Perkembangan Televisi Tahun 1995

Larry Weber berhasil menyelesaikan proyek layar plasma yang sudah dikerjakan selama puluhan tahun.

13. Perkembangan Televisi dekade 2000 an

Seiring dengan perkembangan dan sejarah televisi itu sendiri. Barulah di tahun 2000 keatas Televisi mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Mulai dari dulu televisi yang masih memiliki bentuk tabung, hingga saat ini televisi sudah bertransformasi menjadi perangkat elektronik yang lebih ringan, dan tipis.

Sejarah Perkembangan Televisi Di Indonesia

sejarah televisi
Image; volg-iwansetiawan.

Sejarah Televisi di Indonesia diawali dengan disiarkannya stasiun televisi pertama di Indonesia yaitu TVRI (Televisi Republik Indonesia).

TVRI ini pertama kali melakukan siaran perdana di ulang tahun Indonesia ke 17, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1962. Siaran TV pertama kali di Indonesia juga merupakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan di halaman Istana Merdeka.

Pada awalnya TVRI adalah program khusus yang dirancang untuk mensukseskan ASIAN Games yang dilakukan di Jakarta tahun 1962. Bisa dibilang Presiden Soekarno memiliki andil yang besar dalam sejarah Televisi di Indonesia.

Selang setahun setelah lahirnya TVRI, kemudian TVRI mendirikan beberapa stasiun Televisi di beberapa kita besar di Indonesia seperti Medan, Makassar, Yogyakarta, Balikpapan dan Palembang.

Baca Juga  Cara Membuat Plastisin yang Aman Untuk Anak Anak

Pada awalnya TVRI masih menyiarkan siaran hitam putih, sampai pada akhirnya TVRI mulai menyiarkan tayangan berwarna pada tahun 1979. Tahun 1979 menjadi tahun terbesar dalam sejarah televisi di Indonesia, karena perkembangan yang cukup signifikan ini.

Pada tahun 1980 TVRI mulai melebarkan jangkauan atau siarannya menjadi lebih luas lagi bahkan hingga skala nasional.

Di tahun ini juga TVRI mulai memperkenalkan sistem dua channel yaitu TVRI lokal dan juga TVRI nasional.

Dimana jika TVRI nasional akan memuat saluran dengan konten-konten nasional, sedangkan untuk TVRI lokal akan memuat konten-konten lokal dari provinsi di Indonesia.

Karena perkembangan yang cukup signifikan ini membuat banyak pihak swasta yang mengambil peluang untuk mengembangkan stasiun televisi swasta baru miliknya. Tepatnya pada tahun 1989 muncullah stasiun televisi kedua di Indonesia yaitu RCTI.

Manfaat Dan Fungsi Televisi Untuk Kehidupan

manfaat televisiSetelah kita semua belajar mengenai sejarah televisi dan perkembangannya di Indonesia. Kini saatnya kita semua akan belajar bersama mengenai manfaat televisi untuk kehidupan. Ada beberapa manfaat televisi dalam kehidupan masyarakat, mungkin yang kalian tahu hanya sebagai media hiburan saja. Berikut adalah beberapa manfaat televisi untuk kehidupan.

1. Sebagai Media Hiburan

Manfaat televisi untuk kehidupan masyarakat yang utama tentu saja adalah sebagai media hiburan. Hal ini karena televisi memberikan beragam jenis hiburan mulai dari music, film, berita dan masih banyak lagi jenis hiburan yang bisa menghibur semua orang yang menonton televisi.

Wajar saja televisi menjadi media hiburan, karena memang sejak awal dibuat televisi memang memiliki tujuan untuk sarana hiburan bagi siapa saja yang menontonnya.

Namun sayangnya banyak orang saat ini, terutama anak muda yang sudah jarang menonton televisi. Hal ini karena mereka lebih banyak yang suka menggunakan smartphone untuk mendapatkan hiburan.

Apalagi dengan adanya perkembangan dari Youtube yang membuat banyak orang mulai beralih dari Televisi ke Youtube. Oleh sebab itu sekarang sudah mulai banyak program atau acara televisi yang mulai diunggah ke Youtube.

2. Sebagai Media Informasi

Dari dulu hingga sekarang televisi masih menjadi media utama sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Hal ini terbukti dengan banyaknya acara berita yang memberikan berbagai macam informasi kejadian berupa gosip artis, kasus kejahatan, bencana alam dan semuanya yang terjadi di dunia akan disiarkan melalui program berita dari televisi.

Karena memang selain menjadi media hiburan, manfaat televisi adalah untuk media informasi. Jika zaman dulu orang menggunakan koran atau majalah dan media cetak lainnya untuk mendapatkan informasi, sekarang cukup dengan televisi saja kebutuhan tersebut bisa terpenuhi.

Baca Juga  12 Manfaat Alpukat Mentega dan Cara Menanamnya

3. Sebagai Sarana Iklan

Salah satu cara jitu untuk meningkatkan penjualan atau memasarkan produk adalah melalui Iklan. Nah jika zaman dulu iklan hanya bisa dilakukan melalui kertas tempelan atau baliho di beberapa tempat, sekarang kita sudah bisa memanfaatkan televisi sebagai sarana iklan.

Fungsi televisi sebagai sarana iklan tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha agar penjualan atau produk mereka semakin dikenal oleh masyarakat, terutama orang yang sering menonton televisi.

Iklan pada televisi biasanya muncul ketika sedang jeda pariwara acara. Biasanya ketika break akan muncul beberapa iklan yang mensponsori acara atau program televisi tersebut.

Namun saat ini iklan bukan hanya muncul ketika ada jeda pariwara, namun juga masuk ke dalam program acara tersebut. Misalnya saja seperti acara kuis yang disponsori oleh beberapa perusahaan.

4. Mempererat Persaudaraan

Manfaat atau fungsi televisi yang satu ini mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Bahwa, televisi bisa digunakan sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan.

Terbukti dengan setiap rumah selalu memasang televisi dan meletakkannya pada ruang keluarga. Dengan begitu setiap keluarga akan berkumpul bersama, bersantai menikmati beragam program televisi yang tersedia.

Namun sepertinya manfaat televisi sebagai sarana untuk mempererat persaudaraan sudah tidak relevan untuk zaman sekarang.

Saat ini banyak orang yang sudah asik dengan gadget atau smartphone yang mereka miliki. Antara orang tua dan anak dalam keluarga juga sudah disibukan dengan kegiatan mereka sendiri dalam menatap layar kotak kecil yang disebut smartphone tersebut.

5. Sebagai Media Output atau Keluaran

Apa maksudnya fungsi televisi sebagai media keluaran? Apakah Anda pernah bermain game PS 2 atau PS 3? Tentu saja game tersebut membutuhkan media keluaran kan?

Nah, disini kita bisa menggunakan televisi sebagai media keluaran tersebut. Jadi kita hanya perlu menyambungkan televisi dengan perangkat game yang kita miliki, maka gambar atau grafik dari game tersebut akan tampil pada layar kaca televisi.

Selain bermain game, kita juga bisa memanfaatkan televisi sebagai media untuk menampilkan dvd player. Perangkat pemutar DVD Player tentu saja hanya akan bisa menampilkan suara saja jika tidak dihubungkan dengan televisi, nah untuk itu disinilah fungsi televisi untuk menampilkan isi video atau gambar yang ada pada dvd tersebut.

6. Sebagai Media Pendidikan

Saat ini fungsi televisi sebagai media pendidikan baru bisa kita rasakan seiring dengan adanya pandemi Covid-19. Adanya Pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa melakukan proses belajar mengajar tatap muka. Dengan begitu proses belajar mengajar dilakukan melalui daring atau internet.

Namun masalahnya adalah pelajar atau siswa yang tinggal di daerah terpencil Indonesia tentu saja akan mengalami kendala untuk melakukan proses belajar secara online tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya Pemerintah membuat program khusus pendidikan pada TVRI yang akan menayangkan beberapa ilmu pengetahuan atau materi pembelajaran yang akan diberikan oleh guru-guru yang sudah terverifikasi oleh pemerintah.

Dengan program khusus belajar tersebut tentu saja harapan dari Pemerintah adalah proses belajar mengajar di Indonesia bisa terlaksana dengan lancar termasuk juga terjadi pada beberapa daerah terpencil di Indonesia.

Nah itulah pembahasan mengenai sejarah televisi di dunia dan juga Indonesia. Tidak disangka ya proses perkembangan televisi ini mengalami lika-liku dan hambatan agar bisa sukses hingga sekarang ini.
Setelah membaca artikel ini tentu saja Anda bisa mengetahui siapa penemu televisi? Dan bagaimana sejarah serta perkembangannya.

Meskipun saat ini televisi bukan menjadi pilihan oleh beberapa orang untuk mendapatkan hiburan dan informasi, namun masih ada banyak orang juga di Indonesia yang masih tetap setia menikmati acara yang disajikan oleh televisi.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *