Sarana dan Prasarana: Pengertian, Contoh dan Perbedaan

Perbedaan Sarana Dan Prasarana – Dalam suatu kegiatan organisasi atau kepanitiaan, Anda pasti sering mendengar istilah sarana dan prasarana. Dua kata tersebut tentu saja tidak asing, tetapi banyak orang yang menganggap sarana dan prasarana adalah sama. Ternyata ada perbedaan sarana dan prasarana yang perlu Anda ketahui.

Secara bahasa, sarana dan prasarana sangat berbeda tetapi memiliki keterkaitan satu sama lain. Sarana dan prasarana adalah dua kata yang sama-sama digunakan untuk menyebut suatu hal yang penting sebagai alat penunjang keberhasilan.

Masing banyak orang yang belum paham dengan benar mengenai arti dari kata sarana dan prasarana itu sendiri. Dua kata tersebut berbeda, namun memiliki keterkaitan yang sangat peting. Ruang lingkup dari sarana dan prasarana bisa dikatakan cukup luas, berikut adalah arti dan perbedaan dari dua kata tersebut.

Pengertian Sarana Adalah Sebagai Berikut

prasarana adalah

Walaupun memiliki perbedaan, sarana dan prasarana memang saling berkaitan. Oleh sebab itu, sering ditemui kata sarana yang dipasangkan dengan kata prasarana. Sesuai KBBI, sarana berarti sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan dan makna.

Pengertian sarana adalah segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai untuk media atau alat dalam mencapai tujuan atau maksud tertentu. Sarana lebih mengarah pada kata yang berarti benda-benda atau alat yang bergerak.

Baca Juga  Efektif dan Efisien: Arti, Maksud dan Perbedaan

Contoh dari sarana adalah berupa benda seperti meja, kursi, lemari, buku, dan masih banyak lagi. Contoh sarana pada sebuah sekolah antara lain papan tulis, rak, dokumen, dan lain-lain. Sarana tersebut sangat penting dan diperlukan pada suatu proses atau tujuan.

Pengertian Prasarana

pengertian sarana

Berbeda dengan prasarana yang umumnya memiliki sifat yang lebih kuat dan kebanyakan tidak bisa dipindahkan. Prasarana sangat berbeda dengan sarana, sebagai contohnya adalah gedung sekolah, lapangan, perpustakaan, dan masih banyak lagi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, prasarana adalah sesuatu yang digunakan sebagai penunjang untuk terselenggaranya proses atau penunjang utama untuk mencapai tujuan.

Prasarana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang menjadi penunjang utama untuk terselenggaranya suatu proses. Prasarana penting untuk sebuah proses yang dapat berupa suatu pembangunan, proyek, atau usaha. Pada intinya adalah prasarana mengarah pada benda yang sulit atau tidak bergerak.

Untuk contohnya seperti prasarana yang ada di sarana pendidikan atau sekolah antara lain prasarana yang berupa lapangan, perpustakaan, gedung sekolah, ruang belajar, dan lain sebagainya.

5 Perbedaan  Sarana dan Prasarana

sarana dan prasaranaDari pengertian sarana dan prasarana, tentu bisa dilihat perbedaan dari masing-masing kata tersebut. Sarana dan prasarana memiliki beberapa perbedaan yang dapat dilihat dari bentuknya, kepemilikan, fungsi, dan pengadaan atau pembiayaan.

1. Perbedaan berdasarkan bentuknya

Sesuai dengan pengertian dari sarana, kata ini ditujukan untuk benda-benda yang memiliki ukuran kecil. Jadi bentuk sarana tersebut dapat dipindahkan. Sedangkan untuk prasarana sendiri memiliki bentuk yang lebih besar. Prasarana tidak dapat dipindahkan atau menetap di suatu tempat dan berukuran besar.

Bentuk dari sarana dan prasarana yang bisa dilihat dari suatu kantor sebagai contoh adalah sarana yang ada di kantor antara lain meja, kursi, rak buku, pulpen, dan penggaris. Sedangkan bentuk prasarana kantor contohnya adalah ruangan kantor itu sendiri dan lantai.

2. Perbedaan berdasarkan fungsinya

Perbedaan sarana dan prasarana dapat dilihat dari segi fungsinya yang tidak sama. Fungsi dari sarana sendiri adalah sebagai bagian utama dari suatu kegiatan atau tujuan. Alat tersebut sangat penting akan sangat diperlukan untuk kelancaran kegiatan karena memang menjadi bagian paling utama.

Contohnya adalah sarana untuk seorang karyawan yang sedang bekerja, dia membutuhkan sarana yang terdiri dari komputer, kertas, dan lain sebagainya agar dapat melakukan tugas atau pekerjaannya. Jika tidak ada sarana tersebut, karyawan tidak bisa menyelesaikan tugasnya.

Sementara itu, prasarana juga penting tetapi fungsinya adalah sebagai alat pendukung atau penunjang kegiatan. Prasarana tidak secara langsung dapat menyelesaikan tugas, contohnya karyawan bekerja dengan prasarana kantor yang berupa ruangan nyaman dan ber-ac.

Baca Juga  Contoh, Penyebab dan 7 Tips Mencegah Pergaulan Bebas

3. Perbedaan berdasarkan sifatnya

Sarana dan prasarana mudah dibedakan dari sifat masing-masing yang berbeda. Sarana lebih bersifat habis dipakai dan dapat dipindahkan sedangkan sifat prasarana adalah tidak habis dipakai dan tidak bisa berpindah atau dipindahkan.

Jadi sarana lebih mengarah pada benda-benda yang apabila gunakan terus menerus, maka akan mengalami penyusutan secara kuantitas atau dari segi jumlah. Sedangkan prasarana dapat digunakan berulang-ulang kali tanpa penyusutan jumlah tetapi hanya sebatas kemampuannya yang berkurang.

4. Perbedaan berdasarkan kepemilikan

Jika dilihat dari segi kepemilikan, sarana adalah semua benda yang dapat dimiliki individual baik itu perorangan, swasta, maupun pemerintah. Sarana atau alat ini bebas untuk digunakan dalam melangsungkan suatu kegiatan.

Sedangkan prasarana lebih cenderung digunakan untuk benda atau properti yang dimiliki Pemerintah. Alat yang digunakan sebagai faktor penunjang dan biasanya tidak hanya untuk satu kegiatan tetapi kegiatan lain yang masih berkaitan di lokasi tersebut.

5. Perbedaan berdasarkan pembiayaan pengadaan

Berdasarkan pembiayaan pengadaannya, secara penuh sarana dibiayai oleh pihak yang memang mengadakan kegiatan atau dari peserta yang mengikut kegiatan tersebut. Berbeda dengan prasarana yang pembiayaan sepenuhnya berasal dari pemerintah dari anggaran pembelanjaan yang dimiliki.

Fungsi Sarana dan Prasarana

pengertian sarana dan prasarana

Satu tujuan yang sama dari sarana dan prasarana adalah untuk mencapai hasil yang sesuai dengan rencana. Sesuai pengertian sarana dan prasarana, dua kata tersebut digunakan untuk benda dengan fungsi yang berbeda sesuai dengan lingkup dan penggunaannya.

Namun secara umum, sarana dan prasarana memiliki fungsi sebagai berikut.

– Menciptakan kenyamanan proses kerja dan orang yang berkepentingan

– Mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan menjadi lebih efisien

– Meningkatkan produktivitas, baik barang atau jasa

– Membuat hasil kerja menjadi lebih berkualitas dan terjamin

– Memudahkan proses kerja

– Membuat ketetapan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin.

– Menciptakan rasa puas untuk yang berkepentingan atau orang yang mempergunakannya.

3 Contoh Sarana dan Prasarana

contoh sarana

Contoh sarana dan prasarana akan memudahkan Anda memahami perbedaan sarana dan prasarana itu sendiri. Contoh dari sarana dan prasarana sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Berikut beberapa contoh sarana dan prasarana sering dijumpai di tempat umum.

1. Lingkungan sekolah

Sarananya terdiri dari alat tulis, alat praktikum, papan tulis, bahan peraga, alat olahraga, komputer dan lain sebagainya.

Prasarananya terdiri dari ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, lapangan olahraga, kantin, ruang praktek dan lain sebagainya.

Baca Juga  Cara Hitung Passing Grade yang Benar Dengan Rumus

2. Lingkungan rumah sakit

Sarananya antara lain obat-obatan, alat kesehatan, alat operasi, kendaraan ambulance dan lain-lain.

Prasarananya antara lain ruang laboratorium, ruang poli pemeriksaan, gedung rawat inap, dan lain-lain.

3. Lingkungan kantor

Sarana yang biasa dijumpai antara lain komputer, printer, mesin, foto copy, nota, alat tulis, printer, mesin ketik, proyektor, scanner, dan lain-lain.
Prasarananya adalah gedung kantor, gudang dan lain sebagainya.

Demikian pengertian sarana dan prasarana, perbedaan, dan contoh-contohnya yang banyak dijumpai di lingkungan umum.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *