Remunerasi: Pengertian dan 5 Tujuan Remunerasi

Remunerasi adalah kata yang mungkin asing di telinga masyarakat umum. Kata remunerasi mungkin memang kurang begitu familiar di telinga masyarakat awam.

Tidak semua masyarakat mengerti bahkan pernah mendengar apa itu remunerasi. Padahal arti remunerasi ini sangat berkaitan erat dengan aktivitas atau pekerjaan mereka sehari-hari, apalagi bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai negeri atau karyawan yang bekerja di instansi swasta atau pemerintah.

Lalu bagaimana dengan gaji? tentu saja anda bukan hanya pernah mendengar, tapi hampir setiap bulan orang mengalami yang namanya menerima gaji. Lantas apa kaitannya gaji dengan remunerasi ini? apa kaitan remunerasi dengan dunia kerja kita?

Di dalam dunia kerja, waktu awal bulan adalah hari yang paling tunggu oleh karyawan. Pasalnya, para karyawan akan mendapatkan gaji atas hasil jerih payahnya bekerja selama 1 bulan.

Apalagi jika anda mendapatkan gaji tambahan dari bos anda, betapa senangnya hati anda bukan? Apakah kalian tahu bahwa anda bisa saja mendapatkan pendapatan tambahan? Istilah itu disebut “Remunerasi”.

Apa Itu Remunerasi?

arti remunerasi

Mungkin, masih banyak orang yang asing dengan apa itu remunerasi. Jika anda bekerja disebuah perusahaan dengan bekerja keras dan memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap tempat anda bekerja, maka anda akan bisa mendapatkan remunerasi.

Remunerasi bisa dibilang seperti pemberian gaji tambahan atas sebagai apresiasi kepada pegawai atau karyawan atas pekerjaannya. Nah, kali ini saya akan membahas apa itu remunerasi lebih dalam lagi.

Baca Juga  Kenali Hak dan Kewajiban Warga Negara, Siapkan Dirimu

Bagi orang yang bekerja sebagai pegawai atau karyawan disebuah perusahaan, tentu saja mendapatkan bonus gaji adalah sesuatu yang di idam-idamkan. Namun, jika anda ingin mendapatkan gaji tambahan, anda perlu berkontribusi secara maksimal terhadap perusahaan tempat anda bekerja.

Remunerasi memang berkaitan erat dengan dunia kerja. Banyak sekali pekerja yang mendapatkan remunerasi sebagai imbalan atau penghargaan atas pekerjaan atau kontribusi yang sudah mereka lakukan ke tempat mereka bekerja. Lalu, apa sih remunerasi itu?

Pengertian Remunerasi

Secara umum, remunerasi merupakan pemberian imbalan atau gaji tambahan sebagai bonus atau penghargaan atas kontribusi/pekerjaan yang mereka lakukan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Remunerasi diberikan kepada pegawai yang telah berjasa atas prestasi yang ia berikan terhadap perusahaan tempat ia bekerja.

Biasanya, pemberian remunerasi berdasarkan atas kinerja yang telah pegawai lalui selama ia bekerja. Remunerasi juga diberikan kepada pegawai yang berjasa membantu perusahaan dalam mencapai tujuan. Ada 3 faktor utama landasan dalam menentukan tingkat remunerasi pegawai yaitu; jabatan, kompetensi individual, kinerja.

Pengertian lain dari remunerasi adalah sesuatu yang diberikan kepada suatu tenaga kerja atas manfaat finansial atau jasa, kontribusi dan juga prestasi yang didedikasikan kepada organisasi atau tempat mereka bekerja.

Baca Juga  3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online dan Syaratnya

Sebagai salah satu sistem penggajian, remunerasi umumnya bisa berupa imbalan uang atau juga terkadang barang yang diberi atas pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh tenaga kerja secara rutin sebagaimana sudah ditetapkan pada peraturan perusahaan atau organisasi tempatnya bekerja.

Besaran dari nominal remunerasi ini tentu saja berbeda-beda dari setiap perusahaan atau instansi tempat bekerja. Ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi perbedaan besaran nominal dari remunerasi tersebut. Misalnya adalah dari kemampuan finansial perusahaan, masa kerja dan juga kebijakan internal dari perusahaan atau instansi tempat bekerja.

Tujuan Pemberian Remunerasi

Tujuan Pemberian Remunerasi

Berdasarkan pengertian remunerasi diatas, kita ketahui bahwa remunerasi diberikan sebagai apresiasi atau penghargaan atas kontribusi yang pegawai berikan terhadap perusahaan.

Perusahaan atau instansi tempat bekerja tentu saja memiliki tujuan yang harus dicapai, salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan kontribusi yang maksimal dari para pekerja yang ada pada perusahaan tersebut.

Nah agar kontribusi para pekerja bisa maksimal tentu saja harus diberikan suatu bonus atau remunerasi ini. Lalu, apa tujuan diberikan remunerasi kepada pegawai?

1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Tentu saja kita tidak bisa memungkiri jika sumber daya manusia adalah salah satu aset yang berharga untuk perusahaan atau suatu instansi.

Adanya sumber daya manusia yang berkualitas tersebut tentu bisa menjalankan sistem kerja yang sudah direncanakan, dibangun guna mencapai tujuan atau goal dari perusahaan tempat bekerja tersebut.

Dengan adanya pemberian remunerasi ke pegawai akan meningkatkan kualitas SDM di suatu perusahaan. Dengan begitu akan memicu pegawai untuk bekerja secara totalitas dan maksimal.

2. Memelihara Sumber Daya Manusia yang Produktif

Sebelumnya kita sudah mengerti jika sumber daya manusia adalah bagian dari aset suatu perusahaan atau suatu instansi yang sangat berharga. Karena sangat berharga tersebut tentu saja sumber daya manusia harus selalu dijaga dan juga kita pelihara dengan baik.

Adanya sumber daya manusia yang berkualitas tentu saja akan menghasilkan pekerjaan yang produktif. Jika sumber daya manusia bisa produktif tentu saja juga bisa menunjang performa dan juga membantu tercapainya goal dari perusahaan tersebut.

Selain itu untuk menghindari adanya pembajakan sumber daya manusia yang berkualitas dan juga produktif dari perusahaan lain, maka diberilah remunerasi.

Remunerasi sangat penting untuk dilakukan untuk mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut.

Pemberian remunerasi sebagai apresiasi terhadap pegawai adalah upaya untuk memelihara tenaga kerja yang berkontribusi agar tidak pindah ke perusahaan lain.

Baca Juga  7 Pengertian Hak Asasi Manusia, Apa Kamu Tahu Salah Satunya?

3. Adanya Persaingan Positif

Sudah menjadi hal yang wajar apabila antara tenaga kerja satu dengan lainnya harus saling bekerja sama dan juga membentuk tim kerja yang sangat solid agar bisa mencapai tujuan bersama dari perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja.

Namun bukan suatu rahasia umum lagi jika dalam solidaritas tersebut pasti dibaliknya ada persaingan diantara para pekerja satu dengan pekerja lainnya agar menjadi salah satu yang paling menonjol dan terbaik.

Agar bisa terciptanya iklim persaingan kerja yang positif, tentu saja perusahaan harus memberikan remunerasi agar bisa menyeleksi kinerja dari pekerja tersebut masing-masing. Persaingan positif terjadi atas dasar remunerasi. Akan terlihat mana tenaga kerja yang bekerja rajin dan mana yang tidak dengan adanya remunerasi.

4. Kesejahteraan Sumber Daya Manusia

Remunerasi dapat menjadi tolak ukur dari produktivitas sumber daya manusia dalam perusahaan.

Karena adanya remunerasi tersebut tentu saja bisa meningkatkan kesejahteraan dari tenaga kerja. jika tingkat kesejahteraan dari tenaga kerja semakin meningkat atau semakin baik, tentu saja juga bisa berdampak positif juga bagi produktivitas pekerjaan yang dilakukan tersebut.

Dengan adanya pemberian gaji tambahan atas kontribusi pegawai, hal itu akan meningkatkan kesejahteraan pegawai itu sendiri. Ini juga berkaitan dengan pekerjaan mereka yang akan lebih optimal jika kesejahteraan mereka terjamin.

Berbanding terbalik jika pekerja kita tidak sejahtera, artinya memiliki beban hidup yang harus terpenuhi. Tentu saja pekerja tersebut tidak akan bisa bekerja lebih optimal lagi.

5. Terciptanya Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Dengan adanya pemberian remunerasi tentu saja memang akan sedikit menyita kas atau keuangan suatu perusahaan.

Namun tentu saja hal tersebut harus merugikan perusahaan tersebut, tapi justru malah berpotensi untuk menguntungkan perusahaan yang memberikan remunerasi. Bagaimana dikatakan untung padahal perusahaan memberikan imbalan tambahan kepada karyawan mereka?

Pengeluaran kas untuk remunerasi adalah modal dari perusahaan agar bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar lagi dengan cara mempertahankan tenaga kerja yang berkualitas, kompeten dan juga produktif.

Oleh sebab itu, remunerasi bisa menciptakan tata kelola dari perusahaan yang lebih baik lagi. Dengan begitu juga artinya perusahaan juga tidak akan sering mengalami bongkar pasang tenaga kerja dimana pengeluaran untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja baru terkadang malah lebih besar dibandingkan pemberian remunerasi kepada karyawan yang berprestasi.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai pengertian remunerasi dan juga tujuan dari remunerasi. Tidak disangka walaupun terkesan sangat asing di telinga kita, terkadang kita juga sering menerima apa itu remunerasi setiap bulannya.

Semoga bisa menambah wawasan bagi anda yang saat ini sedang bekerja dan mengabdi pada suatu instansi perusahaan. Semoga bisa semakin semangat untuk bekerja agar bisa mendapatkan remunerasi setiap bulannya dari perusahaan tempat anda bekerja.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *