Podcast : Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Podcast – Podcast adalah istilah yang familiar modern ini dan menurut Edison Research dan Triton Digital tahun 2017, 42 juta orang Amerika mendengarkannya. Jumlah ini terus meningkat dan saat ini angkanya sudah mencapai 112 juta orang.

Bagi pebisnis, podcast menjadi media yang sangat tepat untuk membangun hubungan dengan konsumen potensial. Audien akan mendengarkan secara pribadi dan membangun kedekatan yang tak bisa dilakukan oleh tulisan. Pendekatan yang unik ini tentu bukanlah hal yang buruk dilakukan.

Tentu saja manfaat menggunakan podcast bukan hanya itu saja. Podcast adalah media yang membawa banyak keuntungan. Untuk mengetahuinya lebih dalam, simak selengkapnya di sini.

Pengertian Podcast

Pengertian Podcast

Sebelum mengenal manfaatnya lebih luas, sebaiknya kenali podcast terlebih dahulu. Ketika seseorang diberi pertanyaan ‘’apa itu podcast”?’’ jawabannya cukup simpel. Podcast merupakan rekaman audio berupa diskusi sebuah topik.

Bisa topik bisnis atau traveling yang bisa didengarkan. Podcast dapat ditemukan di iTunes dan Spotify namun ada juga beberapa web khusus. Format podcast inilah yang menjadikannya media sempurna untuk menyampaikan inspirasi dimana dan kapan saja.

Istilah podcast pertama kali disebutkan oleh Ben Hammersley di tahun 2004 dalam artikel Guardian. Nama ‘’pod’’ dari podcast berasal dari ‘’ipod’’ milik apple yang merupakan media pemutar digital. Sedangkan istilah ‘’cast’’ berasal dari ‘’broadcast’’.

Walaupun membawa nama ipod dari Apple, bukan berarti untuk mendengarkan podcast harus menggunakan alat tersebut. Alat apapun bisa digunakan yang penting terhubung dengan internet.

Baca Juga  Teknik Pengumpulan Data: Pengertian, Proses dan Metodenya

Karena bentuknya audio, banyak yang salah mengartikan bahwa podcast adalah radio. Podcast justru lebih terformat dibandingkan radio. Topik atau tema yang dibahas lebih luas dan original.

Kehadiran podcast bahkan menarik banyak penggemar radio untuk menjelajahi topik yang lebih luas dan sesuai dengan keinginan. Berikut ini ciri dari podcast yang membedakannya dengan radio.

1. Memiliki durasi beragam, dari cuplikan berita 1 menit sampai talk show yang lamanya 3 jam.

2. Frekuensinya bisa berapa saja dari harian hingga bulanan.

3. Formatnya pun beragam mulai dari acara solo sampai drama.

4. Topiknya sangat luas bahkan yang tidak dibahas di radio.

Apapun yang kamu cari pasti tersedia di dalam podcast. Siapa saja juga bisa mengakses podcast kapan dan dimana saja.

Apa itu podcast sudah sangat jelas diutarakan. Jika dikemas dalam bentuk audio lantas apa bedanya dengan file audio? Bisa dibilang ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab.

Namun penjelasan yang sederhana adalah ketika mengunduh salah satu episode podcast maka file audio baru saja diunduh. Perbedaannya adalah jika kamu menambahkan pilihan untuk subscribe rangkaian podcast.

Jika melakukan subscribe maka kamu otomatis berlangganan layanan podcast episode yang dipilih. Kamu bisa mendownload semua episode lama dan yang terbaru. Ketika kamu mengunggah rekaman audio milik sendiri ke dalam aplikasi podcast maka file tersebut akan menjadi podcast.

Perkembangan Podcast di Dunia

Perkembangan Podcast di Dunia

Podcast adalah tren yang bisa membantu banyak orang mendapatkan inspirasi. Lalu bagaimana perkembangannya di dunia? Tentunya podcast tidak hadir begitu saja.

Awal mula podcast dikembangkan tahun 2004 oleh vj MTV Adam Curry dan juga programer Dave Winer. Adam Curry membuat sebuah program disebut iPodder yang bisa didownload melalui radio internet.

Beberapa programer mengembangkan program ini dan podcast secara resmi lahir. Saat ini, Adam Curry membawa acara podcast The Daily Source Code yang sangat terkenal.

Tak ada regulasi khusus dari pemerintah terkait podcasting dan siapa saja bisa membuat program mereka mirip seperti radio. Maka banyak sekali orang yang membuat podcast sendiri dari rumah.

Karena podcast tidak memiliki rating seperti acara broadcast lainnya, maka ada begitu banyak niche yang bermunculan. Cukup dengan upload konsisten tema-tema menarik, podcaster dapat menarik banyak perhatian kelompok pendengar.

Baca Juga  Komunikasi Daring: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Podcast juga banyak digunakan untuk memberikan informasi yang bertujuan mendidik. Misalnya saja dalam bentuk talk show, training, atau tur. Bahkan ada juga beberapa perusahaan yang membuat podcast demi mendapat keuntungan.

Cara mendengarkan podcast adalah dengan masuk ke aplikasi atau website khusus podcast. Tidak ada batasan topik apa yang bisa didengarkan jadi kamu bisa bebas memilih. Cukup klik link podcast dan pilih episode berapa yang ingin didengarkan.

Kamu bisa mendengarkannya langsung melalui komputer atau smartphone. Kamu juga bisa langsung subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan apabila terdapat episode terbarunya.

Manfaat Memiliki Podcast untuk Bisnis

Manfaat Memiliki Podcast untuk Bisnis

Setelah mengetahui arti podcast dan perkembangannya, lalu apa manfaat jika memiliki podcast khususnya dalam ranah bisnis? Hubungan antara konsumen dan pebisnis dapat dibangun melalui podcast.

Bagi pebisnis, podcast adalah media yang bisa memberikan bantuan kepada konsumen (pendengar) seperti saran atau memperkenalkan brand. Konsumen sebagai pendengar nantinya akan merasa kedekatan dan koneksi.

Apabila dilihat dari manfaatnya dalam segi bisnis, ada beberapa hal yang didapatkan berikut ini.

1. Menciptakan koneksi secara personal.

Membuka bisnis kepada pendengar akan membangun koneksi dan menjual produk lebih baik.

2. Mudah dimengerti.

Saat ini banyak yang menggunakan podcast sebagai perpustakaan mereka. Bisa didengarkan kapan dan dimanapun bahkan mudah dimengerti.

3. Murah dan cepat.

Menciptakan podcast tidak sulit dan cukup murah. Kamu hanya perlu peralatan seperti microphone dan laptop. Bisa dilakukan kapan saja.

4. Tidak perlu dilihat layar

Para konsumen tak perlu membaca melalui layar atau dilihat video melalui smartphone atau komputer. Cukup mendengarkan dengan headphone adalah cara yang sangat praktis untuk mendapatkan informasi.

5. Hampir semua orang menggunakan

Podcast adalah lahan cukup besar untuk mendapatkan konsumen. Hampir semua orang mendengarkan podcast setiap jamnya. Jumlah ini tentu saja tidak boleh dilewatkan bagi pebisnis.

Baca Juga  Lisensi: Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

6. Mudah diupload

Cara membuat podcast hanya dengan merancang, merekam dan upload. Tak perlu editing gambar atau skill khusus dalam menggunakannya. Kamu bisa dengan mudah mempromosikan produk melalui podcast.

7. Meningkatkan kemampuan berbicara

Jika kamu adalah pemilik usaha menengah, maka melalui podcast kamu akan berlatih public speaking. Kesempatan ini akan meningkatkan keahlian dalam mengembangkan bisnis.

8. Cara baru mendapatkan uang

Membuat podcast artinya memberikan kesempatan kepada pendengar cara mudah mengakses produk yang kamu miliki. Media ini akan menjadi jalan yang cukup praktis untuk mendatangkan uang.

9. Mendapatkan informasi

Mempersiapkan topik di setiap episodenya tentu dibutuhkan riset. Sering melakukan riset tentunya akan membuka wawasan tentang suatu hal yang sebelumnya tidak diketahui. Semakin banyak informasi yang akan kamu dapatkan.

10. Membangun kepercayaan

Kepercayaan akan mendatangkan loyalitas dan inilah yang bisa kamu bangun melalui podcast. Di setiap bisnis kepercayaan biasanya dibangun bertahun-tahun dan podcast bisa jadi media yang tepat.

Inilah sepuluh keuntungan yang akan didapatkan sebuah bisnis jika memanfaatkan podcast. Apakah kamu sudah siap untuk membuat podcast sendiri? Simak dulu jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Podcast

Jenis-Jenis Podcast

Karena ada banyak format dan topik yang dibahas, maka ada beberapa jenis podcast yang tersedia. Ketika kamu berencana untuk membuat podcast maka perlu mengenali jenis-jenisnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa jenis podcast yang biasanya ditemui.

1. Jenis wawancara

Format ini adalah yang paling banyak dibuat, yaitu dua orang pembawa acara akan mewawancarai bintang tamu berbeda di setiap episodenya. Jenis ini sangat populer karena tidak terlalu banyak hal yang harus dipersiapkan.

Persiapan yang biasa dilakukan dengan riset bintang tamu dan tema apa yang akan dibahas dalam episode tersebut. Kemudian membuat daftar pertanyaan, tentu saja dibutuhkan soft skills untuk memulai jenis ini.

Misalnya saja kemampuan untuk mewawancarai dan bagaimana agar bintang tamu mau datang. Apalagi jika berencana untuk membuat podcast tayang setiap hari.

2. Podcast tunggal

Acara tunggal juga bisa dibuat dalam bentuk podcast dan juga banyak dibuat karena sifatnya yang simpel. Biasanya seseorang akan berbicara monolog sepanjang acara. Kontennya kurang lebih mengarah pada opini atau berita.

Apabila dilihat dari segi teknis, podcast tunggal adalah yang paling mudah diproduksi karena hanya perlu merekam dan memiliki subjek untuk dibicarakan.

3. Podcast dengan banyak host

Podcast jenis ini dilakukan oleh dua atau lebih pembawa acara. Bedanya dengan podcast wawancara adalah tidak ada bintang tamu di sini. Pembawa acara akan saling berdebat atau berdiskusi mengenai suatu hal terkait topik.

Jenis ini lebih membawa hiburan serta nilai kepada pendengar. Namun perlu kreatifitas yang tinggi untuk membuatnya. Mulai dari pemilihan topik supaya podcast tidak terdengar membosankan.

Cara Mendengarkan Podcast

Cara Mendengarkan Podcast

 

Ada begitu banyak podcast yang tersebar di internet, namun kamu bisa subscribe pada program podcast yang disukai. Bagaimana cara mendengarkannya? Berikut ini beberapa cara yang bisa dipilih.

1. Desktop

Podcast juga memiliki program desktop yang bisa di download ke dalam PC atau laptop. Ada beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk komputer bahkan disinkronisasikan dengan mp3 player.

Pertama adalah iTunes, merupakan alat manajemen podcast pada desktop yang sangat bagus. Dapat digunakan dengan mudah dan mendapatkan podcast gratis. Program ini juga terintegrasikan dengan iPhones, iPods dan iPads.

Kedua adalah gPodder merupakan alternatif dari iTunes dan terintegrasi dengan sistem Android sehingga dapat digunakan dimana saja.

2. Website

Selain digunakan dalam dekstop, ada juga podcast dalam bentuk website. Jika menggunakan cara ini maka dibutuhkan web browser untuk membukanya. Website juga bisa digunakan melalui pc dan smartphone.

Perlu diingat jika ingin menggunakan cara ini maka perlu sambungan internet yang kuat. Biasanya podcast berbasis web bekerja secara streaming. Jadi jika kamu menggunakan data internet atau kuota akan lebih boros. Contohnya adalah Player.FM.

3. Smartphone

Jika kamu ingin mendengarkan podcast secara eksklusif dan dimanapun, smartphone adalah cara yang tepat. Ada beberapa aplikasi podcast yang bisa diunduh untuk digunakan.Contohnya adalah spotify dan soundcloud.

Macam-Macam Aplikasi Podcast

Macam-Macam Aplikasi Podcast

Alat untuk mendengarkan podcast sudah jelas, dari desktop sampai smartphone. Yang terpenting adalah aplikasi apa yang kamu pilih. Di atas telah dijelaskan sedikit mengenai beberapa jenis aplikasi atau web yang bisa digunakan.

Namun di antara semua aplikasi pastinya kamu ingin menggunakan yang paling lengkap dong. Nah sebagai referensi, berikut ini beberapa aplikasi yang banyak digunakan.

1. Google Podcast

Aplikasi ini bisa digunakan pada android dan gratis diunduh melalui Google Play. Karena terintegrasi dengan google, maka kamu bisa mendengarkan podcast dengan leluasa. Cukup login dengan gmail dan kamu bisa mendengarkannya dengan alat apapun.

2. Podcast Addict

Aplikasi ini juga ramai digunakan, bedanya adalah bukan hanya podcast dari berbagai tema yang akan kamu temukan. Ada audiobook, youtube, soundcloud, radio dan live stream lengkap bisa ditemukan.

3. Spotify

Spotify terkenal sebagai aplikasi untuk mendengarkan musik, tapi bukan hanya itu saja. Di sini kamu juga akan menemukan ratusan podcast. Saat ini pengguna spotify telah mencapai 500 ribu.

Spotify menyediakan layanan gratis namun terbatas pada sistem pemutaran. Jika ingin mendengarkan secara leluasa bisa memilih akun premium yang berbayar.

4. Anchor

Jika aplikasi lainnya digunakan hanya mendengarkan podcast, berbeda dengan Anchor. Aplikasi ini memiliki tambahan fitur untuk edit rekaman suara.

Jadi sebelum kamu share episode podcast yang telah dibuat bisa masuk ke editing. Apabila editing telah selesai, kamu bisa langsung share ke aplikasi podcast lainnya.

Baca Juga  Aplikasi: Pengertian, Fungsi dan Jenis Klasifikasinya

5. Castbox

Aplikasi Castbox telah mendapatkan predikat Top Trending Apps dari Google Play karena telah diinstal sebanyak 10 juta kali.

Selain itu juga menjadi aplikasi yang paling menghibur. Ada 95 juta podcast online dan offline yang bisa didapatkan.

6. Apple Podcast

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna hp apple. Ada banyak tema atau topik yang bisa dipilih. Tak hanya hp, Apple podcast juga terintegrasi pada produk apple lainnya seperti desktop atau laptop.

7. Podcast Go

Aplikasi podcast go adalah aplikasi yang digunakan untuk hp android dengan fitur offline yang banyak disukai. Fitur ini membuat kamu tak perlu takut kehabisan kuota untuk mendengarkan podcast setiap hari.

Cara Membuat Podcast dan Tips Supaya Berhasil

Cara Membuat Podcast dan Tips Supaya Berhasil

Pembuatan podcast bukanlah sesuatu yang sangat sulit. Karena intinya adalah audio, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyambungkan microphone ke pc atau komputer.

Jangan lupa instal terlebih dahulu software audio recorder terlebih dahulu di laptop atau oc. Kemudian buatlah audio file dengan merekam apa yang kamu perbincangkan sesuai tema. Setelah selesai, simpan ke dalam komputer.

Terakhir, upload audio file kamu ke situs podcast dan selesai. Lalu bagaimana supaya podcast kamu banyak dicari dan didengarkan? Perlu untuk mengiklankan podcast milikmu kepada publik.

Caranya bisa dengan grafis yang menarik, menulis press release dan membuat niche. Mudah bukan cara membuat podcast? Tapi disini perjalanan kamu baru dimulai. Apabila ingin mendapat banyak pendengar kamu harus rutin mengupload.

Ada beberapa tips supaya bisa sukses dalam membuat podcast. Menjadi podcaster, artinya kamu akan berperan sebagai pemandu acara. Jadi apakah kemampuanmu sudah bisa bersaing dengan podcaster lainnya?

Supaya tidak gagal dalam membuat podcast, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Memberikan preview di setiap episode

Podcast bukan hanya sekedar memberanikan diri untuk berbicara dan direkam. Mungkin bisa saja bekerja untuk beberapa orang, tetapi beberapa diantaranya menganggap cukup membosankan.

Jika kamu berencana untuk membuat beberapa episode maka berikan preview di beberapa kesempatan. Preview yang dimaksud adalah untuk episode saat itu, jadi dilakukan di awal acara.

Cara paling mudah adalah dengan memberikan kesempatan bintang tamu memperkenalkan diri. Langkah ini bisa dilakukan jika kamu memilih jenis podcast wawancara. Maka pendengar akan langsung tahu apa saja isi podcast tanpa harus menunggu lama.

2. Durasi dan frekuensi yang ideal

Durasi dan frekuensi selalu menjadi pertimbangan utama dalam dunia podcast. Beberapa orang menyebutkan bahwa membuat posting mingguan adalah langkah tepat. Tetapi ada juga yang mengatakan upload setiap bulan. Manakah yang terbaik?

Frekuensi ideal yang tepat untuk upload sebenarnya adalah mingguan. 44% dari 25 podcast teratas selalu membuat episode baru setiap minggunya. Sedangkan di peringkat kedua mereka selalu upload dua minggu sekali.

Durasi ideal yang bisa kamu pilih adalah 22 menit. Rata-rata pendengar podcast dan juga radio akan betah selama 22 menit.

Kapan hari yang tepat untuk upload? 60% dari podcaster selalu upload di awal minggu dan sudah membuat jadwalnya dan yang terpenting adalah sebelum hari rabu. Waktu paling populer adalah hari selasa.

3. Menemukan niche yang tepat

Semua podcast yang terkenal tidak pernah membicarakan hal lain yang melenceng dari format. Misalnya membicarakan soal ekonomi, maka mereka tidak akan meluas ke topik pariwisata.

Inilah yang dimaksud dengan niche, kamu harus menemukannya. Penting untuk memiliki niche agar apa yang kamu bicarakan tetap fokus. Untuk mendapatkan niche, kamu bisa memikirkan siapa sasaran audien yang ingin kamu raih.

Kemudian jika kamu sudah memiliki banyak followers, mulailah untuk memikirkan niche yang lebih luas. Yang pasti niche harus sesuai yang dikuasai sebagai permulaannya.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

4. Tetap santai dan mempersiapkan podcast jenis wawancara

Pada saat membuat podcast jangan tegang dan tetap santai. Apalagi jika kamu memilih jenis podcast wawancara. Supaya santai, sebelum memulai kamu bisa berbincang kepada narasumber atau bintang tamu.

Persiapan dengan ngobrol ini akan membuat kamu dan narasumber lebih santai. Tak perlu terburu-buru untuk pertanyaan selanjutnya adalah kunci yang paling jitu. Oleh karena itu, kamu perlu tahu betul profil lengkap dari nara sumber.

Supaya mengetahuinya, cobalah untuk mencari informasi melalui akun sosial media mereka. Dari sana kamu akan tahu apa yang sedang mereka kerjakan dan bisa dijadikan bahan pertanyaan.

Rekomendasi Podcast yang Bisa Kamu Dengarkan

arti podcast

Pengen tahu podcast apa saja yang menarik untuk didengarkan? Jika kamu sudah memiliki aplikasinya di hp atau desktop, bisa coba untuk mendengarkan beberapa rekomendasi berikut ini.

1. PORD

PORD adalah singkatan dari Podcast Raditya Dika yang pasti sudah tak asing lagi ketika mendengar nama host-nya. Melalui podcast ini kamu bisa mendapatkan berbagai banyak ilmu dan juga hiburan. Pastinya nggak akan pernah bosan mendengarkannya setiap minggu.

Podcast ini selalu menghadirkan bintang tamu yang selalu ditunggu-tunggu oleh pendengarnya.

2. Box2Box

Suka dengan acara sepakbola? Kamu bisa mendengarkan podcast Box 2 Box yang dipandu oleh Tio Prasetyo, Pangeran Siahaan dan Justin Lhaksana. Tema sepakbola menjadi topik yang dipilih di setiap perbincangannya.

3. Do You See What I See

Suka dengan cerita-cerita horor? Kamu perlu nih mendengarkan Do You See What I See. Tidak ada host dalam podcast ini karena isinya adalah kumpulan-kumpulan cerita dari mereka yang pernah mengalami kejadian horor.

4. Obrolan Babibu

Nah bagi kalian keluarga muda, perlu mendengarkan Obrolan Babibu. Di sini tema yang dibicarakan adalah soal parenting dan kehidupan rumah tangga. Bagaimana jika sedang bertengkar dan langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Cukup menarik bukan?

Jadi dari semua penjelasan ini podcast adalah salah satu media yang kini banyak digunakan.

Bisa dibilang juga peranannya telah menggantikan radio karena sangat mudah diakses. Bagaimana apakah Sahabat Tedas.id sudah siap untuk menjadi podcaster atau memilih untuk jadi pendengar?

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.