11 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang Masih Ada

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Negara Indonesia dahulu kala terdapat begitu banyaknya kerajaan-kerajaan di Nusantara mulai dari sabang sampai merauke.

Walaupun hampir sebagian besar kerajaan-kerjaan tersebut sudah runtuh termakan oleh waktu, akan tetapi faktanya hingga saat ini masih ada peningalan-peninggalan yang menjadi saksi bisu sejarah eksistensinya kerajaan-kerajaan di Nusantara ini.

Dan dengan adanya peninggalan-peninggalan kerajaan-kerajaan tersebut Kita harus melestarikannya dan menjaganya, sehingga jangan pernah untuk merusak bahkan menjualnya, kerena nantinya anak cucu Kita tidak bisa melihatnya kembali.

Mengenal Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Lebih Dekat

Kali ini saya akan membahas mengenai kerajaan yang berasal dari Mataram Kuno, menurut sejarah yang saya kutip dari situs Wikipedia, kerajaan Mataram Kuno atau Medang ini berdiri di Jawa Tengah pada abad ke 8, kemudian kerajaan Mataram Kuno berpindah tempat ke Jawa Timur pada abad ke 10.

Para raja-raja dari kerajaan Mataram Kuno banyak yang meninggalkan bukti-bukti sejarah Nusantara yang berupa adanya prasasti-prasasti maupun candi-candi yang tersebar di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Serta adanya bukti-bukti peninggalan kerjaan Mataram Kuno bisa dilihat dari banyaknya candi, baik candi-candiyang bercorak Hindu maupun candi-candi yang bercorak Buddha dan kerajaan ini akhirnya runtuh pada awal abad ke-11.

Baca Juga  Mau Transfer Uang? Ini Daftar kode Bank di Indonesia

Menurut sejarah istilah Kerajaan Medang umumnya hanya lazim dipakai untuk menyebut periode saat berada di Jawa Timur saja, Namun berdasarkan prasasti-prasasti yang telah ditemukan oleh para peneliti, nama “Medang” sudah dikenal sejak periode sebelumnya, yaitu periode Jawa Tengah.

Sementara itu, menurut sejarah, Nama yang lazim dipakai untuk menyebut Kerajaan Medang periode Jawa Tengah adalah Kerajaan yang bernama Mataram, yaitu merujuk kepada salah satu daerah ibu kota kerajaan ini.

Untuk membedakannya dengan Kerajaan Mataram Islam yang berdiri pada abad ke 16 adalah Kerajaan Medang periode Jawa Tengah biasa pula disebut dengan nama Kerajaan Mataram Kuno atau Kerajaan Mataram Hindu.

peninggalan kerajaan mataram kuno
Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang Saat Ini Masih Tetap Ada

Berikut di bawah ini Saya akan menjelaskan berbagai macam peninggalan-peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang masih ada hingga sampai saat ini yang saya rangkum dari beberapa sumber, diantaranya:

1. Candi Borobudur

Pastinya Kalian sudah tidak asing lagi bukan jika mendengar Nama Candi Borobudur, ya candi ini terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dimana candi ini merupakan candi Budha yang didirikan pada pemerintahan wangsa Syailendra.

Para pendiri candi ini menganut kepercayaan Budha Mahayana dan merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dan menurut para peneliti memperkirakan bahwa candi Borobudur ini didirikan pada tahun 800-an masehi.

2. Prasasti Kalasan

Tahukah Anda bahwa ternyata Prasasti Kalasan adalah salah satu prasasti peninggalan Wangsa Sanjaya dari kerajaan Mataram Kuno pada tahun 778 masehi?

Prasasti Kalasan menggunakan tulisan yang berasal dari huruf Pranagari yang berasal dari India Utara dan bahasa Sansekerta. Prasasti Kalasan ini ditemukan di Kecamata Kalasan, Sleman, Yogyakarta dan prasasti ini disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

3. Prasasti Kedu

Peninggalan Kerajaan mataram Kuno Selanjutnya adalah Prasasti Kedu atau Prasati Mantyasih yang merupakan prasasti asli peninggalan dari Wangsa Sanjaya, kerajaan Mataram Kuno pada tahun 907 masehi.

Prasasti Kedu ini berisisi tentang daftar silsilah raja Mataram Kuno sebelum Raja Balitung dan menurut sejarah Prasasti ini ditemukan di kampung Mateseh, Magelang Utara, Jawa Tengah.

peninggalan kerajaan mataram kuno Prasasti Ratu Boko

4. Prasasti Ratu Boko

Peninggalan Kerajaan mataram Kuno Selanjutnya adalah Prasasti Ratu Boko merupakan prasasti yang berisi tentang kekalahan Balaputeradewa dalam kejadian peperangan dengan saudaranya sendiri yaitu Pramodawardhani.

Menurut sejarah Prasasti ini ditemukan di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga  Baju Adat Sumatera Barat dan Jenis-Jenis Aksesorisnya

5. Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah candi yang hampir mirip dengan candi yang berada di kompleks Gedong Sanga.

Candi Arjuna ini adalah salahsatu candi yang terletak di kompleks Percandian Arjuna yaitu kelompok candi peninggalan kerajaan Hindu di dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

6. Candi Pawon

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang selanjutnya adalah Candi Pawon yang letaknya di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Dalam bahasa jawa, pawon memiliki arti dapur, akan tetapi nama Candi Pawon bukan berarti bermakna candi dapur, namun sayangnya nama Candi Pawon saat ini masih belum diketahui asal-usulnya sehingga masih menjadi misteri.

7. Candi Sewu

Candi Sewu adalah salah satu candi Budha yang berada di kawasan candi Prambanan, tepatnya di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dan tahukah kamu bahwa Candi Sewu adalah candi umat Budha terbesar ke dua setelah candi Borobudur?

8. Candi Puntadewa

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang selanjutnya adalah Candi Puntadewa yang letaknya di sekitar kompleks candi Arjuna dan Candi ini memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi candi Puntadewa ini terlihat tinggi.

peninggalan kerajaan mataram kuno candi mendut

9. Candi Mendut

Candi Mendut merupakan salah satu dari candi yang memiliki corak Budha, dan candi Mendut ini letaknya di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Magelang, Jawa Tengah dan menurut sejarah candi ini didirikan pada masa-masa pemerintahan Raja Indra yang berasal dari dinasti Syailendra.

10. Candi Bima

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang selanjutnya adalah Candi Bima yang merupakan candi yang letaknya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Candi Bima ini memiliki arsitektur bangunan yang cukup unik, karena memiliki arsitektur bangunannya yang mirip dengan candi-candi yang berasal dari India.

Baca Juga  Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

11. Candi Srikandi

Candi Srikandi juga adalah candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang didirikan di kawasan komleks candi Arjuna dan Candi Srikandi ini memiliki bentuk kubus dengan ketinggian sekitar 50M dari permukaan tanah.

Sekianlah 11 peninggalan kerajaan mataram Kuno yang saat ini masih terdapat di Nusantara dan Kalian bisa melihatnya di museum maupun dengan berkunjung langsung ke daerah-daerah yang telah dijelaskan diatas, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *