Teknologi: Arti, Sejarah, Perkembangan Hingga Fungsinya

Teknologi Artinya – Teknologi adalah istilah yang kini semakin sering kita dengar dan pakai. Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, maka tak heran jika teknologi pun berkembang dengan semakin dahsyat.

Sebelum memahami lebih jelas mengenai pengertian teknologi, untuk lebih mudahnya kita akan buat sebuah contoh kasus. Di zaman pra sejarah di mana belum ditemukannya kompor, memasak menggunakan api yang dihasilkan dari gesekan dua batu adalah sebuah teknologi.

Jadi hakikatnya teknologi artinya selalu sesuai dengan zamannya. Teknologi di masa pra sejarah tentu saja tidak bisa disamakan dengan teknologi yang berkembang saat ini.

Teknologi Artinya Menurut 6 Ahli

teknologi adalah
Adapun asal kata teknologi berasal dari Bahasa yunani, technologia. Techno memiliki arti keahlian, sedangkan logia berarti pengetahuan. Sedangkan jika kita menengok di web KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), apa yang dimaksud dengan teknologi bisa dijabarkan sebagai berikut;

Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan dan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

Sementara beberapa ahli terkemuka juga mengungkapkan teknologi artinya menurut pendapat dan wawasan mereka masing-masing, antara lain:

1. Teknologi Menurut Nasibit

Disampaikan oleh Nasibit, salah seorang ahli teknologi, bahwasanya teknologi merupakan sebuah benda yang bahan dan bentuknya sangat berbeda jika dibandingkan dengan sosok manusia.

2. Teknologi Menurut Miarso

Ahli teknologi lainnya, Miarso, menjabarkan bahwa pengertian teknologi yaitu sebuah proses yang bisa memberikan nilai tambah dari sebuah produk atau benda. .

3. Teknologi Menurut Poerbahwadja Harahap

Poerbahwadja Harahap memberikan keterangan terkait arti teknologi dengan lebih detail. Yaitu ranah ilmu pengetahuan yang terkait dengan cara kerja di bidang industri atau teknik.

Definisi dari bapak Poerbahwadja ini kini banyak dipakai untuk mengartikan definisi teknologi yang banyak dipakai di industri-industri modern.

4. Teknologi Menurut Jacques Eliil

Sebuah metode yang menyeluruh dan rasional, mengarah serta mempunyai tanda-tanda khusus terkait efisiensi dalam aktivitas kehidupan manusia. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Jacques Eliil mengenai arti teknologi.

Baca Juga  Mau Ganti HP? Ini Review Iphone 11 Harga dan Spesifikasinya

5. Teknologi Menurut M Maryono

M. Maryono menyampaikan bahwa teknologi terkait dengan pengembangan dan pelaksanaan dari beragam peralatan atau sistem yang telah dibangun. Keterpaduan tersebut dilaksanakan dalam rangka problem solving atas masalah-masalah kehidupan sehari-hari.

6. Teknologi Menurut Gary J Anglin

Ahli teknologi lainnya, Gary J Anglin menyampaikan bahwa teknologi merupakan pelaksanaan dari disiplin ilmu terkait perilau dan alam, juga pengetahuan lainnya yang tersistem. Digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Dari pengertian teknologi yang disampaikan lewat KBBI ataupun para ahli, maka bisa kita simpulkan bahwa teknologi artinya keterpaduan antara proses, cara, mesin, alat, aktivitas serta ide-ide yang disusun guna membantu jalannya kegiatan manusia sehari-sehari agar lebih mudah.

Sejarah dan Perkembangan Teknologi

sejarah teknologi

Di masa awal perkembangannya, teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang ada wujudnya, misal mesin atau peralatan-peralatan kerja. Namun dari tahun ke tahun, pengertian teknologi juga mulai mengalami perkembangan.

Teknologi kini tak lagi hanya terbatas pada benda yang berwujud, namun juga mulai mengacu pada benda-benda yang tak ada wujudnya, seperti software, metode belajar, metode pertanian, metode bisnis dan lain-lain.

Teknologi berkembang dan berubah secara sistematis. Teknologi sudah dikenal sejak beribu-ribu tahun yang lalu, perbedaannya hanyalah pada bentuknya. Teknologi di masa lalu tentu tidak secanggih dengan apa yang kita lihat di masa sekarang. Untuk memberikan gambaran tentang perkembangan teknologi dari masa ke masa, berikut ini adalah secuil sejarah teknologi yang dapat tercatat:

1. Era Pra-Sejarah

Dengan perkembangan di era tersebut, tentu saja teknologi yang bisa ditemukan adalah benda-benda yang dibuat dari perunggu, batu dan besi. Contoh-contoh teknologi di era ini yaitu kapak, bejana dan pedang.

2. Era Zaman Kuno

Beralih ke masa yang lebih maju, di zaman kuno sudah mulai mengenal sistem konstruksi, pertanian, maritim juga alat-alat tulis. Tentu saja sangat sederhana jika dibandingkan dengan apa yang ada saat ini.

Namun di zaman kuno, manusia sudah mulai menyusun dan menemukan teknologi hingga ke taraf rumit dan detail. Contoh teknologi yang bisa kita temukan di era ini antara lain kapal, jam matahari, mercusuar dan piramida.

3. Era Abad Pertengahan – Era Modern

Teknologi semakin mengalami banyak perubahan dan kemajuan yang drastis. Ada banyak penemuan di era ini, misal di dalam bidang medis, matematika, militer, astronomi hingga kartografi. Beberapa contoh teknologi di era ini yaitu ditemukannya mesin cetak, navigasi kapal, aljabar dan busur.

4. Era Revolusi Industri

Bisa dikatakan era ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi yang ada di masa kini. Mesin-mesin mulai banyak dibuat untuk menggantikan posisi manusia. Beberapa teknologi yang bisa ditemukan di era ini yaitu telepon, telegraf, mesin uap, sepeda dan mobil-mobil klasik.

Baca Juga  Mau Koneksi Gratis? Coba 3 Cara Menggunakan Psiphon Pro Ini

5. Era Abad 20

Di era abad 20, teknologi semakin pesat kemajuannya. Neil Amstrong bahkan bisa menginjakkan kaki di bulan. Tak hanya di bidang astronomi, teknologi di bidang-bidang lain pun mengalami kemajuannya luar biasa. Pada bidang militer dilahirkan adanya bom atom. Lalu muncul penemuan transistor yang menjadi asal muasal komputer kecil di masa sekarang.

Internet yang kini menjadi corong zaman sekarang juga mulai dikenalkan di era ini. Tak hanya itu saja, beberapa teknologi lainnya yang bisa ditemukan di era abad 20 yaitu vaksinasi, penyedot debu, microwave, dan lemari es.

6. Era Abad 21

Pada era sekarang, teknologi beraneka ragam semakin berkembang. Teknologi-teknologi tepat guna yang dibutuhkan oleh berbagai bidang sudah banyak kita temukan, sebut saja teknologi di bidang pendidikan, rumah tangga, teknologi informasi dan lainnya.

Jenis teknologi yang kini semakin menjamur adalah lahirnya unicorn alias beragam start up di berbagai bidang, dari bidang transportasi hingga urusan belanja sayur mayur.

Macam-macam Teknologi

arti teknologi

Setelah memahami pengertian teknologi beserta sejarah perkembangannya, kini saatnya kita mencari tahu apa saja macam-macam teknologi yang ada di dunia.

1. Teknologi di Bidang Ekonomi

Sistem keuangan mengalami perkembangan yang sedemikian pesat sekarang ini. Maka teknologi yang digunakan pun juga harus mengiringi perkembangan tersebut.

Dengan adanya teknologi di bidang ekonomi, kita bisa melakukan transaksi ekonomi secara online. E-money dan pembayaran melalui QR Code juga adalah salah satu bentuk teknologi di bidang ini.

2. Teknologi di Bidang Pangan

Tak hanya di bidang ekonomi, bidang pangan dan pertanian pun mulai mengalami perkembangan teknologi. Sistem tanam hingga teknik menanam pastinya telah memiliki teknologi yang berbeda di era sekarang.

Misal dengan ditemukannya tabula pot atau tanaman yang dikembangkan dalam pot untuk pemilik lahan terbatas, juga ditemukannya metode hidroponik.

3. Teknologi di Bidang Informasi

Kemajuan di bidang ini terlihat dari perkembangan internet yang semakin pesat. Dengan internet, masyarakat jadi lebih mudah mendapatkan informasi lewat gadget yang dimilikinya.

4. Teknologi di Bidang Komunikasi

Kemajuan teknologi di bidang komunikasi juga didukung dengan adanya internet. Komunikasi kini tak lagi berbatas waktu dan jarak. Internet bisa mendekatkan yang jauh.

Selain itu perkembangan gadget dari waktu ke waktu juga semakin memudahkan komunikasi. Kini telepon genggam tidak hanya bisa saling bertukar suara, tapi juga gambar, video dan bahkan bisa digunakan untuk aneka ragam fungsi lainnya.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

5. Teknologi di Bidang Transportasi

Kemajuan teknologi juga bisa kita lihat di bidang transportasi. Jika dulu hanya ada angkot dan bus, kini kita bisa menemukan MRT. Tak hanya itu transportasi juga semakin mudah dengan lahirnya start up-start up ojek online.

Di era sekarang orang-orang yang tak memiliki kendaraan pribadi tetap bisa bepergian dengan mudah dan nyaman.

6. Teknologi di Bidang Medis

Vaksinasi dan alat-alat medis berteknologi tinggi semakin banyak ditemukan sehingga meningkatkan kemajuan di bidang ini. Dengan berkembangnya teknologi di bidang medis diharapkan kesehatan manusia juga semakin meningkat.

7. Teknologi di Bidang Pendidikan

Adanya perkembangan pada sistem pendidikan yang semakin modern. Guru pun kini dituntut untuk memperbarui gaya mengajarnya agar sesuai dengan perkembangan zaman.

Bahkan start up serta software-software edukasi juga semakin banyak ditemukan. Belajar dan mengajar pun menjadi semakin lebih mudah dan variatif.

8. Teknologi di Bidang Bisnis

Ditemukannya hardware dan software untuk mempermudah proses bisnis sehingga mampu menghasilkan laba yang besar untuk perusahaan. Aplikasi yang canggih dipandu dengan teknik marketing yang jitu akan melahirkan bisnis yang kuat.

Fungsi Teknologi

fungsi teknologi

Seperti yang telah disampaikan di bagian awal, bahwasanya teknologi dibuat untuk memberikan nilai tambah pada kegunaan suatu barang. Dari sini saja kita seharusnya sudah bisa menyimpulkan bahwa teknologi memiliki beragam fungsi dan manfaat.

Ketika sebuah barang meningkat nilainya, teknologi artinya sebuah pekerjaan atau aktivitas bisa dikerjakan jauh lebih mudah dan cepat. Maka bisa dikatakan bahwa salah satu fungsi teknologi adalah meningkatkan efisiensi kerja.

Dari yang awalnya dilakukan dalam beberapa jam, dengan adanya teknologi bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit. Dari yang awalnya membutuhkan berlembar-lembar kertas, kini semua bisa dilakukan dengan paperless. Efisiensi adalah kata kunci yang merujuk pada fungsi teknologi.

Teknologi artinya jika tidak digunakan dengan benar, bisa jadi membawa keburukan bagi pemakainya. Oleh karena itu tugas kita adalah mampu mengeksplorasi teknologi dan memanfaatkannya untuk kebaikan.

Hakikat teknologi artinya membuat hidup menjadi lebih baik dan mudah. Semoga dengan mengetahui pengertian, sejarah dan perkembangan, fungsi serta macam-macam teknologi, kita jadi lebih bijak dalam menggunakan teknologi sebaik-baiknya.

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *