Pengertian Budaya: Unsur-unsur, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Budaya – Budaya adalah suatu hal yang sangat dekat diri kita. Namun kita jarang memiliki keinginan untuk benar-benar mengetahuinya lebih dalam.

Menurut KBBI, budaya adalah pikiran, akal budi dan hasil. Bisa juga mengacu pada adat istiadat, tentang cara menyelidiki bahasa atau sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang, serta jiwa yang sudah menjadi kebiasaan sehingga sukar diubah.

Sederhananya, budaya adalah sebuah kesepakatan perilaku yang dipunyai secara bersama-sama oleh sekelompok orang atau masyarakat. Kesepakatan ini seringkali tidak tertulis, namun diwariskan secara turun-temurun kepada generasi setelahnya.

Selama ini mungkin yang kita tahu ketika membicarakan tentang budaya selalu mengacu pada kesenian, padahal tidak. Kesenian bisa jadi salah satu hasil dari budaya, namun budaya tidak hanya tentang kesenian.

Agar lebih memahami tentang pengertian budaya dan segala hal terkait dengannya, Tedas.id akan mengajak para sahabat untuk mengeksplorasi istilah ini lebih jauh. Selamat membaca!

Pengertian Budaya Menurut KBBI

budaya adalah

Arti budaya bisa bermacam-macam bagi sebagian besar orang. Bahkan meski di KBBI sudah dijelaskan dengan rinci tentang makna budaya, namun tak sedikit pula yang memiliki pendapatnya sendiri.

Beberapa kelompok masyarakat meyakini bahwa budaya adalah kumpulan pola hidup yang tumbuh dan berkembang di dalam sekelompok manusia. Fungsinya yaitu untuk mengatur agar setiap individu memahami apa yang harus dilakukan.

Baca Juga  Kenali Hak dan Kewajiban Warga Negara, Siapkan Dirimu

Ternyata makna budaya bisa demikian dalam ya, sahabat? Kini saatnya kita akan menggali pengertian budaya dari para ahli yang bergulat di ranah tersebut.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

kebudayaan adalah

1. Ki Hajar Dewantara

Nama tokoh ini tentu tidak asing di telinga kita, bukan? Tokoh yang bergelar pahlawan pendidikan ini telah meninggalkan banyak warisan, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Menurut beliau, budaya merupakan hasil juang masyarakat terhadap alam dan zaman yang mampu membawa bukti dalam bentuk kemakmuran dan kejayaan hidup.

2. Koentjaraningrat

Tokoh Indonesia lainnya yang juga cukup tenar di bidang sosial budaya ini memiliki pendapat lain terkait arti budaya. Bagi Bapak Koentjaraningrat, budaya ialah sebuah ide, rasa, tindakan dan juga karya dari manusia sepanjang mereka hidup.

Budaya dihasilkan oleh manusia selama mereka melakukan sosialisasi di dalam masyarakat atau lingkungannya. Hingga kemudian manusia satu dan lainnya saling berkumpul dan melahirkan gagasan mengenai kebudayaan dengan saling belajar satu sama lain.

3. E. B. Taylor

Nama panjang ahli antropologi asal Inggris ini adalah Edward Burnett Taylor, namun ia lebih tenar dengan nama tenarnya, E. B. Taylor.

Menurutnya, budaya merupakan paket lengkap yang berisi kesusilaan, kepercayaan, adat, kesenian, kebiasaan hingga kesanggupan dari sebuah masyarakat dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga  Objektif: Ini Contoh dan 2 Perbedaan Dengan Subjektif

4. Linton

Kali ini kita akan mengetahui makna budaya versi Linton, seorang ahli kebudayaan dari Amerika. Menurut Linton, budaya adalah bentuk sikap serta tingkah laku yang membentuk kebiasaan, lalu kemudian diwariskan kepada anak cucu dan generasi selanjutnya.

5. Parsudi Suparlan

Selanjutnya kita akan belajar arti budaya dari seorang antropolog Indonesia, Parsudi Suparlan. Beliau adalah ahlinya di bidang antropologi perkotaan, kemiskinan, hingga multikulturalisme.

Menurut Pak Parsudi terkait apa itu budaya, yaitu sebuah paket pengetahuan manusia yang kemudian dimanfaatkan untuk menggali keingintahuan dan pemahaman terhadap lingkungan dan pengalaman hidup yang mereka jalani.

Setelah membaca pengertian budaya dari lima tokoh di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa antara budaya dan masyarakat tidak bisa terpisah. Dua hal ini saling terkait satu sama lain.

Unsur-unsur Budaya

unsur unsur budayaSetelah memahami apa itu arti budaya, kini saatnya menelisik lebih dalam tentang unsur-unsurnya. Budaya tak bisa terbangun tanpa adanya unsur-unsur tersebut. Berikut ini adalah 7 unsur-unsur budaya yang harus sahabat Tedas.id pahami:

1. Sistem Religi

Religi atau kepercayaan terkait dengan keyakinan seseorang atau masyarakat tertentu terhadap Sang Pencipta. Religi menjadi unsur terpenting dalam terciptanya sebuah budaya. Tidak sedikit hasil-hasil budaya lahir karena sistem religi. Sistem ini juga memiliki fungsi untuk mengatur kehidupan manusia dan Penciptanya.

2. Bahasa

Disadari atau tidak, bahasa merupakan unsur budaya yang menjadi jembatan bagi manusia untuk saling berbagi, belajar dan meneruskan warisan budaya itu sendiri. Sistem bahasa mengenal dua jenis; bahasa lisan dan tulisan.

3. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan adalah unsur budaya yang fokusnya adalah menggali pengetahuan terkait kondisi alam yang ada dalam masyarakat serta peralatan yang cocok dengan kondisi tersebut.

Sistem pengetahuan dibutuhkan oleh masyarakat dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, kaitannya dengan memanfaatkan alam dan segala isinya.

4. Peralatan Hidup dan Teknologi

Sistem pengetahuan yang dimaksimalkan bisa melahirkan sistem keempat ini. Teknik-teknik yang dihasilkan dari pengetahuan yang didapat, digunakan untuk membuat alat kerja, pakaian, transportasi dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan. Sistem peralatan hidup dan teknologi merupakan sebuah paket dari tindakan dan perbuatan.

Baca Juga  Pengertian Bela Negara: Pengertian, Hukum dan Contohnya

5. Sistem Kemasyarakatan

Sistem kemasyarakatan merupakan salah satu unsur penting dalam pewarisan budaya. Sistem kemasyarakat juga berhubungan erat dengan struktur sosial, terkait penghitungan garis keturunan yang dihasilkan dari pernikahan dan hubungan darah. Sistem ini lahir karena adanya sekelompok masyarakat yang memiliki satu rasa yang sama.

6. Sistem Mata Pencaharian

Sistem mata pencaharian berhubungan dengan segala usaha yang dilakukan manusia terkait dalam pemerolehan barang ataupun jasa yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Hubungannya erat dengan sistem ekonomi. Usaha ini ada banyak jenisnya, dari berdagang, berburu, bercocok tanam, beternak dan masih banyak lagi. Apalagi di zaman modern seperti sekarang, sistem mata pencaharian berkembang pesat mengikuti kemajuan teknologi yang ada.

7. Kesenian

Unsur budaya yang satu ini terkait dengan segala hasrat dalam diri manusia yang berhubungan dengan keindahan, proses kreatif terhadap sebuah imajinasi yang bisa melahirkan kepuasan batin bagi pembuat dan penikmatnya. Secara umum, kesenian bisa dibagi ke dalam tiga bentuk; seni rupa, seni tari dan seni suara.

Fungsi Budaya

pengertian budaya menurut para ahli

Selain memiliki unsur-unsur yang membuat budaya tumbuh mengakar dengan kuat. Budaya juga memiliki fungsi di dalam kehidupan manusia. Berikut ini fungsi-fungsi budaya:

* Dapat menumbuhkan dan meningkatkan nasionalisme, terutama terkait dengan sistem kesenian di dalam budaya. Mencintai kesenian negeri sendiri bisa menaikkan rasa cinta terhadap tanah air.

* Budaya juga bisa melahirkan rasa toleransi dan empati.

* Budaya bisa membentuk masyarakat yang lebih saling menghargai.

* Budaya juga bisa menjadi alat dalam proses bersosialisasi.

* Budaya bisa menjadi media belajar.

Apakah sahabat Tedas.id bisa menambahkan fungsi budaya yang lainnya?

Pengertian Kebudayaan

pengertian kebudayaan

Budaya dan kebudayaan adalah dua hal yang saling terkait satu sama lain. Ada beberapa orang yang membuat kesimpulan bahwa dua istilah ini adalah hal yang sama. Namun tak sedikit pula yang beranggapan bahwa budaya dan kebudayaan merupakan hal berbeda.

Dari web KBBI, tim Tedas.id mendapatkan makna kebudayaan sebagai berikut:

* hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.

* keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

Dari pengertian kebudayaan di atas, menurut sahabat Tedas.id apakah budaya dan kebudayaan adalah hal yang sama atau berbeda?

Menurut kesimpulan dari tim Tedas, budaya merupakan hal-hal terkait akan budi manusia, sementara itu kebudayaan adalah hasil dari budaya itu sendiri yang kemudian menjadi kebiasaan dan diwariskan secara turun temurun.

Ciri-ciri Kebudayaan

Ciri-ciri Kebudayaan

Dikarenakan kebudayaan bisa diartikan sebagai hasil dari pengolahan budaya, maka tidak semua budaya bisa berkembang menjadi kebudayaan. Hanya budaya-budaya yang memiliki ciri-ciri berikut ini bisa dikatakan sebagai kebudayaan. Apa sajakah ciri-ciri tersebut?

1. Kebudayaan Bisa Diwariskan

Tidak disebut sebagai sebuah kebudayaan, ketika budaya itu tidak bisa diwariskan pada generasi selanjutnya. Bisa jadi sekelompok masyarakat memiliki budaya tertentu di desanya, namun kemudian terhenti di satu generasi, maka budaya itu tak lagi bisa disebut sebagai kebudayaan.

Oleh karenanya agar budaya tetap bisa menjadi kebudayaan, harus ada proses pewarisan. Proses mewariskan ini bisa lewat berbagai cara. Diajarkan dalam pelajaran sekolah, atau bisa juga diwariskan dalam bentuk tulisan antara generasi tua kepada generasi mudanya.

2. Kebudayaan Terbentuk dari Komponen Terstruktur

Budaya bisa berkembang menjadi kebudayaan ketika memiliki tiga komponen terstruktur berikut ini;

* Komponen biologis, terkait dengan sifat-sifat yang diwariskan dari orangtua kepada anak-anaknya di dalam kandungan.

* Komponen psikologis, terkait dengan perilaku dan pola tindakan manusia yang tumbuh atas proses pengasuhan asuhan orang tua.

* Komponen sosiologis, proses pembentukan pribadi manusia yang dipengaruhi oleh lingkungan, terutama dalam bidang pendidikan.

Baca Juga  Integritas: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya

3. Kebudayaan Mempunyai Nilai

Jenis-jenis Kebudayaan

Bukanlah sebuah kebudayaan ketika di dalam suatu budaya tidak terkandung nilai-nilai di dalamnya. Meski nilai ini sangat relatif untuk diukur.

Karena antara wilayah yang satu dan lainnya bisa jadi memiliki nilai ukur yang berbeda. Misal, kebudayaan di negara barat dan negara timur tentunya memiliki dasar dan ukuran nilai yang tak sama.

4. Kebudayaan Bisa Dibagikan

Maksudnya dengan dibagikan di sini adalah kebudayaan adalah sesuatu yang bisa dilihat dan dirasakan bentuknya, sehingga orang lain bisa mempelajari dan meneliti kebudayaan tersebut.

5. Kebudayaan Bersifat Statis dan Dinamis

Kebudayaan ternyata bisa memiliki dua sifat yang berlawanan. Dikatakan memiliki sifat yang statis jika sebuah kebudayaan mengalami perubahan yang sedikit dalam jangka panjang. Sementara itu kebudayaan yang bersifat dinamis ketika kebudayaan tersebut mampu berubah dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Wujud Kebudayaan

Wujud Kebudayaan

Setelah memahami pengertian dan ciri-ciri kebudayaan, kini kita akan melihat lebih jauh tentang wujud kebudayaan. Dari hasil penggalian tim Tedas.id, ada 3 wujud kebudayaan, yaitu:

1. Ide

Ide adalah sumber dan dasar yang nantinya akan melahirkan perilaku dalam proses bertahan hidup. Ide-ide ini bersifat abstrak dan harus dituangkan dalam aksi nyata agar terlihat hasilnya.

2. Aktifitas

Ide yang abstrak kemudian disalurkan menjadi perilaku yang konkrit. Aktivitas juga tak terbatas hanya per individu, namun juga hubungannya dengan individu lainnya. Karena sifatnya konkrit, aktivitas bisa dicatat, diamati, didokumentasikan dan ditiru.

3. Hasil

Aktivitas yang terus berkembang hingga kemudian menjadi sebuah pola tertentu menghasilkan kebudayaan itu sendiri. Hasil dari kebudayaan meninggalkan berbagai macam bentuk, seperti karya seni, benda atau peralatan dan juga pola pikir.

Jenis-jenis Kebudayaan

apa itu budaya

Menurut Roy T. Cogdell dan K.S. Sitaram dunia ini terbagi menjadi lima kebudayaan besar. Berikut ini jenis-jenisnya:

1. Kebudayaan Islam yang lahir sejak agama Islam dikenalkan di dunia ini dan terus berkembang dengan pesat hingga sekarang.

2. Kebudayaan Timur yang didominasi oleh penganut Hindu dan Buddha.

3. Kebudayaan Barat yang dikembangkan dari hasil perilaku orang kaukasia, yang kini sudah menetap di benua Eropa dan Amerika.

Baca Juga  Kenali Hak dan Kewajiban Warga Negara, Siapkan Dirimu

4. Kebudayaan orang kulit hitam Amerika yang meski jumlahnya cukup banyak, tetapi hingga kini masih dianggap sebagai minoritas. Mereka memiliki budaya spesifik yang berbeda dari orang kulit putih.

5. Kebudayaan Afrika yang berkembang di benua Afrika dengan sangat kental dan unik.

Semoga informasi terkait pengertian budaya dan kebudayaan di atas bisa memberikan wawasan tambahan kepada para sahabat.

Perlu diingat bahwasanya budaya hidup yang kita jalani hari ini bisa menjadi warisan buat anak dan cucu kelak. Jadi budaya seperti apa yang ingin kita wariskan kepada mereka?

Apakah budaya rebahan atau budaya kerja cerdas? Kalian yang menentukan sendiri, sahabat Tedas.id. Selamat menumbuhkan dan mewariskan budaya-budaya berkualitas!

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *