Pengertian Bela Negara: Pengertian, Hukum dan Contohnya

Pengertian Bela Negara – Pengertian Bela Negara adalah diskusi utama materi pelajaran kewarganegaraan yang akan dijelaskan secara lengkap dan terperinci dalam materi pembelajaran berikut.

Pertahanan nasional adalah rencana yang telah disiapkan oleh hukum dan juga oleh para pejabat di suatu negara mengenai patriotisme (sikap berani, tidak pernah menyerah dan mau melakukan apa saja untuk bangsa dan negara) untuk individu, kelompok dan semua komponen suatu negara dalam rangka untuk melindungi keberadaan dan integritas negara.

Kesadaran pertahanan nasional pada dasarnya adalah kesediaan untuk melayani negara dan berkorban untuk membela negara. Dalam diskusi yang akan diuraikan tentang pertahanan nasional berikut, beberapa poin penting akan dijelaskan, termasuk apa yang dimaksud dengan membela negara.

Pengertian pertahanan nasional menurut para ahli, pengertian pertahanan nasional, makna pertahanan nasional, makna pertahanan nasional dan konsep pertahanan dan fungsi nasional, manfaat dan tujuan pertahanan nasional lengkap dengan unsur-unsur pertahanan nasional dan contoh-contoh pertahanan nasional.

Pengertian Bela Negara

pengertian bela negara

Pengertian Bela negara adalah tekad keberanian, perilaku dan juga sikap warga negara yang dilakukan secara komprehensif, tertib dan terintegrasi berdasarkan dan terinspirasi oleh kecintaannya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. untuk menjamin kelangsungan (eksistensi) kehidupan Bangsa dan Negara, sehingga hukum dasar pertahanan nasional diatur oleh hukum.

Membela negara adalah konsep yang dikembangkan oleh seperangkat undang-undang dan pejabat negara tentang patriotisme seseorang, kelompok, atau komponen komprehensif suatu negara untuk mempertahankan keberadaan negara.

Pengertian pertahanan nasional menurut para ahli, Chaidir Basrie, menyatakan bahwa membela negara adalah sikap, tekad dan tindakan warga negara yang tertib, komprehensif, terintegrasi dan terus didasarkan pada cinta untuk tanah air, nasional dan kesadaran masyarakat Indonesia. orang-orang. negara. , kepercayaan supernatural dan kekuatan Pancasila sebagai ideologi negara.

Hukum Pertahanan Dasar

bela negara adalahDasar hukum untuk pertahanan nasional telah diatur dalam undang-undang, termasuk UUD 1945, Pasal 27 ayat (3) yang mengamanatkan bahwa “Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk berpartisipasi dalam upaya membela negara”. Pasal 30 ayat (1) juga menyatakan bahwa “Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk berpartisipasi dalam pertahanan dan keamanan nasional”.

Membela negara dari sudut pandang fisik, dapat memiliki makna sebagai upaya atau sarana pertahanan dalam menghadapi serangan fisik atau agresi dari mereka yang mengancam atau dapat menggerakkan eksistensi negara.

Baca Juga  Memahami Etika: Cari Tahu dari Arti dan Contohnya

Sementara membela negara jika dilihat dari perspektif non-fisik, maknanya ditafsirkan sebagai upaya untuk mengambil peran aktif dalam kemajuan bangsa dan negara dalam hal moral, sosial, pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. orang yang membentuk bangsa.

Konsep dasar lain untuk pengertian bela negara adalah keberadaan wajib militer, di mana konsep wajib militer tunduk pada atau mengenai peralatan pertahanan nasional lainnya, baik sebagai pekerjaan pilihan atau sebagai hasil dari perencanaan sukarela (wajib militer).

Fungsi Bela negara

Ada beberapa fungsi untuk mempertahankan negara, termasuk yang berikut:

• Sebagai penjaga integritas wilayah negara.

• Sebagai pertahanan nasional terhadap ancaman.

• Sebagai panggilan sejarah.

• Sebagai kewajiban setiap warga negara.

Tujuan Membela Negara

Suatu negara harus dipertahankan untuk menjalankan fungsinya. Ancaman dari eksternal atau internal akan menghancurkan suatu negara. Jika suatu negara dihancurkan, hal yang paling dikhawatirkan adalah warga negara yang hidup tidak bisa hidup damai. Budaya negara juga bisa hilang karena ancaman berbahaya. Upaya untuk mempertahankan negara dilakukan untuk melawan serangan sehingga integritas negara dipertahankan.

Para Pihak Memainkan Peran Dalam Membela Negara

dasar hukum bela negara

Membela suatu negara dilakukan oleh semua pihak yang tinggal di negara itu. Suatu negara biasanya mengembangkan dasar hukum untuk pertahanan nasional yang mengharuskan setiap warga negara untuk membela negara. Ini telah diatur dalam Konstitusi dan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat. Indonesia juga memberikan pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran akan kewajiban membela negara.

Meskipun semua orang bisa ditanya, metode yang digunakan bisa berbeda. Bagi warga sipil, contoh membela negara adalah menjaga keharmonisan dalam masyarakat. Ini berbeda dengan yang bukan warga sipil seperti TNI atau polisi. Mereka telah lulus akademi pertahanan nasional sehingga apa yang dilakukan akan lebih sulit.

Tujuan dan Misi Membela Negara:

• Mempertahankan kehidupan nasional dan negara.

• Menjaga identitas dan integritas nasional dan negara.

• Menerapkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

• Pertahankan budaya.

• Lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Manfaat Membela Negara:

contoh bela negaraDi bawah, ada beberapa manfaat membela negara, termasuk yang berikut:

• Pembentukan perilaku jujur, tegas, tepat dan peduli terhadap orang lain.

• Dapat menghilangkan sikap negatif seperti tidak disiplin, egois, malas, boros dan apatis.

• Mempraktikkan kecepatan, kelincahan dan ketepatan individu dalam melakukan aktivitas.

• Lebih mengabdi pada agama, orang tua dan bangsa.

• Pembentukan iman dan kesalehan dalam agama masing-masing individu.

• Praktek kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri atau kelompok.

• Menumbuhkan kecintaan pada bangsa dan patriotisme sesuai dengan kemampuan seseorang.

• Membentuk mental dan fisik yang kuat.

• Membentuk semangat kebersamaan dan solidaritas di antara sesama pekerja.

• Menetapkan sikap disiplin waktu, kegiatan dan pengaturan kegiatan lainnya.

Baca Juga  7 Pengertian Hak Asasi Manusia, Apa Kamu Tahu Salah Satunya?

Elemen Dasar Pertahanan Nasional:

Dalam proses mempertahankan bangsa dan menjaga keutuhan negara, ada berbagai hal yang menjadi elemen penting yang meliputi:

• Cinta tanah air.

• Bersedia berkorban untuk bangsa dan negara.

• Percaya bahwa Pancasila adalah Ideologi Negara.

• Memiliki kemampuan awal untuk mempertahankan negara.

• Waspadai bangsa dan negara.

Contoh Bela Negara:

Berikut adalah beberapa contoh bentuk pertahanan nasional dalam kehidupan sehari-hari saat ini di berbagai lingkungan, termasuk yang berikut:

• Tepat waktu dalam membayar pajak di lingkungan negara bagian.

• Mematuhi hukum yang berlaku di lingkungan negara bagian.

• Menjaga keamanan desa bersama di lingkungan negara.

• Pelestarian budaya di masyarakat.

• Menciptakan lingkungan yang harmonis, damai dan aman bagi komunitas di komunitas.

• Sadar mematuhi aturan sekolah di lingkungan sekolah.

• Iman dan kesalehan serta sains dan teknologi di lingkungan sekolah meningkat.

• Pembentukan keluarga yang sadar akan hukum di lingkungan keluarga.

• Terciptanya suasana yang harmonis, damai dan harmonis dalam keluarga di lingkungan keluarga.

Apa Bentuk Membela Negara?

bentuk bela negara

Sebagai warga negara, kita harus berpartisipasi dalam upaya mempertahankan negara, yang dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bentuk, seperti:
Pendidikan Nasional untuk Kebangsaan

Ini berarti belajar dan menghayati pengetahuan tentang hak dan kewajiban warga negara. Pendidikan ini juga mencakup intuisi nusantara, kebangsaan dan ideologi negara.

Tanpa pengetahuan tentang nilai-nilai nasional, kita tidak dapat memiliki jiwa patriotik. Singkatnya, pendidikan ini mengajarkan kita untuk menjadi warga negara yang baik, yaitu warga negara yang selalu mematuhi hukum dan kontrak sosial lainnya.

1. Pelatihan Dasar Militer

Pelatihan militer dasar dapat menjadi bentuk pertahanan nasional. Melalui kombinasi latihan, tubuh dan jiwa kita dilatih. Partisipasi dalam pelatihan militer berbeda dari partisipasi dalam tentara.

Nilai penting dari berpartisipasi dalam pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik sambil mempromosikan semangat patriotik dan nasionalis dalam diri kita. Meskipun kami kuat secara fisik, kami tidak memiliki semangat nasionalisme, kami tidak ingin mati untuk membela negara.

2. Berperan sebagai prajurit wajib atau sukarela

Hampir mirip dengan yang kedua, tetapi kali ini niat untuk berpartisipasi dibedakan. Menjadi seorang prajurit di Indonesia adalah sebuah pilihan. Beberapa negara di dunia, seperti Korea dan Amerika Serikat, memiliki aturan mengikat untuk dinas militer. Indonesia tidak mengimplementasikannya.

Namun, kami tidak tahu apakah aturan wajib militer berlaku. Terlebih lagi ketika negara itu dalam keadaan genting karena perang dengan negara lain. Menjadi seorang prajurit tentu saja merupakan bentuk pertahanan nasional.

Baca Juga  Macam Macam Hak Asasi Manusia dan Contohnya

3. Dedikasi pada profesi

Bentuk upaya pertahanan nasional ditentukan oleh pendudukan. Singkatnya, siapa pun dapat membela negara berdasarkan pekerjaan atau kompetensi profesional mereka. Sebagai contoh, seorang guru dapat melakukan upaya pertahanan pemerintah dengan rajin membimbing siswa untuk mencapai apa yang mereka cita-citakan nanti. Pengajaran kelas profesional adalah bentuk pertahanan nasional.

Pentingnya Membela Negara

Akhirnya, apakah pertahanan nasional itu penting? Tentu ini sangat penting. Mempertimbangkan bahwa Indonesia memiliki wilayah yang luas dan populasi yang sangat padat, pertahanan nasional untuk menjaga keutuhan wilayah negara Indonesia harus diteruskan. Lautan luas dan daratan adalah tanggung jawab bersama semua warga negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagaimanapun, Indonesia adalah rumah bagi setiap warga negara. Mirip dengan mempertahankan rumah yang aman dan berkelanjutan, setiap warga negara harus menjaga kesatuan Negara Indonesia. Dengan demikian, ancaman eksternal dapat diatasi dengan lebih jelas. Dengan memiliki orang-orang yang bersatu dan sadar akan pembelaan negara, Kedaulatan Republik Indonesia akan dipertahankan.

Baca Juga  Ajudikasi: 5 Tahapan Sidang dan Contohnya

Demikianlah pembahasan tentang pengertian pertahanan nasional, dasar hukum, fungsi, tujuan, manfaat, unsur dan contoh. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi informasi dalam mengetahui apa yang dimaksud dengan membela negara, pengertian bela negara menurut para ahli.

Pengertian membela negara, makna membela negara, arti membela negara, makna membela negara negara dan arti membela negara. konsep pertahanan nasional dan fungsi, manfaat dan tujuan mempertahankan negara lengkap dengan unsur-unsur pertahanan nasional dan contoh-contoh pertahanan nasional.

Ainul Hakiki

Ainul Hakiki

Tinggal di kota Jember, menulis adalah alat untuk mengingat ilmu dan bacaan. Melalui tulisan kita bisa hidup abadi karena nama kita yang terpatri pada tulisan-tulisan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *