16 Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa dan Peluang Kedepannya

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa – Bekerja merupakan cara yang ditempuh guna mendapatkan pundi-pundi uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karena manusia dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan diri mereka masing-masing.

Jika kita bagi jenis pekerjaan berdasarkan produk yang dihasilkan, maka akan terbagi menjadi dua jenis pekerjaan, yakni pekerjaan yang menghasilkan barang dan yang menghasilkan jasa.

daftar pekerjaan yg menghasilkan jasa

Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pekerjaan yang menghasilkan jasa sangatlah banyak dan dapat kita lihat sehari-hari seperti guru, sopir, pilot, dan masih banyak lagi.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, pekerjaan yang menghasilkan jasa dapat semakin maju dan menjamur.

Pekerjaan yang menghasilkan jasa dapat dengan mudah dilakukan secara online bahkan sampai dengan ke pangsa pasar luar negeri.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan usaha dalam bidang jasa? Usaha dalam bidang jasa adalah usaha yang memiliki hasil akhir berupa layanan jasa bukan berupa produk fisik.

Contoh Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

Contoh Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa dapat menjadi salah satu yang digeluti oleh anda untuk mendapatkan penghasilan.

Artikel kali ini akan membahas contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Pastinya juga dengan penjelasan kemungkinan peluang besar kedepannya yang akan banyak dibutuhkan.

1. Psikologi

Ahli psikologi juga merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Psikolog banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan untuk menjadi bagian dari bidang atau tim HRD.

Selain itu, psikolog juga dapat membuka praktik secara mandiri untuk membantu masyarakat yang memiliki penyakit mental.

2. Tenaga Pendidikan

Tenaga pendidik seperti dosen atau guru merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Mereka sangat dibutuhkan karena di dalam negeri tenaga di bidang pendidikan masih sangatlah kurang.

3. Arsitektur

Arsitektur merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa dan banyak ditemui dan digeluti oleh masyarakat perkotaan. Arsitektur sangat dibutuhkan bagi swasta maupun pemerintah.

Industri di bidang konstruksi dan rancang bangun akan tetap berlanjut dan berkembang di masa mendatang karena orang-orang akan semakin menyadari pentingnya keindahan, fungsi, dan kekuatan bangunan.

4. Akuntansi

Dengan perkembangan dunia usaha saat ini, banyak orang berlomba untuk menjadi seorang akuntan profesional. Banyak dari mereka yang mengincar menjadi seorang akuntan di perusahaan-perusahaan besar.

Akuntansi merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Untuk menjadi seorang akuntan profesional sudah banyak pelatihan sertifikasi yang bisa diikuti jika anda belum bisa mengikuti pendidikan S2.

5. Jurnalis

Jurnalis merupakan pekerjaan yang menghasilkan bidang jasa. Jurnalis atau wartawan adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik.

Jurnalis bertugas untuk menuliskan berita atau laporan yang sesuai dengan fakta lapangan lalu dikirim dan dimuat di media massa atau media online.

Jurnalis cukup banyak diminati oleh para pelajar komunikasi. Menjadi jurnalis berbeda dengan penulis lainnya. Anda harus mengikuti kaidah jurnalistik sekaligus menerapkan penulisan sesuai dengan KBBI.

jenis seo

6. Jasa SEO

Jika anda sudah akrab dengan dunia seputar website atau blog pasti sudah sangat kenal dengan jasa SEO.

Jasa SEO merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa agar website tersebut mudah untuk muncul di halaman pertama pada pencarian google.

Dengan perkembangan dunia online hari ini, jasa SEO banyak sekali diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin mengembangkan sayapnya di dunia online.

7. Public Relation

Menjadi seorang Public Relation membutuhkan skill komunikasi dan lobbying yang baik serta handal.

Sesuai dengan namanya, Public Relation merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa untuk membangun relasi baik dengan publik, klien, atau sesama karyawan internal.

Seorang Public Relation yang handal akan menghasilkan jasa yang sangat besar bagi perusahaannya.

8. Desain Grafis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa perkembangan dunia digital sangat amatlah pesat.

Sehingga bagi anda yang memiliki skill dalam bentuk jasa desain grafis akan sangat bersinar. Sudah banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk membuat poster, logo, hingga keperluan promosi di media sosial seperti Instagram.

Selain itu, anda bisa menjual jasa di Fiverr untuk mendapatkan ribuan dollar secara online. Menarik bukan?

9. Pilot

Pekerjaan yang menghasilkan jasa dan banyak diminati adalah pilot. Pilot bertugas sebagai pengemudi pesawat terbang.

Pilot juga bertugas mengoperasikan pesawat dengan aman dan bertanggung jawab atas kru pesawat lainnya.

10. Nahkoda

Nahkoda adalah pemimpin kapal yang merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Nahkoda sering disebut dengan istilah kapten.

Nahkoda merupakan orang yang memegang komando tertinggi di atas kapal. Nahkoda bertanggung jawab atas keselamatan para pelayar yang ada di atas kapal.

Berbeda dengan juru mudi kapal, nahkoda bukan yang mengemudikan kapal. Juru mudi kapal berada di bawah atau bawahan dari nahkoda.

masinis

11. Masinis

Masinis merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan tugas bertanggung jawab dalam menjalankan kereta api.

Selain bertugas untuk mengoperasikan kereta api, masinis juga bertanggung jawab sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api.

12. Pramugari atau Pramugara

Pramugari merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa sebagai staff atau karyawan yang bertugas melayani penumpang di pengangkutan umum baik udara, darat, maupun laut.

Pramugari sebutan bagi perempuan sementara pramugara untuk laki-laki. Tidak sedikit masyarakat bercita-cita menjadi seorang pramugari atau pramugara khususnya di pesawat.

13. Pengacara

Pengacara adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa di bidang hukum. Pengacara memberikan layanan kepada klien dalam menangani kasus hukum.

Pengacara merupakan profesi yang menawarkan jasa hukum di dalam maupun di luar pengadilan.

14. Hakim

Hakim merupakan orang yang memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin dalam persidangan.

Hakim adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa. Seorang hakim bertugas untuk menjalankan tugas peradilan atau yudisial di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama, atau Peradilan Tata Usaha Negara.

15. Pemandu Wisata

Pemandu wisata atau yang sering kali disebut tour guide merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa di bidang pariwisata.

Pemandu wisata memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mendampingi wisatawan dan memberikan petunjuk kepada wisatawan tersebut.

Menjadi seorang pemandu wisata membutuhkan keahlian bahasa yang baik dan juga pengetahuan umum yang luas.

16. Polisi dan Tentara

Polisi dan tentara merupakan aparatur negara yang memiliki tugas untuk memberikan rasa aman kepada seluruh rakyat Indonesia.

Khususnya tentara yang memiliki tanggung jawab dalam melindungi dan menjaga keutuhan negara dari berbagai macam ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri.

Sebenarnya masih banyak sekali profesi atau pekerjaan yang menghasilkan jasa yang ada di Indonesia.

Untuk membedakan antara pekerjaan yang menghasilkan jasa dan barang dapat anda perhatikan dari hasil pekerjaan tersebut. Apakah menghasilkan sebuah barang atau jasa.

Namun profesi di atas juga memberikan anda yang sedang mencari informasi mengenai rekomendasi pekerjaan di bidang jasa yang memiliki peluang besar kedepannya.

Tentunya hal terpenting dan modal utama yang harus dimiliki untuk peluang karir yang lebih baik adalah memiliki kemauan, pendidikan, dan keterampilan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Baca terus informasi lainnya hanya di website Tedas.id ya!

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *