Pansos: Pengertian, Ciri dan Contohnya Di Kehidupan Nyata

Pansos Adalah – Mungkin Anda masih belum mengerti tentang arti apa itu pansos. Di era seperti ini pasti Anda sering menemukan kata pansos di media sosial.

Nah pansos adalah panjat sosial. Panjat sosial disini diartikan sebagai kegiatan untuk menaikan status atau ketenaran di sosial dengan bergaul atau melakukan kegiatan yang mengundang perhatian orang.

Pansos sebenarnya bukan kosa kata baru lagi di era seperti ini, bahkan kata pansos sendiri sudah ada sejak dulu. Namun baru akhir-akhir ini saja kata pansos kembali viral karena banyak yang menggunakan istilah gaul ini pada masalah di sosial media.

Apa Itu Pansos?

Apa Itu Pansos

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika pansos adalah suatu kegiatan atau cara yang dilakukan oleh orang di sosial media untuk menarik perhatian orang lain, untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, dan juga untuk mendapatkan kepopuleran di sosial media.

Baca Juga  Etiologi: Pengertian dan 4 Contoh Dalam Kedokteran

Dalam bahasa Inggris, pansos dikenal dengan Social Climber. Kebanyakan dari pansos ini dilakukan oleh anak muda atau remaja di sosial media dengan tujuan bisa mendapatkan kepopuleran pada akun sosial media yang mereka miliki.

Ciri-Ciri Pansos Adalah Sebagai Berikut

Ciri-Ciri Pansos
Bagi Anda yang masih belum mengerti mengenai apa itu pansos berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa ciri-ciri dari orang yang pansos sehingga Anda bisa lebih mengerti.

* Selalu menunjukan kelebihan yang dimiliki

* Merasa paling pintar dibandingkan orang lain

* Membuat sesuatu yang kontroversial agar viral

* Sering berkomentar di luar pembahasan

* Membuat cAndaan yang terkesan berlebihan padahal keadaan sedang serius

* Bertingkah layaknya anak-anak

* Membuat postingan yang mengandung hal negatif cenderung bodoh

Contoh Kasus Pansos Di Kehidupan Nyata

Contoh Kasus Pansos Di Kehidupan Nyata
Sebenarnya pansos adalah sekarang bisa kita temukan dengan mudah di sekitaran hidup kita, terutama di sosial media seperti instagram, facebook dan juga twitter bahkan juga bisa kita temui di kehidupan nyata dan berikut di bawah ini adalah contoh kasus pansos si kehidupan nyata:

Baca Juga  Mau Koneksi Gratis? Coba 3 Cara Menggunakan Psiphon Pro Ini

Apakah Anda masih ingat dengan kejadian dosen yang iseng membuat sebuah video yang berisi perkelahian dari seorang pria dengan orang di zebra cross Mh Thamrin Jakarta Pusat?

Nah setelah diselidiki ternyata video tersebut adalah rekayasa alias settingan. Nah hal tersebut bisa dikatakan sebagai pansos karena mengejar ketenaran dan juga menarik perhatian orang lain.

Akhirnya karena ulah dari dosen tersebut yang hanya sekedar iseng bisa membuatnya terancam masuk penjara dengan hukuman 10 tahun. Hal itu karena telah membuat dan juga menyebarkan kabar bohong alias hoax.

Contoh Kasus Pansos Di Sosial Media

pansos media sosial
Sebenarnya untuk kasus pansos di sosial media ini lebih sering dan banyak terjadi ketimbang kasus pansos di kehidupan nyata.

Misalnya saja akhir-akhir ini facebook tengah heboh dengan postingan challenge gundul atau botak jika postingan tersebut tembus 10 ribu komentar, hal ini tergolong ke dalam pansos karena mengejar ketenaran.

Contoh kasus pansos lainnya adalah seperti kebanyakan thread di Twitter yang biasanya berisi dengan suatu kejadian menghebohkan dan menggemparkan masyarakat dunia maya, padahal cerita tersebut tidak pernah terjadi alias hanya karangan saja.

Masih banyak kasus pansos yang bisa kita temukan di sosial media. Intinya semua yang mengejar ketenaran dan kepopuleran di sosial media dengan melakukan hal-hal tidak penting serta cenderung ngawur bisa dikatakan sebagai pansos. Karena arti pansos adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengejar kepopuleran dan menaikan derajat sosial.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *