10 Palung Terdalam di Dunia Salah Satunya Ada Di Indonesia

Palung Terdalam di Dunia – Laut menjadi salah satu bagian dunia yang memiliki keindahan tiada tara. Setiap laut yang ada di dunia mempunyai keunikan dan keindahannya masing-masing.

Hal inilah yang membuat setiap laut mempunyai daya tarik tersendiri karena keunikannya tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika laut menjadi destinasi wisata populer di seluruh dunia.

Salah satu bagian dari laut atau samudera adalah palung. Palung ini merupakan bagian paling dasar dan paling dalam dari sebuah samudera. Di dunia ini ada banyak sekali palung yang tersebar di berbagai belahan dunia. Bagi Anda yang tertarik dengan ilmu kelautan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama palung tersebut.

Dasar dari sebuah palung selalu mampu menarik para peneliti untuk mengeksplor lebih dalam agar dapat menemukan keindahan palung yang belum terjamah oleh tangan manusia. Keindahan bawah air yang menakjubkan menjadi satu dari sekian banyak alasan mengapa banyak orang tertarik untuk meneliti palung.

Mengenal 10 Palung Terdalam di Dunia

palung terdalam

Di setiap samudera yang ada di dunia selalu ada palung dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Berikut ini adalah sepuluh palung terdalam di dunia yang wajib Anda ketahui.

1. Palung Mariana

Palung Mariana merupakan palun terdalam nomor satu yang ada di dunia. Lokasi palung ini berada di Samudera Pasifik, tepatnya di Challenger Deep.

Palung Mariana memiliki kedalaman 11.033 meter di bawah permukaan laut dan permukaan sepanjang 2.550 km. Lokasinya dekat denga Pulau Mariana yang berada diantara Jepang dan Australia.

Baca Juga  5 Fakta Menarik Gurun Gobi, Gurun Terluas di Asia

2. Palung Tonga

Palung Tonga menjadi palung terdalam kedua setelah Palung Mariana dan letaknya juga berada di Samudera Pasifik. Palung Tonga ini memiliki kedalaman 10.882 meter di bawah permukaan laut. Palung ini sudah beberapa kali berhasil dieksplorasi oleh manusia.

3. Palung Kuril

Masih berada di Samudera Pasifik, Palung Kuril memiliki kedalaman 10.500 meter di bawah permukaan laut. Lokasinya berada di antara Pulau Kuril dan juga pesisir Kamchatka.  Palung Kuril adalah penyebab dari terjadinya aktivitas vulkanik dasar laut di sekitaran daerah ini.

4. Palung Filipina

Palung Filipina memiliki kedalaman 10.054 meter di bawah permukaan laut. Palung ini dinobatkan sebagai palung terdalam nomor empat di dunia dan lokasinya juga berada di Samudera Pasifik.

5. Palung Kermadec

Palung Kermadec berada di Samudera Pasifik dan memiliki kedalaman 10.047 meter di bawah permukaan laut serta memiliki permukaan sepanjang 1000 km. Bagian ujung dari palung ini menyatu dengan Louisville Seamount Chain atau yang biasa disebut dengan pegunungan bawah laut Louisville.

6. Palung Puerto Rico

apa itu palung
Palung Puerto Rico letaknya berada di Samudera Atlantik dan memiliki kedalaman 8.800 meter di bawah permukaan laut dan permukaan sepanjang 800 km. Kehadiran Palung Puerto Rico menjadi penyebab terjadinya bencana tsunami dan juga gempa bumi yang kerap terjadi di wilayah ini.

Gempa bumi terparah yang pernah muncul ada pada tahun 1953 dimana kekuatan gempa bumi tersebut mencapai 8.1 skala Ricther. Usaha pemetaan Palung Puerto Rico masih berlangsung hingga saat ini.

7. Palung South Sandwich

Palung South Sandwich berada di Samudera Atlantik dan memiliki kedalaman 8.428 meter di bawah permukaan laut serta permukaan sepanjang 956 km. Tidak hanya itu, palung ini menjadi palung yang paling mencolok di dunia dan diasosiasikan dengan vulkanik aktif.

Baca Juga  10 Gurun Terluas di Dunia, Salah Satunya di Kutub Selatan

8. Palung Romanche

Palung Romanche memiliki kedalaman 7.760 meter di bawah permukaan laut dengan permukaan sepanjang 300 km dan letaknya berada didekat garis ekuator. Palung Romanche berada di Samudera Atlantik dan memainkan fungsi krusial dalam distribusi air di bagian Atlantik.

9. Palung Jawa

Palung Jawa atau palung Sunda letaknya berada di Negara tercinta Indonesia di Samudera Hindia dan memiliki kedalaman 7.725 meter di bawah permukaan laut.

Palung ini dinobatkan sebagai palung terdalam di Samudera Hindia. Lokasinya berada dekat dengan Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan juga Kepulauan Andaman.

10. Lembah Eurasia

Lokasi Lembah Eurasia berada di bawah perairan Laut Arktik dengan kondisi membeku. Lembah Eurasia ini memiliki kedalaman 5.450 meter di bawah permukaan laut dengan permukaan sepanjang 350 km. Palung ini menjaid titik paling dalam di Samudera Arktik dan masuk ke dalam daftar 20 laut paling dalam di dunia.

Itulah penjelasan mengenai 10 palung terdalam di dunia yang bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda. Sebagai palung terdalam di dunia peringkat pertama, Palung Mariana tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi para peneliti. Hal inilah yang membuat banyak orang berani mengambil resiko untuk meneliti Palung Mariana ini.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Palung Mariana adalah bentuknya yang seperti bulan sabit. Tentunya bentuk tersebut sangat unik karena tidak ada palung lain yang memiliki bentuk seperti bulan sabit. Selain itu, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa diteliti dari Palung Mariana ini.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *