Nilai Moral: Pengertian, Jenis dan Contoh Dalam Kehidupan

Nilai Moral – Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial. Karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial tersebut tentu saja manusia juga dituntut untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Salah satu hal yang sering dikaitkan antara bersosialisasi dengan manusia adalah nilai moral. Tentu saja saat kita bersosial, kita tidak bisa mengaturnya sendiri atau membuat peraturan sendiri. Ada peraturan yang telah berlaku dan harus anda patuhi. Selain peraturan tertulis, ada peraturan sosial yang harus anda patuhi juga.

Peraturan sosial disini mempunyai artian peraturan yang tidak tertulis di peraturan pada umumnya. Contohnya seperti nilai moral.

Nilai moral sangat penting untuk anda terapkan di kehidupan bersosial masyarakat anda. Nilai moral menjadi pedoman kehidupan bagi manusia untuk berperilaku yang benar. Kali ini saya akan membahas apa itu nilai moral lebih rinci lagi. Lalu apa itu nilai moral sebenarnya?

Pengertian Nilai Moral

Pengertian Nilai Moral

Nilai moral (moral values) secara harfiah memiliki arti nilai-nilai yang berkaitan dengan perilaku manusia yang baik dan buruk yang dijadikan sebagai pedoman hidup manusia.

Nilai moral adalah sesuatu hal yang dapat dijadikan pendorong manusia untuk melakukan sesuatu atau bertindak yang menjadi pedoman kehidupan manusia.

Sedangkan menurut ahli filsafat, Nicolaus Driyarkara, nilai moral adalah suatu gambaran objektif terhadap tindakan manusia dalam menjalankan rutinitas kehidupannya.

Baca Juga  Pengertian Budaya: Unsur-unsur, Fungsi dan Jenisnya

Hal ini menjurus pada kegiatan atau tindakan manusia yang memiliki nilai positif. Dari penjelasan secara umum dan menurut ahli filsafat, bisa kita simpulkan bahwa nilai moral menjadi pedoman untuk manusia bertindak baik atau buruk.

Jenis Jenis Nilai Moral

Jenis Jenis Nilai Moral
Berdasarkan jenisnya, nilai moral memiliki 2 jenis, yaitu nilai moral baik dan juga nilai moral buruk. Apa perbedaan dari kedua nilai moral tersebut? Agar Anda lebih paham lagi, berikut sudah saya tuliskan apa saja pengertian dan perbedaan dari masing-masing jenis nilai moral tersebut.

1. Nilai Moral Baik

Nilai moral baik seringkali dikaitkan dengan harapan dan tujuan hidup manusia dalam berperilaku. Secara umum, nilai moral baik dapat dilihat dari kaidah sosial masyarakat yang mana bisa tahu mana itu yang baik dan buruk.

Contoh nilai moral baik adalah; ketika kita membantu sesama manusia. Membantu orang yang sedang berada dalam kesusahan adalah suatu nilai moral yang baik.

Baca Juga  Deforestasi: Fakta, Penyebab dan Solusi Menanganinya

2. Nilai Moral Buruk

Nilai moral buruk bekerja sebaliknya dengan nilai moral baik. Nilai moral buruk memiliki nilai yang tidak benar dan tidak sesuai dengan harapan dan tujuan hidup manusia.

Nilai moral buruk justru menyimpang dari peraturan tertulis dan sosial yang dapat membuat berbagai masalah di sosial masyarakat. Selain itu, nilai moral buruk juga dapat memberikan sanksi sosial bagi mereka yang melakukan tindakan tidak benar. Contoh; tindakan mencuri dan korupsi adalah bentuk nilai moral buruk. Karena merugikan bagi orang lain.

Contoh Nilai Moral Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Contoh Nilai Moral Dalam Kehidupan Bermasyarakat
Terakhir saya akan membagikan contoh dari nilai moral dalam kehidupan bermasyarakat. Antara nilai moral dengan norma ini sering dianggap sama, namun sebenarnya ada perbedaan nilai moral dengan norma tersebut, yaitu jika nilai moral adalah ajaran tentang baik dan buruk sementara untuk norma adalah peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat tersebut.

1. Bicara Sopan Kepada Orang Lain

Contoh nilai moral baik adalah selalu berbicara sopan kepada orang yang lebih tua dari kita. Misalnya kita bicara dengan sopan kepada orang tua, guru atau orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya.

Namun kita juga sadar tentunya jika dalam penerapannya sangat sulit, terbukti dengan masih ada banyak orang yang berbicara kasar kepada orang tua mereka. Mereka yang bicara dengan kasar kepada orang yang lebih tua adalah contoh dari nilai moral buruk.

2. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Berikutnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Dalam lingkungan sekitar kita tentu saja sudah tersedia tempat sampah yang terkadang juga sudah dibagi antara sampah organik dan juga non organik.

Sampah organik adalah daun atau ranting pohon, sampah organik ini bisa terurai dengan sendirinya. Sementara untuk sampah non organik adalah sampah yang tidak bisa terurai dengan sendirinya. Membuang sampah pada tempatnya selain menjaga lingkungan sekitar juga termasuk contoh dari nilai moral baik.

3. Korupsi

Baca Juga  Netizen: Pengertian, Arti, dan Jenis-Jenisnya

Korupsi adalah tindakan dari seseorang yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi dengan cara memanfaatkan wewenang atau kekuasaan yang mereka miliki.

Misalnya adalah tindakan memanfaatkan keuangan suatu perusahaan atau negara untuk digunakan memenuhi keperluan pribadi miliknya.

Dari kasus ini tentu saja bisa kita pastikan jika tindakan korupsi adalah salah satu contoh nilai moral yang buruk. Karena merugikan orang lain untuk keuntungan pribadi.

Sayangnya di Indonesia sendiri kasus korupsi hampir terjadi setiap tahunnya. Uang untuk korupsi pun bernilai tinggi yang jika dimanfaatkan dengan benar tentu saja akan bermanfaat untuk bangsa Indonesia, namun karena adanya tindakan korupsi tersebut akhirnya dana tidak terpakai dengan baik dan benar.

4. Mengantri Dengan Tertib

Memang mengantri atau menunggu giliran dengan tertib adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

Namun dalam praktiknya, mengantri dengan tertib jarang sekali bisa dilakukan. Terbukti dengan banyaknya kasus penyerobotan nomor antrian yang dilakukan oleh orang-orang.

Tindakan menyerobot antrian orang lain tersebut adalah salah satu contoh nilai moral buruk. Untuk itu budayakan untuk mengantri dengan tertib untuk mempraktikkan nilai moral yang baik.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *