Netizen: Pengertian, Arti, dan Jenis-Jenisnya

Netizen – Perkembangan teknologi yang semakin cepat di Indonesia membuat banyak orang harus bisa mengimbangi perkembangan ini dengan cara mengembangkan kemampuan. Selain itu saat ini sudah masuk zaman globalisasi dan juga era Masyarakat Ekonomi Asean.

Dengan begitu tentu saja kemampuan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. selain memiliki kemampuan atau keterampilan, menyaring informasi juga dibutuhkan karena banyak sekali informasi yang tersebar luas di sekitar kita mengharuskan kita untuk selalu hati-hati dalam memilih mana informasi yang benar.

Untuk anda yang sering berselancar di internet atau bahkan bisa dibilang sangat aktif dalam bermain sosial media tentu saja sudah tidak asing lagi dengan kata netizen. Kata netizen semakin marak digunakan di era sosial media seperti sekarang.

Walaupun begitu apakah anda tahu apa arti netizen? Untuk anda yang masih belum mengerti apa arti netizen, silahkan anda simak ulasan saya di bawah ini karena sudah saya jelaskan secara lengkap untuk anda.

Apa Arti Netizen?

Arti Netizen

Netizen adalah kata yang merupakan gabungan dari kata lainnya yaitu Internet dan juga Citizen. Jadi netizen artinya adalah kata yang digunakan untuk mengungkapkan atau menggambarkan orang-orang yang aktif dan terlibat dalam komunitas atau sosial media secara online. Arti netizen ini juga bisa dilibatkan sebagai orang yang memiliki minat dan juga terlibat sangat aktif dalam lingkungan internet.

Jadi dapat kita simpulkan jika netizen merupakan user atau pengguna internet aktif yang berkomunikasi, berkolaborasi, mengeluarkan pendapat di sosial media atau di internet. Pengguna facebook, instagram, blogger, pengguna twitter dan juga para aktivis sosial media lainnya juga termasuk ke dalam netizen.

Jika ada pengguna yang hanya sesekali membuka internet, misalnya hanya untuk menerima dan mengirim email, maka belum bisa dikatakan sebagai netizen. Karena netizen adalah orang yang aktif di internet dan forum online lainnya.

Baca Juga  Lisensi: Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Seiring dengan berkembangnya internet dan teknologi di Indonesia, netizen memiliki julukan lain seperti cyber netizen yang memiliki arti sama seperti penjelasan umum mengenai arti netizen. Perlu anda ketahui jika sebenarnya arti netizen sudah ada sejak tahun 1990an lalu. Menurut Michael F. Hauben, tentang Netizen:

“Selamat datang pada abad 21. Anda merupakan Netizen atau seorang penduduk internet dan anda juga hadir menjadi warga di dunia ini. Semua ini karena konektivitas global yang dapat diwujudkan oleh internet

Anda akan memandang semua orang menjadi warga negara anda. Secara fisik mungkin anda sedang berada atau menjadi warga negara suatu negara, namun anda sedang berhubungan dengan orang lain di belahan dunia dengan jaringan internet.

Secara virtual, anda hidup sekaligus bersebelahan dengan Netizen lainnya di dunia. Perpisahan geografis sekarang sudah tergantikan dengan keberadaan dunia virtual yang sama.”

Pertanyaan dari Michael F. Hauben tersebut tentu saja bisa kita simpulkan bahwa, semua wujud interaksi di internet dan juga jaringan komputer yang bisa memungkinkan sekaligus memposisikan layaknya suatu negara yang tidak bisa membatasi keterbatasan waktu hingga jarak sekalipun untuk para pengguna internet yang diposisikan menjadi warga negara di internet

Saat ini tentu saja kalian sudah bisa menikmati semua hasil yang diberikan jaringan komputer. Bahkan kalian juga bisa memanfaatkan jaringan komputer untuk kehidupan sehari-hari.

Peran Netizen Di Indonesia

netizen artinya

Di Indonesia sendiri muncul banyak blogger yang mempunyai konten dimana dalam konten tersebut bisa berupa teks atau tulisan, suara atau video di dalam blog mereka. Hal itu tentu saja memancing banyak netizen untuk dapat menyalurkan aspirasi, pendapat dan juga informasi lainnya kepada para netizen lain yang tentu saja jumlahnya semakin banyak setiap harinya.

Para netizen juga bisa menggerakan masa yang banyak dengan sangat mudah. Dengan hanya bermodalkan saling membagikan konten yang ada di sosial media saja, sehingga manfaat yang bisa didapatkan adalah kemudahan arus komunikasi sampai di tujuan, tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Munculnya sosial media dan juga forum-forum di internet menjadi bukti jika keberadaan netizen di Indonesia ini tidak akan pernah ada habisnya dan malah semakin banyak, semakin bertambah setiap harinya.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Bayangkan saja sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok, banyak orang yang menggunakan internet hanya untuk hiburan atau ada juga yang menggunakan internet untuk mendapatkan uang tambahan.

Contoh netizen adalah ketika perayaan Torch Relay Asian Games tahun 2018 lalu, dimana pemerintah dan juga pihak penyelenggara berharap kepada Netizen Indonesia untuk mempengaruhi keberlangsungan acara tersebut dengan cara membagikan informasi positif kepada masyarakat lainnya.

Pemerintah juga ikut mengundang puluhan netizen yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia untuk membangun komunikasi satu sama lain yang lebih luas dan juga bersinergi secara positif.

Jenis-Jenis Netizen

Jenis-Jenis Netizen

Setelah anda mengetahui arti netizen, selanjutnya akan saya bagikan beberapa klasifikasi dari netizen berdasarkan jenis-jenisnya.

Jenis netizen ini dikelompokkan berdasarkan perilaku atau sifat mereka ketika sedang berinteraksi di forum online atau sosial media. Pokoknya perilaku mereka ketika sedang berselancar di Internet.

1. Stalking

Jenis netizen yang pertama adalah netizen stalking, dimana netizen ini memiliki tingkat penasaran yang tinggi. Para netizen stalking tidak akan bisa seharian tanpa melakukan aktivitas stalking ke akun-akun sosial media lainnya.

Biasanya netizen ini akan stalking ke akun sosial media orang yang dicintai seperti kekasih atau mantan pacarnya. Biasanya netizen stalking ini akan memantau akun beberapa sosial media secara diam-diam. Pokoknya jangan sampai ketahuan sama pemilik akun sosial media yang sedang di stalking.

2. Netizen Senang Berdebat

Jenis netizen berikutnya adalah netizen yang senang berdebat. Tidak semua netizen memiliki sisi positif, karena ada juga netizen dengan sifat yang buruk yaitu suka debat dan sering menggunakan internet menjadi tempat debat mereka.

Mulai dari adu argumen tentang politik, tentang negara hingga berdebat karena membela artis idola mereka. Tipe netizen seperti ini biasanya akan menggunakan akun palsu saat berdebat di forum internet.

Baca Juga  Implikasi: Arti, Jenis dan Contoh Kasusnya

3. Netizen Out Of Topic

Tipe netizen terakhir adalah netizen out of topic. Out of topic artinya keluar dari topic yang sedang dibicarakan. Misalnya saja ada suatu postingan yang membahas tentang topik tertentu, namun ternyata ada netizen atau pengguna internet yang memberikan tanggapan atau komentar yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan postingan tersebut.

Inilah yang sering disebut dengan netizen out of topic. Netizen out of topic ini biasanya akan berkomentar untuk pansos atau panjat sosial agar dilirik oleh netizen lainnya.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai arti netizen, dan juga jenis-jenis netizen. Yang terpenting dalam menjadi netizen adalah jangan pernah membuat keributan, berkomentar rasis atau sara dan yang menyinggung orang lain ketika berada di forum internet.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *