7 Contoh Mind Mapping: Pengertian dan Cara Membuatnya

Contoh Mind Mapping – Memahami atau menghafal suatu materi memang membutuhkan waktu. Waktu yang dibutuhkan setiap orang dalam memahami serta menghafal suatu materi sangat tergantung dari kemampuan masing-masing individu. Beberapa individu dikaruniai kemampuan yang baik dalam menerima maupun memahami suatu materi. Namun tidak sedikit juga yang merasa kesulitan untuk melakukannya.

Proses belajar akan terhambat apabila seseorang memiliki masalah atau mengalami kesulitan dalam memahami atau menghafal suatu materi, terutama bagi pelajar.

Karena itulah dibutuhkan suatu solusi yang dapat membantu orang-orang atau pelajar yang memiliki masalah dalam menghafal, menerima maupun memahami suatu materi pelajaran. Salah satunya adalah mind mapping.

Pengertian Mind Mapping dan Manfaatnya

mind mapping adalah
Mind mapping atau mind map adalah sebuah solusi bagi orang-orang yang memiliki masalah atau kendala dalam menghafal maupun memahami sebuah materi. Secara umum, mind mapping merupakan sebuah metode pengelolaan informasi secara keseluruhan yang diwujudkan melalui pemetaan pikiran yang berbentuk percabangan.

Mind mapping yang umumnya berupa suau percabangan dari bagan-bagan ini bermanfaat untuk mempermudah proses pengingatan dan pencatatan karena hanya menggunakan kata-kata kunci yang singkat namun padat. Dengan mind mapping, seseorang akan mengingat suatu informasi utama karena tema utama telah terdefinisi dengan jelas di bagian tengah mind mapping.

Baca Juga  Integritas: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya

Mind mapping dapat dituangkan ke dalam media tulis maupun media digital. Mind mapping yang juga dikenal oleh sebagai pemetaan pikiran ini memiliki banyak pengertian. Berikut pengertian mind mapping menurut beberapa ahli:

1. Tony Buzan

Menurut Tony Buzan, mind mapping adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kegiatan berpikir seseorang yang pada awalnya hanya satu arah menjadi ke segala arah. Mind mapping menurut Tony Buzan juga dapat mengembangkan cara berfikir seseorang menjadi bercabang-cabang dan kreatif dalam berbagai sudut pandang.

Mind mapping atau pemetaan pikiran juga sering disebut sebagai peta konsep yaitu sebuah alat berpikir yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari termasuk untuk memahami materi pelajaran maupun hal lain. Mind mapping adalah cara termudah untuk menyimpan sebuah informasi tetapi juga sangat mudah untuk mengambil kembali informasi tersebut saat dibutuhkan.

Mind mapping memiliki banyak fungsi mulai dari melatih komunikasi, membuat seseorang menjadi lebih fokus, merencanakan target, menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat serta masih banyak lagi fungsi lainnya.

2. Melvin L Sliberman

Menurut Melvin L Sliberman, mind mapping adalah sebuah cara berfikir murid-murid yang memiliki kreativitas tinggi untuk menghasilkan ide-ide dalam pelajaran atau materi yang sedang dipelajari, mencatat materi pelajaran maupun dalam perencanaan sebuah penelitian baru yang dilakukan secara kreatif.

3. Caroline Edward

Pemetaan pikiran atau mind mapping menurut Caroline Edward adalah sebuah cara yang paling efektif dan efisien untuk memasukkan atau menyimpan serta mengeluarkan data atau informasi dari otak.

Menurut Caroline Edward, sistem mind mapping merupakan sistem alami dalam sistem otak manusia agar potensi serta kapasitas otak dapat dioptimalkan.

4. Bobby de Porter dan Mike Hernacki

Suatu teknik mencatat informasi dalam bentuk yang kreatif dan efektif adalah pengertian mind mapping menurut Bobby de Porter dan Mike Hernacki. Dengan menggunakan mind mapping, seseorang pelajar dapat mengembangkan potensi otaknya secara seimbang baik itu otak kiri maupun otak kanan.

5. Bobby de Porter

Bobby de Porter berpendapat bahwa mind mapping adalah proses pemanfaatan dari fungsi otak yang ditambah atau dikombinasikan dengan citra visual serta grafis dalam memperoleh informasi. Tujuan mind mapping adalah untuk memasukkan suatu informasi ke dalam otak yang melibatkan bantuan dari otak kiri dan otak kanan dalam pengolahan informasi.

Jenis-jenis Mind Mapping

cara membuat mind mapping
Mind mapping atau mind map dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu mind map silabus, mind map bab dan mind map paragraf. Mind mapping silabus atau yang disebut juga sebagai mind map makro adalah jenis mind mapping yang akan membantu memberikan gambaran tentang apa saja yang dipelajari. Mind mapping ini umumnya dibuat dengan ukuran besar yang kemudian ditempel di dinding.

Mind map bab adalah mind mapping yang dibuat dari rangkaian bab yang telah dipelajari namun hanya menyertakan bagian atau poin-poin pentingnya saja. Dengan kata lain, informasi yang dicantumkan pada mind map bab ini telah diringkas sedemikian rupa menyisakan garis besarnya saja sehingga informasi yang tercantum di dalamnya dapat diingat dengan mudah.

Mind map paragraf adalah mind mapping yang menyediakan informasi secara lengkap yang mencakup ringkasan setiap bab serta detail penjelasannya. Mind map paragraf ini memiliki keuntungan yaitu dapat dibuat di buku teks kecil sehingga lebih mudah untuk di bawa ke manapun.

Contoh Mind Mapping

mind mapping kreatif

Pada dasarnya, mind mapping merupakan suatu bagan yang menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal yang lain. Fungsi mind mapping dalam membantu memahami suatu materi tidak hanya berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah tetapi juga dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah ide, laporan pekerjaan, rancangan proyek dan masih banyak lagi.

Mind mapping adalahsebuah penjabaran yang unik dari suatu teori atau materi. Untuk membuat mind mapping, dibutuhkan kreativitas yang tinggi agar mind mapping yang dihasilkan menjadi unik dan menarik untuk dibaca.

Dengan mind mapping yang menarik untuk dibaca, mind mapping tersebut akan dapat membantu Anda dalam mengerti serta memahami suatu materi. Berikut beberapa contoh mind mapping yang dapat dijadikan inspirasi bagi Anda:

1. Mind mapping pohon

Pohon merupakan salah satu model yang dapat digunakan sebagai dasar dalam membuat mind mapping. Mind mapping pohon adalah contoh mind mapping yang menggunakan pohon sebagai konsep. Hubungan antara tema utama dan tema turunan pada mind mapping bentuk pohon dapat dilihat dengan jelas dari hubungan antara batang utama dengan ranting-ranting pada pohon.

Dengan kata lain, batang pohon adalah tempat yang tepat untuk meletakkan tema utama yang akan dijadikan sorotan. Sedangkan ranting-ranting pohon maupun dedaunan yang berhubungan dengan batang utama pohon adalah tema-tema turunan atau sub pembahasan yang memiliki hubungan erat dengan tema utama yang terletak pada batang pohon.

Mind mapping berbentuk pohon termasuk contoh mind mapping yang mudah untuk dibuat siapa saja sehingga sering kali dibuat. Hal ini karena menggambar pohon bukanlah perkara sulit yang umumnya dapat dilakukan oleh sebagian besar orang.

Agar mind mapping berbentuk pohon menjadi lebih menarik serta lebih mudah untuk dipahami, Anda dapat memberikan warna-warna yang berbeda pada setiap tema turunan. Selain membuat mind mapping pohon menjadi lebih menarik, warna-warna yang berbeda juga dapat membuat mind mapping menjadi lebih kaya dan tidak membosankan untuk dilihat.

Meski penggunaan disarankan untuk menggunakan banyak warna yang berbeda, namun jangan lupakan warna asli pohon yaitu cokelat dan hijau.

Baca Juga  7 Pengertian Hak Asasi Manusia, Apa Kamu Tahu Salah Satunya?

2. Mind mapping sekolah

Materi sekolah yang begitu banyak seringkali membuat pelajar merasa kesulitan untuk mengikuti semua mata pelajaran. Terlebih bagi siswa atau pelajar dengan kemampuan yang pas-pasan dalam belajar. Karena itulah penggunaan mind mapping sebagai sarana belajar sangat disarankan.

Pembuatan mind mapping kreatif yang melibatkan otak kiri dan kanan akan membuat proses belajar menjadi lebih efektif serta efisien. Selain itu, pembuatan contoh mind mapping yang menuntut pelajar untuk menulis materi-materi pelajaran yang diberikan guru secara singkat dan padat juga dapat memudahkan pelajar dalam mengingat.

Pada dasarnya, contoh mind mapping dapat dibuat sesuai dengan preferensi atau keinginan pembuatnya. Namun agar lebih mudah diingat, disarankan untuk membuat mind mapping yang sesuai dengan tema dari suatu materi atau teori. Misalnya, jika Anda ingin membuat mind mapping untuk mata pelajaran IPA, sebaiknya Anda menggunakan konsep alam saat Anda membuat mind mapping.

Dengan menyesuaikan desain mind mapping dengan tema materi yang akan disampaikan, pelajar akan lebih mudah untuk mengerti berbagai materi pelajaran sekolah yang umumnya sangat banyak. Namun, perlu diperhatikan bahwa mind mapping yang baik tidak cukup dengan desain yang bagus, tetapi juga penyampaian informasi yang singkat serta padat pada mind mapping tersebut.

Materi sekolah yang begitu banyak sering kali menjadi tantangan yang harus dihadapi pelajar saat akan membuat contoh mind mapping. Dengan materi yang begitu banyak, pelajar harus memiliki kreativitas dalam membuat mind mapping. Sangat disarankan bagi pelajar untuk membuat mind mapping dengan detail yang simpel dan melibatkan banyak warna di dalamnya.

Desain mind mapping unik yang sederhana dan berwarna-warni sangat cocok bagi pelajar. Desain yang sederhana pada mind mapping akan memudahkan pelajar untuk membaca serta memahami materi yang ada di dalamnya, sedangkan penggunaan banyak warna yang berbeda akan membuat mind mapping terlihat lebih menarik sehingga pelajar tak akan enggan untuk membacanya.

3. Mind mapping bisnis

Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbisnis. Karena itulah bisnis menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia. Bagi pelaku bisnis, konsep-konsep tentang bisnis sangatlah penting sehingga pada umumnya para pelaku bisnis membuat konsep bisnis. Mind mapping adalah salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mengungkapkan konsep bisnis.

Melalui contoh mind mapping, konsep-konsep bisnis dapat digambarkan dengan jelas dan padat, praktis serta lebih simpel. Selain dapat digunakan untuk mengungkapkan konsep bisnis, mind mapping juga dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang laporan suatu proyek. Dengan mind mapping, laporan suatu proyek akan lebih mudah untuk dipahami.

Contoh mind mapping juga dapat digunakan untuk membuat sistematika bisnis. Dengan mind mapping, pemaparan materi dapat dilakukan dengan lebih rapi, runtut dan sistematis.

4. Mind mapping cita-cita

Merencanakan masa depan adalah hal yang penting dalam kehidupan. Dengan adanya perencanaan masa depan, seseorang akan memiliki tujuan hidup yang lebih jelas karena adanya target yang ingin dicapai.

Perencanaan masa depan ini dapat diuraikan secara singkat melalui contoh mind mapping cita-cita. Dengan adanya mind mapping cita-cita, Anda akan lebih giat dalam mengejar cita-cita.

5. Mind mapping globalisasi

Salah satu contoh mind mapping adalah mind mapping globalisasi. Globalisasi merupakan isu dunia yang terus menjadi bahan perbincangan. Karena globalisasi, perpindahan informasi menjadi semakin cepat serta banyak terjadi perubahan dalam berbagai hal. Perubahan akibat globalisasi salah satunya adalah pola kehidupan serta kultur masyarakat.

Dengan kata lain, globalisasi membawa banyak sekali dampak bagi kehidupan makhluk di bumi. Artinya, ada banyak sekali hal yang perlu dipelajari tentang globalisasi sehingga untuk mempelajaridan memahaminya dibutuhkan banyak waktu. Namun, Anda bisa mempermudah proses belajar Anda yang berhubungan dengan materi globalisasi dengan menggunakan mind mapping.

Meskipun ada banyak materi terkait globalisasi yang dapat dipelajari, namun dengan menggunakan mind mapping Anda dapat mempersingkat informasi tentang globalisasi tersebut menjadi lebih ringkas namun tetap padat dan jelas. Dengan materi yang disajikan secara ringkas dan menarik melalui mind mapping, Anda pun akan lebih mudah untuk memahaminya.

Untuk membuat mind mapping yang bertema globalisasi, Anda perlu melakukan pengelompokkan materi terlebih dahulu. Setelah mengelompokkan materi, Anda dapat merancang mind mapping sesuai dengan yang diinginkan termasuk memberikan cabang-cabang pada bahasan sub tema. Agar menarik, buatlah sub-sub tema dengan warna yang berbeda-beda.

6. Mind mapping visi misi hidup

Kehidupan tidak akan menjadi berarti tanpa adanya tujuan. Tujuan kehidupan dapat dilihat melalui visi dan misi hidup. Meskipun terdengar hampir sama dengan cita-cita, namun visi dan misi hidup memiliki arti yang berbeda. Hampir seperti cita-cita, visi dan misi hidup akan membuat hidup seseorang menjadi terarah karena orang tersebut telah memiliki tujuan dalam hidupnya.

Sebaliknya, jika seseorang tidak memiliki visi dan misi hidup, kehidupannya cenderung tidak stabil ibarat mengikuti arus kehidupan. Karena itulah visi dan misi hidup sangat penting. Sayangnya, tidak semua orang memahami visi dan misi dalam hidupnya. Meski begitu, Anda bisa menggali konsep hidup Anda lebih dalam dengan contoh mind mapping.

Melalui mind mapping, Anda bisa membuat konsep hidup dengan lebih detail dan lebih luas karena Anda dapat menuliskan hal apa yang sebenarnya diinginkan serta ingin dicapai dalam hidup. Pada contoh mind mapping visi misi, ada dua hal utama yang perlu dibahas yaitu visi dan misi. Karena itulah kedua hal tersebut perlu dibuat kolom yang berbeda.

Setelah kolom visi dan misi dibedakan, Anda dapat memasukkan beberapa sub poin yang penting menurut Anda untuk dijadikan bahasan dan menjadi bagian yang pokok dalam hidup Anda. Agar daya tariknya bertambah, buatlah mind mapping kreatif dengan cara memadukan bentuk-bentuk yang unik serta warna-warna yang berbeda.

7. Mind mapping sukses belajar

Selain target meraih cita-cita dan tujuan dalam hidup, target pencapaian belajar juga adalah salah satu contoh mind mapping yang penting terutama bagi para pelajar. Dengan menentukan target pencapaian belajar, semangat belajar dapat senantiaasa dibangun dan dipertahankan. Agar semangat belajar menjadi terpacu dan proses belajar menjadi lebih mudah, Anda bisa membuat mind mapping sukses belajar.

Melalui mind mapping sukses belajar, Anda dapat menuliskan berbagai hal yang telah direncanakan untuk dipelajari. Tentunya, target belajar juga menjadi salah satu hal yang dicantumkan pada mind mapping sukses belajar.

Cara Membuat Mind Mapping

mind mapping unik
1. Tema utama harus diletakkan di tengah

Cara membuat mind mapping pada dasarnya tidak sulit. Cukup dengan meletakkan tema utama di bagian tengah mind mapping. Meskipun peletakan tema utama tersebut tidak mutlak, namun peletakan tema utama di tengah akan memudahkan dalam penyusunan mind map.

Peletakan tema utama di bagian tengah mind mapping tidak ditentukan secara sembarangan, tetapi karena dengan meletakkan tema utama di tengah, Anda akan lebih mudah dalam membuat percabangan untuk tema-tema turunan pada mind map serta memudahkan dalam memahami maupun mengerti hal apa yang sedang di bahas dalam mind mapping tersebut.

2. Tentukan tema turunan yang berkaitan dengan tema utama.

Tema atau yang dikenal sebagai dasar atau pokok dari suatu materi akan membuat Anda merasa lebih mudah dalam mengingat suatu materi. Selain tema utama ada tema turunan yang masih ada hubungannya dengan tema utama tersebut. Tema turunan dapat dihubungkan dengan garis-garis pada mind mapping yang menggambarkan hubungan di antara tema-tema tersebut.

Selain menggunakan garis untuk menghubungkan serta menandai tema-tema pada mind mapping, bisa juga menggunakan warna yang berbeda-beda atau simbol maupun gambar-gambar tertentu yang dapat mempermudah dalam mengingat.

Baca Juga  Ajudikasi: 5 Tahapan Sidang dan Contohnya

3. Menyisakan ruang untuk penambahan tema

Mind mapping yang baik adalah mind mapping dengan banyak tema yang dituliskan di dalamnya. Namun, sering kali tema lain muncul saat tema utama telah dibuat. Karena itulah dalam membuat mind mapping sebaiknya sisakan beberapa ruang kosong yang dapat digunakan untuk penambahan tema apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selain gambaran mind mapping versi pertama, umumnya terdapat beberapa informasi baru atau informasi tambahan yang perlu dibubuhkan pada mind mapping sehingga diperlukan ruang kosong. Selain untuk menambah tema, ruang kosong juga dapat digunakan untuk menulis pertanyaan atau hal lain yang dapat menambah informasi pada mind mapping yang bersangkutan.

4. Memberikan highlight atau tanda dengan warna yang berbeda pada tema-tema

Tema utama memiliki hubungan dengan tema-tema turunan pada mind mapping. Umumnya tema-tema tersebut dihubungkan dengan garis-garis. Agar informasi pada mind mapping lebih mudah diingat dan dipahami, sebaiknya gunakan garis-garis yang berwarna-warni. Jika perlu, mind mapping juga dapat ditambah dengan simbol-simbol yang berhubungan dengan satu sama lain.

5. Buat draf terlebih dahulu

Mind mapping yang baik adalah mind mapping yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan secara lengkap dan padat serta menarik untuk dibaca. Karena itulah mind mapping perlu dipikirkan desain serta konsepnya terlebih dahulu sebelum mulai dibuat.

Rencanakan tempat peletakan cabang serta bagan dengan sebaik-baiknya agar hasil mind mapping sesuai dengan keinginan. Sebaiknya buatlah draf terlebih dahulu pada lembaran kertas berukuran kecil sebelum menggambarkannya pada kertas gambar berukuran besar.

Cara Membuat Mind Mapping Secara Rinci

mind map adalah1. Mulai dari tengah

Saat membuat mind mapping, mulailah dari bagian tengah kertas kosong yang dibiarkan mendatar. Membuat mind mapping dari bagian tengah kertas akan memberikan otak Anda lebih banyak kebebasan dalam berkreasi dalam menjabarkan peta pikiran.

2. Gunakan gambar

Gunakanlah gambar atau foto sebagai ide atau tema utama. Gambar akan lebih efektif dibanding kata-kata karena mampu memancing imajinasi Anda. Selain itu, menggunakan gambar sebagai pokok suatu materi pada mind mapping juga dapat membuat mind mapping menjadi lebih menarik yang akan membantu untuk tetap fokus dan berkonsentrasi mengaktifkan otak.

Selain menggunakan gambar untuk ide atau tema utama, Anda juga bisa menyisipkan gambar-gambar ke dalam cabang-cabang pada mind mapping. Selain tidak membuat bosan, penggunaan gambar pada mind mapping juga lebih efektif dibandingkan deskripsi menggunakan kata-kata.

3. Gunakan warna

Warna dan gambar sama menariknya bagi otak. Warna akan membuat mind mapping lebih hidup serta menambah energi serta menyenangkan pemikiran yang kreatif. Karena itulah saat membuat mind mapping, gunakan warna sebanyak mungkin.

Baca Juga  Warna Pelangi: Pengertian, dan Arti Pelangi dalam Kehidupan

4. Hubungkan cabang

Untuk memaksimalkan mind mapping yang dibuat, hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat. Jika perlu tambahkan percabangan lagi dari cabang-cabang utama sesuai dengan materi atau konsep yang dibahas. Dengan menghubungkan cabang-cabang, materi akan dapat diingat serta dimengerti dengan lebih mudah.

5. Gunakan garis lengkung

Hindari penggunaan garis lurus saat membuat mind mapping. Hal ini sangat penting karena garis lurus memberikan efek yang membosankan bagi otak. Sebaliknya, gunakanlah garis lengkung yang lebih artistik dan tampak lebih menarik bagi mata. Bagi mata, cabang-cabang organis dan melengkung seperti cabang pohon jauh lebih menarik.

6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap baris

Sebaiknya gunakan kata kunci pada setiap garis di mind mapping. Hal ini penting karena kata kunci tunggal pada setiap garis akan memberikan lebih banyak daya serta fleksibiltas pada mind mapping. Dengan kata lain, kata-kata tunggal pada mind mapping akan memberikan lebih banyak kesempatan bagi otak untuk memunculkan ide-ide yang baru.

Dengan membuat mind mapping sukses belajar, proses belajar Anda akan lebih terarah.Ditambah dengan adanya target belajar yang menyertai mind mapping yang didesain dengan menarik, semangat belajar Anda akan dapat selalu dipertahankan.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *