Melankolis: Ketahui Arti dan 17 Ciri-cirinya

Melankolis adalah salah satu kata yang dikaitkan dengan keadaan lamban, sayu, sedih, muram. Kata melankolis banyak diucapkan untuk menggambarkan keadaan yang diam dan jauh dari keriuhan. Kata ini juga merupakan salah satu gambaran kepribadian orang-orang introvert.

Tipe kepribadian ini adalah satu dari 4 kategori kepribadian yaitu sanguis, pleghmantis, koleris, dan melankolis. Tipe kepribadian melankolis sendiri memiliki beberapa hal menarik yang menjadi ciri-cirinya. Orang dengan kepribadian melankolis memiliki beberapa sifat yang mudah dikenali.

Ciri-Ciri Kepribadian Melankolis Adalah Sebagai Berikut

melankolis

Individu dengan kepribadian melankolis pada umumnya tidak terlalu suka dengan keramaian tetapi tidak berarti anti sosial. Ciri-ciri dari orang yang melankolis antara lain adalah sebagai berikut.

1. Memiliki analisis yang mendalam

Orang-orang dengan kepribadian ini menyukai analisis seperti arti melankolis yang bisa dikatakan lamban. Si melankolis tidak akan terburu-buru tanpa memikirkan terlebih dulu apa yang akan dilakukan. Mereka justru akan sangat memikirkan segala sesuatunya bahkan untuk hal-hal kecil.

Hal-hal sepele seperti menyusun rak baju, merapikan lemari, dan lain sebagainya. Setiap apa yang terjadi padanya akan langsung dipikirkan dan dianalisis. Si melankolis ini akan selalu penasaran untuk mencari jawaban dari apa yang ada di pikirannya,

2. Menyukai peran di belakang layar

Seperti apa itu melankolis dan bagaimana orangnya yang memiliki tipe kepribadian ini? Kebanyakan tipe melankolis lebih suka peran di belakang layar artinya sesuatu yang penting dan besar tetapi tidak ingin menjadi pusat perhatian.

Melankolis tidak butuh disanjung dan tidak terlalu ingin dikenal banyak orang. Pekerjaannya memang penting tetapi tidak ingin menjadi superstar. Pujian yang diberikan secara tidak langsung atau diam-diam adalah sesuatu yang paling menyenangkan.

Baca Juga  Integritas: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya

3. Sangat sensitif

Orang yang sangat memikirkan pada hal-hal kecil hingga over thinking biasanya memiliki hati yang sangat sensitif. Mereka mudah sekali tersentuh dengan apa yang mereka lihat dan dengar di sekelilingnya. Tipe melankolis artinya diam yang membuat orang-orang dengan tipe ini adalah pendengar yang baik.

Orang-orang melankolis sangat menyenangkan untuk menjadi tempat curhat dan berbagai cerita. Melankolis mudah sekali untuk terbawa emosi dan baper dengan apa yang didengar. Mereka bahkan ikut merasakan sedih seolah-olah ikut mengalaminya sendiri.

4. Perfeksionis

arti melankolis

Ciri lain dari kepribadian seseorang yang melankolis adalah mereka cenderung perfeksionis. Semuanya akan dipikirkan dengan baik dan apa yang akan dilakukan tidak boleh asal-asalan. Sosok perfeksionis memang sangat melekat pada tipe kepribadian melankolis.

Tipe kepribadian ini tidak suka dengan sesuatu yang berantakan dan sesuatu yang dilakukan sembarangan. Segala sesuatu yang dilakukannya selalu dipikirkan matang-matang karena mereka menginginkan untuk menjadi yang terbaik.

5. Bisa bertahan dengan kesendirian

Bagi sebagian besar orang mungkin akan bosan dan stres jika harus menghabiskan waktu sendirian. Namun berbeda dengan orang-orang melankolis yang justru menyukai kesendirian. Hebatnya lagi dalam kesendirian tersebut, si melankolis ini malah bisa mendapatkan kekuatan untuk menghadapi segalanya.

Saat sendiri, mereka lebih bisa menikmati dan memahami dirinya juga lingkungan di sekitarnya. Saat sendiri inilah, si melankolis melakukan hal-hal yang paling disukai, seperti menuliskan rencana, menganalisa sesuatu hal, dan lain-lain.

6. Menyukai kesunyian

Sesuai dengan arti melankolis yaitu sunyi, kepribadian seseorang yang melankolis cenderung menyukai tempat-tempat dan suasana yang sepi. Mereka bahkan bisa menghabiskan waktu lebih banyak saat suasana sepi seperti di malam hari.

Tipe kepribadian melankolis termasuk introvert dikenal sebagai mahluk malam yang artinya mereka suka melakukan kegiatan di malam hari dan menggunakan siang hari untuk tidur-tiduran.

Baca Juga  Kenali Hak dan Kewajiban Warga Negara, Siapkan Dirimu

7. Suka bekerja sendiri

Kesendirian adalah sesuatu yang menyenangkan bagi melankolis. Tipe kepribadian ini dikenal sebagai individu yang sangat menikmati kesendirian yang sunyi dan tenang.

Hal ini juga berlaku untuk pekerjaannya, melankolis cenderung menyukai bekerja sendiri yang membuatnya bisa menetapkan aturan sendiri. Standar yang dibuat oleh melankolis pun cukup tinggi sehingga sosok melankolis dianggap sebagai pekerja yang bagus dengan standar yang tinggi.

8. Pesimistis

Sifatnya yang suka memikirkan segala sesuatu dengan detail ternyata membuat orang dengan tipe kepribadian melankolis akan lebih mudah pesimistis. Mereka merasa dirinya tidak bisa melakukan walaupun dia sebenarnya memiliki bakat dan potensi yang lebih untuk melakukan hal tersebut.

9. Suka melihat sesuatu dari sisi buruk

Apa itu melankolis dan bagaimana ciri-cirinya mungkin cukup menarik karena ada banyak orang dengan tipe kepribadian ini. Orang dengan sifat melankolis cenderung over thinking sehingga hal-hal buruk pun akan selalu dipikirkan.

Saat orang lain menikmati sesuatu yang ada, si melankolis malahan bisa membayangkan sesuatu yang buruk yang hanya sebatas kemungkinan. Namun hal tersebut juga yang membuat si melankolis selalu lebih siap dengan segala risiko terburuk.

10. Kepercayaan diri yang rendah

Orang-orang dengan tipe kepribadian melankolis memiliki kelemahan yakni tingkat kepercayaan diri yang begitu rendah. Mereka bahkan sering merasa minder karena menganggap orang lain lebih keren dan lebih bagus darinya.

Pada akhirnya mereka lebih memiliki menyendiri dan menikmati waktu bersama diri sendiri dengan benda-benda favoritnya. Berdiam di dalam kamar sambil mendengar lagu atau membaca buku.

11. Kegiatannya selalu direncanakan

Dalam pengertian kata melankolis artinya lamban. Mereka lamban karena memikirkan dulu sebelum mereka mengambil tindakan atau melakukan sesuatu. Namun hal tersebut yang menjadi keunikan dari tipe kepribadian ini.

Orang-orang melankolis memiliki bakat untuk membuat perencanaan yang matang dan luar biasa. Mereka sering menggunakan buku agenda untuk menuliskan apa saja yang akan dilakukan dan target-target yang ingin dicapai.

Semua hal dalam hidupnya termasuk yang paling sepele tidak luput untuk ditulis dalam agenda harian. Para melankolis sangat menyukai hal-hal yang terstruktur rapi dan terencana.

12. Sering menghasilkan ide yang tidak biasa

ciri ciri melakonis

Orang-orang melankolis adalah mereka yang suka dengan evaluasi dan analisis. Mereka suka menghabiskan waktu berlama-lama hanya untuk mengevaluasi sesuatu yang bahkan termasuk hal-hal kecil. Kebiasaannya inilah yang membuat tipe melankolis bisa menghasilkan ide-ide yang tidak biasa.

Kesukaannya untuk memikirkan segala hal dengan detail dan teliti, membuat kemampuan imajinasinya selalu terlatih sehingga sering menghasilkan ide-ide yang bagus bahkan luar biasa.

Baca Juga  Memahami Etika: Cari Tahu dari Arti dan Contohnya

13. Orang yang selalu kritis

Kesenangannya untuk menganalisa sesuatu dengan detail, membuat melankolis sangat kritis terhadap apa yang ada di sekitarnya. Apabila ada sesuatu yang menarik baginya, maka mereka tidak akan segan-segan untuk mencari tahu hingga rasa ingin tahu dan penasarannya terbayar.

Orang melankolis cukup berbakat untuk membuat kesimpulan dan mengkritisi sesuatu yang masih dianggap rancu untuk sebagian orang. Mereka juga berani untuk bertanya hingga detail terhadap sesuatu yang dianggapnya kurang jelas. Jadi siap-siap saja untuk mendapatkan banyak pertanyaan dari para melankolis.

14. Sulit untuk mempercayakan pekerjaan ke orang lain

Si melankolis dikenal sebagai sosok pekerja handal yang bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal. Berbagai ide-ide cemerlang bisa dihasilkan oleh melankolis sendirian. Mereka sangat nyaman untuk menjalaninya sendiri dan bahkan sulit untuk memberikan pekerjaan ke orang lain.

Melankolis cukup sulit untuk mempercayakan suatu pekerja ke orang lain, tetapi dia sendiri termasuk orang yang rajin dan tekun untuk melakukan pekerjaan yang memang disukainya.

15. Tidak suka disalahkan

Kepribadian melankolis dengan ketajaman dana analisanya membuat mereka suka memberikan suatu keputusan. Apabila ada yang tidak berjalan kurang sesuai, mereka tidak suka disalahkan sebab mereka berpikir bahwa semuanya sudah dianalisa matang-matang sebelum diputuskan.

16. Suka menunda-nunda pekerjaan

Mungkin sering dilihat orang-orang melankolis yang terdiam dan tidak berbuat apa-apa. Pada saat itu biasanya si melankolis sedang memikirkan dulu apa yang akan dibicarakan atau akan dilakukan.

Hobinya yang suka memikirkan dulu membuatnya lamban dan sering menunda-nunda pekerjaannya hingga telat. Biasanya saat sudah ada tujuan atau target, si melankolis akan langsung bergerak dengan penuh semangat.

17. Pendendam

Sosok melankolis ternyata pendendam, walaupun pada kenyataannya mereka sudah memaafkan orang-orang atau kejadian yang dialaminya. Sesuatu yang membuatnya malu, marah, atau bahkan kecewa akan sulit untuk mereka lupakan.

Melankolis akan membawa ingatan tersebut dan membuatnya menjadi sosok pendendam, walaupun hal tersebut hanya sebatas di dalam hati dan pikirannya. Namun perasaan itu juga yang terkadang menjadi penghalang bagi melankolis untuk maju.

Itulah beberapa ciri-ciri dari tipe kepribadian melankolis sesuai dengan pengertian apa itu melankolis. Selain untuk tipe kepribadian, melankolis juga sering digunakan untuk menggambarkan suasana dan sebuah karya musik.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *