Media Pembelajaran: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Media Pembelajaran – Jaman sekarang sangat mudah ditemui media pembelajaran yang super canggih. Mungkin lebih sering digunakan karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para murid atau bahkan guru.

Keunggulan keunggulan yang berada pada media pembelajaran ini memberikan dampak yang cukup baik bagi beberapa orang.

Keunggulan itu antara lain sebagai penunjang proses pembelajaran bagi siswa, serta proses mengajar bagi guru. Karena media pembelajaran sebagian murid serta guru sangat dimudahkan untuk menuju keefektifan dalam berbagai proses belajar. Dimana guru akan juga belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

Mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengenal media pembelajaran secara lengkap, padahal sering sekali ditemui disekitar kita.

Pada artikel ini akan membahas secara rinci mengenai media pembelajaran. Mungkin bagi anda yang belum mengetahui media pembelajaran dapat menyimak hingga akhir agar anda lebih paham mengenai pengertian media pembelajaran.

Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Bagi yang belum mengetahui pengertian media pembelajaran yang sering di jumpai atau didengar disekitar anda. Media pembelajaran merupakan sebuah media untuk digunakan membantu mengasah pikiran serta kemampuan dan juga perhatian siswa untuk proses belajar dan mengajar di kelas.

Media yang digunakan pun berupa sebuah alay atau bahan untuk mengajar nantinya. Menurut pengertian yang lain yaitu sebagai alat, bahan atau segala sumber daya yang digunakan didalam proses sebuah penyampaian seorang guru terhadap para muridnya. Hal ini dapat berbentuk fisik ataupun sebuah piranti lunak yang bisa digunakan.

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Media Pembelajaran adalah

Setelah kita mengetahui pengertian media pembelajaran secara dasar, selanjutnya kita akan belajar mengetahui pengertian media pembelajaran menurut beberapa ahli.

Dimana pengertian media pembelajaran ini juga pernah disampaikan oleh beberapa ahli dari dunia. Nah untuk itu, sebelum kita membahas lebih lanjut berikut adalah beberapa pengertian media pembelajaran menurut para ahli.

1.     Pengertian Media Pembelajaran Menurut Schramm

Menurut Schramm, media pembelajaran adalah teknologi yang membawa pesan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan pembelajaran.

2.     Pengertian Media Pembelajaran Menurut Briggs

Menurut Briggs, pengertian media pembelajaran adalah sarana fisik yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran atau isi pembelajaran seperti video, slide, film dan juga buku.

3.     Pengertian Media Pembelajaran Menurut Romiszowski

Menurut Romiszowski, media pembelajaran adalah media paling efektif untuk membantu melaksanakan proses pengajaran yang sudah direncanakan sebelumnya dengan baik.

4.     Pengertian Media Pembelajaran Menurut Azhar

Menurut Azhar, media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk proses belajar entah itu di dalam atau di luar kelas.

Media pembelajaran dijelaskan lebih lanjut jika komponen sumber belajar atau media belajar secara fisik yang memuat materi instruksional di lingkungan yang bisa merangsang siswa untuk membantu proses belajar.

5.     Pengertian Media Pembelajaran Menurut Arief Sadiman

Menurut Arief Sadiman, Media pembelajaran adalah semua hal yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan mulai dari pengirim untuk dikirimkan ke penerima pesan tersebut.

6.     Pengertian Media Pembelajaran Menurut Rayandra Asyhar

Menurut Rayandra Asyhar, media pembelajaran adalah semua hal yang bisa menyalurkan atau menyampaikan pesan dari berbagai sumber yang sudah terencana sebelumnya sehingga lingkungan belajar bisa lebih kondusif saat melakukan proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien.

7.     Pengertian Media Pembelajaran Menurut Syaiful Bahri Dan Aswan Zain

Pengertian media pembelajaran menurut Syaiful Bahri dan Aswan Zain adalah alat bantu apa saja yang bisa dijadikan untuk media penyalur pesan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Fungsi Media Pembelajaran

Fungsi Media Pembelajaran Secara Umum

Setiap media pembelajaran memiliki fungsi untuk para murid ataupun guru yang menggunakan media pembelajaran sebagai alatnya mengajar atau belajar.

Namun fungsi inilah yang menjadi daya tarik bagi murid serta guru untuk selalu menggunakan media pembelajaran sebagai media mengajar dan belajar.

1.     Menarik Perhatian Siswa

Seringkali para siswa mengeluh karena kurang tertarik pada suatu pelajaran karena pelajaran yang sulit ataupun membosankan. Dengan adanya media pembelajaran membuat suasana kelas menjadi lebih fresh dan siswa menjadi lebih berkonsentrasi, apalagi media pelajaran yang unik serta menarik.

2.     Memperjelas Penyampaian Pesan

Seringkali ditemui  konsep pelajaran yang sulit untuk dijelaskan secara langsung. Dengan adanya media pembelajaran hal tersebut akan dibahas melalui gambar serta video, dengan begitu siswa akan lebih paham apa yang telah disampaikan.

Baca Juga: Pengertian Studi Kasus dan Manfaatnya

3.     Mengatasi Keterbatasan Ruang, Waktu dan Biaya

Melalui media pembelajaran siswa akan diperlihatkan sebuah video atau gambar untuk memperjelas bentuk sebuah materi secara langsung. Seperti contoh mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan alam langsung biasa berupa hewan.

4.     Menghindari Kesalahan Tafsir

Dengan adanya media pembelajaran murid serta guru tidak akan lagi memiliki perbedaan tafsir, karena media pembelajaran akan memberikan tafsir menjadi sama dan tidak ada lagi kesalahpahaman sebuah informasi.

5.     Mengakomodasi Perbedaan Tipe Gaya Belajar Siswa

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda beda, bisa melalui visual, auditori dan juga kinestetik. Media pembelajaran akan sangat membantu apabila seseorang mengalami kesulitan saat menggunakan gaya belajar visual misalkan, sehingga ia dapat tertutupi oleh gaya belajar yang lain.

6.     Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Secara Efektif

Tentunya setiap orang mengharapkan pembelajaran yang efektif, dengan media pembelajaran hal itu akan terwujudkan, sehingga murid serta pengajar dapat saling menguntungkan serta membanggakan.

Contoh Media Pembelajaran

Jenis dan Contoh Media Pembelajaran

Media pembelajaran memiliki jenis serta contoh yang banyak sekali, mungkin beberapa sudah ada yang tahun semua jenis serta contohnya.

Namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui secara jelas, berikut ini merupakan jenis serta contoh dari media pembelajaran yang dapat anda simak agar anda bisa mengetahui apa saja contoh dan jenisnya.

1.     Media Cetak (Print Out)

Bentuk cetak dari media pembelajaran berasal dari gambar, teks serta berbagai ilustrasi guna menyampaikan informasi belajar.

Terbagi dalam 3 golongan yaitu cetak lepas seperti buku, majalah, foto dan beberapa lainnya. Golongan cetak dipajang yaitu peta, poster, papan dan masih ada lainnya serta golongan cetak diproyeksikan seperti OHP atau biasa disebut slide proyektor.

2.     Media Audio

Jenis media audio berupa sumber bunyi bunyian dan non verbal. Contoh dari media ini adalah game, radio, CD dan masih banyak lagi lainnya.

3.     Media Audio Visual

Media ini menayangkan sebuah gambar serta audio diwaktu yang bersamaan, dalam media ini anda dapat mendengar serta melihat secara bersamaan.

4.     Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran yang berbasis dengan multimedia serta alat pengontrol lainnya, sehingga dapat memberi sebuah respon serta ada hubungan timbal balik dari alat dengan pengguna.

5.     E-Learning

Dalam media ini berbasis dengan komputer ataupun laptop menghilang jaringan internet, menjadi media modern yang mulai banyak diterapkan. Media ini berbasis mobile, website serta learning.

6.     Media Realia

Dalam jenis media pembelajaran ini menggunakan benda yang berada pada kehidupan nyata. Benda yang digunakan seperti batuan, tumbuhan serta banyak lagi.

Manfaat Media Pembelajaran

Manfaat Media Pembelajaran Bagi Guru

Terakhir dalam pembahasan media pembelajaran ini kita akan mengetahui beberapa manfaat media pembelajaran. Nah berikut adalah beberapa manfaat media pembelajaran yang akan dirasakan oleh guru.

1.     Membantu Guru Dalam Menjelaskan Materi Pembelajaran

Manfaat media pembelajaran yang pertama adalah bisa membantu guru untuk menjelaskan materi pembelajaran yang akan dijelaskan kepada para siswa.

Misalnya saja seperti guru sedang menjelaskan materi tentang perkembang biakan kuda, nah disini guru bisa menggunakan bantuan media pembelajaran video yang bisa membantu menjelaskan materi agar bisa dipahami oleh siswa.

2.     Metode Belajar Yang Lebih Bervariasi

Dengan adanya media pembelajaran, sebagai guru tentu saja bisa mencoba berbagai macam metode belajar yang jauh lebih bervariasi dari sebelumnya.

Jadi jika biasanya guru menggunakan media buku sebagai media pembelajaran, dengan adanya perkembangan teknologi guru sudah bisa menggunakan media baru seperti video atau presentasi Powerpoint.

3.     Membuat Murid Agar Bisa Lebih Fokus

Murid atau siswa terutama siswa Sekolah Dasar terkadang mudah bosan dan tidak bisa fokus pada saat guru sedang memberikan materi pembelajaran.

Nah dengan adanya media pembelajaran yang jauh lebih bervariasi ini tentu saja bisa membuat murid bisa lebih fokus dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.

4.     Membuat Suasana Kelas Lebih Interaktif

Manfaat media pembelajaran berikutnya adalah bisa membuat suasana kelas menjadi jauh lebih interaktif. Misalnya saja guru menggunakan bantuan video dalam memberikan materi kepada setiap siswa, tentu saja siswa akan lebih mudah menangkap materi atau pengetahuan yang diberikan oleh guru tersebut.

Siswa juga bisa lebih penasaran dengan materi yang diberikan oleh guru sehingga tidak mendorong kemungkinan jika siswa akan bertanya dan saling berdiskusi terhadap isi dari media pembelajaran tersebut.

Penggunaan media pembelajaran tersebut juga bermanfaat untuk membuat suasana kelas dan siswa menjadi lebih aktif serta tidak mudah bosan dan mengantuk. 

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak siswa yang mengeluhkan bosan dan juga ngantuk ketika guru sedang memberikan dan menjelaskan materi pembelajaran.

5.     Proses Belajar Mengajar Menjadi Lebih Efektif

Terakhir, manfaat media pembelajaran adalah bisa membuat proses belajar menjadi lebih efektif lagi.

Seperti yang kita ketahui bahwa dengan menggunakan media pembelajaran siswa menjadi lebih fokus terhadap materi yang diberikan oleh guru. Siswa juga bisa menjadi lebih mudah dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru tersebut.

Oleh sebab itu maka dengan menggunakan media pembelajaran maka siswa dan juga guru bisa mengadakan proses belajar mengajar jadi lebih efektif lagi daripada tidak menggunakan media pembelajaran atau belajar dengan media buku yang terkesan sudah kuno.

Nah itulah beberapa pengertian media pembelajaran dan juga manfaat media pembelajaran yang mungkin belum anda ketahui.

Tentu saja kita harus bersyukur hidup di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, dengan begitu kita bisa menggunakan berbagai macam peralatan dan juga teknologi yang canggih ini termasuk juga media pembelajaran untuk memudahkan berbagai macam urusan termasuk juga proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran. 

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.