Lisensi: Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Lisensi – Dalam dunia marketing, bisnis, maupun kegiatan usaha lainnya, sering ditemui kata lisensi. Hal ini menunjukkan bahwa lisensi sendiri memiliki banyak peran dalam berbagai kegiatan tersebut. Dapat diibaratkan, lisensi adalah tiket untuk menjalin kerja sama dengan tertib dan teratur.

Meski sudah familiar, mungkin ada juga yang masih asing dengan pengertian lisensi itu sendiri meskipun sering mendengarnya. Banyak sekali sektor yang memanfaatkan adanya lisensi untuk menjalankan proses usaha di dalamnya.

Jenis-jenis lisensi pun juga beragam sesuai dengan cara kerja dan manfaat yang diberikannya. Berikut dijelaskan tentang pengertian, jenis,dan manfaat lisensi.

Pengertian Lisensi Menurut Para Ahli 

Lisensi adalah
Pada dasarnya, lisensi dalam hal bisnis merupakan bentuk perizinan yang diberikan dari suatu induk usaha barang maupun jasa. Dalam hal ini, lisensi juga bisa diartikan sebagai sebuah perjanjian

Lisensi juga sering dikatakan sebagai bentuk pemberian izin untuk memanfaatkan kekayaan intelektual, pemasaran barang, maupun aktivitas ekonomi lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko plagiasi.

Secara struktural, ada dua pemeran utama dalam pemanfaatan lisensi ini. Yang pertama adalah licensor, yaitu pihak yang berwenang memberikan lisensi. Sedangkan pihak kedua adalah license, yaitu pihak yang memegang lisensi yang telah diberikan.

Beberapa tokoh telah berhasil mengungkapkan teori yang berisi apa itu lisensi. Ungkapan dari beberapa tokoh ini dapat digunakan sebagai pembentuk gambaran persepsi Anda mengenai apa itu lisensi.

* Black Law Dictionary

Menurut Black Law Dictionary, lisensi merupakan suatu izin oleh para pejabat yang berwenang untuk dapat melakukan sebuah tindakan. Tanpa izin tersebut, kegiatan digolongkan dalam kategori ilegal.

Tanpa adanya izin tersebut, hal yang dilakukan juga dinilai sebagai sebuah pelanggaran, perbuatan untuk melawan hukum, atau tidak akan diizinkan. Adanya lisensi merupakan suatu bentuk jaminan terhadap keamanan izin sehingga tindakan dikatakan legal.

* Wilbur Cross

Selanjutnya ada tokoh Wilbur Cross yang paling terkenal dalam mengungkapkan pengertian lisensi. Menurutnya, lisensi merupakan suatu kontrak yang menjelaskan bahwa satu pihak dapat memastikan satu, dua, atau lebih suatu tindakan operasi dari pihak lainnya.

Kegiatan operasi yang dimaksudkan adalah dapat berupa kegiatan manufaktur, servis, maupun penjualan. Aktivitas yang demikian membuat segala aspek tindakan operasi lebih kondusif

Baca Juga  Infrastruktur: Pengertian, Jenis dan Contohnya

* Betsy Ann Toffler dan Jane Imber

Selain itu, Betsy Ann Toffler dan Jane Imber berpendapat bahwa lisensi yakni salah satu bentuk kontrak perjanjian dari dua entitas bisnis usaha. Lisensi ini diberikan terhadap seseorang yang pemegangnya.

Pemegang lisensi ini bertujuan sebagai bentuk akuisisi hak paten. Termasuk merek dan hak milik lainnya dalam suatu pertukaran biaya atau royalti.

Sekian pengertian di atas, menunjukkan bahwa lisensi selalu dapat dikaitkan dengan kewenangan dalam bentuk hak istimewa. Pemberian hak ini dapat menunjukkan bahwa pemberian lisensi dapat mempermudah koordinasi tanpa khawatir akan status ilegal yang mungkin akan menimbulkan masalah.

Jenis Jenis Lisensi

Jenis Jenis Lisensi
Dari sedikit gambaran yang diberikan mengenai arti lisensi, perlu diketahui bahwa jenisnya juga bermacam-macam tergantung penggunaannya. Berikut jenis-jenis lisensi yang penting Anda ketahui.

1. Lisensi Hak Atas Kekayaan Intelektual

Salah satu bentuk lisensi adalah lisensi hak atas kekayaan intelektual. Lisensi ini berhubungan dengan sebuah karya seseorang. Dengan lisensi HKI ini, maka seseorang bisa memanfaatkan sebuah karya yang telah dihasilkannya untuk mendapatkan hak ekonomi.

Biasanya, lisensi hak atas kekayaan intelektual juga memiliki peraturan di dalamnya. Beberapa peraturan tersebut antara lain adalah syarat dan ketentuan yang berlaku ketika lisensi itu diterapkan. Selain itu, juga ada pembaruan dan beberapa syarat lainnya yang sudah ditentukan oleh pemilik lisensi tersebut.

2. Lisensi Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan juga memiliki lisensi agar penerapan atas ilmu yang didapatkan menjadi valid. Tentu saja hal ini menjadi penting, karena pendidikan sendiri merupakan awal mula pergerakan dari sektor lainnya.

Biasanya, lisensi jenis ini akan berbentuk gelar akademis yang disandangkan pada nama penerima lisensi. Sebuah perguruan tinggi atau universitas selalu memberikan lisensi sebagai bentuk apresiasi sekaligus validitas kemampuan alumni lulusannya.

Lisensi ini diberikan kepada seseorang setelah selesai menjalankan kewajiban akademisnya yang ditempuh di bangku kuliah. Tentu saja untuk bisa mendapatkannya seseorang harus melalui proses selama beberapa tahun.

3. Lisensi merek barang atau jasa

Lisensi merek barang atau jasa banyak dimanfaatkan dalam bidang bisnis dan pemasaran produknya. Produk yang dimaksud dini merupakan hasil karya pemilik lisensi. Namun, untuk menjangkau target pemasaran, penjual produk memiliki hak untuk memberikan lisensi kepada resellernya.

Jenis lisensi ini digunakan dalam bentuk kerjasama pendistribusian barang. Pemilik lisensi dapat memberikan sebuah izin pemasaran kepada seseorang atau perusahaan.

Pemberian lisensi ini bertujuan agar penerima lisensi dapat menjual produk barang atau jasa di bawah pemilik lisensi. Dengan lisensi ini, pemasaran bisa dilakukan secara maksimal tanpa takut untuk dituntut secara hukum oleh pemilik merek barang atau jasa.

Baca Juga  Catat, Ini 3 Langkah Cara Mengirim Barang Lewat JNE

4. Lisensi Massal

Lisensi adalah model perizinan untuk menghindari unsur ilegal dari sebuah tindakan. Sedangkan untuk lisensi massal ini umumnya terdapat pada suatu software komputer.

Lisensi ini diberikan oleh pemilik lisensi pada perorangan untuk dapat menggunakan software tersebut. Lisensi ini sangat banyak dimanfaatkan, khususnya di era digital ini.

Tampilan lisensi ini secara rinci pada umumnya tertulis dalam End User License Agreement atau EULA. Lisensi ini akan ditemukan dalam tiap software yang beredar.

5. Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter

Lisensi ini sangat berperan dalam pengenalan model karya seni dan karakter yang dibuat oleh seseorang. Pembuatnya dapat dikatakan sebagai pemilik lisensi. Pembuat karya atau pemiliki lisensi ini bisa memberikan izn pada seseorang atau suatu perusahaan untuk menyalin dan menjual karyanya.

Tindakan ini tentu saja didasarkan pada hak cipta yang melekat pada karya seni dan karakter tersebut. Misalnya sebagaimana karya seni yang diciptakan seseorang, karya tersebut boleh dimanfaatkan pihak lain asalkan mendapatkan izin dari penciptanya.

Manfaat Lisensi

Manfaat Lisensi
Berbagai jenis lisensi telah ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaannya masing-masing. Keberadaan lisensi tersebut tampaknya telah memberikan banyak manfaat.

Bagi pemilik lisensi, manfaat yang dapat diperoleh adalah hasil karya dari usahanya di akui. Ia pun dapat memberikan kesempatan orang lain untuk bekerja sama dalam pemasaran produk atau jasa di bawahnya. Hal ini tentu lebih mudah untuk menjangkau target pemasaran untuk kategori lisensi produk.

Baca Juga  Efektif dan Efisien: Arti, Maksud dan Perbedaan

Keuntungan lain yang dapat diperoleh oleh pemilik lisensi adalah kemudahan untuk mendapat royalti. Besarnya royalti ini umumnya sudah disepakati oleh kedua belah pihak, yakni pemilik lisensi dan penerima lisensi.

Di samping itu, bagi penerima yang selanjutnya juga memegang lisensi, mereka sudah tidak khawatir lagi dianggap melanggar peraturan hak cipta. Mendapatkan lisensi juga berarti mendapatkan izin dari pemilik utamanya. Hal ini meminimalisir kegiatan plagiasi yang terjadi di masyarakat.

Selain itu, pemegang lisensi tak perlu cemas untuk dituntut secara hukum apabila pemilik lisensi mendapati produksi barang atau jasanya diakuisisi orang lain. Adanya lisensi membuktikan telah terjadi kontrak secara legal yang dilakukan untuk menjalin sebuah kerja sama.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *