Konveksi: Pengertian dan Perbedaannya Dengan Konduksi 

Artikel terakhir diperbaharui 23-04-2021 oleh Aldy Amrillah

Konveksi – Mungkin anda tidak asing lagi dengan kata konveksi yang mungkin sering anda lihat atau dengar pada saat pelajaran atau bahkan anda telah mempelajari tentang apa itu konveksi.

Namun hal ini biasanya dipelajari oleh anak anak yang belajar dalam jurusan tertentu seperti IPA karena karena di dalam pelajaran itu anda bisa menemukan kata konveksi.

Namun walaupun begitu, masih ada juga beberapa orang yang belum mengerti terkait pengertian konveksi dalam dunia sains.

Mungkin beberapa orang belum mengetahui secara detail mengenai arti konveksi itu sendiri walaupun sudah tidak asing lagi dengan kata itu.

Namun anda tidak perlu belajar dari buku buku anak IPA hanya untuk mengetahui apa itu konveksi.

Berikut ini akan membahas hal mengenai konveksi secara keseluruhan yang perlu anda simak hingga akhir agar anda paham secara keseluruhan.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lebih dalam terkait pengertian Konveksi dan juga perbedaan konveksi dengan perpindahan kalor lainnya seperti Konduksi dan juga Radiasi.

Pengertian Konveksi Dalam Ilmu Sains

Menurut ilmu fisika pengertian konveksi merupakan perpindahan panas atau kalor yang ditandai dengan berpindahnya sebuah materi atau benda.

Seperti halnya jika anda merebus suatu makanan seperti contoh kacang kedelai, kacang kedelai akan bergerak naik turun pada saat air mendidih dan hal itulah yang disebut sebuah konveksi. 

Pada dasarnya konveksi merupakan sebuah perpindahan dari tempat panas menuju tempat yang lebih dingin, dan diiringi dengan perpindahan suatu materi yang  berubah suhunya.

Perbedaan Konveksi, Konduksi dan Radiasi

Perbedaan Konveksi, Konduksi dan Radiasi

Selain konveksi, dalam dunia Sains ini juga terdapat beberapa kata atau pengertian lainnya yang hampir memiliki makna yang sama.

Masing-masing dari ketiga kata tersebut sebenarnya sama-sama mengandung makna sebagai perpindahaan kalor, namun yang membedakan adalah pada proses perpindahannya tersebut.

1.     Pengertian Konduksi

Merupakan suatu perpindahan kalor pada suatu zat melalui sebuah penghantar dan tanpa disertai dengan perpindahan pada bagian bagian zat itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi pada zat yang padat, media penghantar disebut dengan konduktor.

Logam menjadi konduktor yang paling baik untuk menghantarkan sebuah kalor. Seperti halnya saat kita mencoba memanaskan ujung pada jarum lama kelamaan ujung jarum yang kita pegang juga akan ikut panas.

Hal ini menunjukkan bahwa kalor berpindah. Sementara untuk logam yang menjadi penghantar kalor yang paling buruk biasanya ini disebut isolator.

Baca Juga: Ukuran kertas a3

2.     Pengertian Radiasi

Radiasi merupakan sebuah perpindahan kalor pada suatu zat yang tidak memerlukan media perantara untuk melakukannya. Dengan hanya memancarkan cahaya saja untuk melakukan sebuah radiasi. Perpindahan ini umumnya terjadi pada zat gas atau pada sebuah ruangan hampa.

Termoskop menjadi alat untuk mengetahui apakah terjadi sebuah radiasi atau tidak, sedangkan termoskop diferensial merupakan alat untuk menyelidiki sifat dari radiasi yang terjadi pada permukaan.

Hal ini dapat dilihat pada contoh kehidupan sehari-hari seperti, kita dapat merasakan panasnya siang matahari dikarenakan kalor matahari dipancarkan melalui ruang hampa yaitu udara menuju bumi.

Selain itu ada juga contoh yaitu pada lampu pijar listrik yang memiliki fungsi untuk menetaskan telur yang tidak dierami oleh induknya, karena telur merasa hangat karena adanya pancaran radiasi kalor dari lampu pijar.

3.     Pengertian Konveksi

Pengertian Konveksi merupakan sebuah perpindahan kalor pada suatu zat disertai oleh perpindahan bagian bagian dari zat itu sendiri. Benda cair dan gas menjadi zat yang paling umum adanya sebuah perpindahan kalor secara konveksi.

Hal ini terjadi karena dipanaskan nya zat sehingga dapat menimbulkan aliran yang diakibatkan oleh adanya perbedaan suatu massa jenis zat tersebut. Biasanya massa jenis bagian zat yang dipanaskan lebih kecil daripada yang lain.

Contoh konveksi adalah pada saat kita merebus air hingga mendidih bagian air yang mengalami panas pada bagian bawah akan naik keatas dan air bagian atas juga ikut menjadi panas. Nah proses inilah yang disebut dengan pengertian konveksi.

Itulah pengertian konveksi beserta contoh konveksi dan juga perbedaan konveksi dengan radiasi serta Induksi, semoga bermanfaat ya Sahabat Tedas.id.

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.