Komunikasi Daring: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Komunikasi Daring: Manusia merupakan makhluk sosial, dimana secara naluri makhluk sosial akan membutuhkan komunikasi antara satu dengan lainnya untuk hidup. Tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa melakukan komunikasi.

Nah seiring dengan berkembangnya teknologi, bentuk dari komunikasi ini berevolusi menjadi lebih canggih. Saat ini manusia sedang berada dalam fase atau zaman komunikasi daring (dalam jaringan) lalu apa sih itu komunikasi daring?

Pengertian Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring

Dulu komunikasi hanya terbatas di lingkungan sendiri, saat ini jangkauan dari komunikasi dari setiap orang berubah semakin luas. Adanya perkembangan teknologi membuat manusia bisa berkomunikasi dengan orang lain tidak terbatas jarak dan waktu.

Komunikasi daring merupakan cara berkomunikasi manusia dimana cara penyampaian dan juga penerimaan pesan dilakukan melalui jaringan internet.

Baca Juga  Gak Perlu Koneksi Internet, Ini 6 Games Salon Kecantikan

Daring sendiri merupakan singkatan dari dalam jaringan, yang berarti dalam jaringan internet atau jaringan lainnya yang bisa menghubungkan dua perangkat untuk berkomunikasi.

Internet sendiri merupakan media komunikasi yang paling efisien dan juga paling efektif karena tersedianya banyak fasilitas komunikasi seperti Whatsapp, Facebook Messenger dan aplikasi komunikasi berbasis online lainnya.

Jenis Jenis Komunikasi Daring

Jenis Jenis Komunikasi Daring

Setelah kita semua belajar mengetahui pengertian dari komunikasi daring. Saatnya kita akan belajar mengetahui jenis jenis komunikasi daring. Secara umum, jenis komunikasi daring ini dibagi menjadi dua jenis yaitu komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron.

1. Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi daring yang serempak, artinya komunikasi yang memakai komputer untuk media dan juga terjadi secara real time, jadi dalam komunikasi daring sinkron ini tidak membutuhkan waktu delay untuk menerima komunikasi tersebut. Contoh dari komunikasi sinkron ini antara lain adalah sebagai berikut.

a) Video Call

Video call atau panggilan video adalah teknologi yang digunakan untuk melakukan interaksi berupa video dan juga audio secara real time antar pengguna yang tidak terbatas waktu dan tempat. Video call biasanya digunakan pada perangkat smartphone atau perangkat komputer.

Video call juga merupakan komunikasi daring yang sangat canggih karena bisa melakukan interaksi point to point atau satu-satu dan juga interaksi multipoint atau satu ke banyak. Saat ini kita bisasa melakukan video call dengan aplikasi chatting seperti Whatsapp atau line.

b) Text Chat

Jenis komunikasi daring sinkron berikutnya adalah text chat. Dimana text chat sendiri merupakan fitur dari aplikasi atau program yang ada pada jaringan internet untuk melakukan komunikasi atau bersosialisasi secara langsung sesama pengguna aplikasi tersebut, yang terpenting terhubung ke internet.

Komunikasi teks ini bisa mengirim pesan teks kepada orang lain, kemudian penerima juga bisa mengirim balasan pesan tersebut dengan teks, demikian juga seterusnya. Salah satu aplikasi text chat yang sangat populer di Indonesia adalah Whatsapp, line atau Telegram.

Baca Juga  Cara Membuat bit.ly Link Menggunakan Whatsapp Dengan Mudah

2. Komunikasi Daring Asinkron

Jenis-jenis komunikasi daring berikutnya adalah ada komunikasi daring asinkron yang berarti komunikasi daring tidak serempak. Komunikasi ini dilakukan masih menggunakan jaringan komputer namun dilakukan secara tunda atau delay.

Jadi komunikasi daring asinkron ini membutuhkan waktu untuk terjadi komunikasi. Contoh dari komunikasi daring asinkron ini adalah pengiriman email, forum, dan juga membaca atau menulis dokumen darin lewat World Wide Web.

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi DaringBerikutnya kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan melakukan komunikasi daring. Berikut adalah beberapa kelebihan dan juga kekurangan melakukan komunikasi secara daring atau dalam jaringan.

Kelebihan Komunikasi Daring

Efisiensi Biaya Komunikasi daring ini sangat efisien dalam hal biaya karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya hanya untuk melakukan komunikasi tatap muka. Cukup dengan layanan video call saja kita sudah bisa bertatap muka secara virtual.

Efisiensi Waktu sebab komunikasi daring dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang-buang waktu melakukan perjalanan. Kita bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja dengan siapa saja.

Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya karena saat kita melakukan komunikasi daring, kita juga bisa memanfaatkan layanan TIK lainnya yang bisa mendukung aktivitas atau pelaksanaan dari komunikasi daring ini. Contohnya kita bisa menggunakan dokumen presentasi saat berkomunikasi.

Meningkatkan Intensitas komunikasi karena dalam komunikasi daring bisa lebih cepat dan tepat sehingga lebih banyak orang yang terbiasa diam di dunia nyata namun aktif berkomunikasi pada dunia maya atau komunikasi daring.

Baca Juga  Pengertian Prototype: Keuntungan, Contoh dan Metodenya

Kekurangan Komunikasi Daring

Kekurangan Komunikasi Daring

Memerlukan perangkat khusus sebab dalam pelaksanaan komunikasi daring ini dibutuhkan software atau hardware yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu sama lain, misalnya dibutuhkan perangkat komputer atau smartphone.

Tidak bisa mewakili emosi pengguna karena dalam komunikasi daring gerakan tubuh, intonasi bicara, raut muka sangat sulit untuk dipahami oleh pengguna lainnya.

Banyak informasi tidak penting karena seringkali ada informasi yang tidak penting dimana informasi tersebut dibagikan oleh orang-orang atau pengguna lainnya.

Menyita konsentrasi karena dalam melakukan komunikasi daring ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja termasuk pada tempat dan waktu yang tidak tepat. Dalam melakukan komunikasi daring tentu saja akan membuat pengguna menjadi lebih fokus pada komunikasi daring dan mengabaikan orang di sekitar, akibatnya terkadang bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Perangkat Pendukung Komunikasi Daring

Perangkat Pendukung Komunikasi Daring

Dalam melakukan komunikasi daring tentu saja dibutuhkan perangkat pendukung untuk dapat melakukan komunikasi daring tersebut. Nah setidaknya dalam melakukan komunikasi daring komponen itu dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya adalah.

1. Perangkat Keras

Komponen pendukung komunikasi daring yang pertama adalah perangkat keras atau hardware. Perangkat keras adalah perangkat yang bisa diraba dan dilihat oleh manusia secara langsung. Contoh dari perangkat keras dalam melakukan komunikasi daring adalah headset, komputer, mikrofon dan juga perangkat lainnya untuk mendukung koneksi internet.

Baca Juga  Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Diketahui

2. Perangkat Lunak

Berbanding terbalik dengan perangkat keras, perangkat lunak juga merupakan komponen pendukung komunikasi daring pertama. Perangkat lunak adalah perangkat yang tidak bisa dilihat atau dirasakan oleh pengguna. Contoh dari perangkat lunak dalam melakukan komunikasi daring adalah seperti aplikasi chatting atau aplikasi video call.

3. Brainware

Terakhir, komponen pendukung terjadinya komunikasi daring adalah brainware atau pengguna. Manusia adalah brainware dimana orang yang mengendalikan dan mengatur serta menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Fungsi Komunikasi Daring

Fungsi Komunikasi Daring

Terakhir kita akan membahas tentang fungsi dilakukannya komunikasi daring. Berikut adalah beberapa fungsi komunikasi daring.

* Untuk menyampaikan informasi atau pesan.

* Untuk mengendalikan dan juga mengatur suatu informasi.

* Untuk memacu pekerjaan dan meningkatkan semangat karyawan dalam melakukan pekerjaan.

* Menghemat waktu karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

* Menghemat biaya karena kita tidak perlu melakukan perjalanan pergi ke suatu tempat hanya untuk berkomunikasi.

* Membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi untuk publik.

* Untuk kebutuhan sosialita seperti media komunikasi sosial yang dapat membantu pengguna dalam mengerjakan kegiatan sosial.

Baca Juga  Pengertian Budaya: Unsur-unsur, Fungsi dan Jenisnya

* Mendapatkan uang karena saat ini kita bisa mendapatkan uang atau penghasilan tambahan dengan adanya komunikasi daring.

* Melaksanakan pembelajaran online atau daring. Seperti yang terjadi saat ini dimana semua proses belajar mengajar dilakukan secara daring karena adanya pandemi Covid-19 yang semakin menyebar ke seluruh Indonesia.

Nah itulah pembahasan kali ini mengenai komunikasi daring. Mulai dari tujuan, manfaat dan juga kelebihan serta kekurangan komunikasi daring. Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman yang serba online termasuk juga dalam melakukan interaksi atau komunikasi dengan orang lain secara online.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *