Integritas: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya

Integritas merupakan sebuah kata yang asalnya dari bahasa Latin, yakni integer atau yang berarti sikap teguh dalam mempertahankan prinsip. Orang-orang yang berintegritas biasanya mempunyai nilai-nilai moral yang melekat pada diri mereka dan sulit untuk digoyahkan.

Seseorang yang memiliki integritas tidak hanya dilihat dari bicaranya saja, tetapi juga melalui tindakannya. Pada setiap tempat ataupun komunitas, pemimpin yang memiliki integritas adalah kriteria yang paling dicari dan dibutuhkan. Apalagi jika karakter seorang pemimpin tersebut dilengkapi dengan sifat bertanggung jawab, memiliki kredibilitas baik, dan dapat dipercaya.

Integritas adalah dapat berarti mutu, keadaan, ataupun sifat dimana menunjukkan sebuah kesatuan utuh serta mempunyai kemampuan dan potensi memancarkan aura kewibawaan dan kejujuran. Bagi seseorang yang memiliki integritas, ia menjadi tidak mudah terpengaruh dengan berbagai hal yang sifatnya hanya untuk kesenangan sementara.

Setiap orang yang berjiwa integritas dapat memimpin dalam forum formal maupun nonformal. Oleh karena itulah, terkadang sangat sulit untuk menemukan seseorang dengan karakter seperti ini. Berikut ini adalah penjelasan lebih mendalam mengenai integritas.

Pengertian Integritas Adalah Menurut Para Ahli

pengertian integritas

Integritas adalah sebuah keteguhan dan konsistensi yang sulit tergoyahkan ketika menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur dan keyakinannya. Pengertian integrasi lainnya adalah sebuah konsep yang menunjukkan konsistensi nilai dan prinsi dengan tindakan seseorang. Selain itu, arti integritas juga bisa dikatakan sebagai kejujuran atas tindakan seseorang.

Salah satu ciri yang mudah dikenali dari orang yang berintegritas adalah kata-katanya yang dapat dipercaya dan dipegang. Karakter integritas inilah yang akan membawa seorang pemimpin menjadi lebih disegani dan juga dihormati.

Apabila seseorang memiliki karakter ini, maka akan ada banyak orang yang memberikan kepercayaan padanya. Adapun berikut ini adalah pengertian integrasi menurut para ahli.

A. Henry Cloud

Integritas menurutnya sangat berkaitan dengan keutuhan dan juga keefektifan seseorang dalam memimpin ataupun bersikap sebagai seorang manusia. Seseorang yang berintegritas akan menjalankan fungsinya dengan baik sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya.

B. KBBI

Arti integritas adalah sifat, mutu, dan juga keadaan yang menggambarkan suatu kesatuan yang utuh sehingga mempunyai potensi serta kemampuan untuk memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

C. Ippho Santoso

Integritas adalah menyatunya pikiran, perbuatan, dan juga perkataan yang bertujuan untuk melahirkan kepercayaan dan reputasi. Menurutnya, integritas juga berarti makna yang lengkap dan utuh.

Baca Juga  Etika Bisnis: Pengertian, Prinsip dan Contoh

D. Andreas Harefa

Integritas merupakan sebuah konsep dari tiga kunci yang dapat diamati. Ketiga kunci tersebut antara lain adalah kejujuran, dapat memenuhi komitmen, dan juga mengerjakan banyak hal secara konsisten.

E. Jacobs

Integritas adalah konsisten moral, kejujuran, ataupun keutuhan pribadi dalam konteks bahasan akademik.

F. Butler dan Cantrell

Integritas dianggap sebagai sebuah reputasi seseorang supaya dapat dipercaya dan selalu bertindak jujur. Istilah kepercayaan sangat melekat pada kata integritas.

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Karakter Integritas

apa itu integritas

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri orang yang memiliki karakter integritas.

1. Orang yang tidak memimpin dengan tujuan atau kedok tertentu.

2. Orang yang melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diucapkannya.

3. Tidak bersikap munafik, yakni memiliki karakter yang berbeda ketika di depan karyawan dan di belakangnya.

4. Selalu konsisten pada apa yang diyakini dan dilakukannya dalam konteks kebaikan.

Baca Juga  Memahami Etika: Cari Tahu dari Arti dan Contohnya

5. Selalu konsisten dalam menjalankan nilai hidup dan keyakinan yang dianut.

6. Mempunyai komitmen penuh ketika menjalankan sesuatu dan juga selalu bertanggung jawab.

7. Menjaga segala prinsip dan juga nilai-nilai yang telah diyakininya.

8. Selalu jujur dan terbuka dalam segala situasi dan kondisi.

9. Selalu menghargai waktu dan menghargai orang lain.

Manfaat Orang yang Memiliki Karakter Integritas

Di bawah ini adalah beberapa manfaat orang yang memiliki karakter integritas.

1. Secara fisik akan selalu terlihat bugar dan sehat karena tidak pernah berbohong ataupun melakukan hal yang tidak baik.

2. Dapat berpikir secara ilmiah karena kecerdasan intelektual otak terus diasah dengan baik.

Baca Juga  5 Fakta Terkait Teknologi Informasi yang Wajib Kamu Tahu

3. Menjadi orang yang senantiasa termotivasi secara emosionalnya dan dapat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi.

4. Dapat melihat kehidupan dalam perspektif yang lebih luas, utuh, dan mendalam karena telah dibekali pengalaman secara spiritual.

5. Dapat menjalin hubungan kemanusiaan yang baik dengan siapa saja dan dari komunitas atau golongan manapun.

Fungsi Fungsi Integritas

Integritas memiliki dua fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan kedua fungsi dari integritas tersebut.

1. Cognitive Functions of Integrity

Fungsi ini mencakup pada kecerdasan moral serta self insight seseorang. Bagi Anda yang belum paham, self insight yang dimaksud adalah self reflection dan self knowledge. Jadi, fungsi dari integritas adalah untuk memelihara akhlak dan moral seseorang agar dia terdorong untuk mendapatkan pengetahuan yang luas.

2. Affective Functions of Integrity

Fungsi ini mencakup pada self regard dan conscience. Secara konteks, fungsi dari integritas ini adalah bagaimana seseorang memelihara nuraninya agar tetap menjadi hamba yang tahu perbedaan, baik dan buruknya. Fungsi ini mengajak manusia untuk membedakan diri dengan hewan secara biologisnya.

arti integritasTujuan Integritas

Terdapat beberapa tujuan dari integritas yang wajib Anda ketahui. Berikut ini adalah penjabarannya.

a. Integritas adalah sebuah kunci yang dapat digunakan untuk meraih suatu keberhasilan ataupun kesuksesan.

b. Integritas dapat membawa seseorang untuk mencapai prestasi tertentu.

c. Integritas dapat membuat kepercayaan lahir dan tumbuh dalam diri seseorang, terutama bagi para pemimpin.

d. Integritas yang dimiliki seseorang akan membuat orang tersebut lebih fleksibel. Jadi, ia dapat memimpin dan juga dipimpin sekaligus.

Itulah tadi penjelasan mengenai integritas. Mulai dari arti, ciri-ciri, manfaat, tujuan, hingga fungsi dari integritas itu sendiri. Menyimak penjelasan di atas, tentu Anda menjadi semakin tahu makna dari kata integritas itu sendiri. Atau mungkin Anda sedang berusaha untuk menjadi seseorang yang berintegritas? Hal itu boleh saja dilakukan selagi dalam ranah yang positif.

Baca Juga  Jangan Keliru! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Secara umum, integritas adalah sangat berkaitan dengan sikap komitmen, konsistensi, dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang pemimpin. Saat ini bukan menjadi hal yang mudah untuk dapat menemukan kriteria pemimpin seperti itu. Oleh karena itulah, kini pemimpin dengan karakter seperti itu seakan merupakan harta karun dalam suatu daerah ataupun komunitas.

Apabila seorang pemimpin telah memiliki karakter yang berintegritas adalah maka besar kemungkinannya ia memiliki karakter positif lainnya yang dapat mendukungnya untuk menjadi seorang pemimpin. Tentunya ia akan menjadi pemimpin yang disegani dan juga dihormati oleh para rakyatnya.

Melihat banyaknya pemimpin yang culas, gemar melakukan korupsi, tidak menjalankan amanah yang telah dipercayakan oleh rakyat, tentu bukan berarti sudah tidak ada lagi pemimpin dengan karakter integritas ini. Mungkin saja di daerah lain masih ada pemimpin dengan kriteria tersebut, hanya saja eksistensinya kalah telak dibandingkan para pemimpin yang mengacau tersebut.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *