Infrastruktur: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apa itu infrastruktur? Infrastruktur adalah istilah untuk sistem fisik dasar suatu bisnis atau negara ,transportasi, komunikasi, saluran air limbah, air, dan sistem listrik adalah semua contoh infrastruktur. Sistem ini cenderung menjadi investasi berbiaya tinggi dan sangat penting untuk pembangunan ekonomi dan kemakmuran suatu negara.

Proyek yang berkaitan dengan peningkatan infrastruktur adalah dapat didanai secara publik, pribadi, atau melalui kemitraan publik-swasta. Dalam istilah ekonomi, infrastruktur seringkali melibatkan produksi barang publik atau proses produksi yang mendukung monopoli alami.

Pengertian Infrastruktur Adalah Sebagai Berikut

pengertian infrastruktur
Pengertian infrastruktur pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada akhir 1880-an. Karya ini berasal dari akar bahasa Latin “infra” yang berarti “bawah” dan “struktural” yang berarti “membangun”. Infrastruktur adalah fondasi di mana struktur ekonomi dibangun, seringkali secara harfiah.

Pada tahun 1987, sebuah panel Dewan Riset Nasional mengadopsi istilah “infrastruktur pekerjaan umum” untuk merujuk pada mode fungsional termasuk jalan, bandara, telekomunikasi, dan persediaan air, serta sistem gabungan yang terdiri dari elemen-elemen ini.

Baca Juga  Melankolis: Ketahui Arti dan 17 Ciri-cirinya

Berlaku pada kerangka organisasi skala besar dan kecil, infrastruktur dapat mencakup berbagai sistem dan struktur selama ada komponen fisik yang diperlukan. Misalnya, jaringan listrik di kota, negara bagian, atau negara adalah infrastruktur berdasarkan peralatan yang terlibat dan niat untuk memberikan layanan ke daerah yang mereka dukung.

Demikian juga, pemasangan kabel fisik dan komponen yang membentuk jaringan data perusahaan yang beroperasi di lokasi tertentu juga merupakan infrastruktur untuk bisnis yang bersangkutan, karena mereka diperlukan untuk mendukung operasi bisnis.

Apa yang Anda Ketahui tentang Infrastruktur?

apa itu infrastruktur
Karena infrastruktur sangat sering melibatkan produksi barang publik atau barang yang menghasilkan produksi monopoli alami, sangat umum untuk melihat pembiayaan publik, kontrol, pengawasan, atau regulasi infrastruktur. Ini biasanya dalam bentuk produksi pemerintah langsung atau produksi oleh monopoli yang diatur secara ketat, disetujui secara hukum, dan seringkali disubsidi.

Dalam skala yang lebih kecil, infrastruktur juga dapat sering mengambil karakteristik barang klub atau barang yang paling mudah diproduksi oleh monopoli lokal, dan dapat disediakan dalam konteks perusahaan swasta yang memproduksi infrastruktur untuk digunakan dalam perusahaan atau disediakan oleh pengaturan lokal formal atau tindakan kolektif informal.

Jenis Jenis Infrastruktur

arti infrastruktur

Infrastruktur dapat dimasukkan ke dalam beberapa jenis termasuk:

1. Infrastruktur lunak

Jenis infrastruktur ini membentuk lembaga yang membantu menjaga perekonomian. Ini biasanya membutuhkan modal manusia dan membantu menyediakan layanan tertentu kepada penduduk.

Contohnya termasuk sistem perawatan kesehatan, lembaga keuangan, sistem pemerintah, penegakan hukum, dan sistem pendidikan.

2. Hard Infrastructure

Ini membentuk sistem fisik yang membuatnya diperlukan untuk menjalankan negara industri modern. Contohnya termasuk jalan, jalan raya, jembatan, dan modal / aset yang diperlukan untuk membuatnya operasional (bus transit, kendaraan, rig minyak / kilang).

Baca Juga  Integritas: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya

3. Infrastruktur Penting

Ini adalah aset yang didefinisikan oleh pemerintah sebagai penting untuk berfungsinya masyarakat dan ekonomi, seperti fasilitas untuk tempat tinggal dan pemanas, telekomunikasi, kesehatan masyarakat, pertanian, dll. Ada lembaga yang bertanggung jawab untuk infrastruktur kritis ini, seperti Homeland Security (untuk pemerintah dan layanan darurat),

Seiring dengan sektor-sektor yang disebutkan di atas, infrastruktur mencakup layanan pembuangan limbah, seperti pengumpulan sampah dan pembuangan lokal. Fungsi-fungsi administrasi tertentu, sering kali diliput oleh berbagai lembaga pemerintah, juga dianggap sebagai bagian dari infrastruktur.

Fasilitas pendidikan dan layanan kesehatan juga dapat dimasukkan, bersama dengan penelitian khusus dan fungsi pengembangan dan fasilitas pelatihan sesuai kebutuhan.

Contoh Investasi Swasta dalam Infrastruktur Publik

contoh infrastrukturTerkadang perusahaan swasta memilih untuk berinvestasi dalam mengembangkan pengertian infrastruktur suatu negara sebagai bagian dari upaya ekspansi bisnis mereka. Sebagai contoh, sebuah perusahaan energi dapat membangun jalur pipa dan kereta api di negara tempat ia ingin memurnikan minyak bumi.

Investasi ini dapat menguntungkan perusahaan dan negara. Pada tahun 2005, Perusahaan Konsesi Skyway, LLC (SCC) menandatangani kontrak 99 tahun dengan Kota Chicago untuk operasi dan pemeliharaan

– Jembatan Skyway Chicago

Sebagai bagian dari perjanjian, SCC mempertahankan semua hak atas pendapatan tol dan konsesi yang dihasilkan oleh jembatan, sementara kota mendapat manfaat dari infus tunai Rp 1,83 miliar dan tidak lagi bertanggung jawab untuk memelihara jembatan.

Individu juga dapat memilih untuk mendanai perbaikan infrastruktur publik tertentu. Misalnya, seseorang dapat mendanai perbaikan rumah sakit, sekolah, atau upaya penegakan hukum setempat.

Infrastruktur sebagai Kelas Aset

Infrastruktur juga merupakan kelas aset yang cenderung lebih tidak stabil daripada ekuitas dalam jangka panjang dan memberikan pengembalian yang lebih tinggi.

Akibatnya, beberapa perusahaan dan perorangan suka berinvestasi dalam dana infrastruktur untuk karakteristik defensif, seperti dana yang terlibat dalam transportasi atau infrastruktur air.

Bagaimana Infrastruktur sebagai Kelas Aset?

– Definisi Monopoli Alami

Monopoli alami adalah monopoli yang muncul atau akan naik melalui kondisi alam di pasar bebas.

– Apa itu Pajak Pertambahan Nilai (PPN)?

Pajak pertambahan nilai (PPN) adalah pajak konsumsi yang ditempatkan pada suatu produk setiap kali nilai tambah ditambahkan pada setiap tahap rantai pasokan, dari produksi hingga titik penjualan.

– Monopoli

Monopoli terjadi ketika perusahaan dan penawaran mereka mendominasi industri. Meskipun ada banyak monopoli ilegal, beberapa dari mereka dikenakan sanksi pemerintah.

Baca Juga  7 Contoh Mind Mapping: Pengertian dan Cara Membuatnya

– Pasar Saham | Investopedia

Pasar saham terdiri dari bursa atau pasar OTC di mana saham dan sekuritas keuangan lainnya dari perusahaan publik dikeluarkan dan diperdagangkan.

Apa itu Sosialisme?

jenis infrastruktur

Sosialisme adalah sistem ekonomi dan politik yang didasarkan pada kepemilikan publik atau kolektif atas alat-alat produksi, yang menekankan persamaan daripada pencapaian.

Definisi Kapitalisme

Kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana barang moneter dimiliki oleh individu atau perusahaan. Bentuk paling murni dari kapitalisme adalah pasar bebas atau kapitalisme laissez-faire.

Di sini, orang-orang pribadi tidak terbatas dalam memutuskan di mana harus berinvestasi, apa yang harus diproduksi, dan di mana untuk bertukar barang dan jasa.

Itulah pembahasan mengenai definisi dan pemahaman infrastruktur yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermnafaat bagi kalian semua.

Ainul Hakiki

Ainul Hakiki

Tinggal di kota Jember, menulis adalah alat untuk mengingat ilmu dan bacaan. Melalui tulisan kita bisa hidup abadi karena nama kita yang terpatri pada tulisan-tulisan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *