10 Gurun Terluas di Dunia, Salah Satunya di Kutub Selatan

Gurun Terluas di Dunia – Gurun adalah daerah padang pasir yang memiliki intensitas curah hujan yang rendah. Di belahan bumi ini terdapat gurun yang memiliki temperatur sangat panas adapula gurun yang termperaturnya justru lebih dingin. Biasanya daerah di gurun cenderung tandus dan sedikit ditumbuhi oleh tanaman serta jarang ditemukan satwa liar berkeliaran di area tersebut.

Beberapa hewan dan tumbuhan yang dapat hidup di area yang tandus biasanya memiliki kemampuan beradaptasi yang berbeda dengan makhluk yang lainnya. Sehingga mereka dapat tetap hidup di lingkungan yang gersang. Contoh tumbuhan yang mampu bertahan hidup di area padang pasir adalah kaktus serta hewan yang mampu beradaptasi di daerah tandus adalah unta.

10 Gurun Terluas di Dunia

daftar gurun terluas di dunia

Pada umumnya gurun memiliki area yang sangat luas dan tandus. Berikut ini adalah 10 gurun terluas yang ada di dunia:

1. Gurun Antartika atau Kutub Selatan

Luas dari Gurun Antartika diperkirakan mencapai 5.500.000 mil persegi. Gurun ini berada di Kutub Selatan. Kawasan ini biasanya memiliki suhu yang relatif dingin disertai dengan situasi yang berangin.

Bahkan saat memasuki musim dingin, suhunya bisa mencapai -89 derajat Celcius. Selain itu permukaannya juga relatif lebih tinggi daripada benua yang lain. Suhu yang ekstrem dan sedikitnya pasokan air menjadikan gurun ini sepi penduduk permanen.

Biasanya penduduk yang bertahan di lokasi gurun tersebut adalah orang-orang yang melakukan penelitian ilmiah bersama rombongan. Sebagian dari mereka biasanya mengeluh karena masalah penglihatan yang sedikit terganggu dan kulit yang terbakar selama tinggal disana.

2. Gurun Arktik atau Kutub Utara

Area tanah di Gurun Arktik mencapai angka 5.400.000 mil persegi yang berada dalam kawasan Kanada, Norwegia, Swedia, Amerika Serikat, Denmark dan Rusia. Selain terkenal karena areanya yang luas, gurun ini juga terkenal dengan suhu yang begitu dingin.

Bahkan suhu di gurun ini dapat mencapai -40 derajat Celcius di musim dingin atau bahkan dapat mencapai angka yang lebih rendah. Angin yang bertiup di kawasan ini cukup kencang dan mampu menghasilkan ilusi salju secara terus-menerus.

Gurun ini sering mengalami perubahan iklim yang ekstrem. Akhir-akhir ini terdapat peringatan bahwa es laut sudah banyak mencair dan menyebabkan penyusutan. Hal ini menjadi perhatian bagi penduduk dunia karena akan mempengaruhi permukaan air secara global. Apabila hal tersebut terus berlangsung dikhawatirkan akan menimbulkan dampak yang serius.

3. Gurun Sahara

Gurun Sahara sudah terkenal sejak dulu kala karena luas yang dimiliki. Gurun ini terletak di Afrika dan menjadi gurun yang memiliki area paling luas di benua tersebut. Area di sekitar Gurun Sahara gersang dan tandus serta suhunya cenderung panas.

Gurun ini mempunyai wilayah seluas 3.500.000 mil persegi dan menjadi penyumbang area tanah di Afrika Utara selain wilayah Pegunungan Atlas yang relatif lebih subur dan wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan laut Mediterania.

Material yang berada di gurun ini berupa bebatuan dan pasir yang tandus. Di tengah lokasi gurun sahara disebut sebagai ‘hyper-arid’ atau kondisi dimana tanah menjadi sangat gersang dan tidak ada tanaman yang dapat tumbuh dan bertahan hidup di lingkungan tersebut. Terdapat Sungai Nil yang melintasi area ini selain sungai musiman yang muncul hanya
pada waktu tertentu.

Baca Juga  Urutan Pangkat TNI Lengkap, Darat, Laut Maupun Udara

gurun terluas di arab

4. Gurun Arab

Gurun Arab berada di kawasan Semenanjung Arab atau lebih tepatnya di wilayah Asia Barat. Area gurun ini mecapai 900.000 mil persegi sehingga gurun ini dapat dikategorikan sebagai gurun dengan area terluas. Iklim yang terjadi di Gurun Arab bersifat sangat kering. Wilayah yang menjadi cakupan dari gurun ini adalah Oman, Irak, Teluk Persia, Yaman, dan Yordania.

5. Gurun Gobi

Posisi gurun terluas kelima ditempati oleh Gurun Gobi dengan luas 500.000 mil persegi. Posisinya berada di bagian utara Tiongkok dan bagian selatan dari negara Mongolia.

Gurun Gobi mendapat julukan ‘rain shadow desert’ yang berarti gurun bayangan hujan karena lokasinya dekat dengan Pegunungan Himalaya yang memiliki curah hujan cukup tinggi.

Kawasan gurun biasanya sedikit berbatu dan tidak berpasir. Temperatur yang dingin dapat dirasakan jika berada di Gurun Gobi. Bahkan banyak dijumpai tumpukan salju di beberapa bagian bukit pasirnya.

6. Gurun Kalahari

Gurun Kalahari adalah padang pasir yang memiliki sifat semi-kering dan berada di kawasan Afrika Selatan. Luasnya diperkirakan sekitar 360.000 mil persegi yang mencakup wilayah Afrika Selatan,

Bostwana dan Namibia. Area di gurun ini tertutup pasir berwarna merah dan tidak dilengkapi dengan aliran air yang permanen. Walaupun terlihat gersang, namun beberapa tumbuhan seperti kaktus dan
semak dapat tumbuh dan berkemabng di area ini.

7. Great Victoria desert

Luas dari gurun yang terletak di Australia ini mencapai 220.000 mil persegi dan menjadi gurun dengan area terluas di benua tersebut. Wilayah yang dilewati oleh gurun ini dari kawasan Gawler ranges yang berada di Australia Selatan hingga ke wilayah Eastern Goldfields di wilayah Australia Barat.

Biasanya sering terjadi badai petir di sekitar lokasi gurun. Bahkan dalam setahun terjadi 15-20 kali kejadian. Curah hujan yang terjadi di gurun ini tidak menentu dan suhunya berubah tergantung musim.

8. Gurun Patagonian

Gurun Patagonian berada di wilayah Argentina dan menjadi gurun terluas di Amerika Selatan. Permukaannya seluas 200.000 mil persegi hingga mencapai wilayah Chili. Wilayah dari gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Andes yang berada di bagian barat dan di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik. Suhu di gurun ini begitu dingin hingga mencapai 3 derajat Celcius.

Baca Juga  Mengenal Listrik Dinamis dan Contoh Dalam Kehidupan

gurun terluas yang ada di dunia9. Gurun Suriah

Berbeda dengan gurun yang lainnya, permukaan di gurun ini merupakan kombinasi dari gurun asli dan padang rumput. Letak dari Gurun Suriah adalah sebelah utara Semenanjung Arab atau lebih tepatnya di Suriah.

Luas areanya mencapai 200.000 mil persegi dan sedikit berbatu. Kondisi tersebut merupakann pengaruh dari gunung berapi yang masih aktif di kawasan suriah. Wilayah yang menjadi cakupannya adalah Arab Saudi, Irak, Suriah, dan Yordania.

10. Gurun Great Basin

Gurun ini berada di Amerika Serikat yang memiliki luas sekitar 190.000 mil persegi. Iklim yang terjadi di gurun ini relatif dingin. Namun, iklim dapat berubah sesuai dengan kondisi musim. Pada musim pansa area gurun akan terlihat amat gersang sementara saat memasuki musim dingin area gurun akan bersalju di beberapa titik. Gurun ini memiliki batasan yang berdekatan dengan Pegunungan

Rocky, pada bagian barat gurun berbatasan langsung dengan Pegunungan Sierra di Nevada, berbatasan dengan Pegunungan Sonoran di sebelah selatan dan berbatasan langsung dengan Dataran Tinggi Kolombia di sebelah Utara.

Tertarik untuk berlibur ke gurun ?. mungkin 10 daftar gurun diatas dapat menjadi pilihan bagi Anda. Pastikan Anda dalam kondisi kesahatan yang fit sehingga Anda dapat dengan mudah beradaptasi dengan kondisi yang terjadi.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *